BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, November 8, 2021

PERILAKU BERBAKTI DAN TAAT KEPADA ORANGTUA DAN GURU

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah : SMP www.ilmuguru.org

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester : IX / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 Menit

Materi Pokok : Perilaku Berbakti Dan Taat Kepada Orangtua Dan Guru


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Menganilis Hubungan Rumusan Hubungan Antara Perilaku Berbaktidan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Dengan Kemudahan Yang Didapat Dalam Kehidupan.

  • Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dan guru dengan kemudahan yang di dapat dalam kehidupan.

  • Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru


Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar


Media/Alat

:

Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an


Bahan

:

Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus


Sumber Belajar

:

Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-3

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Hubungan Rumusan Hubungan Antara Perilaku Berbakti dan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Dengan Kemudahan Yang Didapat Dalam Kehidupan

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,


Kegiatan Inti

(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI

  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Hubungan Rumusan Hubungan Antara Perilaku Berbaktidan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Dengan Kemudahan Yang Didapat Dalam Kehidupan.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Hubungan Rumusan Hubungan Antara Perilaku Berbaktidan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Dengan Kemudahan Yang Didapat Dalam Kehidupan.

COLLABORATION (KERJASAMA)

  • Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Hubungan Rumusan Hubungan Antara Perilaku Berbaktidan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Dengan Kemudahan Yang Didapat Dalam Kehidupan.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

  • Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Hubungan Rumusan Hubungan Antara Perilaku Berbaktidan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Dengan Kemudahan Yang Didapat Dalam Kehidupan. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


  1. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

  • Penilaian yang akan dilakukan diantaranya penilaian skala sikap, penilaian “Membaca dengan Tartil”, penilaian tes uraian serta penilaian diskusi.



Mengetahui,

Kepala Sekolah




............................................

NIP. ……………………


GRW, …………………. 20….


Guru Mata Pelajaran




..................................................

NIP. …………………………...

Keutamaan Taat dan Hormat kepada orang tua dan guru

A. Keutamaan Taat dan Hormat kepada orang tua

Taat kepada orang tua memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Taat dan hormat kepada orangtua merupakan salah satu kunci masuk surga. Allah Swt. akan membuka pintu surga bagi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

Mencium tangan orang tua ketika hendak berangkat sekolah.

2. Taat dan hormat kepada kedua orang tua merupakan bagian dari amal ibadah yang diridhoi Allah SWT.

Anak sedang membantu orang tuanya memasak

3.Taat dan berbakti kepada orangtua dapat melebur dosa-dosa besar. Dosa-dosa yang pernah dilakukan seorang anak akan mendapat ampunan dari Allah Swt. disebabkan ia berbakti kepada kedua orang tuanya, kecuali dosa syirik atau menyekutukan Allah SWT.
4. Dipanjangkan umur dan dimudahkan rizki.


B. Keutamaan Taat dan Hormat kepada guru
Hormat dan patuh kepada guru sangatlah ditekankan dalam agama Islam. Guru adalah orang yang mengajarkan kita dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan mendidik kita sehingga menjadi orang yang mengerti dan dewasa. Bahkan guru lah yang mengenalkan Allah SWT sebagai Tuhan kita dan Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya. guru pula yang mengajarkan kita tentang ajaran islam untuk keselamatan kita di dunia dan akherat.

Siswa mencium tangan guru sebagai tanda taat dan hormat kepada guru

Dengan menghormati seorang guru, kita akan mendapatkan berbagai macam keuntungan, antara lain sebagai berikut:
1. Ilmu yang diperoleh akan menjadi manfaat dan berkah dalam kehidupan kita.
2. Lebih mudah menerima pelajaran yang disampaikan.
3. Ilmu yang diperoleh dari guru akan menjadi bermanfaat bagi orang lain.
4. Selalu didoakan oleh guru.
5. Membawa berkah, memudahkan urusan, serta dianugerahi nikmat yang lebih dari Allah Swt.



Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes