: والتكبير على قسمين: مرسل، وهو ما لا يكون عقِبَ صلاة؛ ومقيد، وهو ما يكون عقبها.
[محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ١٠٢]
Takbir mursal adalah takbir yang tidak mengiringi sholat/setelah sholat, bebas, mau dimanapun kapan pun.
Takbir muqoyyad adalah takbir yang mengiringi sholat/setelah sholat.
Rincian lebih jelasnya
Takbir Mursal adalah takbir yang waktunya tidak mengacu pada waktu shalat, atau tidak harus dibaca oleh seseorang setiap usai menjalankan ibadah shalat, baik fardu maupun sunnah. Namun takbir Mursal ini sunnah dilakukan setiap waktu, di mana pun dan dalam keadaan apa pun. Baik lelaki maupun perempuan sama-sama dianjurkan melantunkan takbir, baik saat di rumah, bepergian, di jalan, masjid, pasar, dan seterusnya.
Walau sunnah dilakukan setiap waktu, takbir mursal lebih baik dikumandangkan mulai dari terbenamnya matahari malam 'id hingga imam melakukan takbiratul ihram shalat 'id, meliputi 'idul fitri maupun 'idul adha.
Takbir Mukayyad
Takbir Muqayyad merupakan takbir yang pelaksanaannya memiliki waktu khusus, yaitu mengiringi shalat, dibaca setelah melaksanakan shalat, baik fardhu maupun sunnah. Takbir Mukayyad dikumandangkan setiap ba’da shalat di bulan Dzulhijjah pada tanggal 9-13, 9-10 disebut hari arafah dan hari raya idul adha, 11-13 disebut dengan hari tasyrik.
HUKUM PUASA QADHA BESERTA DENGAN PUASA SUNAT SYAWAL
Dalam hal ini, para ulama telah khilaf kepada beberapa pendapat:.
*PERTAMA: SAH*
Hukumnya sah dan terjadi kepada kedua-duanya, iaitu qada’ dan sunat. Inilah pendapat:
Imam Ibn Hajar al-Haitami
Syeikh Muhammad Ramli. Lihat al-Nihayah (1/162) dan juga Fatawa al-Ramli (2/339)
Imam al-Barizi. Lihat al-Ashfah wa al-Nazhair (1/161)
Syeikhul Islam Syeikh Zakaria al-Ansari dalam Haasyiah al-Syarqawi ala al-Tahrir (1/427)
Inilah juga pendapat kebanyakan ulama mutakhirin
*PENDAPAT KEDUA: TIDAK SAH*
Tidak sah tetapi terhasil yang fardhu sahaja iaitu puasa qada’ tidak kepada puasa sunat Syawal. Inilah pendapat:
Imam al-Asnawi
Syeikh Ibn al-Solah
Abu Makhramah
Lihat Bughiah al-Mustarsyidin (3/95-96)
Hujah mereka tidak boleh tasyrik atau sekutukan dua jenis ibadah dalam satu ibadah.
*TARJIH*
Setelah meneliti dua hujah, kami lebih cenderung kepada pendapat yang membolehkannya. Ini kerana ia merupakan jenis ibadah yang sama tetapi dengan dua niat. Ini juga pendapat sebahagian ulama berdasarkan pengamatan kepada beberapa nas. Walaupun begitu, yang terbaiknya adalah memisahkan antara qada’ puasa dengan puasa enam Syawal untuk keluar daripada khilaf.
Imam Ibn Hajar menggunakan bahasa dengan katanya terhasil asal pahala tetapi bukan dalam bentuk sempurnanya jika ia berniat untuk kedua-duanya (niat qada Ramadan dan sunat Syawal). Lihat al-Tuhfah (3/390).
Semoga dengan penjelasan ini, akan memberi kefahaman kepada kita berkenaan dengan isu puasa qada’ dan puasa enam Syawal. Sekian.
[ تجب الزكاة على الشخص عن نفسه، *وعمن تلزمه نفقته من المسلمين* (1) ، إذ المعروف في قواعد الفقه أن: كل من تلزمه نفقته من المسلمين تلزمه فطرته. ويستثنى من هذه القاعدة الابن، فلا يلزم بفطرة زوجة أبيه حال إعسار الأب، وإن وجبت نفقتها عليه لإعسار الأب، لأن النفقة واجبة على الأب مع إعساره فيتحملها عنه ابنه، بخلاف الفطرة، فليست واجبة عليه مع إعساره فلا يتحملها عنه ابنه.
REFERENSI
[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ١٣٨/٢]
7. Sebelum sujud setelah I’tidal berdiri lagi, bacalah tawwud lalu basmalah lalu surat Al Fatihah dan surat lain. Posisi berdiri yg kedua ini lebih singkat karena surat pendek yang disunahkan adalah surat Ali Imran.
8. Rukuk kembali dengan membaca
سُبحان ربيَ العظيم وبحمدِه x٣
9. Bangkit dari rukuk dan I’tidal yang kedua sambil membaca
13. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua seperti rakaat pertama. Bedanya, bacaan dan gerakannya lebih singkat. Pada rakaat kedua sholat gerhana matahari dianjurkan membaca surat An-Nisa dan surat Al-Maidah atau membaca surat pendek dengan membaca tdk keras/lirih
14. Membaca Tasyahud
التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اللَّهُمَّ صَلِّ علی سيدنا محمد وعلی ال سيدنا محمد كما صليت علی سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وعلی ال سيدنا ابرهيم وَبَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
*SIAPA YG BERHAK MENENTUKAN AWAL HARI RAYA (termasuk PUASA) ???*
Sahl bin Abdullah Al Tustariy yg di tulis dalam kitab Tafsir Al Qurthubiy Juz 5 Hal 249 :
أطيعوا السلطان في سبعة ضرب الدراهم والدنانير والمكايل والأوزان والأحكام والحج والجمعة والعدين والجهاد
Taatilah Pemimpin/Pemerintah pada Tujuh perkara : Pencetakan uang (dirham/dinar), Takaran, Timbangan, Hukum, Haji, Jum'at, hari Raya dan Jihad.
Itsbat adalah hak-nya Pemerintah, bukan golongan manapun juga (baik NU, Muhammadiyyah, Persis, Al Irsyad atau yang golongan lain), karenanya keputusan pemerintah yang berhak untuk diikuti.
Selama pemerintah memutuskan masih menggunakan cara-cara yang sesuai dengan islam (baik dengan hisab atau rukyah) maka Wajib Mengikuti Pemerintah. Di dalam kitab Al Fiqhul Islamiy wa Adillatuhu disebutkan :
إذا رجح الحاكم رأيا ضعيفا صار هو الحكم الأقوى
Ketika hakim (pemerintah) mengunggulkan sebuah qaul dhoif maka qaul tsb justru malah naik status menjadi pendapat yg aqwa (paling kuat).
حكم الحاكم يرفع الحلاف
Keputusan pemerintah itu menghapus semua perbedaan pendapat.
لغة النماء، وشرعًا اسم لمَالٍ مخصوص يُؤخذ من مال مخصوص، على وجه مخصوص، يصرف لطائفة مخصوصة.
Secara bahasa, zakat berarti tumbuh berkembang. Secara syariat, zakat
adalah istilah untuk harta khusus yang diambil dari harta tertentu
berdasarkan pertimbangan tertentu dan disalurkan hanya kepada pihak-
pihak tertentu.
(وتجب الفطرة) أي زكاة الفطر. سميت بذلك لان وجوبها به.
Wajib Zakat Fitrah
Disebut zakat fitrah, ( zakat berbuka puasa ) sebab diwajibkannya karena telah berbuka puasa akhir romadlon.
انها طهرة للصائم من اللغو والرفث
Bahwa zakat fitrah itu membersihkan orang puasa daripada sis sia dan keji (zina) hadis shohih.
fathul muin juz hal 17.
MACAM MACAM ZAKAT
1. Zakat Fitrah, zakat yang wajib dikeluarkan Muslim menjelang Idul
Fitri pada bulan Ramadhan.
2. Zakat Maal (Zakat Harta), zakat kekayaan tertentu yang harus
dikeluarkan dalam jangka satu tahun sekali yang sudah memenuhi nishab.
Jenis dan kadar zakat fitrah :
1. Berupa bahan makanan pokok daerah tersebut (bukan uang)
2. Sejenis. Tidak boleh campuran
3. Jumlahnya mencapai satu Sho' untuk setiap orang. ( 1 Sho' = 4 mud)
4. Diberikan di tempatnya orang yang dizakati.
UKURAN 1 SHO'
1 Sho' Beras putih menurut Dr Wahbah Zuhaili 2,751 Kg, Menurut KH
Ma'shum Bin Ali 2, 720 Kg.
ZAKAT FITRAH DENGAN UANG
Menurut Syafi'iyyah Membayar zakat fitrah dengan uang tidak
diperbolehkan, sedangkan menurut Hanafiyyah diperbolehkan. Namun
dilapangan, banyak masyarakat yang membayar zakat dengan uang,
bagi Amil harus menerangkan prosedur membayar zakat fitrah antara madzhab syafi'i dan Hanafi.
فقه الاسلامى الجزء الثالث ص ۲۰۴۶ :
دفع القيمة عندهم لا يجزئ عند الجمهور إخراج القيمة عن هذه الأصناف، فمن
أعطى القيمة لم تجزئه، لقول ابن عمر: فرض رسول الله صلى الله عليه وسلم
صدقة الفطر صاعاً من تمر، وصاعاً من شعير»
رد المختار الجزء الثاني ص : 286
) وجاز دفع القيمة في زكاة وعشر وخراج وفطرة ونذر وكفارة غير الإعتاق )
وتعتبر القيمة يوم الوجوب وقالا يوم الأداء . وفي السوائم يوم الأداء إجماعا وهو
الأصح ويقوم في البلد الذي المال فيه ولو في مفازة ففي أقرب الأمصار إليه فتح
الموسوعة الفقهية الجزء الثالث والعشرون ص: 243
( نوع الواجب ) : 12 - ذهب الحنفية إلى أنه يجزئ إخراج زكاة الفطر القيمة
من النقود وهو الأفضل أو العروض لكن إن أخرج من البر أو دقيقه أو سويقه
أجزأه نصف صاع وإن أخرج من الشعير أو التمر أو الزبيب فصاع لما روى ابن
عمر رضي الله تعالى عنهما قال “كان الناس يخرجون على عهد رسول الله صلى
الله عليه وسلم صاعا من شعير أو تمر أو سلت أو زبيب” قال ابن عمر فلما كان
عمر وكثرت الحنطة جعل عمر نصف صاع حنطة مكان صاع من تلك الأشياء .
•------------
فرع ولا تجزئ قيمة ولا معيب ومسوس، ومبلول ، ای الا انجف وعا لصلاحية الاد خار والاقتيات، ولا اعتبار لاقياتهم المبلول ، الا ان فقدو ا غيره فيجوز
CABANG
zajat fitrah belum cukup bila dikeluarkan dalam bentuk
#UANG seharganya,
#BARANG YANG CACAT,
#YG TERMAKAN BUBUK,
#atau yg BASAH
kecuali bila telah kering kembali dan menjadi kuat disimpan serta patut dimakan, kebiasaan makan makanan pokok masih basah tidak bisa dipakai ukuran , kecuali bila telah tidak diperoleh selain yg basah maka boleh digunakan zakat fitrah.
Fathul muin juz 2 hal 23
----------------
PROSEDUR MEMBAYAR ZAKAT FITRAH DENGAN UANG ALA MADZHAB HANAFI.
Mengeluarkan uang senilai harga 3.8 kg kurma yang berkualitas di daerah masing-masing disertai niat dan bimbingan dari amil.
Contoh: Kurma per kg = Rp30.000
Zakat = Rp30.000 x 3.8 kg
= Rp114.000
قفه الاسلامى الجزء الثاني ص: 909-910
قال الحنفية تجب زكاة الفطر من أربعة أشياء الحنطة والشعير والتمر
والزبيب وقدرها نصف صاع من حنطة أو صاع من شعير أو تمر أو زبيب
والصاع عند أبي حنيفة ومحمد ثمانية أرطال بالعراقي، والرطل العراقي
مئة وثلاثون درهماً، ويساوي 3800 غراماً؛
PROSEDUR MEMBAYAR ZAKAT FITRAH DENGAN UANG ALA MADZHAB SYAFII.
Amil atau pengelola zakat semisal LAZISNU menyediakan paket beras
yang berkualitas (per paket berisi 2.75 kg); Dibeli oleh_muzakki,
Dikeluarkan sebagai zakat fitrahnya disertai niat dan bimbingan dari amil.
```_Mana yang lebih baik, zakat sendiri ataukah nitip presiden ...?_
*وأداؤها له أفضل إن كان عادلا لأنه اعرف بالمستحقين، فإن كان جائر فتفريق المالك ولو بوكيله أفضل من الأداء له، وتفريق بنفسه أفضل من تفريقه بوكيله.*
[الباجوري، ١/ ٦١٦]
_Menyerahkan zakat kepada Imam *lebih utama jika Imamnya adil,* karena ia lebih mengetahui tentang para mustahiq. Tetapi jika Imamnya zalim, maka Pemilik Harta atau wakilnya lebih utama membagi sendiri daripada menyerahkan pada Imam. Dan membagi sendiri lebih utama daripada melalui wakil._
Azay Nipira itu saya sebuah nama untuk dalam bermedia saja. Adalah terlahir dari seorang ibu yang cantik, baik, sholehah berdarah Sunda. Tentu saya adalah seorang manusia makhluk biasa yang senantiasa berdoa dan berusaha untuk terus berupaya dan untuk terus berdaya sekemampuan berbuat kebaikan untuk ibu, saudara saudari, seggenap keluarga, masyarakat, bangsa, negara sebagai perintah agama Islam yang saya yakini kebenarannya. Dengan tetap saling menghormati, menghargai, serta menjungjung tinggi siapapun orang untuk tetap saling mengenal satu sama yang lainnya. Ucapan terimakasih kepada siapapun yang telah memberikan ilmu ilmu kepada sayadan menjadi guruku, namun mohon ma'af saya tidak bisa membalasnya hanya saya selalu berdo'a untuk semua yang menjadi guruku dengan mendo'akan agar menjadi nilai tambah baginya sehingga mendapatkan balasan yang setimpal sepadan dari Allah SWT sebaik baiknya Dzat pemberi balasan kebaikan. Aamii..n. yaa..Rabbal Aalamiin....