BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, May 20, 2024

(AKIDAH TASAWUF DAN FIQIH) (3)

 Album photo kenangan 


PEMBAHASAN AKTAFIH (AKIDAH TASAWUF DAN FIQIH) (3)


KUPAS TUNTAS PENJELASAN SHOLAT ISYROQ


Disusun oleh : Muhammad Abdul Basith 

pertanyaan Dari :


1.) PENGERTIAN SHOLAT ISYROQ 


Al imam An Nawawi Al Jawi mendefinisikan sholat sunnah Isyraq sebagai berikut ialah shalat sunnah yang dikerjakan mulai setelah matahari terbit agak tinggi (waktu dhuha) sampai agak siang kira-kira jam 09.00 WIB. Pada raka'at pertama membaca surat Al-fatihah dan surat ad-Dhuha, pada raka'at kedua membaca surat Al-fatihah dan surat al-Insyirah. Keterangan dalam kitab Nihayah al-Zain, hlm. 103:


وَمِنْ ذَلِكَ صَلاَةُ الإِشْرَاقِ وَهِيَ رَكْعَتَانِ بَعْدَ شُرُوقِ الشَّمْسِ وَارْتِفَاعِهَا يَنْوِي بِهِمَا سُنَّةَ الإشْرَاقِ يَقْرَأُ فِي الأُولى بَعْدَ الفَاتِحَةِ سُوْرَةَ الضُّحَى وَفِي الثَّانِيَةِ بَعْدَ الفَاتِحَةِ أَلَمْ نَشْرَحْ وَتَفُوْتُ بِعُلُوّ النَّهَارِ وَلاَ تَمْتَدُّ إِلى الزَّوَالِ ثُمَّ يَقُولُ اللَّهُمَّ يَا نُوْرَ النُّوْرِ بِالطُّوْرِ وكِتَابِ مَسْطُورٍ في رَقِ مَنْشورٍ والبَيْتِ المَعْمُوْرِ أَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِي نُوْرًا أَسْتَهْدِي بِهِ إِلَيْكَ وَأَدِلُّ عَلَيْكَ ويُصْحِبُنِي في حَيَاتِي وَبَعْدَ الْاِنْتِقَالِ مِنْ ظَلامِ مِشْكَاتِي وَأَسْأَلُكَ بِالشَّمْسِ وَضُحَاهَا وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا أَنْ تَجْعَلَ شَمْسَ مَعْرِفَتِكَ مُشْرِقَةٌ بِي لَا يَحْجُبُهَا غَيْمُ الْأَوْهَامِ وَلَا يَعْتَرِيْهَا كُسُوفُ قَمَرِ الوَاحِدِيَّةِ عِنْدَ السَّمَامِ بَلْ أَدَّمْ لَهَا الْإِشْرَاقُ وَالظُّهُورُ عَلَى مَمَرَّ الْأَيَّامِ والدُّهُوْرِ وَصَلَّ اللَّهُمَّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتَمِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَلِإِخْوَانِنَا فِي اللهِ أَحْيَاءٌ وَأَمْوَاتًا أَجْمَعِيْنَ. (نهاية الزين، ص ١٠٣)


2.) DALIL KESUNNAHAN SHOLAT ISYROQ 


Ada beberapa hadits shahih dengan berbagai versi Nash Matan yang menganjurkan kita untuk melaksanakan shalat isyraq ini. 


• Diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi di bawah ini:


عن أنس رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «من صلى الغداة في جماعة ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين كانت له كأجر حجة وعمرة»، قال: قال رسول الله

صلى الله عليه وسلم: «تامة تامة تامة». رواه الترمذي.


Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu beliau berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barang siapa shalat shubuh secara berjamaah kemudian duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia shalat 2 rakaat, maka dia mendapatkan pahala seperti haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna. (HR. at-Tirmidzi)


• HR At Tirmidzi,An Nasai dan Ibnu Majah dari Hadits ali


كَانَ إِذَا أَشْرَقَتْ وَارْتَفَعَتْ قَامَ وَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَإِذَا انْبَسَطَتِ الشَّمْسُ وَكَانَتْ فِي رُبُعِ النَّهَارِ مِنْ جَانِبِ الْمَشْرِقِ صَلَّى أَرْبَعًا (رواه الترمذي والنسائي وابن ماجه من حديث علي) 


“Ketika matahari terbit dan mulai naik (satu atau dua tombak) maka Rasulullah ﷺ berdiri dan shalat dua rakaat; dan ketika matahari mulai menjulang tinggi dari arah timur dalam seperempat siang maka beliau shalat empat rakaat.” (HR at-Tirmidzi, an-Nasai dan Ibnu Majah dari hadits Ali t). (Abdurrahman bin Husain al-‘Iraqi, al-Mughni ‘an Hamlil Asfar fi Takhriji Mâ fil Ihya’ ‘anil Akhbar pada Ihya ‘Ulumiddin, [Darul Kutubil Islamiyyah], juz I, h. 197).  


• HR at Tirmidzi,An Nasai dan Ibnu Majah dari Hadits Ali 


 كَانَ النَّبِيُّ ﷺ إِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ مِنْ مَطْلَعِهَا قِيْدَ رُمْحٍ أَوْ رُمْحَيْنِ كَقَدْرِ صَلَاِة الْعَصْرِ مِنْ مَغْرِبِهَا صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ أَمْهَلَ حَتَّى إِذَا ارْتَفَعَ الضُّحَى صَلَّى أَرْبَعًا. (رواه الترمذي والنسائي وابن ماجه من حديث علي. حسن) 


 Artinya, “Ketika matahari bergeser dari tempat terbitnya seukuran satu atau dua tombak, sebagaimana ukuran waktu shalat Ashar dari Maghribnya, maka Nabi ﷺ shalat dua rakaat, kemudian beliau diam (tidak shalat) sampai ketika waktu Dhuha naik, maka beliau shalat empat rakaat.” (HR at-Tirmidzi, an-Nasai dan Ibnu Majah dari hadits Ali. Hadits hasan). (‘Ubaidillah bin Muhammad Abdissalam al-Mubarakfuri, Mir’atul Mafatih Syarhu Misykatul Mashabih, 1984, IV: 346-347).


3) HUKUM PELAKSANAAN 


Para Ulama Sepakat Atas Kesunnahan sholat tersebut, berikut komentar Para Ulama


• Mustahab/Sunnah,Pendapat Mayoritas ulama

• Sunnah Muakkadah,Pendapat Syafi'iyah dan Malikiyah


 [Al Mughni Fi Fiqhil Imam Ahmad Bin Hambal Asy syaibani 4/36]


لوان صلاة الإشراق يساوي بصلاة الضحى فحكمها نافلة مستحبة عند جمهور الفقهاء وصرح المالكية والشافعية بانها سنة مؤكدة


4.) KEUTAMAAN SHOLAT ISYROQ 


Al imam Al mubarokfuri didalam kitabnya "Tuhfatul ahwadzi" mengatakan setidaknya terdapat tiga keutamaan bagi seseorang yang melaksanakan sholat isyroq sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah ﷺ didalam beberapa redaksi Haditsnya. 


• Mendapat pahala Haji dan umroh secara sempurna (HR Tirmidzi dan Thobroni)

• Diharamkan jasadnya masuk kedalam neraka (HR Baihaqi) 

• Diampunkan dosanya (HR Thobroni)


[Tuhfatul ahwadzi 3/138 Darul Kutub Ilmiyyah Beirut]


١ له أجرحجة وعمرة تامة تامة كما ثبت في الحديث عند الترمذي و الطبراني : أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " من صلى الفجر في جماعة ثم جلس في مصلاه يذكر الله حتى تطلع عليه الشمس ثم صلى ركعتين كان له كاجر حجة وعمرة تامةمامة تامة" . 


٢. حرمه الله عن النارأن تلفحه أوتطعمه كما ثبت في الحديث عند البيهقي: قال رَسولٌ الله صَلَى لله عليه وسلم من صَلى الفجر ثم قعد في مجلسه يذكر الله حتى تطلع الشمس ثم قام فصلى ركعتين حرمه الله على النار ان تلفحه أو تطعمه. 


 ٣. غفرالله له ذنوبه كما في الحديث عند الطبراني : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :"من صلالغداةوقعدفي مصلاه حتى تطلع الشمس ثم صلى اربع ركعات غفور الله له ذنوبه.


5.) SYARAT SHOLAT ISYROQ 


Asy syaikh Muhammad Mukhtar Asy syinqhity mengatakan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan keutamaan diatas, berikut syaratnya:


1.) Sholat Shubuh berjamaah

maka tidaklah mendapatkan Fadhilah sholat isyroq bagi mereka yang sholat secara munfarid (sendiri)


2.) Duduk serta Berdzikir 

Adapun Dzikir Banyak sekali ragam dan macamnya seperti membaca Al Qur'an, beristighfar,membaca kitab ilmu, mengingatkan tentang ilmu,berfatwa, berkumpul menyelesaikan masalah agama, memerintahkan yang ma'ruf dan mencegah kemungkaran dll. Adapun duduk selain itu seperti ghibah, namimah dll maka tidak mendapatkan keutamaan sholat isyroq 


3.) tetap berada di posisi mushollanya/masjid

Maka jika ia keluar dari daerah masjid atau mushollanya tanpa adanya udzur atau hajat maka hilanglah keutamaan sholat isyroq tersebut.


4.) Sholat dua Raka'at 


5.) Al imam An Nawawi dalam Nihayatul Zain menambahkan untuk membaca Al Fatihah dan ad Dhuha ditakaat pertama dan Al Fatihah dan Al insyiroh ditakaat kedua serta membaca beberapa doa khusus.


[Ar Risalah Al amaaah fil Buhuts wal ifta' 8/55]


6.) APAKAH SHOLAT ISYROQ DAN DHUHA ITU SAMA ?

Para ulama berbeda pendapat mengenai hakikat shalat isyraq. Diantara ulama ada yang mengatakan shalat isyraq itu adalah shalat dhuha di awal waktu. Ada juga yang mengatakan shalat isyraq itu bukan shalat dhuha.


Berikut ini kami sebutkan beberapa pandangan para ulama mengenai shalat isyraq.


• Imam Zakariya al-Anshari rahimahullah (w. 926 H) seorang ulama besar madzhab Syafi’iy mengatakan sebagai berikut: 

ذكر الحاكم في مستدركه عن ابن عباس أن صلاة الإشراق هي صلاة الأوابين، وهي صلاة الضحى. أسنى المطالب في شرح روض الطالب (1/205)

Imam al-Hakim menyebutkan sebuah hadits dalam kitab al-Mustadrak, dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma bahwa shalat isyraq adalah shalat awwabin. Dan shalat awwabin itu adalah shalat dhuha.


[Asnal Mathalib Fii Syarhi Raudhitthalib, Bairut: Darul Kitab al-Islami, jilid 1 hal. 205.]


• Al Imam Ibnu Hajar al-Haitami rahimahullah (w. 926 H) seorang ulama besar madzhab Syafi'iy menyebutkan juga sebagai berikut:


قال الغزالي وركعتا الإشراق غير الضحى ووقتها عند الارتفاع للشمس كرمح . اهـ . وفي جعله لها غير الضحى نظر. ففي المستدرك صلاة الأوابين وهي أنها عن ابن عباس رضي الله عنهما هي صلاةالضحى. وحينئذ فمقتضى المذهب أنه لا يجوز فعلها بنية صلاة الإشراق. الفتاوى الفقهية الكبرى ( ١/١٨١)

Imam al-Ghazali mengatakan bahwa shalat isyraq bukan shalat dhuha. Waktunya ketika matahari sudah naik setinggi tombak. Menurutku apa yang dikatakan imam al-Ghazali ini perlu diteliti lagi. Sebab dalam kitab al-Mustadrak dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma bahwa shalat isyraq adalah shalat dhuha. Maka sesuai madzhab syafiiy tidak boleh shalat dengan niat shalat isyraq.


[al-Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubra, Bairut: al-Maktabah al-Islamiyah, jilid 1 hal. 188.]


• Al Imam ar-Ramli rahimahullah (w. 1004 H) seorang ulama besar madzhab Syafi'iy juga menyebutkan sebagai berikut:


قال الوالد رحمه الله (ت 957هـ) : بأن المعتمد أن صلاة الإشراق

هي صلاة الضحى. فتاوى الرملي (220/1)


Ayahku (Syihabuddin ar-Ramli) berkata bahwa pendapat yang mu'tamad dalam madzhab syafi'iy adalah bahwa shalat isyraq itu adalah shalat dhuha.


[Fatawa ar-Ramli, Bairut: Darul Fikri, jilid 1 hal. 220.]


• Al Imam Qalyubi (w. 1069 H) dan Imam Umairah (w. 957 H) rahimahumallah juga termasuk ulama besar madzhab Syafi'iy ikut mengomentari mengenai shalat isyraq sebagai berikut:


قال القليوبي: الضحى وهي صلاة الأوابين وصلاة الإشراق على المعتمد عند شيخنا الرملي وشيخنا الزيادي. وقال عميرة : الضحى قال الإسنوي: ذكر جماعة من المفسرين أنها صلاة الإشراق. حاشيتا قليوبي وعميرة (1/ 245)


Imam al-Qalyubi mengatakan bahwa shalat dhuha itu adalah shalat awwabin dan juga shalat isyraq. Pendapat ini adalah pendapat yang mu’tamad menurut Imam Ramli dan Imam az-Ziyadi. Imam Umairah juga berkata: imam al-Isnawi mengatakan bahwa shalat dhuha adalah shalat isyraq dalam pandangan kebanyakan ahli tafsir.


[Hasyiyataa -Qalyubi wa Umairah, Bairut: Darul Fikr, jilid 1 hal. 245.]


• Syaikh Abu Bakr al-Bakri ad-Dimyati rahimahullah (w. 1310 H) mengatakan hal yang sama dalam kitabnya l'anatu ath-Thalibin.


قوله قال ابن عباس صلاة الإشراق صلاة الضحى هو المعتمد.

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين (1/ 293)

Perkataan Ibnu Abbas bahwa shalat isyraq adalah shalat dhuha merupakan pendapat yang mu'tamad dalam madzhab syafi'iy.


[I’anatu ath-Thalibin Ala Halli Alfaadzi Fathil Mu’iin, Bairut: Darul Fikr, jilid 1 hal. 293.]


• Syaikh Bin Baaz rahimahullah (w. 1420 H) (salah satu Rujukan kaum salafiyah) juga mengatakan bahwa shalat isyraq itu shalat dhuha.


صلاة الإشراق هي صلاة الضحى في أول وقتها، والأفضل فعلها عند ارتفاع الضحى واشتداد الرمضاء (مجموع فتاوی ابن باز )


Shalat isyraq itu adalah shalat dhuha di awal waktu dhuha. Yang afdhal adalah dikerjakan ketikamatahari sudah meninggi dan sinarnya sudah menyengat. 


[Majmu’ Fatawa Ibn Baaz, Riyadh: Darul Qasim, jilid 11 hal. 401.]


• Dan dalam kitab Hasyiyah Jamal 4/311, maktabah syamilah:


قَوْلُهُ وَكَالضُّحَى ) وَهِيَ صَلَاةُ الْإِشْرَاقِ كَمَا أَفْتَى بِهِ الْوَالِدُ ا هـ شَرْحُ م ر وَعِبَارَةُ سم عَلَى الْمَنْهَجِ


فَرْعٌ ) الْمُعْتَمَدُ أَنَّ صَلَاةَ الْإِشْرَاقِ غَيْرُ صَلَاةِ الضُّحَى ا هـ م ر وَفِي حَجّ مَا يُوَافِقُهُ وَنَصُّهُ وَمِمَّا لَا تُسَنُّ لَهُ جَمَاعَةٌ رَكْعَتَانِ عَقِبَ الْإِشْرَاقِ بَعْدَ خُرُوجِ وَقْتِ الْكَرَاهَةِ وَهِيَ غَيْرُ صَلَاةِ الضُّحَى ا هـ


"pendapat yang mu'tamad (dapat dijadikan pegangan) adalah bahwasanya sholat isyroq bukanlah sholat Dhuha,oleh karenanya tidak disunnahkan berjamaah"


Bisa kita simpulkan bahwa mayoritas ulama ternyata mengatakan bahwa shalat isyraq itu adalah shalat dhuha,Jadi niatnya harus niat shalat dhuha.


Sepengatahuan kami diantara ulama yang mengatakan bahwa shalat isyraq itu bukan shalat dhuha adalah imam al-Ghazali,syaikh Nawawi al-Bantani rahimahumallah. Shalat ini dilakukan secara khusus dengan niat shalat isyraq.. kalian bebas mengikuti pendapat yang mana tapi saya menyarankan mengikuti pendapat yang mengatakan bahwa sholat isyroq itu bukan Dhuha agar kita lebih banyak beramal dan beribadah sebagaimana dikatakan dalam Qoidah Ushul :


ما اكثر فعلا كان اكثر فضلا 

"Sesuatu yang banyak dikerjakan maka akan banyak juga keutamaan yang didapat".


Akan tetapi sewaktu-waktu, boleh saja kita ikut pendapat pertama . Seperti, misalnya kita sempat wiridan setelah shubuh sampai terbit matahari satu tombak, dan kita sholat Isyraq, dan ternyata kita tak punya waktu lagi untuk Dhuha, maka kita ikut pendapat pertama, bahwa Isyraq sama dengan Dhuha. Artinya kita tetap sholat dhuha dan mendapatkan Fadhilahnya juga.. itu menurut saya.


Akan tetapi para ulama sama sama sepakat bahwa waktu yang afdhal untuk mengerjakannya adalah menunggu matahari naik hingga sinar panasnya menyengat (sekitar 15 menit setelah terbit matahari agar tidak menyamai ibadahnya para penyembah matahari). Walaupun boleh juga dikerjakan di awal waktu yang penting mataharinya sudah terbit.


7.) PERBEDAAN ANTARA ISYRAQ & DHUHA


Barangkali ada yang bertanya mengenai pendapat mayoritas para ulama bahwa shalat isyraq adalah shalat dhuha. Lalu adakah perbedaan antara shalat isyraq dan shalat dhuha? 


Dari segi tata cara niat atau tata cara pelaksanaan sebetulnya sama. Namun bedanya adalah shalat isyraq atau shalat dhuha yang pahalanya mendapatkan pahala seperti haji dan umrah itu ada syarat khususnya seperti shalat shubuhnya harus berjamaah dan berdzikir hingga matahari terbit. Berbeda dengan shalat dhuha yang biasa kita lakukan. Mungkin kita shalat shubuhnya tidak berjamaah. Atau berjamaah namun tidak berdzikir lama sampai matahari terbit. Jika kita kemudian shalat dhuha maka kita tidak mendapatkan pahala haji dan umrah. Wallahu a’lam.


8.) NIAT ULAMA SALAF HADRAMAUT KETIKA SHOLAT ISYROQ 


Niat itu merupakan suatu amal yang paling penting dalam ibadah sehingga dikatakan bahwa niat merupakan pembeda antara adat dan ibadah.. contoh manakala ia minum tanpa ada niat kebaikan yang ia sisipkan maka itu hanya berupa adat kebiasaan manusia,namun bila disisipkan niat bahwa dengan minum ia akan kuat dalam beribadah, mengikuti Sunnah Rasulullah ﷺ maka tentu minum tersebut menjadi berbeda dan dinilai ibadah. Al imam Ibnul Mubarak berkata:


كم من عمل صغير تعظمه النية وكم من عمل كبير تصغره النية 


"Berapa banyak amal terlihat rendah dan kecil akan tetapi disisi Allah sangatlah agung disebabkan niat yang agung,dan berapa banyak amalan yang terlihat besar akan tetapi disisi Allah menjadi kecil karena niat kecil dari si pengamal" jadi Amalan niat itu sangatlah asas dan intisari dalam ibadah.


Oleh karenanya guru guru kami para Masyaikh Hadramaut tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini,yaitu niat sholat isyroq hanya untuk isyroq saja akan tetapi mereka menggabungkan beberapa niat kedalam satu amalan yaitu sholat Isyraq. Dinukil dalam kitab [Waqtad hadakallah bil aslafi Hal 80] berikut niat niat nya:


"Niat sholat isyroq,Dhuha,istikhoroh,Taufiq li syukur,Hifdz fi jamiil umur,kifayah jamiil asyror wa syurur,isti'adzah min syaril yaum wa lailah,taubat,Qodhoil hajat,jalbil arzaq hissi wa ma'nawi"


نيات مع صلاة الضحى : سنة الضحى والاستخارة والتوفيق للشكر والحفظ في جميع الأمور وكفاية جميع الأشرار والشرور والاستعاذة من شراليوم والليلة والتوبة وقضاء الحاجة وجلب الأرزاق الحسية والمعنوية .


Wallahu a'lam Bishowab..

Saturday, May 18, 2024

DROPSHIP TOKO ONLINE LEGALITAS SYAREAT, SEPERTI APA............?

 Bisa dilihat keterangan berikut ini 


DROPSHIP TOKO ONLINE LEGALITAS SYAREAT, SEPERTI APA............?


Deskripsi:

Kita tahu bahwa dalam jual beli online ada yang disebut dengan istilah dropshiping. Dimana penjual hanya memasang kriteria barang yang akan dijual dengan harga tertentu bak toko nyata, padahal dia tidak memiliki barang apapun ditempatnya. Ketika ada pembeli memesan barang yang ia pajang, ia dengan sigap segera menghubungi toko besar yang telah menyediakan barang barang yang ia jajakan tersebut dan tentu ia membeli dengan harga yang lebih murah dari yang ia pajang ditokonya. Lalu ia hanya perlu meminta toko besar tersebut mengirim barang ke alamat pembeli yang membeli ditoko online nya. 


Pertanyaan :

1. Apakah jual beli sistem dropsip diatas mendapat legalitas syareat?

2. Jika tidak, bagaimana solusinya?

Terimakasih


Sail:+62 857-3018-0180


 *Jawaban :

Diperinci:

Memandang dropship ada 2 praktek:


1. praktek yg sudah terjadi kesepakatan atau izin antar dropship dan supplier 

Maka hukumnya sah karna terkatagori bai' maushufun fid dzimmah. 


2. praktek yg tidak ada kesepakatan atau izin antara dropship dan supplier , dia hanya membuat akun kemudian mencantumkan prodak prodak yg belum ada,,,, apabila ada yg memesan baru dia memcari prodak tsb

Maka tidak sah karna terdapat ghoror dan terkatagori bai' ainin ghoibah. 


 *Refrensi*


الشرقاوي على التحرير ج ٢ ص ١٥

(( باب بيوع الأعيان ))

وهي ثلاثة اذ ( العين أما حاضرة او غائبة او في الذمة فالحاضرة وهي المرئية الرؤية المعتبرة ) في صحة البيع ( يصح بيعها ) بشرطه الآتي *( والغائبة ان لم يرها العاقدان ) بأن لم يرها كل منهما او أحدهما ( قبل ) اي قبل العقد ( لم يصح بيعها ) للغرر ( وان رأياها ) قبل ( ولم يتغير عادة كأرض ) وثياب رأياها من نحو شهر ( او احتمل تغيرها ) وعدمه ( كحيوان صح بيعها ) في الأول والظاهر في الثاني بقائها بحالها ومحله اذا كانا ذاكرين لأوصافها عند العقد ( او غلب تغيره ) في المدة ( كفاكهة رطبة لم يصح ) بيعها للغائب والمراد بالغائبة غير المرئية حالة العقد سواء كانت غائبة عن مجلسه او حاضرة فيه* وقوله لم يصح بيعها : اي وان بالغا في وصفها او سمعه المشتري بالتواتر ولا يشكل على ذلك صحة البيع فيما لو قال اشتريت منك ثوبا صفته كذا بهذه الدرهم فقال بعتك لأن ذلك بيع موصوف في الذمة وهذا بيع عين موصوفة متميزة كذا قاله الرملي الكبير


مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج ج ٢ ص ٣٥٧

 *(وَالْأَظْهَرُ أَنَّهُ لَا يَصِحُّ بَيْعُ الْغَائِبِ) وَهُوَ مَا لَمْ يَرَهُ الْمُتَعَاقِدَانِ أَوْ أَحَدُهُمَا، وَإِنْ كَانَ حَاضِرًا لِلنَّهْيِ عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ (وَالثَّانِي يَصِحُّ) إذَا وُصِفَ بِذِكْرِ جِنْسِهِ وَنَوْعِهِ اعْتِمَادًا عَلَى الْوَصْفِ، فَيَقُولُ بِعْتُك عَبْدِي التُّرْكِيَّ أَوْ فَرَسِي الْعَرَبِيَّ أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ وَهَذَا لَا بُدَّ مِنْهُ عَلَى هَذَا، وَقِيلَ: لَا حَاجَةَ إلَى ذَلِكَ وَهُوَ مَا يُوهِمُهُ إطْلَاقُ الْمُصَنِّفِ حَتَّى لَوْ قَالَ: بِعْتُك مَا فِي كَفِّي أَوْ مِيرَاثِي مِنْ أَبِي صَحَّ* 


الشرقاوى على التحرير ج ٢ ص ١٦ مكتبة الحرمين

 *(وَ) الْعَيْنُ (اَلَّتِي فِى الذِّمَّةِ يَصِحُّ بَيْعُهَا بِذِكْرِهَا مَعَ جِنْسِهَا وَصِفَتِهَا كَعَبْدِ حَبَشِيٍّ خمُاَشِيّ) مَعَ بَقِيَّةِ الصِّفَاتِ الَّتِي تُذْكَرُ فِى السَّلَمِ* (وَعُدَّ) هَذَا (بَيْعًا لا سَلَمًا مَعَ أَنَّهَا) أَىْ الْعَيْنَ (فِى الذِّمَّةِ إِعْتِبَارًا بِلَفْظِهِ فَلا يُشْتَرَطُ فِيْهِ تَسْلِيْمُ الثَّمَنِ قَبْلَ التَّفَرُّقِ)  


نهاية المحتاج ج ٣ ص ٤١٥

والأظهر أنه لا يصح في غير نحو الفقاع كما مر بيع الغائب وهو ما لم يره المتعاقدان أو أحدهما ثمنا أو مثمنا ولو كان حاضرا في مجلس البيع وبالغا في وصفه أو سمعه بطريق التواتر كما يأتي أو رآه في ضوء إن ستر الضوء لونه كورق أبيض فيما يظهر


 *سلم التوفيق ص ٥٣ 

 *(و) يحرم أيضا بيع (مالم يره) قبل العقد حذرا من الغرور أي ألخطر لما روى مسلم أنه صلى الله عليه وسلم نهى عن بيع الغرر أي البيع المشتمل على الغرر فى المبيع قال الحصني وفى صحة بيع ذالك قولان احدهما أنه يصح وبه قال الأمة الثلاثة وطائفة من أئمتنا منهم البغوي والروياني والجديد الاظهر أنه لايصح لانه غرر انتهى.**

والله أعلم بالصواب

Sunday, May 12, 2024

ASAL HUKUM MINYAK TANAH NAJIS, BENARKAH? KITA KAJI


MINYAK TANAH 


Deskripsi Masalah :

Tambang-tambang yang sudah ditemukan sekarang sudah bisa kita gunakan dengan sangat sempurna dan dapat diperoleh dengan sangat mudah. Salah satu tambang yang ada adalah minyak tanah. Sebagaimana kita tahu, bahwa minyak tanah yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan bakar dan kebutuhan lain, ternyata berasal dari bangkai hewan purba yang tertimbun sejak jutaan tahun silam.


Pertanyaan :

1. Najiskah minyak tanah tersebut?2.Bisakah minyak tanah digunakan bersesuci?


Jawaban :

1. Suci. Karena tidak terbukti dari dari beda najis.2.Bersesuci dengan menggunakan Minyak tanah itu tidak sah karena bukan air tetapi ada sebagian ulama yang memperbolehkan.                                                 


Referensi :

(فتح المعين، 124)

(وَأَفْتَى شَيْخُنَا) فِيْ طَرِيْقٍ لَا طِيْنَ بِهَا بَلْ فِيْهَا قَذْرُ الْاَدَمِيِّ وَرَوْثُ الْكِلَابِ وَالْبَهَائِمِ وَقَدْ أَصَابَهَا الْمَطَرُ، بِالْعَفْوِ عِنْدَ مَشَقَّةِ الْاِحْتِرَازِ. (قَاعِدَةٌ مُهِمَّةٌ): وَهِيَ أَنَّ مَا أَصْلُهُ الطَّهَارَةُ وَغَلَبَ عَلىَ الظَّنِّ تَنَجُّسُهُ لِغَلَبَةِ النَّجَاسَةِ فِيْ مِثْلِهِ، فِيْهِ قَوْلَانِ مَعْرُوْفَانِ بِقَوْلَيِ الْاَصْلِ وَالظِّاِهِر أَوِ الْغَالِبِ أَرْجَحُهُمَا أَنَّهُ طَاهِرٌ، عَمَلًا بِالْاَصْلِ الْمُتَيَّقَّنِ، لِاَنَّهُ أَضْبَطُ مِنَ الْغَالِبِ الْمُخْتَلَفِ بِالْاَحْوَالِ وَالْاَزْمَانِ، (َوذَلِكَ كَثِيَابِ خِمَارٍ وَحَائِضٍ وَصِبْيَانَ)، َوأَوَانِيْ مُتَدَيَّنِيْنَ بِالنَّجَاسَةِ، وَوَرَقٍ يَغْلِبُ نَثْرُهُ عَلىَ نَجِسٍ،وَلُعَابِ صَبِيٍّ، وجوخٍ اِشْتَهَرَ عَمَلُهُ بِشَحْمِ الْخِنْزِيْرِ، وَجبنٍ شَامِيٍّ اشْتَهَرَ عَمَلهُ بِإِنْفَحَةِ الْخِنْزِيْرِ وَقَدْ جَاءَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جُبْنَةٌ مِنْ عِنْدِهِمْ فَأَكَلَ مِنْهَا وَلَمْ يَسْأَلْ عَنْ ذَلِكَ ذَكَرَهُ شَيْخُنَا فِيْ شَرْحِ الْمِنهْاَجِ.

.

(فتح القريب المجيب، 4)

وَيَجْمَعُ هَذِهِ السَّبْعَةَ قَوْلُكَ مَانََزَلَ مِنَ السَّمَاءِ اَوْنَبَعَ مِنَ الْاَرْضِ عَلَى أّيِّ صِفَةٍ كَاَنتْ مِنَ اَصْلِ الْخِلْقَةِ.

(تحفة المحتاج في شرح المنهاج، 25/248)

(فَصْلٌ) فِي بَيَانِ حُكْمِ الْأَعْيَانِ الْمُشْتَرَكَةِ (الْمَعْدِنُ) هُوَ حَقِيقَةً الْبُقْعَةُ الَّتِي أَوْدَعَهَا اللَّهُ تَعَالَى جَوْهَرًا ظَاهِرًا وَبَاطِنًا سُمِّيَتْ بِذَلِكَ لِعُدُونِ أَيْ إقَامَةِ مَا أَثْبَتَهُ اللَّهُ فِيهَا، وَالْمُرَادُ مَا فِيهَا (الظَّاهِرُ وَهُوَ مَا يَخْرُجُ) جَوْهَرُهُ (بِلَا عِلَاجٍ) فِي بُرُوزِهِ وَإِنَّمَا الْعِلَاجُ فِي تَحْصِيلِهِ (كَنِفْطٍ) بِكَسْرِ أَوَّلِهِ وَيَجُوزُ فَتْحُهُ دُهْنٍ مَعْرُوفٍ (وَكِبْرِيتٍ) بِكَسْرِ أَوَّلِهِ أَصْلُهُ عَيْنٌ تَجْرِي فَإِذَا جَمَدَ مَاؤُهَا صَارَ كِبْرِيتًا وَأَعَزُّهُ الْأَ

CARA MENSUCIKAN KASUR YANG TERKENA OMPOL (KENCING)*

 https://youtu.be/u81bEgK3dmE?si=G--PrKh93SqMi6XA


*CARA MENSUCIKAN KASUR YANG TERKENA OMPOL (KENCING)*


Cara mensucikan kasur tersebut masih harus diperinci :


- Jika setelah dijemur, kasur tersebut masih mengandung salah satu dari warna, bau dan rasa pipis maka najis di kasur tersebut dihukumi _najis ‘ainiyyah_. Sehingga cara mensucikannya harus disiram air sampai hilang sifat najisnya (warna, rasa, bau).


- Jika setelah dijemur, kasur tersebut sudah tidak mengandung seluruh sifat najis, maka najis tersebut dihukumi _najis hukmiyyah_, sehingga cukup dialiri air satu kali saja. 


Namun demikian menurut kalangan Hanafiyah, bila sifat-sifat suatu najis sudah dapat hilang dengan dijemur pada sinar matahari maka kasur tersebut sudah dihukumi suci, karena dalam madzhab Hanafi, api dan sinar matahari bisa untuk menghilangkan najis.


*REFERENSI :*


1. Kifayah Al Akhyar, juz 1, hal.66.


*كفاية الأخيار في حل غاية الإختصار - (ج 1 / ص 66)*


(وغسل جميع الأبوال والأرواث واجب إلا بول الصبي الذي لم يأكل الطعام فإنه يطهر برش الماء عليه). حجة الوجوب حديث الأعرابي وغيره، وأما كيفية الغسل فالنجاسة تارة تكون عينية أي تشاهد بالعين وتارة تكون حكمية أي حكمنا على المحل بنجاسته من غير أن ترى عين النجاسة فإن كانت النجاسة عينية فلا بد مع إزالة العين من محاولة إزالة ما وجد منها من طعم ولون وريح فإن بقي طعم النجاسة لم يطهر المحل المتنجس لأن بقاء الطعم يدل على بقاء النجاسة وصورته فيما إذا تنجس فمه وإن بقي الأثر مع الرائحة لم يطهر أيضاً وإن بقي لون النجاسة وحده وهو غير عسر الإزالة لم يطهر إلى أن قال وأما النجاسة الحكمية فيشترط فيها الغسل أيضاً. والحاصل أن الواجب في إزالة النجاسة غسلها المعتاد بحيث ينزل الماء بعد الحت والتحامل صافياً إلا في بول الصبي الذي لم يطعم ولم يشرب سوى اللبن 


2. Roudloh Al Tholibin Wa ‘Umdah Al Muftiyyin, juz 1, hal.100.


*روضة الطالبين وعمدة المفتين - (ج 1 / ص 100)*


أما إذا طرأ مناقض لا باختياره ولا بتقصيرة فإن أزاله في الحال كمن انكشفت عورته فسترها في الحال أو وقعت عليه نجاسة يابسة فنفضها في الحال أو ألقى الثوب الذي وقعت عليه في الحال فصلاته صحيحة.


3. Al Um, juz 1, hal.74


*الأم - (ج 1 / ص 74)*


(قال الشافعي) رضى الله عنه إلى أن قال فإذا أصابتهما نجاسة يابسة لا رطوبة فيها فحكهما حتى نظفا وزالت النجاسة عنهما صلى فيهما.


4. Rahmatul Ummah / Hamisy Mizan Kuibra 1/5.


ليس للنار والشمس في إزالة النجاسة تأثير إلا عند أبي حنيفة حتى إن جلد الميتة إذا جف في الشمس طهر عنده بلا دبغ وكذلك إذا كان على الأرض نجاسة فجفت في الشمس طهر موضعها وجازت الصلاة عليه لا التيمم به وكذلك النار تزيل النجاسة عنده.


5. Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab II/596.


قال المصنف رحمه الله [إذا أصاب الارض نجاسة ذائبة في موضع ضاح فطلعت عليه الشمس وهبت عليه الريح فذهب اثرها ففيه قولان قال في القديم والاملاء يطهر لانه لم يبق شئ من النجاسة فهو كما لو غسل بالماء وقال في الام لا يطهر وهو الاصح لانه محل نجس فلا يطهر بالشمس كالثوب النجس]


[الشَّرْحُ] هَذَانِ الْقَوْلَانِ مَشْهُورَانِ وَأَصَحُّهُمَا عِنْدَ الْأَصْحَابِ لَا يَطْهُرُ كَمَا صَحَّحَهُ الْمُصَنِّفُ وَنَقَلَهُ الْبَنْدَنِيجِيُّ عَنْ نَصِّ الشَّافِعِيِّ فِي عَامَّةِ كُتُبِهِ وَحَكَى فِي الْمَسْأَلَةِ طَرِيقَيْنِ أَحَدُهُمَا فِيهِ الْقَوْلَانِ وَالثَّانِي القطع بأنها لا تطهر وتأويل نصفه عَلَى أَرْضٍ مَضَتْ عَلَيْهِ سُنُونَ وَأَصَابَهَا الْمَطَرُ ثُمَّ الْقَوْلَانِ فِيمَا إذَا لَمْ يَبْقَ مِنْ النجاسة طعم ولا لون ولا رائحة ومن قَالَ بِأَنَّهَا لَا تَطْهُرُ مَالِكٌ وَأَحْمَدُ وَزُفَرُ وَدَاوُد وَمِمَّنْ قَالَ بِالطَّهَارَةِ أَبُو حَنِيفَةَ وَصَاحِبَاهُ ثُمَّ قَالَ الْعِرَاقِيُّونَ هُمَا إذَا زَالَتْ النَّجَاسَةُ بِالشَّمْسِ أَوْ الرِّيحِ فَلَوْ ذَهَبَ أَثَرُهَا بِالظِّلِّ لَمْ تَطْهُرْ عِنْدَهُمْ قَطْعًا وَقَالَ الْخُرَاسَانِيُّونَ فِيهِ خِلَافٌ مُرَتَّبٌ وَأَمَّا الثَّوْبُ النَّجِسُ بِبَوْلٍ وَنَحْوِهِ إذَا زَالَ أَثَرُ النَّجَاسَةِ مِنْهُ بِالشَّمْسِ فَالْمَذْهَبُ القطع بأنه لا يطهر وبه قطع العرقيون وَنَقَلَ إمَامُ الْحَرَمَيْنِ عَنْ الْأَصْحَابِ أَنَّهُمْ طَرَدُوا فِيهِ الْقَوْلَيْنِ كَالْأَرْضِ قَالَ وَذَكَرَ بَعْضُ الْمُصَنِّفِينَ يَعْنِي الْفُورَانِيَّ أَنَّا إذَا قُلْنَا يَطْهُرُ الثَّوْبُ بِالشَّمْسِ فَهَلْ يَطْهُرُ بِالْجَفَافِ فِي الظِّلِّ فِيهِ وَجْهَانِ وَهَذَا ضَعِيفٌ قَالَ الْإِمَامُ وَلَا شَكَّ أَنَّ الْجَفَافَ لَا يَكْفِي فِي هَذِهِ الصُّورَةِ فَإِنَّ الْأَرْضَ تَجِفُّ بِالشَّمْسِ عَلَى قُرْبٍ وَلَمْ يَنْقَلِعْبَعْدُ آثَارُ النَّجَاسَةِ فَالْمُعْتَبَرُ انْقِلَاعُ الْآثَارِ عَلَى طُولِ الزَّمَانِ بِلَا خِلَافٍ وَكَذَا الْقَوْلُ فِي الثِّيَابِ وَقَوْلُ الْمُصَنِّفِ (مَوْضِعٌ ضَاحٍ) هُوَ بِالضَّادِ الْمُعْجَمَةِ قَالَ أَهْلُ اللُّغَةِ هُوَ الْبَارِزُ والله أعلم


____________

Wednesday, March 13, 2024

*"Enam (6) Kiat Meraih Keberkahan Romadhon"*

 *Secangkir ☕Kopi Dhuha*


Senin, 11 Maret 2024 M/ 30 Sya'ban 1445 H.


Oleh :A. Hasanuddin. HR.


*"Enam (6) Kiat Meraih Keberkahan Romadhon"*


Ketika bulan Romadhon tiba, Rosulullah

 *صلى الله عليه وسلم*

 memberikan kabar gembira dengan sabdanya:

"Sungguh telah datang kepadamu bulan yang diberkahi, difardhukan atas kamu melaksanakan puasa di dalamnya, dibuka pada bulan Romadhon pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, di belenggu padanya syaitan-syaitan, di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa orang yang terhalang memperoleh kebaikannya (Lailatul Qadr) maka sungguh dia telah terhalang memperoleh kebaikan (yang besar)." (HR. Ahmad dari Abi Hurairoh)


Dalam hadits tersebut Rosulullah

 *صلى الله عليه وسلم* 

telah mengingatkan tentang *adanya keberkahan* yang selayaknya untuk bisa kita raih dalam bulan Romadhon, disamping kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa di dalamnya.


 Karena itu dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa setiap malam di bulan Romadhon ada (malaikat) yang memanggil: "...Wahai para pemburu kebaikan menghadaplah kamu, wahai orang yang suka berbuat maksiat, berhentilah kamu...". (HR. Turmudzi dari Abu Hurairoh)


Minimal ada enam (6) kiat yang bisa kita lakukan untuk *"meraih keberkahan"* Romadhon tersebut:


*1)- Menjaga Perbuatan Dan Ucapan Atau Tulisan Yang Bisa Menghilangkan Pahala Puasa*


"Puasa (yang sempurna) bukanlah (hanya sebatas) menahan dari makan dan minum (saja). Sesungguhnya puasa (yang sempurna) adalah menjaga diri dari perbuatan sia-sia dan perkataan kasar dan kotor." (HR. Hakim dari Abi Hurairoh)


Syeik Amin Al-Kurdy mengatakan:

"Sebagaimana wajib bagi orang yang berpuasa untuk mencegah dirinya dari melakukan perkara-perkara yang dapat membatalkan puasa, maka sebaiknya dia juga menjaga anggota-anggota tubuhnya dari semua perkara yang diharamkan. Kalau tidak, maka tidak ada puasa (yang sempurna) baginya." (Tanwierul Qulub, hal. 230)


*2)- Melaksanakan Sholat Tarawih*


"Siapa orang yang melaksanakan sholat di bulan Romadhon dilandasi dengan keimanan dan mengharap ridho Allah, maka diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhori dan Muslim dari Abi Hurairoh).


*3)- Tadarus Al-Qur'an*


"Puasa dan Al-Qur'an akan memberikan syafa'at terhadap seorang hamba pada hari Kiamat. Berkata Puasa; "Wahai Tuhanku! Aku telah mencegahnya dari makan dan kesenangan syahwat pada siang hari, maka terimalah syafa'atku untuknya." Dan berkata Al-Qur'an; "Wahai Tuhanku! Aku mencegahnya dari tidur di waktu malam, maka terimalah syafa'atku untuknya." Maka puasa dan Al-Qur'an pun memberikan syafa'atnya." (HR. Ahmad dari Abdullah bin 'Amr).


*4)- Memperbanyak Shodaqoh*


"Siapa orang yang memberikan makanan/minuman untuk berbuka kepada orang yang berpuasa maka adalah baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun." (HR. Ahmad dari Zaid bin Kholid).


*5)- Melaksanakan I'tikaf*


"Siapa orang yang beri'tikaf di landasi keimanan dan mengharap Ridho Allah maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Dailami dari sayyidah A'isyah)


Terutama sekali di sepuluh hari yang terakhir di bulan Romadhon.

"Siapa orang yang beri'tikaf pada sepuluh hari (terakhir) di bulan Romadhon maka itu (pahalanya) seperti dua kali berhaji dan dua kali ber'umroh." (HR. Baihaqi dari Husen bin 'Ali)


*6)- Memperbanyak Berdo'a*


"Tiga orang yang tidak ditolak do'a-do'a mereka; Orang yang berpuasa sehingga dia berbuka..." (HR. Ahmad dari Abu Hurairoh)


*Sahabat-Sahabat*

*رحمكم الله*


Begitu istimewanya bulan Romadhon ini bagi ummat Islam, sehingga bila Romadhon tiba, amiirul mu'minin 'Umar bin Khattab menyambut nya dengan ucapan:


*مرحبا بالمطهر خير كله، صيام نهاره وقيام ليله، والنفقة فيه كالنفقة فى سبيل الله.*


"Selamat Datang bulan yang mensucikan, yang di dalamnya penuh kebaikan. (Wajib) berpuasa pada siang harinya, (Sunnah) beribadah pada malam harinya. Dan menafkahkan harta di dalamnya seperti menafkahkan harta di jalan Allah (fi sabilillah)." (Al-Ghuniyyah. hal. 319)


Mari kita berupaya untuk meraih keberkahan Romadhon agar kita tidak termasuk kedalam golongan orang-orang yang merugi; 

"Rugilah seseorang yang masuk kepadanya bulan Romadhon, kemudian bulan Romadhon itu berlalu (darinya) sebelum dia memperoleh ampunan." (HR. Hakim dari Abu Hurairoh)


*"Marhaban Yaa Romadhon! Semoga Allah Selalu Melimpahkan Kesehatan, Ke'afiatan, Keselamatan, Taufiq Dan Hidayah-Nya Kepada Kita Semua, Sehingga Kita Bisa Melaksanakan Kewajiban Puasa Dan Berbuat Kebaikan Dibulan Penuh Berkah Ini, Agar Kita Bisa Meraih Keberkahan Dan Ampunan-Nya ."*


*امين يارب العالمين.*🤲🤲🤲


*والله اعلم بالصواب*


*- اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد*

*- اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد*

*- اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد*


*Saya: A. Hasanudin, HR. & Keluarga Mengucapkan:*


*"مرحبا يا شهر رمضان المبارك"*


*"Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Romadhon 1445 H."*

*"Mohon Ma'af Lahir Dan Batin Atas Semua Khilaf Dan Kesalahan Yang Telah Kami Lakukan 🙏🙏🙏🤝🤝🤝"*


Semoga Bermanfa'at.

🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏


*Monggo Diseruput ☕ Kopi Dhuhanya 😄😄😄🙏🙏🙏*

Monday, March 4, 2024

PERBEDAAN QURBAN DAN AQIQAH

 Pengertian Kurban

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP, secara bahasa kurban berasal dari kata qarraba yang berarti dekat. Secara syariat kurban artinya ibadah dalam bentuk melaksanakan penyembelihan hewan tertentu atas dasar perintah Allah SWT dan petunjuk Rasulullah SAW dengan harapan dapat mendekatkan diri kepada-Nya.

Sementara dalam istilah ilmu fikih, hewan kurban biasa disebut dengan nama al-udhiyah yang bentuk jamaknya al-adahi. Udhiyah artinya menyembelih hewan pada waktu matahari naik di pagi hari (pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik).

Ibadah kurban diperintahkan Allah SWT dalam firmannya, surah al Kautsar/108:1-3 yang artinya:

"Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurban lah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)" (Q.S. alKautsar/108:1-3)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa manusia telah diberikan nikmat yang banyak, seperti tersedianya sumber air, tanaman dengan segala macam buah dan umbinya yang bermanfaat, hewan-hewan yang dapat diambil tenaga ataupun dagingnya, serta masih banyak nikmat-nikmat lainnya lagi. Sebagai bukti rasa syukur atas semua itu, manusia diperintahkan untuk mendirikan sholat baik fardu maupun sunnah dengan ikhlas karena Allah SWT, serta diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban dengan hanya menyebut nama Allah SWT semata.


Pengertian Aqiqah
Aqiqah secara bahasa artinya memutus, melubangi, membelah atau memotong. Secara syariat makna aqiqah adalah menyembelih kambing/domba sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas lahirnya anak, baik laki-laki atau perempuan.

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk mengadakan aqiqah, karena sebagai bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT dengan lahirnya sang anak.

Aqiqah paling utama dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak. Pada hari itu pula seorang bayi dicukur rambutnya dan diberi nama yang baik.

Melansir NU Online, hukum melaksanakan ibadah aqiqah adalah sunah muakkadah. Sebagaimana dalam hadits Nabi:

عَنْ سَمُرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الغُلَامُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ، وَيُسَمَّى، وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ

Artinya: Dari Samurah, ia berkata, Nabi bersabda: Seorang bayi itu digadaikan dengan (jaminan) aqiqahnya; aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh (dari hari kelahiran), (pada hari itu pula) si bayi diberi nama dan dipotong rambutnya (HR Sunan al-Tirmidzi 4/101, dalam kitab Al-Adlaha bab Al-aqiqah).

Perbedaan Kurban dan Aqiqah
Walau sama-sama melakukan penyembelihan hewan, namun ada beberapa hal yang membedakan antara kurban dan aqiqah. Berikut beberapa perbedaannya yang dijelaskan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP:

1. Jenis Hewan yang Disembelih
Pada ibadah kurban jenis hewan yang diperbolehkan untuk disembelih adalah hewan ternak berupa unta, sapi, kerbau, kambing atau biri-biri. Sedangkan pada ibadah aqiqah, mayoritas ulama menyatakan bahwa hewan yang digunakan untuk aqiqah adalah kambing/domba.

2. Ketentuan Hewan
Perbedaan selanjutnya adalah ketentuan hewan yang disembelih. Untuk ibadah kurban hewan unta, sapi, dan kerbau boleh ibadah kurban bagi tujuh orang. Sedangkan kambing dan domba hanya untuk ibadah kurban satu orang. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW:

"Kami pernah menyembelih hewan kurban bersama Rasulullah Saw. pada tahun Hudaibiah dengan seekor unta kepada tujuh orang dan lembu juga kepada tujuh orang. (H.R. al-Bukhari dan Muslim diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah)."

Sementara ketentuan hewan pada aqiqah yakni mayoritas ulama berpendapat bahwa untuk anak laki-laki sebanyak 2 ekor kambing/domba dan untuk anak perempuan sebanyak 1 ekor kambing/domba.

3. Waktu Pelaksanaan
Perbedaan lainnya adalah waktu pelaksanaannya. Waktu pelaksanaan ibadah kurban adalah setelah sholat Idul Adha (10 Dzulhijjah) dan tiga hari tasyrik (11,12, dan 13 bulan Dzulhijjah).

Penyembelihan boleh dilakukan pada siang hari atau sore hari pada hari-hari tersebut hingga sebelum matahari terbenam pada tanggal 13 Dzulhijjah. Tidak ada perbedaan waktu siang atau pun malam.

Dan tempat yang disunnahkan untuk menyembelih adalah tanah lapangan. Tujuannya adalah untuk memberitahukan kepada kaum Muslimin bahwa kurban sudah boleh dilakukan dan untuk mengajari kaum Muslimin tata cara kurban yang benar.

Sedangkan penyembelihan hewan aqiqah sebaiknya dilaksanakan pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi. Namun sebagian ulama berpendapat bahwa jika pada hari ketujuh tersebut belum mampu melaksanakan aqiqah untuk anaknya, Sayyidah Aisyah r.a. dan Imam Ahmad berpendapat bahwa aqiqah bisa dilaksanakan pada hari keempat belas, atau pun hari kedua puluh satu.

Jika pada hari-hari itu juga belum mampu, boleh dilakukan kapan saja saat yang bersangkutan sudah mampu. Kewajiban aqiqah menjadi gugur apabila bayi meninggal sebelum usia tujuh hari.

4. Pembagian daging kurban
Daging kurban dibagikan kepada fakir dan miskin dalam keadaan masih mentah, belum dimasak. Apabila orang yang berkurban (sahibul qurban) menghendaki, ia boleh mengambil daging kurban itu maksimal sepertiganya.

Untuk aqiqah, sebaiknya daging yang diberikan dalam kondisi yang sudah dimasak. Orang tua yang melaksanakan aqiqah untuk anaknya boleh memakan daging aqiqah tersebut, menghadiahkan sebagian dagingnya kepada orang terdekat, dan menyedekahkan sebagian lagi kepada kaum Muslimin.

Boleh juga mengundang kerabat dan tetangga untuk menyantapnya, serta boleh juga disedekahkan semuanya.

5. Tujuan penyembelihan
Penyembelihan hewan qurban tujuannya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Orang yang berkurban (sahibul qurban) disunnahkan untuk menyembelih hewan kurbannya sendiri, tetapi boleh diwakilkan kepada orang lain.

Sementara penyembelihan hewan saat aqiqah sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT atas lahirnya sang anak.

Itulah informasi mengenai pengertian kurban serta perbedaannya dengan aqiqah. Semoga bermanfaat ya detikers!

Baca artikel detiksulsel, "Pengertian Kurban dan Aqiqah dalam Islam, Apa Bedanya?" selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6762938/pengertian-kurban-dan-aqiqah-dalam-islam-apa-bedanya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Thursday, February 22, 2024

HUKUM MUSIK DALAM ISLAM

 HUKUM MUSIK DALAM ISLAM

Halal dan haram musik (music) dalam hukum Islam. Musik adalah suatu aktifitas budaya yang dilakukan oleh hampir semua orang, disengaja atau tidak. Sedikitnya, orang pasti mendengarkan alunan musik di rumah tetangga, TV, radio, mall, di jalan-jalan, di angkutan umum, dan lain-lain. Itu artinya, musik harus mendapat status yang jelas dalam perspektif Islam agar supaya umat tidak melakukan sesuatu tanpa payung hukum syariah.

DEFINISI MUSIK

Dalam pengertian masyarakat umum, kata "musik" merujuk pada suatu seni yang mengombinasikan antara paduan berbagai alat musik tertentu dengan seni suara. Sehingga, musik yang hanya menampilkan paduan alat musik saja, seperti musik klasik, atau paduan suara saja, dianggap "kurang musik". Dalam performa panggung, seni musik juga sering dipadukan dengan seni tari atau dansa. Terkadang, musik dan lagu disebut terpisah. Tapi tidak jarang juga dua kata itu disebut secara berkelindan (interchangeable) untuk pengertian yang sama.

Dalam bahasa Arab pun, lagu disebut dengan ghina' (jamak, aghani) (غناء أغاني), sedang musik disebut musiqi (موسيقي). Tapi, tidak jarang dua kata itu disebut terpisah dengan makna yang sama.

Dalam tulisan ini, kata musik mencakup arti semua seni alat musik dan lagu/nyanyian. Kecuali apabila disebut secara khusus.

PENDAPAT YANG MENGHARAMKAN MUSIK

Ulama yang mengharamkan musik pun memiliki pandangan yang beragam soal keharaman dan dalil yang mengharamkannya. Perlu dicatat bahwa musik yang dibahas adalah musik yang santun yang kata-katanya sopan dan wajar serta tidak mengundang konotasi sex atau syahwat. Musik yang liriknya bernuansa pornografi, mengundang syahwat dan tampilan panggung yang tidak islami--mengumbar aurat dan percampuran dan sentuhan laki-laki perempuan bukan mahram--jelas hukumnya haram dalam musik atau dalam kehidupan biasa.

DALIL HARAMNYA MUSIK

1. Quran Surat Luqman 31:6:

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَن سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُواً أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُّهِينٌ

Artinya: Dan diantara mereka (ada) orang yang mempergunakan lahwal hadits (kata- kata tak berguna) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu sebagai bahan olok-olokan. Mereka itu memperoleh adzab yang menghinakan.

Al-Qurtubi dalam Tafsir Al-Qurtubi menyatakan:

( يشتري لهو الحديث أي : يستبدل ويختار الغناء والمزامير والمعازف على القرآن ، قال أبو الصباء البكري سألت ابن مسعود عن هذه الآية فقال : هو الغناء ، والله الذي لا إله إلا هو ، يرددها ثلاث مرات

وقال إبراهيم النخعي : الغناء ينبت النفاق في القلب ، وكان أصحابنا يأخذون بأفواه السكك يخرقون الدفوف . وقيل : الغناء رقية الزنا . وقال ابن جريج : هو الطبل وعن الضحاك قال : هو الشرك . وقال قتادة : هو كل لهو ولعب

Artinya: Tafsir kalimat "يشتري لهو الحديث" adalah mengganti dan memilih nyanyian dan alat musik dibanding Quran. Abu Shoba Al-Bakri berkata: Aku bertanya pada Ibnu Mas'ud tentang maksud ayat ini, ia menjawab: Maksudnya adalah nyanyian (musik) demi Allah (ia mengulang sumpahnya tiga kali). Ibrahim An-Nakha'i berkata: Nyanyian menumbuhkan kemunafikan dalam hati.. Ibnu Juraij berkata: ia adalah alat musik drum. Ad-Dhahhak berkata: ia adalah syirik. Qatadah berkata: Setiap permainan.

Muhammad ibnu Jarir At-Tabari dalam Tafsir At-Tabari berkaitan dengan "lahwal hadits" menyatakan demikian:

اختلف أهل التأويل في تأويل قوله : ( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ) فقال بعضهم : من يشتري الشراء المعروف بالثمن ، ورووا بذلك خبرا عن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - .

وهو ما حدثنا أبو كريب قال : ثنا وكيع ، عن خلاد الصفار ، عن عبيد الله بن زحر ، عن علي بن يزيد ، عن القاسم ، عن أبي أمامة قال : قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : " لا يحل بيع المغنيات ، ولا شراؤهن ، ولا التجارة فيهن ، ولا أثمانهن ، وفيهن نزلت هذه الآية : ( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ) .

حدثنا ابن وكيع قال : ثني أبي ، عن خلاد الصفار ، عن عبيد الله بن زحر ، عن علي بن يزيد ، عن القاسم ، عن أبي أمامة ، عن النبي - صلى الله عليه وسلم - بنحوه . إلا أنه قال : " أكل ثمنهن حرام " وقال أيضا : " وفيهن أنزل الله علي هذه الآية : ( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ليضل عن سبيل الله ) .

حدثني عبيد بن آدم بن أبي إياس العسقلاني قال : ثنا أبي قال : ثنا سليمان بن حيان ، عن عمرو بن قيس الكلابي ، عن أبي المهلب ، عن عبيد الله بن زحر ، عن علي بن يزيد ، عن القاسم ، عن أبي أمامة . قال : وثنا إسماعيل بن عياش ، عن مطرح بن يزيد ، عن عبيد الله بن زحر ، عن علي بن زيد ، عن القاسم ، عن أبي أمامة الباهلي قال : سمعت رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يقول : " لا يحل تعليم المغنيات ، ولا بيعهن ولا شراؤهن ، وثمنهن حرام ، وقد نزل تصديق ذلك في كتاب الله ( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ) إلى آخر الآية " .

وقال آخرون : بل معنى ذلك : من يختار لهو الحديث ويستحبه .

Ulama ahli takwil berbeda dalam menakwili ayat 

"( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ) 

". Sebagian menyatakan: Orang yang membeli pembelian yang masyhur dengan harga, lalu meriwayatkan hal itu sebagai berita dari Rasulullah.

Rasulullah bersabda: Tidak halal menjual penyanyi, membelinya, memperdagangkannya, tidak juga harganya. Dalam soal ini turun ayat

 "( ومن الناس من يشتري لهو الحديث )"

 dalam riwayat lain ada tambahan "Memakan harga penyanyi adalah haram"...

Rasulullah bersabda: "Tidak halal mengajar para penyanyi, menjual penyanyi, membeli penyanyi. Harga mereka haram. Telah turun ayat soal itu dalam Al Quran ( ومن الناس من يشتري لهو الحديث )

Sebagian berpendapat: Makna ayat di atas adalah "Orang yang memilih perkataan tiada guna (lahwal hadits) dan menyukainya.

Al-Husain ibnu Mas'ud Al-Baghawi dalam Tafsir Al-Baghawi menyatakan seputar maksud kata "lahwal hadits" demikian:

( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ) الآية . قال الكلبي ، ومقاتل : نزلت في النضر بن الحارث بن كلدة كان يتجر فيأتي الحيرة ويشتري أخبار العجم ويحدث بها قريشا ، ويقول : إن محمدا يحدثكم بحديث عاد وثمود ، وأنا أحدثكم بحديث رستم واسفنديار وأخبار الأكاسرة ، فيستملحون حديثه ويتركون استماع القرآن ، فأنزل الله هذه الآية . وقال مجاهد : يعني شراء القيان والمغنيين ، ووجه الكلام على هذا التأويل : من يشتري ذات لهو أو ذا لهو الحديث . أخبرنا أبو سعيد الشريحي ، أخبرنا أبو إسحاق الثعلبي ، أخبرنا أبو طاهر محمد بن الفضل بن محمد بن إسحاق المزكي ، حدثنا جدي محمد بن إسحاق بن خزيمة ، أخبرنا علي بن حجر ، أخبرنا مشمعل بن ملحان الطائي ، عن مطرح بن يزيد ، عن عبيد الله بن زحر ، عن علي بن يزيد ، عن القاسم بن عبد العزيز ، عن أبي أمامة قال : قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : " لا يحل تعليم المغنيات ولا بيعهن وأثمانهن حرام " ، وفي مثل هذا أنزلت هذه الآية : " ومن الناس من يشتري لهو الحديث ليضل عن سبيل الله " ، وما من رجل يرفع صوته بالغناء إلا بعث الله عليه شيطانين : أحدهما على هذا المنكب ، والآخر على هذا المنكب ، فلا يزالان يضربانه بأرجلهما حتى يكون هو الذي يسكت .

أخبرنا عبد الرحمن بن أحمد القفال ، أخبرنا أبو منصور أحمد بن الفضل البروجردي ، أخبرنا أبو أحمد بكر بن محمد بن حمدان الصيرفي ، أخبرنا محمد بن غالب بن تمام ، أخبرنا خالد بن أبي يزيد ، عن هشام هو ابن حسان ، عن محمد هو ابن سيرين ، عن أبي هريرة أن النبي - صلى الله عليه وسلم - " نهى عن ثمن الكلب وكسب الزمارة " . قال مكحول : من اشترى جارية ضرابة ليمسكها لغنائها وضربها مقيما عليه حتى يموت لم أصل عليه ، إن الله يقول : " ومن الناس من يشتري لهو الحديث " الآية . وعن عبد الله بن مسعود ، وابن عباس ، والحسن ، وعكرمة ، وسعيد بن جبير قالوا : " لهو الحديث " هو الغناء ، والآية نزلت فيه . ومعنى قوله : ( يشتري لهو الحديث ) أي : يستبدل ويختار الغناء والمزامير والمعازف على القرآن ، قال أبو الصباء البكري سألت ابن مسعود عن هذه الآية فقال : هو الغناء ، والله الذي لا إله إلا هو ، يرددها ثلاث مرات

Artinya: .. Al-Kalbi dan Muqatil berkata: Ayat ini turun terkait Al-Nadhar bin Al-Harits bin Kildah. Ia berdagang lalu merasa bingung dan membeli berita ajam dan menceritakan itu pada orang Quraisy dan berkata: Muhammad menceritakan kalian dengan hadits kaum 'Ad dan Tsamud. Sedangkan aku menceritakan pada kalian dengan hadits Rustum, Isfandiyar dan para Kaisar. Maka mereka menikmati kisahnya dan meninggalkan mendengar Al Quran. Lalu Allah menurunkan ayat ini. Mujahid berkata: Maksudnya adalah membeli penyanyi perempuan dan para penyanyi. Inti pembahasan ulama atas takwil ini adalah: Orang yang membeli permainan atau cerita tidak berguna. .. Rasulullah bersabda: Tidak halal mengajar para penyanyi wanita, tidak halal menjual mereka. Harga mereka haram. Terkait ha ini maka turunlah ayat ini 

 ومن الناس من يشتري لهو الحديث ليضل عن سبيل الله " 

Tidak ada seorang lelaki yang meninggikan suaranya dengan nyanyian kecuali Allah mengutus dua setan padanya, yang pertama pada bahu yang ini, yang lain pada bahu yang ini. Lalu keduanya senantiasa memukul keduanya dengan kedua kakinya sampai dia (lelaki itu) diam.

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi melarang dari harga anjing dan alat bunyi-bunyian. Makhul berkata: Siapa yang membeli budak wanita yang pandai memukul untuk tujuan menikmati nyanyiannya dan memukulnya dan tinggal bersamanya sampai mati maka aku tidak akan menyolati (jenazah)nya. Allah berfirman "Dan diantara mereka (ada) orang yang mempergunakan lahwal hadits (kata- kata tak berguna) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah" Ibnu Masud dll berkata: maksud 'lahwal hadits' adalah nyanyian (lagu) sedangkan ayat di atas diturunkan terkait hal ini. Adapun makna "( يشتري لهو الحديث )" yakni mengganti dan memilih lagu, seruling dan alat musik daripada Al Quran. Abu Shaba Al Bakri berkata: Aku bertanya pada Ibnu Masud tentang ayat ini, ia menjawab: "Itu tentang nyanyian" demi Allah Ibnu Mas'ud mengulanginya sampai tiga kali.

2. Quran Surat An-Najm 53:59-61:

أَ فَمِنْ هذَا الْحَدِيْثِ تَعْجَبُوْنَ وَ تَضْحَكُوْنَ وَ لاَ تَبْكُوْنَ وَ أَنْتُمْ سَامِدُوْنَ

Artinya: Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis? Sedang kamu melengahkan(nya)?

Ibnu Abbas mengatakan bahwa maksud "shamidun" ialah al-ghina (nyanyian)

3. Quran Surat Al-Isra' 17:64

وَ اسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ

Artinya: Dan asunglah (kobarkanlah, bujuklah) siapa yang kamu sanggupi diantara mereka dengan suaramu (shautika).

Menurut Mujahid maksud "shautika" tidak lain adalah nyanyian dan hiburan

4. Hadits Bukhari no. 5590

لِيَكُوْنَنَّ مِنْ أُمَّتِيْ أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّوْنَ الْحِرَّ وَ الْحَرِيْرَ وَ الْخَمْرَ وَ الْمَعَازِفَ وَ لَيَنْزِلَنَّ أَقْوَامٌ إِلى جَنْبِ عَلَمٍ يَرُوْحُ عَلَيْهِمْ بِسَارِحَةٍ لَهُمْ يَأْتِيْهِمْ يَعْنِي الْفَقِيْرُ لِحَاجَةٍ فَيَقُوْلُوْا: ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا فَيُبَيِّتُهُمُ اللهُ وَ يَضَعُ الْعَلَمَ وَ يَمْسَخُ الآخَرِيْنَ قِرَدَةً وَ خَنَازِيْرَ إِلى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Artinya: Sesungguhnya akan terdapat di kalangan umatku golongan yang menghalalkan zina, sutra, arak dan alat permainan (musik). Kemudian segolongan (dari kaum Muslimin) akan pergi ke tebing bukit yang tinggi. Lalu para pengembala dengan ternak kambingnya mengunjungi golongan tersebut. Lalu mereka didatangi oleh seorang fakir untuk meminta sesuatu. Ketika itu mereka kemudian berkata: "Datanglah kepada kami esok hari." Pada malam hari Allah membinasakan mereka, dan menghempaskan bukit itu ke atas mereka. Sisa mereka yang tidak binasa pada malam tersebut ditukar rupanya menjadi monyet dan babi hingga hari kiamat.

Dalil Quran dan hadits di atas di jadikan dasar oleh para ulama atas haramnya musik dalam Islam. Ulama dalam kelompok ini antara lain adalah Imam Ibnu Al-Jauzi (Talbis Iblis, hlm. 2321), Imam Qurthubi (Tafsir Qurtuhbi, XIV/51-54), Asy-Syaukani (Nail-ul-Authar, VIII/442).

Sahabat mengharamkan musik antara lain sahabat Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud. Sedang dari tabi'in antara lain Mujahid, Hasan Al-Basri, Ikrimah, Said bin Zubair, Qatadah dan Ibrahim An-Nakha'i menafsirkan lahw-al-hadis dalam QS Luqman 31:6 dengan arti nyanyian atau menjualbelikan (menyewakan) biduanita.

Ismail bin Umar bin Katsir Al-Qurashi Ad-Dimashqi dalam Ibnu Katsir III/442 menegaskan maksud dari "lahwal hadits" adalah al-ghina' (nyanyian).


عن أبي الصهباء : أنه سأل ابن مسعود عن قول الله : ( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ) قال : الغناء .

وكذا قال ابن عباس ، وجابر ، وعكرمة ، وسعيد بن جبير ، ومجاهد ، ومكحول ، وعمرو بن شعيب ، وعلي بن بذيمة .

وقال الحسن البصري : أنزلت هذه الآية : ( ومن الناس من يشتري لهو الحديث ليضل عن سبيل الله بغير علم ) في الغناء والمزامير


5. Abū Ishāk Asy-Syirāzī (madzhab Syafi'i) mengharamkan musik kecuali memainkan rebana pada pesta perkawinan dan khitanan selain itu haram (Al-Muhadzab II/237)

6. Al-Muhāsibi dalam Ar-Risalah: menyanyi itu harām seperti harāmnya bangkai.

7. Madzhab Syafi'i: musik itu haram apabila disertai dengan minum arak, bergaul dengan wanita, dan semua perkara lain yang membawa kepada maksiat.


PENDAPAT YANG MENGHALALKAN MUSIK

Berikut pendapat Sahabat, Tabi'in dan ulama yang membolehkan musik. Tentu saja musik yang baik.

1. Sahabat Nabi: antara lain ‘Umar bin Khattāb, ‘Utsmān bin ‘Affān, ‘Abd-ur-Rahmān bin ‘Auf, Sa‘ad bin Abī Waqqās dan lain-lain (An-Nawawi dalam Al-Umdah).

2. Tabi'in: Sa‘īd bin Musayyab, Salīm bin ‘Umar, Ibnu Hibbān, Khārijah bin Zaid, dan lain-lain. (An-Nawawi dalam Al-Umdah)

3. Mazhab Ahl-ul-Madīnah, Azh-Zhāhiriyah dan jamā‘ah Sūfiyah, Abū Mansyūr Al-Baghdādī (dari mazhab Asy-Syāfi‘ī).

4. Mazhab Maliki membolehkan menyanyi dengan ma‘azif (alat-alat musik yang berdawai).

5. Mazhab Syāfi‘i menyanyi adalah makrūh tanzīh yakni lebih baik ditinggalkan daripada dikerjakan sedangkan nyanyian pada saat bekerja, seperti mengangkut suatu yang berat, nyanyian orang Arab untuk memberikan semangat berjalan unta mereka, nyanyian ibu untuk mendiamkan bayinya, dan nyanyian perang, maka menurut Imām Awzā‘ī adalah sunat.


IMAM AL-GHAZALI DALAM IHYA ULUMUDDIN

Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin, "Bab: Ad-Dalil ala Ibahatis Sama'", hlm. 2/269, menyatakan:

فسماع هذه الأصوات يستحيل أن يحرم لكونها طيبة أو موزونة فلا ذاهب إلى تحريم صوت العندليب وسائر الطيور. ولا فرق بين حنجرة وحنجرة ولا بين جماد وحيوان. فينبغي أن يقاس على صوت العندليب الأصوات الخارجة من سائر الأجسام باختيار الآدمى كالذي يخرج من حلقه أو من القضيب والطبل والدف وغيره.

Artinya: Mendengarkan suara-suara (lagu) ini tidak mungkin diharamkan karena alasan indah atau dihiasi. Maka, tidak bisa mengharamkan suara burung Bulbul dan suara burung-burung lain. Maka, sebaiknya suara nyanyian dianalogikan pada suara burung bulbul yang keluar dari benda-benda atas usaha manusia sebagaimana yang keluar dari kerongkongannya atau dari tongkat, drum, rebana dan lainnya.

IBNU ARABI DALAM AHKMUL QURAN

Abu Bakar ibnul Arabi dalam Ahkamul Quran, hlm. 3/526, menyatakan:

المسألة الثالثة: هذه الاحاديث التي اوردناها لايصح منها شيء بحال لعدم ثقة ناقليها إلى من ذكر من الاعيان فيها واصح مافيه قول من قال إنه الباطل فأما قول الطبري أنه الطبل فهو على قسمين : طبل حرب وطبل لهو فأما طبل الحرب فلاحرج فيه لأنه يقيم النفوس ويرهب على العدو وأما طبل اللهو فهو كالدف وكذلك الآت المشهرة للنكاح يجوز إستعمالها فيه لمايحسن من الكلام ويسلم من الرفث)

Artinya: Hadits ini (tentang haramnya alat musik) statusnya tidak sahih karena perawinya tidak tsiqah (tidak bisa dipercaya)... Adapun pendapat Tabari yang dimaksud adalah drum (rebana). Drum terbagi dua: drum untuk perang dan drum untuk permainan. Drum perang tidak masalah karena dapat memotivasi diri dan menakuti musuh. Sedangkan drum permainan maka hukumnya seperti rebana, begitu juga alat-alat yang biasa dipakai untuk memeriahkan pernikahan, boleh dipakai karena akan memperindah ucapan dan menyelamatkan dari keburukan.

Hukum musik adalah halal atau mubah. Namun, musik Haram Apabila Mengakibatkan Perbuatan Haram

Dalam QS Al-Isra 17:64 Allah berfirman:

واستفزز من استطعت منهم بصوتك وأجلب عليهم بخيلك ورجلك وشاركهم في الأموال والأولاد وعدهم , وما يعدهم الشيطان إلا غرورا

Artinya: Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan tipuan belaka.

Dalam menafsiri ayat tersebut, Ibnu Arabi dalam Ahkamul Quran, hlm. 3/208, menyatakan:

المسألة الثانية : قوله : { بصوتك } : فيه ثلاثة أقوال :

الأول : بدعائك . الثاني : بالغناء والمزمار . الثالث : كل داع دعاه إلى معصية الله ؟ قاله ابن عباس . فأما القول الأول فهو الحقيقة ، وأما الثاني والثالث فهما مجازان ، إلا أن الثاني مجاز خاص ، والثالث مجاز عام . وقد { دخل أبو بكر بيت عائشة ، وفيه جاريتان من جواري الأنصار تغنيان بما تقاولت به الأنصار يوم بعاث ، فقال : أمزمار الشيطان في بيت رسول الله ؟ فقال : دعهما يا أبا بكر ، فإنه يوم عيد } . فلم ينكر النبي صلى الله عليه وسلم على أبي بكر تسمية الغناء مزمار الشيطان ؟ وذلك لأن المباح قد يستدرج به الشيطان إلى المعصية أكثر وأقرب إلى الاستدراج إليها بالواجب ، فيكون إذا تجرد مباحا ، ويكون عند الدوام وما تعلق به الشيطان من المعاصي حراما ، فيكون حينئذ مزمار الشيطان ولذلك قال النبي صلى الله عليه وسلم : { نهيت عن صوتين أحمقين فاجرين فذكر الغناء والنوح } . وقدمنا شرح ذلك كله

Artinya: Maksud kata "shout" dalam "shoutika" ada tiga pendapat: (i) bermakna panggilan atau ajakanmu; (ii) nyanyian atau alat musik seruling; (iii) setiap ajakan ke arah maksiat pada Allah.

 Ibnu Abbas berkata: Pendapat pertama adalah makna hakiki. Makna kedua dan ketiga adalah makna majazi. Yang kedua majaz khusus, sedang yang ketiga majaz umum. Dalam sebuah hadits "Abu Bakar pernah masuk ke rumah Aisyah di situ terdapat dua budak perempuan Anshar yang sedang bernyanyi dengan lagu yang pernah dinyanyikan kaum Anshar pada hari bi'ats. Abu Bakar berkata: Apakah ada seruling setan di rumah Rasulullah? Nabi berkata: Biarkan mereka (bernyanyi) wahai Abu Bakar karena saat ini hari raya." Dalam hadits ini Nabi tidak mengingkari Abu Bakar dengan penamaan lagu sebagai seruling setan. Hal itu karena, perkara mubah terkadang oleh setan dapat dipalingkan ke perkara maksiat lebih banyak dan lebih dekat dibanding memalingkannya ke perkara wajib. Maka, musik itu apabila murni tanpa efek, hukumnya mubah (halal). Namun apabila terus-menerus dan berkaitan dengan maksiat maka menjadi haram. 

Dalam konteks terakhir ini maka musik atau lagu disebut seruling setan. Itulah latarbelakang sabda Nabi "Aku dilarang dari dua suara yang bodoh. Lalu Nabi menyebut menyanhi dan berkabung."

pandangan salah satu cendikiawan Muslim asal Mesir yang banyak menekuni fiqih perbandingan lintas mazhab, yaitu Syekh Ali Jum’ah dalam Kitab al-Bayan li Ma Yusyghilu al-Azhan fi Fatawa Syafiya wa Qadhaya ‘Ajilah. Dengannya, kita bisa menjadi tahu hukumnya dan alasan-alasan keharaman dan kebolehannya.  Menurut Syekh Ali Jumah, musik adalah setiap ritme atau irama yang keluar dari alat musik yang dimainkan. Oleh karenanya, para ulama berbeda pendapat perihal hukumnya karena tidak ada ketentuan yang jelas baik dari Al-Qur’an, hadits, maupun konsensus para ulama.

  وَمَسْأَلَةُ الْمُوْسِيْقِى مَسْأَلَةٌ خِلَافِيَةٌ فِقْهِيَّةٌ، لَيْسَتْ مِنْ أُصُوْلِ الْعَقِيْدَةِ، وَلَيْسَتْ مِنَ الْمَعْلُوْمِ مِنَ الدِّيْنِ بِالضَّرُوْرَةِ، وَلَا يَنْبَغِي لِلْمُسْلِمِيْنَ أَنْ يُفَسِّقَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا، وَلَا يُنَكِّرُ بِسَبَبِ تِلْكَ الْمَسَائِلِ الْخِلَافِيَّةِ  

Artinya, “Persoalan tentang musik merupakan persoalan khilafiyah (berbeda pendapat) dalam ranah fiqih, bukan termasuk ranah pokok akidah, bukan pula bagian dari suatu agama yang setiap muslim tahun tentangnya, sehingga tidak sepantasnya bagi kaum muslimin untuk menuduh fasik sebagian dari mereka pada sebagian yang lain, tidak pula mengingkari mereka disebabkan persoalan yang masih berselisih (hukumnya),”

 (Syekh Ali Jumah, al-Bayan li Ma Yusyghilu al-Azhan fi Fatawa Syafiyah wa Qadhaya ‘Ajilah, [Darul Ma’arif: cetakan pertama], juz I, halaman 365). 

Lebih lanjut, menurut ulama kelahiran Beni Seuf Mesir itu, alasan terjadinya perbedaan pendapat di antara para ulama fiqih karena tidak adanya nash (ketentuan) khusus dari Al-Qur’an, hadits, maupun konsensus para ulama yang mengharamkannya. Tidak hanya itu, menurut ulama kelahiran Beni Suef Mesir itu, tidak seharusnya umat Islam larut dalam perdebatan hukum-hukum yang masih diperselisihkan oleh para ulama, dan semua orang memiliki hak masing-masing untuk mengikuti salah satu pendapat yang ada, baik yang boleh maupun yang haram. Dengan demikian, tidak layak untuk mempermasalahkannya agar tidak terjadi perpecahan antaraumat Islam. Syekh Ali Jumah mengutip pendapat Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali (wafat 505 H) yang mengategorikan musik dari bagian al-lahwu (permainan-kesenangan). 

Oleh karenanya, tidak jarang banyak orang-orang menjadikannya sebagai salah satu wahana untuk menenangkan dirinya dari rasa lelah sehingga sudah selayaknya untuk diperbolehkan sepanjang tidak berupa alat-alat yang memang diharamkan seperti gitar, dan seruling:


 فَاللَّهْوُ دَوَاءُ الْقَلْبِ مِنْ دَاءِ الْإِعْيَاءِ وَالْمِلَالِ، فَيَنْبَغِي أَنْ يَكُوْنَ مُبَاحًا وَلَكِنْ لَا يَنْبَغِي أَنْ يَسْتَكْثِرَ مِنْهُ كَمَا لَا يَسْتَكْثِرُ مِنَ الدَّوَاءِ

 Artinya, “al-Lahwu (kesenangan-musik) merupakan obat hati dari rasa lelah dan bosan, maka sudah seharusnya untuk diperbolehkan. Hanya saja, lebih baik untuk tidak memperbanyak dengannya, sebagaimana tidak berlebihan dalam mengonsumsi obat,” (Imam al-Ghazali, Ihya’ Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: tt], juz II, halaman 287).

 Sementara itu, ada juga ulama yang menegaskan bahwa tempat-tempat nyanyian yang di dalamnya disertai dengan alat-alat musik, hukumnya haram. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Syekh Dr Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili, ia mengatakan

 وَتَكُوْنُ مَجَالِسُ الْغِنَاءِ الْمَقْرُوْنَةِ بِالْآلَاتِ الْمُوْسِيْقِيَّةِ حَرَاماً

 Artinya, “Tempat-tempat nyanyian yang di dalamnya bersamaan dengan alat-alat musik hukumnya haram,” (Syekh Wahbah Zuhaili, al-Fiqhu al-Islami wa Adillatih, [Damaskus, Darul Fikr: tt], juz IV, halaman 215).

✒️ Simpulan Hukum Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa hukum musik masih diperselisihkan oleh para ulama sejak masa dahulu. Lantas, bagaimana cara menggabungkan dua pendapat di atas? Berikut jawabannya. Menurut Syekh Ali Jumah, setiap musik dan nyanyian yang mengandung unsur mengajak pada hal-hal yang diharamkan, mengandung keburukan, kejelekan, mengajak pada kemaksiatan, maka hukumnya haram. Dan, setiap nyanyian yang di dalamnya tidak ada unsur-unsur tersebut hukumnya boleh sepanjang tidak terjadi percampuran antara laki-laki dan wanita yang bukan mahram

 وَلِهَذَا نَرَى جَوَازَ الْغِنَاءِ، سَوَاءٌ كَانَ مَصْحُوْبًا بِالْمُوْسِيْقِي أَوْ لَا، بِشَرْطٍ أَلَّا يَدْعُوْ اِلَى مَعْصِيَةٍ أَوْ تَتَنَافِي مَعَانِيْهِ مَعَ مَعَانِي الشَّرْعِ الشَّرِيْفِ، غَيْرِ أَنَّ اسْتِدَامَتَهُ وَالْاِكْثَارَ مِنْهُ يُخْرِجُهُ مِنْ حَدِّ الْاِبَاحَةِ اِلَى حَدِّ الْكَرَاهَةِ وَرُبَّمَا اِلَى حَدِّ الْحُرْمَةِ 

Artinya, “Oleh karena itu, saya memandang bolehnya nyanyian, baik disertai musik atau tidak, dengan syarat tidak mengajak pada kemaksiatan atau di dalamnya mengandung nyanyian yang menghilangkan makna syariat yang mulia. Hanya saja, selalu menggunakan dan memperbanyaknya bisa mengeluarkannya pada batas boleh hingga masuk pada batas makruh, dan terkadang bisa sampai pada batas haram.” (Jumah: 1/368). .

Demikian penjelasan perihal hukum musik perspekstif Syekh Ali Jumah. 

Dengan mengetahuinya, semoga tidak lagi menjadikan musik sebagai legitimasi untuk saling menyalahkan sesama, dan semakin menimbulkan kesadaran bahwa perbedaan pendapat antarlama adalah rahmat bagi semua manusia.

KESIMPULAN HUKUM MUSIK DALAM ISLAM

Ulama sepakat bahwa aktifitas musik baik itu melakukan atau mendengarkan adalah haram apabila aktifitas itu dapat mendorong seseorang untuk melakukan perbuatan dosa. Adapun mendengarkan musik yang isinya berkaitan dengan hal-hal yang baik dan dapat mengingatkan orang kepada akhirat tidak mengapa bahkan sunat dinyanyikan menurut Al-Auza'i.

Imam Syafi'i seperti dikutip oleh Al-Ghazali menyatakan bahwa tidak ada seorangpun dari para ulama Hijaz yang benci mendengarkan nyanyian, suara alat-alat musik, kecuali bila di dalamnya mengandung hal-hal yang tidak baik yang bertentangan dengan hukum syariah


wallohu'alam

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes