BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, October 29, 2023

HUKUM JIMA' POSISI ISTRI DIATAS DAN JIMA DARI BELAKANG

 P5 SPENTWOGAR BERSINERGI 


*Hukum jima' posisi istri diatas dan jima' dari arah belakang*


_Jima' posisi bagaimana pun hukumnya boleh saja, baik gaya berdiri, duduk, berbaring, dari arah depan atau belakang. Yang penting jima'nya kedalam farji yang sudah ditetapkan._


_Gaya Jima' posisi istri diatas hukumnya juga Boleh saja, tapi yang paling baik posisi jima' sebagaimana diterangkan dalam kitab At Thibbun Nabawi adalah posisi suami berada diatasnya istri. Jika istri yang diatas itu menyalahi tabiat. Sebab istri itu firasy (tikar). Yang namanya tikar itu dibawah._


{نِسَآؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ} أي محل زرعكم الولد {فَأْتُواْ حَرْثَكُمْ} أي محله وهو القبل {أنى} أي كيف {شِئْتُمْ} من قيام وقعود واضطجاعِ وإقبال وإدبار . نزل ردّاً لقول اليهود من أتى امرأته في قبلها من جهة دبرها جاء الولد أحول {وَقَدّمُواْلأَنفُسِكُمْ} العمل الصالح كالتسمية عند الجماع {واتقوا الله} في أمره ونهيه { واعلموا أَنَّكُم ملاقوه} بالبعث فيجازيكم بأعمالكم {وَبَشِّرِ المؤمنين} الذين اتقوه بالجنة


_{"Istri²mu adalah tanah persemaian bagimu"}, artinya tempat kamu membuat anak, {"maka datangilah tanah persemaianmu"}, maksudnya tempatnya yaitu pada bagian kemaluan {"bagaimana saja"} dengan cara apa saja {"kamu kehendaki"} apakah sambil berdiri, duduk atau berbaring, baik dari depan atau dari belakang. Ayat ini turun untuk menolak anggapan orang² Yahudi yang mengatakan, "Barang siapa yang mencampuri istrinya pada kemaluannya tetapi dari arah belakangnya {"pinggulnya"}, maka anaknya akan lahir bermata juling. {"Dan kerjakanlah untuk dirimu"} amal² shaleh, misalnya membaca basmalah ketika bercampur {"dan bertakwalah kepada Allah"} baik dalam perintah maupun dalam laranganNya {"dan ketahuilah bahwa kamu akan menemuiNya kelak"} yakni di saat berbangkit, Dia akan membalas segala amal perbuatanmu. {"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang² yang beriman"} yang bertakwa kepadaNya, bahwa mereka akan memperoleh surga._


*Referensi:*

*_📚[Hasyiyah ash-Shawi 'ala Tafsir Jalalain. Juz. 1/ Hal. 144_145]_*

➖➖➖➖➖

وأحسن أشكال الجماع أن يعلو الرجل المرأة، مستفرشا لها بعد الملاعبة والقبلة، وبهذا سميت المرأة فراشا، كما قال - صلى الله عليه وسلم: ( «الولد للفراش» ) ، وهذا من تمام قوامية الرجل على المرأة، كما قال تعالى: {الرجال قوامون على النساء} [النساء: 34] [النساء: 34] ، وكما قيل

إذا رمتها كانت فراشا يقلني ... وعند فراغي خادم يتملق

وقد قال تعالى: {هن لباس لكم وأنتم لباس لهن} [البقرة: 187] [البقرة: 187] ، وأكمل اللباس وأسبغه على هذه الحال، فإن فراش الرجل لباس له، وكذلك لحاف المرأة لباس لها، فهذا الشكل الفاضل مأخوذ من هذه الآية، وبه يحسن موقع استعارة اللباس من كل من الزوجين للآخر. وفيه وجه آخر، وهو أنها تنعطف عليه أحيانا، فتكون عليه كاللباس، قال الشاعر:

إذا ما الضجيع ثنى جيدها ... تثنت فكانت عليه لباسا

وأردأ أشكاله أن تعلوه المرأة، ويجامعها على ظهره، وهو خلاف الشكل الطبيعي الذي طبع الله عليه الرجل والمرأة، بل نوع الذكر والأنثى، وفيه من المفاسد أن المني يتعسر خروجه كله، فربما بقي في العضو منه فيتعفن ويفسد، فيضر، وأيضا: فربما سال إلى الذكر رطوبات من الفرج.


*Referensi:*

*_[At Thibbun Nabawi. Hal. 142]_*

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes