BREAKING NEWS

Watsapp

Wednesday, May 29, 2024

SHOLAT JANAZAH PART 8

 BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 8



وَ الْمُعَتَمَدُ أَنَّهَا تَجْزِىءُ بَعْدَ غَيْرِ الْأُوْلَى خِلَافًا لِلْحَاوِيْ،


Menurut pendapat yang mu‘tamad: Pembacaan al-Fātiḥah boleh dikerjakan setelah takbir yang bukan takbir pertama, hal ini berbeda dengan yang ada dalam kitab al-Ḥāwī,


 كَالْمُحَرَّرِ وَ إِنْ لَزِمَ عَلَيْهِ جَمْعُ رُكْنَيْنِ فِيْ تَكْبِيْرَةٍ وَ خُلُوِّ الْأُوْلَى عَنْ ذِكْرٍ.

 seperti juga al-Muḥarrar, (33) sekalipun masalah di atas mengharuskan akan terjadi dua rukun berkumpul pada satu takbir dan setelah takbir pertama tidak ada dzikir apa-apa. 

 --------------

33).

هو للرافعی وهو اصل المنهج

 Milik Imām Rāfi‘ī yang sekaligus menjadi kitab asli Minhāj. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal.125 

 Nurul ilmi.

----------------

 وَ يُسَنُّ إِسْرَارٌ بِغَيْرِ التَّكْبِيْرَاتِ، وَ السَّلَامُ، وَ تَعَوُّذٌ، وَ تَرْكُ افْتِتَاحٍ، وَ سُوْرَةٌ، إِلَّا عَلَى غَائِبٍ أَوْ قَبْرٍ.

Sunnah membaca dengan suara rendah, kecuali ketika takbīr dan salām, dan sunnah membaca ta‘awwudz, Dan sunnah meninggalkan bacaan doa iftitāḥ dan surat, kecuali jika menshalati mayat yang ghaib atau sudah dikubur. (34)

---------------

34).

الصلاة على ميت غائب عن البلد أو ميت في قبر فيأتي بهما فيها،   لانتفاء المعنى الذي شرع له التخفيف، وهو خوف نحو التغير.

ketika sholat ghoib dari daerah lain atau sholat atas mayit yang telah qubur sunnah  baca ta,awudz dan doa iftitah,

 Sebab telah hilangnya ma‘na disunnahkannya untuk mempercepat shalat ya‘ni takut mayat berubah baunya. 

 والمعتمد عند الجمال الرملي - تبعا لوالده والخطيب - عدم الاستثناء، فلا يسن الإتيان بهما مطلقا عندهما

 Yang mu,tamad adalah pendapat AlJamal Ar Romli, mengikuti pendapat Ayahnya dan Al khotib, yaitu yidak adanya pengecualian, maka tidak di sunnahkan baca ta,awudz dan iftitah pada sholat ghoib dan dholat atas mayit yang telah dikubur.

 

I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 126

 Nurul ilmi.

-----------------

(وَ) خَامِسُهَا: (صَلَاةٌ عَلَى النَّبِيِّ) (بَعْدَ تَكْبِيْرَةٍ ثَانِيَةٍ) أَيْ عَقِبَهَا، فَلَا تُجْزِىءُ فِيْ غَيْرِهَا.

(5. Membaca shalawat kepada Nabi s.a.w. sesudah takbīr yang kedua. Karena itu, tidaklah cukup jika sholawat kepada nabi dibaca setelah takbīr yang lain.

وذلك لفعل السلف والخلف، ولقوله عليه الصلاة والسلام: لا صلاة لمن لم يصل علي فيها، ولأنه أرجى للإجابة.

Karena itu mengikuti perbuatan ulamak salaf dan kholaf, dan adanya sabda Nabi SAW: 

لا صلاة لمن لم يصل علي فيها،

 وَ يُنْدَبُ ضَمُّ السَّلَامِ لِلصَّلَاةِ، وَ الدُّعَاءِ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ عَقِبَهَا، وَ الْحَمْدُ قَبْلَهَا.

 

 Sunnah mengumpulkan وسلم dan صل kepada Nabi s.a.w. serta doa salamnya. 

 Contoh:

 اللهم صل وسلم علی سيدنا محمد.

Dan Sunnah berdoa untuk orang-orang mu’min dan mu’minat setelah membaca shalawat dan membaca ḥamdalah sebelum shalawat.

 (وَ) سَادِسُهَا: (دُعَاءٌ لِمَيِّتٍ) بِخُصُوْصِهِ وَ لَوْ طِفْلًا، بِنَحْوِ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ، (بَعْدَ ثَالِثَةٍ)، فَلَا يُجْزِىءُ بَعْدَ غَيْرِهَا قَطْعًا.

(6. Berdoa khusus untuk mayat, (35) sekalipun mayatnya adalah kanak-kanak. 

Misalnya mengucapkan: (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ) “Ya, Allah, ampunilah dan berilah rahmat mayat ini”, yang dilakukan setelah takbīr yang ketiga. Secara pasti, doa ini tidak mencukupi jika dibaca setelah takbir lainnya.

----------------

35). 

أي لأنه المقصود الأعظم من الصلاة، وما قبله مقدمة له.

Sebab doa adalah tujuan utama dalam shalat mayit sedangkan sebelumnya hanya sebagai permulaan saja. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 126

 Nurul ilmi

---------------


وَ يُسَنُّ أَنْ يُكْثِرَ مِنَ الدُّعَاءِ لَهُ، وَ مَأْثُوْرُهُ أَفْضَلُ، وَ أَوْلَاهُ مَا رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْهُ وَ هُوَ: “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ، وَ اعْفُ عَنْهُ وَ عَافِهِ، وَ أَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَ وَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَ اغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ، وَ نَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَ أَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَ أَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَ زَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَ أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ فِتْنَتِهِ وَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ”. 


Sunnah memperbanyak doa untuk mayat. Doa yang ma’tsūr dari Nabi adalah lebih utama. Sedangkan yang lebih utama adalah doa riwayat Imām Muslim, yaitu: (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ، وَ اعْفُ عَنْهُ وَ عَافِهِ،…..) – sampai selesai – “Ya Allah, ampunilah dosanya, berilah dia rahmat, sejahterakan dirinya, muliakan tempatnya, luaskan jalan masuknya, mandikanlah dia dengan air salju dan embun; bersihkanlah kesalahan-kesalahannya, sebagaimana pakaian putih yang dibersihkan dari kotoran; gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik daripada rumahnya, ahli yang lebih bagus daripada ahlinya, istri yang lebih bagus daripada jodohnya; masukkanlah dia ke surga; dan selamatkanlah dia dari siksa kubur, fitnahnya serta dari siksa api neraka”.


وَ يَزِيْدُ عَلَيْهِ، نَدْبًا: “اللّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَ مَيِّتِنَا” إِلَى آخِرِهِ. وَ يَقُوْلُ فِي الطِّفْلِ مَعَ هذَا: “اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِأَبَوَيْهِ، وَ سَلَفًا وَ ذُخْرًا وَ عِظَةً وَ اعْتِبَارًا وَ شَفِيْعًا، وَ ثَقِّلْ بِهِ مَوَازِيْنَهُمَا، وَ أَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلَى قُلُوْبِهِمَا، وَ لَا تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ، وَ لَا تَحْرِمْهُمَا أَجْرَهُ”.


 Sunnah doa tersebut ditambah: (اللّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَ مَيِّتِنَا…..) “Ya Allah, ampunilah orang yang masih hidup dan yang sudah mati dalam golongan kami…. dan seterusnya). 

 

Untuk mayat kanak-kanak, di samping doa tersebut, (sunnah) ditambahkan: (اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِأَبَوَيْهِ…..) sampai akhir; “Ya Allah, jadikanlah anak ini sebagai persediaan untuk bapak-ibunya simpanan, nasihat, ibarat dan penolong bagi kedua orang tuanya; beratkanlah timbangan ‘amal mereka; jangan Engkau turunkan fitnah pada mereka; dan janganlah Engkau halangi pahala mereka”. 


 قَالَ شَيْخُنَا: وَ لَيْسَ قَوْلُهُ: اللّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا إِلَى آخِرِهِ مُغْنِيًا عَنِ الدُّعَاءِ لَهُ، لِأَنَّهُ دُعَاءٌ بِاللَّازِمِ، وَ هُوَ لَا يَكْفِيْ، لِأَنَّهُ إِذَا لَمْ يَكْفِ الدُّعَاءُ لَهُ بِالْعُمُوْمِ الشَّامِلِ كُلِّ فَرْدٍ، فَأَوْلَى هذَا. 

 

 Guru kami berkata: Doa (اللّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا) – dan seterusnya – tidaklah cukup hanya itu saja sebagai doa khusus untuk mayat. Sebab, doa tersebut berisi permohonan sesuatu yang lazim terjadinya, di mana belum cukup sebagai syarat doa untuk mayat dalam shalat Jenazah. Sebab, doa yang bersifat umum dan mencakup setiap individu saja tidak cukup sebagai doa untuk mayat, maka lebih-lebih doa yang permohonannya lazim terjadi. (36) 

 ----------------

36). 

وخالف م ر فقال يكفي الطفل هذا الدعاء ولا يعارضه قولهم..... ومثله الخطيب

Berbeda dengan pendapat dari Imām Ramlī yang mengatakan cukup dengan doa tersebut begitu pula dengan Imām Khathīb as-Syarbiniī. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 146. Dār-ul-Fikr.

----------------


وَ يَؤَنَّثِ الضَّمَائِرَ فِي الْأُنْثَى، وَ يَجُوْزُ تَذْكِيْرُهَا بِإِرَادَةِ الْمَيِّتِ أَوِ الشَّخْصِ، 

Untuk mayat wanita dhamīr yang ada dalam doa di atas diganti dengan dhamīr mu’annats. Namun, juga boleh tetap mudzakkar seperti di atas dengan menghendaki kembalinya dhamīr pada (الْمَيِّتِ) atau (الشَّخْصِ).


MOHON DIKOREKSI , DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Tuesday, May 28, 2024

Bendahara Meminjamkan Uang dan atau Mengembangkannya

 

_*Bendahara Meminjamkan Uang dan atau Mengembangkannya*_


Diskripsi masalah:

Sudah sering terjadi, bendahara meminjamkan uang kas kepada orang lain atau pada diri sendiri. Setidak-tidaknya menukar uang (receh) dengan uang yang besar. Dan ini terjadi pula pada panitia masjid atau nadhirnya.


Pertanyaan:

a.       Bagaimana hukum perbuatan itu semua, baik masjid atau lainnya?

b.       Milik siapakah laba uang tersebut, apabila telah diperdagangkan oleh peminjam?


Jawaban:

a.       Meminjamkan uang kas organisasi kepada orang lain hukumnya Boleh, kalau ada maslahah yang kembali pada organisasi dan ada izin dari ketua. 


Kalau meminjam kan kepada dirinya sendiri, maka hukumnya ada khilaf:

-          Menurut jumhurul ulama Tidak Boleh, karena ada ittihadul qobidl wal maqbudl.

-          Menurut imam Qoffal Boleh, walaupun terjadi ittihadul qobidl wal maqbudl.


Adapun meminjamkan uang masjid yang terjadi dari ghullatul waqfi (hasil waqof) maka hukumnya Boleh dengan syarat:

1.      Perginya mustahiqqin.

2.      Menghawatirkan tersia-sia (rusak) nya hasil waqof tersebut.

3.      Orang yang hutang harus mampu dan dapat dipercaya.


b.      Bila uang tersebut diperdagangkan dan mendapatkan laba, maka laba tersebut milik muqtaridl (orang yang hutang) kalau qordl (utang-piutang) nya sah. Kalau qordl-nya tidak sah, maka hukumnya sebagaimana bai’ fudluli (yakni jual belinya tidak sah, dan barang-baranya yang dibeli harus dikembalikan kepada si penjual).


Pengambilan ibarat:

1.       Al-Adabun Nabawi, hal. 96

2.       Al-Asybah wan Nadho`ir, hal. 83

3.       Al-Fatawi al-Kubro, juz III, hal. 265

4.       I’anatut Tholibin, juz II, hal. 183

5.       Hamisyul I’anah, juz III, hal. 51

6.       As-Syarqowi, juz II, hal. 21


وفى الادب النبوى، ص 96، مانصه:

أولى الامرهم الذين وكل اليهم القيام بالشؤون العامة والمصالح المهمة فيدخل فيهم كل من ولى أمرا من امور المسلمين من ملك ووزير ورئيس ومدير ومأمور وعمدة وقاض ونائب وضابط وجندى. اهـ


وفى الاشباة والنظائر، ص 83، مانصه:

تصرف الامام على الرعية منوط بالمصلحة، هذه القاعدة نص عليها الشافعى وقال منزلة الامام من الرعية منزلة الولى اليتيم. اهـ


وفى الفتاوى الكبرى، ج 3 ص 265، مانصه:

وسئل هل للنّاظر اقراض غلة الوقف والاقتراض لعمارته فأجاب بقوله لايجوز اقراض ذلك الا ان غاب المستحقون وخشى تلف الغلة او ضياعها فيقرضها لمليئ ثقة وله الاقتراض لعمارة الوقف بإذن الحاكم. اهـ


وفى إعانة الطالبين، ج 2 ص 183، مانصه:

وقال القفال لو قال لغيره اقرضنى خمسة وادها عن زكاتى ففعل صح قال شيخنا وهو مبنى على رأيه بجواز اتحاد القابض والمقبض.

(قوله بجواز اتحاد القابض والمقبض) اى بجواز ان يكون القابض والمقبض واحدا كما هنا. -إلى قوله- والجمهور على منعه.اهـ


وفى هامش إعانة الطالبين، ج 3 ص 51، مانصه:

(وملك مقترض) بقبض بإذن مقرض وان لم يتصرف فيه كالموهوب.


وفى الشرقاوى، ج 2 ص 21، مانصه:

(قوله كبيع الفضولى) هو من ليس مالكا ولا وليا ولا وكيلا فلا يصح بيعه وان اجازه المالك وكذا سائر تصرفاته. اهـ

Monday, May 27, 2024

HUKUM ASAP BARANG NAJIS YANG BAUNYA MELEKAT PADA BAJU, BAGAIMANAKAH?

 ASAP DARI BENDA NAJIS 


Deskripsi Masalah :

Harga minyak tanah dan elpiji naik, sehingga banyak ibu rumah tangga yang kembali berpindah ke kayu bakar. Tapi ternyata kayu bakar pun sulit di dapat. Suatu hari ada seseorang yang menemukan bahan bakar alternatif berbentuk arang yang terbuat dari kotoran hewan.


Pertanyaan :

1. Bagaimana hukum asap barang najis yang baunya melekat pada baju atau nasi?


Jawaban :

1. Kalau asapnya merupakan hasil pembakaran, maka hukumnya najis, sedangkan baju dan nasi yang terkena asap tersebut adalah mutanajjis (benda yang terkena najis), hanya saja kalau sedikit masih di-ma’fû (ditoleransi). Kalau asap tersebut bukan hasil pembakaran, seperti asapnya kotoran yang disebabkan panas matahari, maka hukumnya tidak najis.


Referensi :

(فتح الوهاب, 1/20)


(فرع) دُخَانُ النَّجَاسَةِ نَجِسٌ يُعْفَى عَنْ قَلِيْلِهِ وَبُخَارُهَا كَذَلِكَ إِنْ تَصَاعَدَ بِوَاسِطَةِ نَارٍ لِأَنَّهُ جُزْءٌ مِنَ النَّجَاسَةِ تَفْصِلُهُ النَّارُ لِقُوَّتِهَا وَإِلَّا فَطَاهِرٌ وَعَلى هَذَا يُحْمَلُ إِطْلَاقُ مَنْ أَطْلَقَ بِنَجَاسَتِهِ أَوْ طَهَارَتِهِ إهـ.


(بغية المسترشدين, 13)


(مسئلة) الفَرْقُ بَيْنَ دُخَانُ النَّجَاسَةِ وَبُخَارِهَا اَنَّ اْلاَوَّلَ اِنْفَصَلَ بِوَاسِطَة ِناَرٍ وَالثَّانِى لَا بِوَاسِطَتِهَا قَالَهُ الشَّيْخُ زَكَرِيَّا وَقَالَ أَبُوْ مَخْرَمَةَ هُمَا مُتَرَادِفَانِ فَمَا اِنْفَصَلَ بِوَاسِطَةِ ناَرٍ فَنَجِسٌ وَمَالَا فَلاَ أَمَّا نَفْسُ الشُّعْلَةِ أى لِسَانِ النَّارِ فَطَاهِرٌ قَطْعًا حَتَّى لَوِ اقْتَبَسَ مِنْهَا فِى شُمْعَةٍ لَمْ يُحْكَمْ بِنَجَاسَتِهِ إهـ.


(مغنى المحتاج, 1/81)


(فَرْعٌ) دُخَانُ النَّجَاسَةِ نَجِسٌ يُعْفَى عَنْ قَلِيْلِهِ وَعَنْ يَسِيْرِهِ عُرْفًا إلى أن قال-وَبُخَارُ النَّجَاسَةِ اِنْ تَصَاعَدَ بِوَاسِطَةِ نَارٍ نَجِسٌ لِأَنَّ أَجْزَاءَ النَّجَاسَةِ تَفْصِلُهَا النَّاُر بِقُوَّتِهَا فَيُعْفَى عَنْ قَلِيْلِهِ إهـ.


Copyright © 2021 IASS

SHOLAT JANAZAH PART 7

 

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 7 



وَأَرْكَانُهَا أی الصَّلاَةُ عَلَی الْمَيِّتِ سَبْعَةٌ



Rukun Shalat Jenazah

Rukun shalat Jenazah ada 7:


أَحَدُهَا نِيَةٌ، كَغَيْرِهَا، وَمِنْ ثَمَّ وَجَبَ فِيْهَامَا يَجِبُ فی  نِيَةِ سَائِرِ الفُرُوْضِ


(1. Niat, sebagaimana niyat shalat-shalat lainnya. Oleh karenanya, wajib di dalam shalat janazah hal-hal yang wajib dilakukan di shalat fardhu lain,


 مِنْ نَحْوِ اقْتِرَا نِهَا بِا لتَّحَرُّمِ وَالتَّعَرُضِ لِلفَرْضِيَةِ وَإِنْ لَمْ يَقُلْ فَرْضَ كِفَايَةٍ، 

 

 misalnya,

 ۩ niat bersamaan dengan takbīrat-ul-iḥrām 

 ۩ dan menyatakan kefardhuannya, sekalipun tidak harus mengucapkan fardhu kifāyah. 📝

 --------------

 📝

 ويسن ايضا فيها ما يسن فی غيرها كا لاضافة إلی الله تعالی ، وذكر الاستقبال والعدد

 Disunnahkan pula didalam sholat janazah hal hal yang disunahkan disholat fardlu lain, seperti menyandarkan ke الله تعالی، menyebut menghadap kiblat, dan bilangan takbir / rokaat.

كما يكفی نية الفرض فی إحدی الخمس وان لم يقل فرض عين

Sebagaimana cukup niyat fardlu dalam salah satu sholat lima waktu yang tidak menyebut fardlu ain.


Ianatu ttholibin juz 2 hal 124

Nurul ilmi.

---------------


وَلَا يجِبُ تَعْيِيْنُ المَيِّتِ ولا مَعْرِفَتُهُ، بَلِ الوَاجِبُ أَدْنَی مُمَيِزُ . فَيَكْفی أُصَلی الفَرْضَ علی هذا الميت.


Tidak wajib menentukan mayat yang dishalati dan tidak wajib mengetahuinya, tapi yang wajib adalah batas minimum yang dapat membedakan. Karena itu, cukuplah jika seseorang mengucapkan: (أُصَلِّي الْفَرْضَ عَلَى هذَا الْمَيِّتِ.) “Saya shalat fardhu atas mayat ini”. (31)

-------------

31). Atau dengan niat: 

(أُصَلِّي الْفَرْضَ عَلَى هذَا مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ الْإِمَامُ) atau

 (أُصَلِّي الْفَرْضَ عَلَى مَنْ حَضَرَ مِنْ أَمْوَاتِ الْمُسْلِمِيْنَ.)

 . I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 124 

 Nurul ilmi.

 -----------------



قَالَ جَمْعٌ يَجِبُ تَعْيِيْنُ المَيِّتِ الغَائِبِ بِنَحْو اسمِهِ


 Segolongan ‘ulamā’ berpendapat: Wajib menentukan mayat ghaib misalnya dengan menyebut namanya.

 ----------

👉

لو صلی علی من مات اليوم فی أقطار الارض ممن تصح الصلاة عليه جاز بل ندب

Disunnahkan sholat ghoib setiap hari Untuk muslimin muslimat yang meninggal.


 . I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 124 

 Nurul ilmi.

----------------


وَثاَنِيْهَا قِيَامٌ لِقَادرٍ عليهِ ، فَالعَاجِزُ يقْعُدُ ثم يَضْطَجِعُ، 


(2. Berdiri bagi orang yang mampu. Orang yang tidak mampu berdiri,✅ boleh shalat dengan duduk, kalau tidak bisa duduk, boleh shalat dengan tidur miring.

----------

إن لم يقدر علی القعود والاضطجاع يكون علی جنبه الايمن ثم الايسر، فان عجز عن الاضطجاع استلقی علی ظهره فان عجز أومأ برأسه إالی الاركان فإن عجز أجری الاركان علی قلبه

Dalam sholat janazah, kalau tdk mampu duduk, maka boleh sholat dengan  tidur miring pada lambung kanan, atau lambung kiri, atau tidur terlentang, atau berisyarat dengan kepala, kalau masih tak mampujuga, boleh sholat janazah dengan isyarah.

قيل يجوز القعود مع القدرة كالنوافل لانها ليست من الفرائض الاعيان، وقيل ان تعينت وجب القيام وإلا فلا.

Dikatakan boleh sholat janazah dengan duduk walaupun mampu berdiri, karena sholat janazah tidak termasuk dari fardlu ain.

. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 124 

 Nurul ilmi.

 ---------------


وَثَالِثُهَا أَرْبَعُ تَكْبِيْرَاتٍ مَعَ تَكْبِيْرَةِ التَّحَرُّمِ لِاتِّبَاعِ،


(3. Takbīr 4 kali termasuk takbīrat-ul-iḥrām sebab mengikuti Nabi s.a.w. ❤

ما رواه  الشيخان عن ابن عباس  رضي الله عنهما انه ﷺ صلی علی قبر بعد ما دفن فكبر عليه أربعا



فإن خَمَسَ لَمْ تَبْطل صلاته، ويسن رفع يديه فی التكبيرات حذو منكبيه ووضعهما تحت صدره بين كل تكبير تين.


Jika dikerjakan dengan 5 kali takbīr,✅ maka shalat tetap sah. Sunnah mengangkat kedua tangan setinggi pundak di waktu membaca takbīr dan meletakkannya di bawah dada di antara dua takbīr.

--------------

فإن خمس أو سدس مثلا عمدا ولم يعتقد البطلان لم تبطل صلاته فی الاصح

Kalau sholat janazah dikerjakan lima atau enam takbir dengan sengaja dan tidak yakin bisa membatalkan sholat, maka sholatnya tak batal.

ولو خمس مثلا إمامه يندب للمأموم ان لا يتابعه لان فعله غير مشروع عند من يعتد به بل يسلم أو ينتظره ليسلم معه

Kalau imam sampai takbir kelima, makmum jangan mengikutinya, karena takbir kelima tidak disyariatkan, maka sebaiknya makmum menunggu imam sampai salam atau salam sendiri.


Ianatuttholibin juz 2 hal 125

Nurul ilmi.

---------------


(وَ) رَابِعُهَا: (فَاتِحَةٌ)، فَبَدَلُهَا، فَوُقُوْقٌ بِقَدْرِهَا. 


(4. Membaca surat al-Fātiḥah. Jika tidak bisa, maka boleh mengganti dengan yang lainnya, (32) kalau tidak bisa, maka boleh diam seukuran bacaan al-Fātiḥah.

--------------

32.

Begitu pula hukum membaca doa kepada mayat. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 142. Dār-ul-Fikr.

---------------

MOHON DIKOREKSI, DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Sunday, May 26, 2024

SHOLAT JANAZAH PART 6

 

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 6


Ulasan WAZAN FI'Il 

[تَنْبِيْهٌ]

: وَ إِذَا هُدِمَ، تُرَدُّ الْحِجَارَةُ الْمُخْرَجَةُ إِلَى أَهْلِهَا إِنْ عُرِفُوْا، أَوْ يُخْلَى بَيْنَهُمَا،

 وَ إِلَّا فَمَالٌ ضَائِعٌ، وَ حُكْمُهُ مَعْرُوْفٌ


(Peringatan). 

Jika bangunan tersebut dibongkar, maka batu-batunya harus dikembalikan kepada ahli warisnya, jika bisa diketahui, atau dibiyarkan saja antara ahli waris dan batu batu tersebut.

 Jika ahli warisnya tidak diketahui, maka batu-batu tersebut dihukumi sebagai harta yang tersia-sia (temuan), yang hukumnya telah ma‘lūm (jelas) (25) 

-----------

25).

وهو أن الأمر فيه لبيت المال إن انتظم فان لم ينتـظم فهو لصلحاء المسلمين يصرفونه في وجوه الخير

 Ya‘ni diserahkan pada bait-ul-māl yang muntadim dan jika tidak muntadim, maka diserahkan pada orang shāliḥ Muslimīn untuk digunakan untuk hal baik.

وفي فتاوی ابن حجر مانصه سئل رضي الله عنه: هل يجوز لاحد الأخذ من حجارة القبور لسد فتح ولبناء قبر أم لا؟

فأجاب بقوله إن علم مالك تلك الأحجار فواضح أنه لا يجوز الأخذ منها إلا برضاه إن كان رشيدا.

وان جهل رجی ظهوره لم يجز أخذ شيء منها 

Dalam fatwa Ibnu Hajar, teksnya adalah beliau ditanya, radhiyallahu 'anhu: Bolehkah seseorang mengambil batu dari kubur untuk mengisi celah dan membangun kubur atau tidak?

Beliau menjawab, jika pemilik batu-batu itu mengetahuinya, maka jelas tidak boleh mengambilnya kecuali dengan persetujuannya jika dia waras.

Jika harapan kemunculannya tidak diketahui, maka tidak boleh mengambil apapun darinya.


 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121 

 Nurul ilmi.

----------------

 كَمَا قَالَهُ بَعْضُ أَصْحَابِنَا وَ قَالَ شَيْخُنَا الزَّمْزَمِيُّ: إِذَا بَلِيَ الْمَيِّتُ وَ أَعْرَضَ وَرَثَتُهُ عَنِ الْحِجَارَةِ، جَازَ الدَّفْنُ مَعَ بَقَائِهَا، 

 

Seperti pendapat dari sebagian Ashḥāb-usy-Syāfi‘ī. Guru kami, az-Zamzamī berkata: Jika mayat (dalam kasus di atas) telah busuk serta ahli warisnya membiarkan batu-batu itu, 

maka boleh mengubur mayat lain beserta tetapnya batu-batunya,

 

إِذَا جَرَتِ الْعَادَةُ بِالْإِعْرَاضِ عَنْهَا، كَمَا فِي السَّنَابِلِ.

 

jika memang sudah berlaku adat-istiadat tidak mempedulikan batu-batu seperti itu hal ini sama halnya MASALAH MENGAMBIL SISA SISA PADI YANG TERTINGGAL DI SAWAH.

(وَ) كُرِهَ (وَطْءٌ عَلَيْهِ) أَيْ عَلَى قَبْرِ مُسْلِمٍ، وَ لَوْ مُهْدَرًا قَبْلَ بَلَاءٍ (إِلَّا لِضَرُوْرَةٍ)،

Makrūh menginjak makam (kubur)👇 orang muslim – sekalipun mayat itu tadi adalah orang yang halal dibunuh ( seperti orang yg meninggalkan sholat dan zina muhson ) – SEBELUM MAYAT MEMBUSUK ✅ kecuali karena darurat,

------------

👇

وخرج بقوله عليه الوطء علی ما بين المقابر ولو با لنعل فلا يكره كما نصه في المغنی وعبارته ولا يكره المشي بين المقابر بالنعل علی المشهور.


Berjalan di tanah antara kubur walaupun memakai sandal tidak makruh. Seperti keterangan di kitab Al Mughny.

إن كان قبل بلاء الميت. أما بعده بأن مضت مدة يتيقن فيها أنه لم يبق من الميت شيء في القبر فلا يكره

Kalau mayatnya sudah lama dikubur, dan diyakini sudah hancur tak tersisa maka menginjak kubur tersebut tidak makruh.


I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121 

 Nurul ilmi.

--------------

 كَأَنْ لَمْ يَصِلْ لِقَبْرِ مَيْتِهِ بِدُوْنِهِ، وَ كَذَا مَا يَرِيْدُ زِيَارَتَهُ وَ لَوْ غَيْرَ قَرِيْبٍ.

Misalnya kalau tidak menginjaknya, maka seseorang tidak bisa mengubur mayat yang lain begitu juga makam yang akan diziarahi, sekalipun bukan kerabatnya.

 وَ جَزْمُ شَرْحُ مُسْلِمٍ كَآخَرِيْنَ بِحُرْمَةِ الْقُعُوْدِ عَلَيْهِ وَ الْوَطْءِ، لِخَبَرٍ فِيْهِ يَرُدُّهُ أَنَّ الْمُرَادَ بِالْجُلُوْسِ عَلَيْهِ جُلُوْسُهُ لِقَضَاءِ الْحَاجَةِ، كَمَا بَيَّنَتْهُ رِوَايَةٌ أُخْرَى. 

Mengenai keputusan yang ada dalam kitab Syaraḥ Muslim sebagaimana pendapat fuqahā’ yang lain, bahwa duduk di atas kubur hukumnya adalah haram dengan dalih hadits yang menerangkan semacam ini ditolak dengan argumen bahwa yang dimaksud dengan “duduk di atasnya” adalah duduk untuk berak atau kencing sebagaimana yang dijelaskan dalam riwayat lain. 📝

--------------

📝

أی رواها ابن وهب فی مسنده بلفظ ، ومن جلس علی قبر يبول عليه ويتغوط

I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121 

 Nurul ilmi.

 ------------------

(وَ نُبِشَ) وُجُوْبًا قَبْرُ مَنْ دُفِنَ بِلَا طَهَارَةٍ (لِغُسْلٍ) أَوْ تَيَمُّمٍ. 

Mayat yang dikubur dalam keadaan belum suci, maka wajib dibongkar guna dimandikan atau ditayammumi.


نَعَمْ، إِنْ تَغَيَّرَ وَ لَوْ بِنَتْنٍ، حَرُمَ. 


Namun, jika mayat tersebut sudah berubah walaupun berbau busuk, maka hukumnya haram membongkarnya. (26).

-------------

26).

أی نبشه لذلك لما فيه من هتك الحرمة


Sebab hal tersebut mencoreng kehormatan mayit. 

 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121. Nurul Ilmi.

--------------

وَ لِأَجْلِ مَالِ غَيْرٍ، كَأَنْ دُفِنَ فِيْ ثَوْبٍ مَغْصُوْبٍ، أَوْ أَرْضٍ مَغْصُوْبَةٍ، إِنْ طَلَبَ الْمَالِكُ،

 Demikian juga wajib dibongkar karena ada harta orang lain yang ikut terkubur, misalnya mayat dibungkus dengan pakaian hasil ghasab, atau mayat dikubur di tanah ghasab jika kedua pemilik menuntutnya,

 وَ وُجِدَ مَا يُكْفَنُ أَوْ يُدْفَنُ فِيْهِ، وَ إِلَّا لَمْ يَجُزِ النَّبْشُ

 juga masih ada kain kafan lain untuk membungkus dan tanah lain untuk menguburnya, jika tidak sedemikian rupa, maka pembongkaran tidak boleh dilakukan. 


 أَوْ سَقَطَ فِيْهِ مُتَمَوِّلٌ وَ إِنْ لَمْ يَطْلُبْهُ مَالِكُهُ،

 

Contohnya lagi; ada harta berharga yang jatuh ke dalam kubur, sekalipun pemilik tidak menuntutnya. (27)

--------------

27).

ای يجب النبش لأجل إخراج المتول وإن لم يطلب مالكه لأن فی إبقائه فی القبر إضاعة المال


 Sebab hal tersebut menyia-nyiakan harta.

  I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122

 Nurul ilmi

---------------


 لَا لِلتَّكْفِيْنِ إِنْ دُفِنَ بِلَا كَفَنٍ، وَ لَا لِلصَّلَاةِ بَعْدَ إِهَالَةِ التُّرَابِ عَلَيْهِ.


 Tidak boleh dibongkar jika untuk sekedar membungkus mayat, jika mayat dikubur sebelum dikaffani (28) Dan tidak boleh dibongkar untuk menshalatinya setelah ditimbun tanah. (29).

--------------

28). 

لان الغرض منه الستر وقد حصل با لتراب مع ما فی نبشه من هتك الحرمة

Sebab tujuannya mengkafani mayit adalah menutupi tubuh mayit dan itu telah dicukupi dengan tanah yang menutupinya. Serta membongkar kubur itu termasuk mencoreng kehormatan mayat.

 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122

Nurul ilmi


29)

. إن دفن بغير صلاة لانها تسقط بالصلاة علی القبر

Sebab kewajiban menshalati mayit telah dapat gugur dengan dishalati di samping quburan tersebut. 

I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122

Nurul ilmi.

-----------------

(وَ لَا تُدْفَنُ امْرَأَةٌ) مَاتَتْ (فِيْ بَطْنِهَا جَنِيْنٌ حَتَّى يَتَحَقَّقُ مَوْتُهُ)، أَيِ الْجَنِيْنُ.

Mayat wanita yang hamil tidak boleh dikubur sehingga benar-benar telah jelas bahwa anak yang ada dalam kandungannya telah mati.


 وَ يَجِبُ شَقُّ جَوْفِهَا وَ النَّبْشُ لَهُ إِنْ رُجِيَ حَيَاتُهُ بِقَوْلِ الْقَوَابِلِ، لِبُلُوْغِهِ سِتَّةِ أَشْهُرٍ فَأَكْثَرَ،

 

 Wajib melakukan pembedahan kandungan 👉dan pembongkaran kubur jika menurut ahli kandungan bayi tersebut bisa diharapkan untuk hidup karena telah berumur 6 bulan. 

 --------------

 👉

 لان مصلحةإخراجه أعظم من مفسدة انتهاك حرمتها

Karena kbaikan mengeluarkan janin dari perut mayat ibunya lebih utama dari pada keburukan mencoreng kehormatan mayat.

Ianatutholibin juz 2 hal 122

Nurul ilmi.

---------------


 فَإِنْ لَمْ يُرْجَ حَيَاتُهُ حَرُمَ الشَّقُّ، لكِنْ يُؤَخَّرَ الدَّفْنُ حَتَّى يَمُوْتَ كَمَا ذُكِرَ

 

Jika sudah tidak bisa diharapkan akan hidupnya, maka pembedahan itu hukumnya haram. Namun penguburan harus ditunda sampai nyata kandungan telah mati, seperti dijelaskan di atas. 


 وَ مَا قيْلَ إِنَّهُ يُوْضَعُ عَلَى بَطْنِهَا شَيْءٌ لِيَمُوْتَ غَلَطٌ فَاحِشٌ. 


Tentang pendapat yang mengatakan, bahwa agar diberi beban sesuatu pada perut mayat wanita yang hamil supaya bayinya mati, adalah pendapat yang benar-benar salah. 


(وَ وُرِيَ) أَيْ سُتِرَ بِخَرْقَةٍ (سِقْطٌ وَ دُفِنَ) وُجُوْبًا، كَطِفْلٍ كَافِرٍ نَطَقَ بِالشَّهَادَتَيْنِ، وَ لَا يَجِبُ غُسْلُهُمَا، بَلْ يَجُوْزُ.

BAYI yang gugur dalam kandungan sebelum masanya, wajib di KAFANI memakai kain dan diKBUR sebagaimana halnya dengan anak orang kafir yang telah dapat mengucapkan dua Syahādat. Keduanya tidak wajib dimandikan, namun boleh dilakukan.


 وَ خَرَجَ بِالسِّقْطِ الْعَلَقَةُ وَ الْمُضْغَةُ، فَيُدْفَنَانِ نَدْبًا مِنْ غَيْرِ سَتْرٍ. وَ لَوِ انْفَصَلَ بَعْدَ أَرْبَعَةِ أَشْهُرٍ غُسِّلَ وَ كُفِّنَ، وَ دُفِنَ وُجُوْبًا. (فَإِنِ اخْتَلَجَ) أَوِ اسْتَهَلَّ بَعْدَ انْفِصَالِهِ (صُلِيَ عَلَيْهِ) وُجُوْبًا.


 Tidak termasuk pengertian “siqth”, jika yang keluar berupa gumpalan darah atau daging, maka sunnah dikubur tanpa dibungkus. Jika bayi seperti yang tersebutkan di atas lahir setelah kandungan berumur 4 bulan, maka wajib dimandikan, dibungkus dan dikubur. Apabila setelah lahir bayi itu bisa bergerak-gerak atau bersuara, maka wajib pula dishalati. (30)

 ----------------

30). 

ای ولم يختلج أو يستهل بقرينة ما بعده سواء نزل بعد تمام أشهره أو قبله علی ما ذهب اليه ابن حجر وذهب الجمال الرملی واتبعه وكذلك الخطيب الشربيني إلی أن النازل بعد تمام ستة اشهر ليس بسقط فيجب فيه ما يجبفي الكبير سواء علمت حياته أم لا


Kesimpulannya seperti yang telah disebutkan dalam Nihayah bahwa bayi yang lahir sebelum waktunya atau as-Siqth ada beberapa keadaan. Pertama: Bila tidak tampak bentuk manusia, maka tidak wajib apapun, namun sunnah membungkusnya dan menguburnya. Kedua: Jika telah tampak bentuk manusia, namun tidak ada tanda-tanda kehidupan dan ada tanda kehidupan, maka hukumnya seperti orang dewasa. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122 NURUL ILMI

+-----------

MOHON SIKOREKSI , DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT.

SHOLAT JANAZAH PART 5


BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 5

﴿ فائدة ﴾

 عن الإمام تقي الدين، عن والده، عن الفقيه أبي عبد الله محمد الحافظ أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: من أخذ من تراب القبر حال الدفن بيده - أي حال إرادته - وقرأ عليه * (إنا أنزلناه في ليلة القدر) * سبع مرات، وجعله مع الميت في كفنه أو قبره، لم يعذب ذلك الميت في القبر.

Faidah

Dari Imam Taqiyuddin, dari ayahnya, dari AlFaqih Abu Abdullah Muhammad Al-Hafiz, bahwa Rasulullah - semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian - berkata: Barangsiapa mengambil tanah kubur ketika penguburan mayat dengan tangannya - yaitu sesuai kehendaknya - dan membacakan pada tanah tersebut aurat AlQodr Tujuh kali, dan menempatkannya dengan orang yang mati dalam kafannya atau dalam kuburnya. Maka mayat tidak akan disiksa didalam quburnya.

Caranya : 

Ketika terjadi pemakaman, dan tentu di butuhkan GELU ( Tanah yg dibentuk bulat,) maka GELU dibacakan surat Al Qodr 7 x.

Ianah tholibin juz 2 hal 119

Nurul ilmi.

[مُهِمَّةٌ]: يُسَنُّ وَضْعُ جَرِيْدَةِ خَضْرَاءَ عَلَى الْقَبْرِ، - لِلِاتِّبَاعِ - ، وَ لِأَنَّهُ يُخَفَّفُ عَنْهُ بِبَرَكَةِ تَسْبِيْحِهَا. 

(Penting). 

Sunnah hukumnya meletakkan pelepah kurma yang masih segar (23) sebagai tindak mengikuti Nabi s.a.w. karena berkat tasbih pelepah tersebut, siksa orang yang berada dalam kubur diperingan.

------------

23.

ويسن ايضاوضع حجر أوخشبة عند رأس الميت لانه ﷺ وضع عند رأس عثمان بن مظغون صخرةً وقال اتعلم بها قبر أخي لادفن فيه من مات من اهلي

Disunnahkan pula meletakkan batu atau kayu di kepala orang yang meninggal, karena Nabi Muhamnad ﷺ beliau meletakkan batu di kepala Utsman bin Madzghoon dan berkata, 

"Dengan batu itu saya akan tahu kuburan saudaraku, supaya aku dapat menguburkannya di dalamnya orang-orang yang meninggal dari keluargaku aku?”

۞ Kesunahan meletakkan batu, atau kayu diatas kuburan yang tepat diatas kepala mayit sebagai tanda (TENGER=jawa ).

Ianah tholibin juz 2 hal 119

Nurul Ilmi.

-------------

وَ قِيْسَ بِهَا مَا اُعْتِيْدَ مِنْ طَرْحِ نَحْوِ الرَّيْحَانِ

 الرَّطِبِ. 

 Disamakan dengan pelepah kurma adalah hal yang telah dibiasakan yaitu menaburkan semacam bunga yang segar.24.

 ---------------

24.apakah pelepah atau bunga yang kering sudah tak bertasbih?


Jawab:

أن اليابسة لها تسبيح ايضا . بنص وإن من شيء إلا يسبح بحمده. فلا معنی لتخصيص ذلك بالخضراء إلا ان يقال ان تسبيح الخضراء اكمل من تسبيح اليابسة

Pelepah atau bunga kering tetep bertasbih kepada mayat.

Karena adanya Nash " Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, " surat Al isro, 44. 

Cuma bertasbihnya pelepah atau bunga kering tak sekhusus tasbihnya pelepah basah,

Karena tasbinya pelepah atau bunga basah lebih sempurna dari pelepah atau bunga kering.

ما اعتيد من طرح نحو الريحان الرطب اندرج تحت نحو كل شيء رطب كعروق الجزر وورق الخس واللفت.

Bisa dikiyaskan pelepah adalah

: misalnya menaburkan bunga yg masih segar atau basah : dan termasuk dalam kategori segala sesuatu yang basah, seperti batang wortel, daun selada, dan lobak.

Ianah tholibin juz 2 hal 119

Nurul Ilmi.

 ---------------

وَ يَحْرُمُ أَخْذُ شَيْءٍ مِنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا لِمَا فِيْ أَخْذِ الْأُوْلَى مِنْ تَفْوِيْتِ حَظِّ الْمَيِّتِ الْمَأْثُوْرِ عَنْهُ، وَ فِي الثَّانِيَةِ مِنْ تَفْوِيْتِ حَقِّ الْمَيِّتِ بِاِرْتِيَاحِ الْمَلَائِكَةِ النَّازِلِيْنَ لِذلِكَ.

Haram mengambil pelepah kurma atau bunga seperti yang tersebut di atas sebelum kering , karena pengambilan pelepah kurma dapat memutuskan bagian kemanfaatan bagi si mayat sebagaimana yang telah sampai dari Nabi s.a.w. Sedangkan mengambil bunga yang masih basah dapat memutuskan hak mayat dengan perginya para malaikat yang turun untuk mencium bunga tersebut.

 قَالَهُ شَيْخَانَا ابْنِ حَجَرٍ وَ زِيَادٍ.

 Demikianlah yang dikatakan oleh guru kami, Ibnu Ḥajar dan Ibnu Ziyād. (24)

----------------

24). 

وفصل ابن قاسم بين ان يكون قليلا كخوصة أو خوصتين فلا يجوز لمالكه اخذه لتعلق حق الميت به وان يكون كثيرا فيجوز اخذه

Imām Ibnu Qāsim memilah hukumnya: Bila jumlahnya sedikit, maka haram untuk mengambilnya dan jika jumlahnya banyak, maka tidaklah mengapa.

 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 119. NURUL ILMI

---------------

(وَ كُرِهَ بِنَاءٌ لَهُ) أَيْ لِلْقَبْرِ، (أَوْ عَلَيْهِ) لِصِحَّةِ النَّهْيِ عَنْهُ بِلَا حَاجَةٍ، كَخَوْفِ نَبْشٍ، أَوْ حَفْرِ سَبُعٍ أَوْ هَدْمِ سَيْلٍ.

Makrūh membangun kubur, baik untuk liang kubur atau di sekelilingnya – karena ada hadits shaḥīḥ yang melarangnya – , tanpa ada hajat semisal khawatir terbongkar, penggalian binatang buas atau hanyut oleh air.

 وَ مَحَلُّ كَرَاهَةِ الْبِنَاءِ، إِذَا كَانَ بِمُلْكِهِ،

 Hukum makrūh tersebut jika pembangunan kubur di tanah miliknya sendiri.

 فَإِنْ كَانَ بِنَاءُ نَفْسِ الْقَبْرِ بِغَيْرِ حَاجَةٍ مِمَّا مَرَّ، أَوْ نَحْوِ قُبَّةٍ عَلَيْهِ بِمُسَبِّلَةٍ، وَ هِيَ مَا اعْتَادَ أَهْلُ الْبَلَدِ الدَّفْنَ فِيْهَا، عُرِفَ أَصْلُهَا وَ مُسْبِلُهَا أَمْ لَا، أَوْ مَوْقُوْفَةٍ، حَرُمَ، وَ هُدِمَ وُجُوْبًا، 

Apabila membangun tanpa keperluan seperti di atas kubur di tanah milik penduduk daerah yang memang disediakan untuk penguburan mayat, baik pemilik semula diketahui atau tidak, atau dilakukan di atas kuburan wakaf, maka hukumnya adalah haram dan wajib dibongkar 

لِأَنَّهُ يَتَأَبَّدُ بَعْدَ انْمِحَاقِ الْمَيِّتِ، فَفِيْهِ تَضْيِيْقٌ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ بِمَا لَا غَرَضَ فِيْهِ.

sebab bangunan yang seperti itu akan menjadi permanen setelah mayat membusuk dan hal tersebut akan menyempitkan orang-orang Islam tanpa ada tujuan di dalamnya.


MOHON DIKOREKSI DAN DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Friday, May 24, 2024

PERBEDAAN KEKALNYA ALLAH DENGAN ABADINYA SYURGA DAN NERAKA


3260. PERBEDAAN KEKALNYA ALLAH DENGAN ABADINYA SYURGA DAN NERAKA 

PERTANYAAN :

 

> Zanzanti Yanti Andeslo 

Assalamu'alaikum, mau nanya nih, apa perbedaan kekalnya Allah dan kekalnya surga / neraka? 

 

JAWABAN :

 

> Ghufron Bkl 

Perbedaan antara kekalnya ALLAH dan kekalnya surga dan neraka ialah : kekalnya ALLAHnya itu sifatnya wajib (pasti), sehingga mustahil ALLAH itu rusak, sedangkan kekalnya surga dan neraka itu mungkin bagi ALLAH atau tidak akan rusak tetapi berpeluang untuk rusak /berkemungkinan rusak. 

 

قطر الغيث : ص : ١٢

.قوله الآخر بعد كل شيئ الباقي بذاته بعد استحقاق كل ما سواه الفناء وبهذا اندفع ما يقال أن الجنة والنار وما فيهما لا يطرأ عليهما الفناء لأن كل موجود بعد عدم قابل للفناء وبقاء ما ذكر بقاء الله تعالى لا ذاتي له. حاشية الصاوي ٤/١٦٩واختلف في تفسير قوله تعالى "كل شيئ هالك إلا وجهه" فإن كان معنى كون الشيئ هالكا كونه قابلا للهلاك في ذاته لأن كل ما عداه تعالى ممكن الوجود قابل للعدم فهذه السبعة محمولة على هذا المعنى وإن كان معنى كونه هالكا كونه خارجا عن كونه منتفعا به بالإماتة أو تفريق الأجزاء فهذه مستثناة من الهلاك. 

 

> Abdur Rahman Assyafi'i 

Perbedaannya adalah bahwa kekalnya Allah bersifat dzatiyah dan hukumnya wajib (pasti), baik dari segi aqal ataupun syara’ serta tidak ada permulaannya, sedangkan kekalnya surga dan neraka tidak bersifat dzatiyah namun karena dikehendaki oleh Allah dan juga wajib dari segi syara’ saja, tidak dari segi aqal, serta keduanya ada permulaanya. Namun dengan adanya kesamaan tersebut bukan berarti Allah menyamai kepada mahluq-Nya, sebab pada haqiqatnya ada perbedaan yang justru mempertegas sifat muholafatu lilhawaditsi. Sedangkan persamaannya adalah sama- sama mempunyai arti tidak ada batas akhir. 

 

الشرح القويم في حل الفاظ الصراط المستقيم صـ 137 

البقاء الذى هو واجب لله هو البقاء الذاتى اي ليس بايجاب شيء غيره له بل هو يستحقه لذاته لا لشيء اخر ولا يكون لشيء سواه هذاالبقاء الذاتي انما البقاء الذى يكون لبعض خلق الله تعالى كالجنة والنار الثابت بالاجماع فهو ليس بقاء ذاتيا لان الجنة والنار حادثتان والحادث لا يكون باقيا لذاته بقاء الجنة والنار ليس بذاتيهما بل لان الله تعالى شاء لهما البقاء فالجنة باعتبار ذاتها والنار باعتبار ذاتها يجوز عليهما الفناء عقلا لكونهما حادثتين اهـ 

 

تحفة المريد علي شرح جوهرة التوحيد ص ٣٦ 

(تنبيه)علم مما تقدم ان الله تعالي لا أول له ولا أخر وان عدمنا في الازل لا أول له وله أخر واما المخلوقات فلها أول وآخر ونعيم الجنة وعذاب النار له أول ولا آخرله فكل منهما باق لكن شرعا لا عقلا لأن العقل يجوّز عدمهما،فالاقسام أربعة. 

 

> Ibnu Al-Ihsany 

KEKALNYA AKHIRAT 

Allah SWT berfirman: 

 

فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ ـ ١٠٦ ـ 

خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ ـ١٠٧ ـ 

وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۖ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ ـ ١٠٨ ـ 

 

"Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka. Di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih). Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga. Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain) sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya." (QS. Hud : 106-108) 

 

MEREKA BERKATA 

 

Pada ayat di atas disebutkan bahwa kekekalan surga dan neraka hanyalah seumur langit dan bumi. Ini menunjukkan bahwa surga dan neraka tidak abadi, karena pada akhirnya keduanya akan mengalami kehancuran seperti halnya langit dan bumi. Ini sesuai dengan firman Allah SWT: 

 

كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ ۚ ـ ٨٨ ـ 

 

"Bahwa semua selain Allah akan hancur." (QS. Al-Qashash : 88) 

 

Ayat ini dan juga ayat di atas dengan jelas memastikan bahwa segala sesuatu, termasuk surga dan neraka, pasti akan hancur dan hanya Allah saja yang kekal selama-lamanya. 

 

KAMI MENJAWAB 

 

Kekekalan akhirat adalah keyakinan pokok yang terpatri dalam dada setiap mukmin. Mereka meyakini bahwa surga dan neraka merupakan tempat yang kekal dan tidak akan berakhir. Keyakinan ini memiliki dasar yang kuat. 

Banyak sekali ayat maupun hadits yang menunjukkan bahwa surga dan neraka adalah kekal adanya. 

Di antaranya adalah firman Allah SWT: 

 

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ ـ ٢٦ ـ 

وَالَّذِينَ كَسَبُوا السَّيِّئَاتِ جَزَاءُ سَيِّئَةٍ بِمِثْلِهَا وَتَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ ۖ مَا لَهُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ عَاصِمٍ ۖ كَأَنَّمَا أُغْشِيَتْ وُجُوهُهُمْ قِطَعًا مِنَ اللَّيْلِ مُظْلِمًا ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ ـ ٢٧ ـ 

 

"Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindung pun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya." (QS. Yunus : 26-27) 

 

Makna ayat ini cukup jelas, bahwa penduduk surga maupun neraka akan kekal di dalamnya. 

 

Sedangkan salah satu hadits yang menetapkan kekekalan surga dan neraka adalah hadits shohih, termasuk di dalamnya tentang "penyembelihan" (diakhirinya) kematian. 

 

Perhatikan hadits berikut ini : 

عن ابن عمر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم { إذا صار أهل الجنة إلى الجنة وأهل النار إلى النار جيء بالموت حتى يجعل بين الجنة والنار ثم يذبح ثم ينادي مناد يا أهل الجنة لا موت و يا أهل النار لا موت فيزداد أهل الجنة فرحا إلى فرحهم ويزداد أهل النار حزنا إلى حزنهم} 

 

Dari Ibnu Umar berkata, Rosulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Jika ahli surga telah masuk ke dalam neraka dan ahli neraka telah masuk ke dalam neraka, didatangkanlah al-maut (kematian) sampai tempat di antara surga dan neraka, kemudian disembelih. Lalu akan memanggil seorang penyeru: "Wahai penduduk surga, tidak ada (lagj) kematian. Wahain penduduk neraka, tidak ada (lagi) kematian. Maka penduduk surga bertambah gembira di atas kegembiraan mereka, dan penduduk neraka bertambah sedih di atas kesedihan mereka." (HR. Bukhory). 

 

Ayat-ayat dan hadits-hadits sejenis yang menerangkan mengenai kekalnya surga dan neraka sangat banyak dan tidak bisa disebutkan di sini satu per satu. 

Semua dalil-dalil ini ditambah perkataan para ulama yang mu'tabar (kredibel) dan menjurus pada satu kesimpulan, bahwa akhirat adalah kekal dan tidak akan berakhir. 

 

Adapun mengenai Firman Allah SWT: 

 

فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ ـ ١٠٦ ـ 

خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ ـ ١٠٧ ـ 

وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۖ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ ـ ١٠٨ ـ 

 

"Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka. Di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih). Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga. Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sebagai karunia yang tiada putusnya." (QS. Hud : 106-108) 

 

Ayat-ayat ini tidak dimaksudkan untuk menafikan kekekalan surga dan neraka, dan justru merupakan dalil mengenai kekalnya surga dan neraka. 

Di dalam ayat ini disebutkan bahwa penduduk surga dan neraka bersifat خالدين فيها (kekal di dalamnya). 

Adapun definisi خلد ـ يخلد dalam bahasa arab adalah: دوام البقاء في دار لا يخرج منها (terus menetap dalam suatu tempat dan tidak keluar dari situ). Oleh karena itulah, maka akhirat disebut sebagai دار الخلد karena kekalnya penghuni surga di dalamnya. 

 

Ungkapan ما دامت السماوات والأرض (mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi) tidak berarti bahwa akhirat itu seumur langit dan bumi. Justru perkataan seperti ini merupakan ungkapan yang biasa dipakai oleh orang-orang arab untuk mengungkapkan keabadian. Ketika kita mensifati sesuatu dengan kekekalan, biasanya orang arab akan mengatakan: 

 

هذا دائم دوام السموات والأرض 

"Ini kekal seperti kekalnya langit dan bumi" 

 

Yang mereka maksudkan adalah kekal selamanya, bukan hanya seumur langit dan bumi. 

Karena Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa arab, maka dalam ayat ini Allah menggunakan ungkapan yang biasa digunakan dalam bahasa mereka. 

Jadi makna firman Allah: 

خالدين فيها ما دامت السموات والأرض 

"mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi" 

tidak berarti akhirat hanya seumur langit dan bumi, tetapi merupakan penetapan kekalnya mereka di dalamnya untuk selama-lamanya. 

 

Beberapa ulama tafsir mengatakan bahwa maksud dari langit dan bumi dalam kata-kata ما دامت السموات والأرض (mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi) bukanlah langit dan bumi yang ada di dunia ini, tetapi langit dan bumi akhirat, karena pada Hari Kiamat langit dan bumi akan digantikan dengan langit dan bumi yang lain. 

Allah berfirman: 

يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ ۖ ـ ٤٨ ـ 

"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikin pula) langit .. " (QS. Ibrahim : 48) 

Karena akhirat kekal, maka tentu langit dan bumi yang ada di akhirat pun kekal adanya. 

 

Setelah kita tahu mengenai kekalnya akhirat, tersisa satu pertanyaan yakni firman Allah SWT: إلا ما شاء ربك yang berarti kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Secara dhohir kata-kata ini menunjukkan bahwa mereka akan kekal di dalan surga dan neraka, kecuali jika Allah menghendaki yang lain. Dengan begitu, maka seakan-akan kekekalan akhirat bukanlah hal yang pasti. 

 

Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa dalam ayat 106-107 Surat Hud, yang dimaksud dengan pengecualian disini adalah bahwa penghuni neraka akan kekal di dalamnya kecuali mereka yang Allah kehendaki untuk dikeluarkan dari neraka dari golongan orang-orang mu'min yang melakukan ma'shiat. 

 

Sedangkan makna pengecualian dalam ayat 108 Surat Hud, bahwa penduduk surga akan kekal di surga setelah dikurangi masa yang Allah kehendaki bagi mu'min yang melakukan ma'shiat untuk menetap di neraka. 

 

Sebagian ahli tafsir lain mengatakan bahwa maksud firman Allah إلا ما شاء ربك yang berarti kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain), adalah jika Allah menghendaki untuk tidak menjadikan mereka kekal, maka itu adalah hal mudah. Akan tetapi yang dikehendaki oleh Allah adalah kekekalan mereka di dalam surga atau neraka. 

 

Begitu pula maksud dari ayat 88 Surat Al-Qoshosh, tidaklah berarti segala sesuatu pasti akan hancur jika Allah menghendakinya. Pada kenyataanny ada beberapa hal yang Allah kehendaki untuk kekal dan tidak mengalami kehancuran, seperti: surga, neraka, arsy, kursy, ruh, dan lain-lain yang telah ditetapkan untuk kekal. Ada juga yang berpendapat bahwa maksud ayat ini adalah, bahwa segala sesuatu akan musnah kecuali amal yang dikerjakan karena Allah. 

 

Sekarang jadi jelas bagi kita bahwa akhirat adalah kekal. Ayat-ayat yang mereka gunakan untuk menafikan kekekalan akhirat sama sekali tidak tepat sasaran.  Semoga Bermanfaat 

Sumber : 

الدفاع في الرد على أهل البدع

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes