Thursday, August 19, 2021
SELAMAT DATANG NABI MUHAMMAD, SAW. KEKASIHKU
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP N 2 GARAWANGI Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI) | Kelas/ Semester : VII / 2 (Genap) Alokasi Waktu : 3 JP @40 Menit |
Materi Pokok : Selamat Datang Nabi Muhammad Saw. Kekasihku |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Mekah.
Menceritakan sejarah masa remaja kelahiran Nabi Muhammad saw.
Meneladani perjuangan Rasulullah saw. di Mekah.
Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar | |||
Media/Alat | : | Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an | |
Bahan | : | Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus | |
Sumber Belajar | : | Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016 |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1 | ||
Pendahuluan (15 menit) | ||
1. | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | |
2. | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. | |
3. | Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Sejarah Masa Remaja Kelahiran Nabi Muhammad SAW. | |
4. | Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, | |
Kegiatan Inti (90 Menit) | KEGIATAN LITERASI | |
| ||
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | ||
| ||
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | ||
| ||
Penutup (15 menit) | ||
1. | Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. | |
2. | Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Penilaian Skala Sikap
Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Penilaian Diskusi
SEMUA BERSIH HIDUP JADI NYAMAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 2 GARAWANGI Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI) | Kelas/ Semester : VII / 1 (Ganjil) Alokasi Waktu : 3 JP @40 Menit |
Materi Pokok : Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menunjukkan Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
Melaksanakan Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
Mempraktikkan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dalam kehidupan sehari-hari.
Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar | |||
Media/Alat | : | Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an | |
Bahan | : | Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus | |
Sumber Belajar | : | Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016 |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1 | ||
Pendahuluan (15 menit) | ||
1. | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | |
2. | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. | |
3. | Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam. | |
4. | Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, | |
Kegiatan Inti (90 Menit) | KEGIATAN LITERASI | |
| ||
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | ||
| ||
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | ||
| ||
Penutup (15 menit) | ||
1. | Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. | |
2. | Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Penilaian Skala Sikap
Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Penilaian Diskusi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 2 GARAWANGI Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI) | Kelas/ Semester : VII / 1 (Ganjil) Alokasi Waktu : 3 JP @40 Menit |
Materi Pokok : Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menerangkan Tata Cara Bersuci Dari Hadas Kecil Dan Hadas Besar.
Menunjukkan contoh bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
Mempraktikkan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dalam kehidupan seharihari.
Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar | |||
---|---|---|---|
Media/Alat | : | Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an | |
Bahan | : | Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus | |
Sumber Belajar | : | Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016 |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-3 | ||
---|---|---|
Pendahuluan (15 menit) | ||
1. | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | |
2. | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. | |
3. | Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Tata Cara Bersuci Dari Hadas Kecil Dan Hadas Besar. | |
4. | Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, | |
Kegiatan Inti (90 Menit) | KEGIATAN LITERASI | |
| ||
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
| ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | ||
| ||
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
| ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | ||
| ||
Penutup (15 menit) | ||
1. | Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. | |
2. | Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Penilaian Skala Sikap
Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Penilaian Diskusi
Mengetahui, Kepala Sekolah ______________________ NIP. …………………… | GRW, …………………. 20…. Guru Mata Pelajaran __________________________ NIP. …………………………... |