BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, June 16, 2024

PANDUAN SHOLAT IDUL ADHA

 Assalamu'alaikum 

PANDUAN SHOLAT IDUL ADHA



*📚 HUKUM SHOLAT IDUL ADHA


Sholat Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Dalam literatur fiqh Syafi’i dijelaskan bahwa sholat Idul Adha bisa dikerjakan dengan berjama’ah atau sendirian (munfarid), namun yang lebih utama dikerjakan dengan berjama’ah. Sedangkan waktunya mulai terbitnya matahari sampai zawal (condongnya matahari ke arah barat). Jumlah raka'atnya ada dua dan lebih utama (afdhol) dikerjakan setelah matahari kira-kira setinggi tombak (kira-kira jam 25-30 menit setelah matahari terbit). 


Dalam sholat Idul Adha tidak disunnahkan adzan dan iqamah, akan tetapi yang sunnah dengan lafadz ;


الصَّلاَةَ جَامِعَةً


Sedangkan para jama’ah menjawabnya dengan ;


لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ


*Referensi ;


*📚 أسنى المطالب شرح روض الطالب - (ج 2 / ص 234)*

( وَيُنَادَى لِجَمَاعَةِ ) صَلَاةِ ( الْعِيدَيْنِ وَالْكُسُوفَيْنِ وَالِاسْتِسْقَاءِ وَالتَّرَاوِيحِ ) وَالْوِتْرِ حَيْثُ يُسَنُّ جَمَاعَةً فِيمَا يَظْهَرُ ( الصَّلَاةَ جَامِعَةً ) لِوُرُودِهِ فِي الصَّحِيحَيْنِ فِي كُسُوفِ الشَّمْسِ وَقِيسَ بِهِ الْبَاقِي وَالْجُزْءَانِ مَنْصُوبَانِ الْأَوَّلُ بِالْإِغْرَاءِ وَالثَّانِي بِالْحَالِيَّةِ أَيْ اُحْضُرُوا الصَّلَاةَ أَوْ الْزَمُوهَا حَالَةَ كَوْنِهَا جَامِعَةً وَيَجُوزُ رَفْعُهُمَا عَلَى الِابْتِدَاءِ وَالْخَبَرِ وَرَفْعُ أَحَدِهِمَا عَلَى أَنَّهُ مُبْتَدَأٌ حُذِفَ خَبَرُهُ أَوْ عَكْسُهُ وَنَصْبُ الْآخِرِ عَلَى الْإِغْرَاءِ فِي الْجُزْءِ الْأَوَّلِ وَعَلَى الْحَالِيَّةِ فِي الثَّانِي وَكَالصَّلَاةَ جَامِعَةً الصَّلَاةَ كَمَا نَصَّ عَلَيْهِ فِي الْأُمِّ


*📚 حواشي الشروانى - (ج 2 / ص 135)*

وَلَا يَبْعُدُ مِنْ إجَابَةِ الصَّلَاةَ جَامِعَةً بِلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ فَلْيُرَاجعْ


Mengenai tempat pelaksanakan sholat Idul Adha sebenarnya disunnahkan dikerjakan di Masjid. Hal demikian jika tidak ada udzur. Mengingat situasinya yang mungkin masih mengkhawatirkan maka hendaknya dikerjakan di rumah masing-masing. 


*Referensi ;


*📚 حاشية البجيرمي على المنهج - (ج 1 / ص 258)*

( وَفِعْلُهَا بِمَسْجِدٍ أَفْضَلُ ) لِشَرَفِهِ ( إلَّا لِعُذْرٍ ) كَضِيقِهِ فَيُكْرَهُ فِيهِ لِلتَّشْوِيشِ بِالزِّحَامِ وَإِذَا وُجِدَ مَطَرٌ أَوْ نَحْوُهُ وَضَاقَ الْمَسْجِدُ صَلَّى الْإِمَامُ فِيهِ وَاسْتَخْلَفَ مَنْ يُصَلِّي بِبَاقِي النَّاسِ بِمَوْضِعٍ آخَرَ .( قَوْلُهُ : وَفِعْلُهَا بِمَسْجِدٍ أَفْضَلُ ) أَيْ إنْ اتَّسَعَ الْوَقْتُ أَوْ حَصَلَ مَطَرٌ أَوْ نَحْوُهُ م ر ( قَوْلُهُ : فَيُكْرَهُ فِيهِ ) وَالْأَوْلَى فِعْلُهَا فِي غَيْرِهِ فَإِذَا وُجِدَ عُذْرٌ يَمْنَعُ مِنْ فِعْلِهَا فِي الْغَيْرِ كَمَطَرٍ وَبَرْدٍ شَدِيدٍ صَلَّى الْإِمَامُ فِي الْمَسْجِدِ بِالضَّعَفَةِ وَاسْتَخْلَفَ مَنْ يُصَلِّي إلَى آخِرِ مَا ذَكَرَهُ الشَّارِحُ هَذَا مُرَادُهُ وَهَذَا بِخِلَافِ قَوْلِهِ وَإِذَا خَرَجَ لِغَيْرِ الْمَسْجِدِ لِأَنَّهُ الْخَلِيفَةُ فِيهِ يُصَلِّي فِي الْمَسْجِدِ وَفِيمَا مَرَّ فِي غَيْرِهِ وَلَعَلَّ الْأَوْلَى أَنْ يَذْكُرَ قَوْلَهُ وَإِذَا وُجِدَ مَطَرٌ بَعْدَ قَوْلِهِ وَإِذَا خَرَجَ إلَخْ 


*📚 حاشية الجمل - (ج 2 / ص 238)*

( قَوْلُهُ وَفِعْلُهَا بِالْمَسْجِدِ أَفْضَلُ ) فَفِعْلُهَا فِي غَيْرِهِ خِلَافُ الْأَوْلَى وَقِيلَ فِعْلُهَا بِالصَّحْرَاءِ أَفْضَلُ لِلِاتِّبَاعِ وَرُدَّ { بِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إنَّمَا خَرَجَ إلَيْهَا لِصِغَرِ مَسْجِدِهِ } وَمَحَلُّ الْخِلَافِ فِي غَيْرِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَالْأَقْصَى أَمَّا هُمَا فَفِعْلُهَا فِيهِمَا أَفْضَلُ اتِّفَاقًا لِشَرَفِهِمَا مَعَ سُهُولَةِ الْحُضُورِ لَهُمَا وَاتِّسَاعِهِمَا وَالْأَوْجَهُ كَمَا قَالَهُ ابْنُ الْأُسْتَاذِ إلْحَاقُ مَسْجِدِ الْمَدِينَةِ بِمَسْجِدِ مَكَّةَ وَمَنْ لَمْ يَلْحَقْهُ بِهِ فَذَاكَ قَبْلَ اتِّسَاعِهِ الْآنَ وَالْحُيَّضُ وَنَحْوُهُنَّ يَقِفْنَ بِبَابِ الْمَسْجِدِ لِحُرْمَةِ دُخُولِهِنَّ لَهُ ا هـ . شَرْحُ م ر وَقَوْلُهُ يَقِفْنَ بِبَابِ الْمَسْجِدِ أَيْ وَإِنْ لَمْ يَسْمَعْنَ الْخُطْبَةَ وَذَلِكَ إظْهَارُ الشَّعَائِرِ ذَلِكَ الْيَوْمَ بِكَثْرَةِ الْجَمْعِ فِيهِ وَالْمُرَادُ مِنْ هَذِهِ الْعِبَارَةِ أَنَّهُنَّ إذَا حَضَرْنَ يَقِفْنَ بِبَابِ الْمَسْجِدِ وَذَلِكَ لَا يَسْتَلْزِمُ طَلَبَ الْحُضُورِ مِنْهُنَّ ا هـ .


*📚 TEKHNIS DAN TATA CARA SHOLAT IDUL ADHA 


1. Niat sholat Idul Adha, yaitu :


📚 أُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا / مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى


2. Pada waktu raka'at pertama setelah membaca iftitâh dan sebelum ta’awwudz, disunnatkan takbir sebanyak tujuh kali selain takbîratul ihrâm. Sedangkan pada waktu raka'at kedua sebelum membaca ta’awwudz dan fâtihah disunnatkan takbir sebanyak lima kali selain takbir karena berdiri.

3. Mengangkat kedua tangan lurus dengan bahu pada tiap-tiap takbir (sebagaimana keterangan gerakan takbîratul ihrâm di bab sholat).

4. Bagi imam dan makmum disunnatkan mengeraskan bacaan takbir.

5. Pada raka'at pertama setelah membaca surat Al fâtihah, disunnahkan membaca surat Qhaf dan pada raka'at kedua setelah Al fâtihah membaca surat Al Qamar, atau membaca surat Al-A’la pada raka'at pertama dan membaca surat Al-Ghasiyah pada raka’at kedua. Jika tidak hafal atau dirasa terlalu panjang, disunnahkan membaca surat Al Kafirun pada raka'at pertama atau surat Al Ikhlas pada raka'at kedua 

6. Bagi imam disunnatkan mengeraskan bacaan surat Al fâtihah dan surat-surat pendek . 

7. Sesudah sholat, disunnatkan khutbah dua kali, sebagaimana dua khutbah Jum’ah, baik rukun ataupun sunnat-sunnatnya, namun saat permulaan khutbah yang pertama disunnatkan membaca takbir sembilan kali secara kontinyu (tanpa dipisah bacaan lain), dan saat permulaan khutbah yang kedua disunnatkan membaca takbir tujuh kali juga secara kontinyu.

8. Dalam khutbah Idul Adha menyampaikan tentang qurban. 


*📚KESUNNATAN-KESUNNATAN PADA HARI RAYA IDUL ADHA 


a) Mandi, waktunya mulai separuh malam sampai hendak mengerjakan sholat.

b) Memakai wangi-wangian / parfum (Tathoyyub).

c) Berhias dengan pakaian yang paling bagus dan memotong kuku. 

d) Berangkat melalui jalan yang lebih jauh dan pulang dengan memilih jalan yang lain.

e) Bersedekah.

f) Mengerjakan sholat sunnat muthlak sebelum khutbah.

g) Disunnatkan tidak makan sebelum pergi sholat hari raya Adha, kecuali setelah sholat.

h) Mushofahah atau bersalam-salaman ketika kondisi aman.

i) Berangkat pagi-pagi setelah sholat shubuh selain imam.


*📚 MEMBACA TAKBIR PADA HARI RAYA IDUL ADHA 


Pada Hari Raya Idul Adha disunnatkan membaca takbir Muqoyyad (Takbir Muqoyyad adalah takbir yang dilakukan setiap kali selesai melakukan sholat, dimulai dari sholat subuh hari arofah yakni tanggal 09 Dzul Hijjah sampai setelah sholat ashar akhir hari tasyriq tanggal 11 sampai 13 Dzul Hijjah) dan takbir Mursal (Takbir Mursal adalah takbir yang pelaksanaannya tidak harus setelah sholat dimulai dari terbenamnya matahari sampai pelaksanaan sholat Idul Adha) 


*📚 LAFADZ TAKBIR 


اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ   x3

اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَلَا نَعْبُدُ إلَّا إيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ


*📚 PERINGATAN 


Setelah lafadz وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ tidak usah ditambahi lafadz وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ  dan وَلَوْ كَرِهَ الْمُنَافِقُوْنَ

Hukum berhubungan intim di malam takbiran Idul Fitri & adha adalah halal mubah.

AMALAN DI MALAM HARI RAYA

 AMALAN DI MALAM HARI RAYA

••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••



KH.Maimoen Zubair berkata :


"Sak makendut-makendute santri ojo nganti ora ngurip-ngurip malem rioyo loro, kanthi sholat ba'diyah Isya' rong rakaat ditambah sholat witir sak rakaat."


Artinya :

"Senakal- nakalnya santri jangan sampai tidak menghidupkan dua malam hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dengan melaksanakan sholat sunah minimal dua rakaat setelah Isya' dan satu rakaat witir."


Nabi Muhammad SAW bersabda :


عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب " رواه الطبراني في الكبير والأوسط


Dari Ubaidah Ibn Shomit R.a sungguh Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa menghidupkan malam Idul Fitri dan Idul Adha, hatinya tidak akan mati di hari matinya hati. (HR . Thabroni).


عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : "من قام ليلي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب ". وفي رواية "من أحيا" رواه ابن ماجه


Dari Abi Umamah R.a dari Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa menegakkan dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap Allah, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. (HR.Ibnu Majah).


Bagaimana cara menghidupkan/ menegakkan dua hari raya itu ? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan :


1. Syaikh Al Hafni berkata : Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya" berjamaah dan meniatkan diri untuk sholat Subuh pada besoknya atau memperbanyak sholat sunah dan bacaan-bacaan dzikir.


2. Syaikh Al Wanna'i dalam risalahnya : Barang siapa membaca istighfar seratus kali (100x) Setelah sholat subuh di pagi hari raya, maka akan dihapus dosa-dosanya didalam buku catatannya dan pada hari kiamat akan aman dari siksa.


3. Masih dari Syaikh Al Wanna'i Barang siapa membaca :


سبحان الله وبحمده


Subhanallah Wabihamdihi 100x

Pada hari raya dan menghadiahkan pahalanya untuk ahli kubur maka para ahli kubur berkata : "Wahai Dzat Yang Maha Pengasih, Rahmatilah ia dan jadikanlah ia ahli surga.


4. Syaikh Al Fasyni berkata dalam Ruhfatul Ikhwan : dari sahabat Annas, dari Rasulullah SAW dawuh (yang artinya) : Hiasilah dua hari raya dengan Tahlil, Taqdis, Tahmid dan Takbir. Dan Nabi juga Dawuh : Barang siapa yang membaca : 


سبحان الله وبحمده


Subhanallah Wabihamdihi 300x

Dan ia menghadiahkan untuk muslimin yang sudah wafat, Maka seribu cahaya akan masuk di setiap kuburan dan Allah akan memasukkan seribu cahaya ke kuburannya jika ia meninggal.


5. Syaikh Az-Zuhri berkata : Sahabat Anas R.a berkata, Nabi SAW dawuh (yang artinya) Barang siapa di dua hari raya mengucapkan ;


لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد يحي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شي قدير


Sebanyak 400x Sebelum sholat 'ied, Maka Allah SWT akan menikahkannya dengan 400 bidadari, seakan memerdekakan 400 budak dan Allah SWT mewakilkan para malaikat untuk membangun kota-kota dan menanam pohon-pohon untuknya di hari kiamat.


Beliau Syaikh Az-Zuhri berkata : "Aku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Sahabat Anas R.a dan Anas R.a dahulu juga berkata : "Aku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Nabi SAW.


MEMINDAH ZAKAT

 

MEMINDAH ZAKAT 


Deskripsi Masalah :

Dalam kitab fikih dijelaskan bahwa memindah zakat (naqluz-zakâh) ke tempat lain tidak diperbolehkan.


Pertanyaan :

Sampai manakah batas orang dianggap naqluz-zakâh (memindah zakat)?


Jawaban :

Batasannya adalah tempat yang sudah diperbolehkan mengqashar salat.


Referensi :

(حاشية الشرقاوي, 1/393)

وَلاَ يَجُوْزُ لِلْمَالِكِ وَلَوْ بِنَائِبِهِ نَقْلُهَا اَيْ الزَّكَاةِ لِبَلَدٍ آخَرَ ، قَوْلُهُ لِبَلَدٍ آخَرَ لَوْ قَالَ عَنْ بَلَدِهَا لَكَانَ أَوْلَى لأَنَّهُ يَحْرُمُ نَقْلُهَا خَارِجَ السُّوْرِ إِلَى مَحَلٍّ تُقْصَرُ فِيْهِ الصَّلاَةُ اهـ

(حاشية علي الشبراملسي على نهاية المحتاج, 6/168)

(فَرْعٌ) مَا حَدُّ الْمَسَافَةِ الَّتِيْ يَمْتَنِعُ نَقْلُ الزَّكَاةِ اِلَيْهَا؟ فِيْهِ تَرَدُّدٌ، وَالْمُتَّجِهُ أَنَّ ضَابِطَهَا فِي الْبَلَدِ وَنَحْوِهِ مَا يَجُوْزُ التَّرَخُّصُ بِبُلُوْغِهِ، ثُمَّ رَأَيْتُ حج مَشَى عَلَى ذَلِكَ فِيْ فَتَاوَيِهِ. فَحَاصِلُهُ اَنْ يَمْتَنِعَ نَقْلُهَا اِلَى مَكَانٍ يَجُوْزُ فِيْهِ الْقَصْرُ وَيَجُوْزُ اِلَى مَا لاَ يَجُوْزُ فِيْهِ الْقَصْرُ اهـ سم على منهج


Copyright © 2021 IASS

SHOLAT JANAZAH PART 11

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 11

KILASAN rumusan TSULASI MUJAROD 

 وَ لَوْ صُلِّيَ عَلَيْهِ فَحَضَرَ مَنْ لَمْ يُصَلِّ، نُدِبَ لَهُ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ، وَ تَقَعُ فَرْضًا، فَيَنْوِيْهِ، وَ يُثَابُ ثَوَابُهُ.

 

Syarat Shalat Jenazah.

Apabila ada mayat yang sudah dishalati, lantas datang seseorang yang belum ikut shalat maka baginya sunnah mengerjakannya dan shalat tersebut sah menjadi fardhu kifāyah✅.

 Karena itu, hendaknya ia berniat fardhu pula, serta mendapatkan pahala shalat.

 ----------


(قوله: وتقع فرضا) أي وتقع صلاته فرضا، ولو على القبر، كمن صلى أولا.

(Perkataan Mushonef : sholat janazahnya menjadi fardlu )

Dan shalatnya dianggap sebagai shalat fardu, meskipun di atas kubur, seperti orang yang pertama kali shalat.


إذ ليس فعل بعضهم أولى بوصف الفرضية من بعض، وإن أسقط الأول الحرج.


Karena tindakan sebagian dari mereka ( yang sudah mensholati janazah) tidak lebih utama untuk dikatakan sebagai fardu dibandingkan sebagian yang lain, meskipun yang pertama telah menggugurkan kewajiban.


ولا يقال: كيف تقع صلاة الثاني فرضا، مع أنه لو تركها لم يأثم، لأنه قد يكون الشئ غير فرض، فإذا دخل فيه صار فرضا - كالحج ممن قد حج، وإحدى خصال كفارة اليمين -.


Dan tidak dikatakan: bagaimana salat kedua bisa dianggap sebagai fardu, padahal jika ditinggalkan, dia tidak berdosa, karena bisa jadi sesuatu itu bukan fardu, tetapi jika dimasuki, ia menjadi fardu - seperti haji bagi yang sudah berhaji, dan salah satu dari pilihan kafarat sumpah-.


وقولهم فرض الكفاية يسقط بفعل واحد: معناه يسقط الإثم به.

Dan ucapan mereka bahwa fardu kifayah gugur dengan satu pelaksanaan: maksudnya dosa gugur dengan pelaksanaan tersebut.


ولو فعله غيره: وقع فرضا أيضا.


Namun, jika dilakukan oleh orang lain: tetap dianggap sebagai fardu juga.


Ianah Tholibin juz 2 hal 132

Nurul Ilmi.

----------------

 وَ الْأَفْضَلُ لَهُ فِعْلُهَا بَعْدَ الدَّفْنِ، لِلْاِتِّبَاعِ.

 

Sedangkan yang lebih utama adalah mengerjakan shalat sesudah mayat dikubur karena mengikuti tindak Nabi s.a.w. 📚

-----------

📚

وهو ما روي أنه - صلى الله عليه وسلم - صلى على قبور جماعة.


"Diriwayatkan bahwa Rasulullah

 - صلى الله عليه وسلم - 

 - pernah shalat di atas kuburan berjamaah."

 ومن هذا أخذ جمع أنه يسن تأخيرها عليه إلى بعد الدفن.

 "Dan dari ini, diambil pendapat bahwa disunnahkan menunda pelaksanaannya (shalat jenazah) hingga setelah pemakaman."

 Ianah Tholibin juz 2 hal 132

Nurul Ilmi.

 - ------------


 وَ لَا يُنْدَبُ لِمَنْ صَلَّاهَا وَ لَوْ مُنْفَرِدًا إِعَادَتُهَا مَعَ جَمَاعَةٍ. 

 فَإِنْ أَعَادَهَا وَقَعَتْ نَفْلًا.

 

 Tidak sunnah bagi orang yang telah menshalatinya (43) – sekalipun munfarid – untuk mengulangi shalatnya dengan berjamā‘ah. 

 Kalau mengulanginya maka shalatnya menjadi shalat sunnah. 📚

 --------------

 43). 

 قال ع ش: فتكون مباحة.

Imām ‘Alī Sibramalisī menghukumi mubāḥ mengulanginya.


📚أي ووجب لها نية الفرضية.

Walaupun sholat janazahnya iadah menjadi sunnah, tetep wajib niyat fardlu.

  I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 132

 Nurul Ilmi

 -------------


 وَ قَالَ بَعْضُهُمْ: الْإِعَادَةُ خِلَافُ الْأَوْلَى.


 (Bahkan) sebagian ‘ulamā’ berpendapat: Mengulangi shalat jenazah adalah khilāf-ul-aulā (menyalahi keutamaan) hukumnya.


(وَ تَصِحُّ) الصَّلَاةُ (عَلَى) مَيِّتٍ (غَائِبٍ) عَنْ بَلَدٍ، بِأَنْ يَكُوْنَ الْمَيِّتُ بِمَحَلٍّ بَعِيْدٍ عَنِ الْبَلَدِ بِحَيْثُ لَا يُنْسَبُ إِلَيْهَا عُرْفًا، أَخْذًا مِنْ قَوْلِ الزَّرْكَشِيِّ: إِنَّ خَارِجَ السُّوَرِ الْقَرِيْبِ مِنْهُ كَدَاخِلِهِ.


Sahnya Shalat Ghā’ib.

Sah hukumnya menshalati mayat yang ghā’ib📝 dari daerah yang bersangkutan, sebagaimana mayat berada jauh dari daerah seseorang yang menurut penilaian umum. (44) tidak bisa dikatakan masih daerahnya, berdasarkan perkataan Imam az-Zarkasyī: yaitu ,Tempat di luar batas sebuah daerah yang dekat dengannya (45) seperti yang berada di dalamnya.

-------------

📝

أي وإن قربت المسافة ولم يكن في جهة القبلة، خلافا لأبي حنيفة ومالك.

"Dan sah shalat atas mayit yang ghaib (tidak hadir) walaupun jaraknya dekat dan tidak berada di arah kiblat, berbeda dengan pendapat Abu Hanifah dan Malik.


"Dalam konteks ini, yang dimaksud adalah bahwa menurut beberapa ulama, shalat jenazah bisa dilakukan untuk orang yang telah meninggal walaupun jenazahnya tidak berada di tempat itu (ghaib), meskipun jaraknya dekat dan tidak berada di arah kiblat. Ini berbeda dengan pandangan Abu Hanifah dan Malik yang memiliki pendapat lain terkait hal ini.


وظاهر أن محله - أي السقوط - إذا علم بها الحاضرون، ولا بد - في صحة الصلاة على الغائب - إن يعلم - أو يظن - أنه قد غسل، وإلا لم تصح.

"Dan jelas bahwa tempatnya - yaitu ketidakwajiban - jika diketahui oleh orang-orang yang hadir, dan harus - untuk sahnya shalat atas mayit yang ghaib - diketahui atau diduga bahwa ia telah dimandikan, jika tidak, maka tidak sah."


44).

تصوير للبعيد عن البلد.

أي أن البعيد مصور بأنه هو الذي لا ينسب إلى البلد عرفا بأن يكون فوق حد القرب - كما يؤخذ من ضبط القرب الآتي.

"Gambaran untuk yang jauh dari kota.Artinya, yang dimaksud dengan 'jauh' adalah seseorang yang secara kebiasaan tidak dianggap berasal dari kota tersebut."

 Sekira di atas Ḥadd-ul-Qarīb. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 132

  Nurul ilmi


45).

قال في التحفة: ويؤخذ من كلام الأسنوي ضبط القرب هنا بما يجب الطلب منه في التيمم.

 Batasan dekat atau Ḥadd-ul-Qarīb adalah jarak yang wajib untuk mencari air dalam tayammum.

 

 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 133

  Nurul ilmi

-------------


 (لَا) عَلَى غَائِبٍ عَنْ مَجْلِسِهِ (فِيْهَا) وَ إِنْ كَبُرَتْ.

 

Tidak sah menshalati mayat yang tidak berada di tempat shalat dan masih dalam lingkungan balad itu, sekalipun luas. 


 نَعَمْ، لَوْ تَعَذَّرَ الْحُضُوْرُ لَهَا بِنَحْوِ حَبْسٍ أَوْ مَرَضٍ: جَازَتْ حِيْنَئِذٍ عَلَى الْأَوْجَهِ

 

Benar tidak sah, namun jika dirasa sulit untuk hadir ke tempat di mana mayat berada, misalnya karena ditahan atau sakit, maka boleh shalat yang dalam keadaan seperti ini, menurut pendapat aujah. (46) 

--------------

46)

.(وقوله: على الأوجه) أي عند الرملي.


وفي التحفة خلافه، وعبارتها: فلا يصلى عليه وإن كبرت.

وعذر: بنحو مرض، أو حبس، كما شمله إطلاقهم

اه.

 Menurut Imām Ramlī, sedangkan Imām Ibnu Ḥajar melarangnya 

Ianah tholibin juz 2 hal 13.

Nurul ilmi.

--------------


 (وَ) تَصِحُّ عَلَى حَاضِرٍ (مَدْفُوْنٍ) وَ لَوْ بَعْدَ بَلَائِهِ (غَيْرَ نَبِيٍّ) فَلَا تَصِحُّ عَلَى قَبْرِ نَبِيٍّ، لِخَبَرِ الشَّيْخَيْنِ.

 

Sah menshalati mayat yang hadir dan sudah dikubur – walaupun sudah lebuh selain Nabi. Karena itu, tidaklah sah shalat Jenazah atas Nabi yang sudah berada dalam maqāmnya, berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari-Muslim. 


MOHON DIKOREKSI DI LENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Saturday, June 15, 2024

PERBANYAK DOA DI HARI AROFAH

*PERBANYAK DOA DI HARI AROFAH*

Al imam An Nawawi menjelaskan didalam Kitabnya "Al adzkar" sebagai berikut:


قدَّمنا في أذكار العيد حديث النبيّ ﷺ «خَيْرُ الدُّعاءِ يَوْمَ عَرَفَة، وَخَيْرُ ما قُلْتُ أنا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي: لا إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَريكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ على كُلّ شئ قَدِيرٌ» (١) .

فيُستحبّ الإِكثارُ من الذكر والدعاء، ويَجتهدُ في ذلك، فهذا اليوم أفضلُ أيام السنة للدعاء، وهو مُعظم الحج (٢)، ومقصودُه والمعوّل عليه، فينبغي أن يستفرغَ الإِنسانُ وُسعَه في الذكر والدعاء، وفي قراءة القرآن، وأن يدعوَ بأنواع الأدعية، ويأتي بأنواع الأذكار، ويدعو لنفسه، ويذكر في كلّ مكان، ويدعو منفردًا ومع جماعة، ويدعو لنفسه، ووالديه، وأقاربه ومشايخه، وأصحابه، وأصدقائه، وأحبابه، وسائر مَن أحسن إليه، وجميع المسلمين


“Disunnahkan memperbanyak zikir dan doa serta melakukannya dengan sungguh-sungguh, karena hari ‘Arafah ini merupakan hari yang paling utama untuk berdoa daripada hari-hari lain dalam setahun. Sebaiknya seseorang mencurahkan segala kesempatan yang ada untuk berzikir, berdoa, dan membaca Al-Qur'an. Mendoakan diri sendiri, kedua orang tuanya, kerabatnya, gurunya, sahabatnya, teman-temannya, orang-orang yang dicintainya, seluruh orang yang berbuat baik kepadanya, dan seluruh kaum muslimin.” 

Referensi 

[Al Adzkar an Nawawiyah Hal 198, Maktabah syamilah]


#Dalam sebuah riwayat dikatakan. Dahulu, ada seorang anak muda yang ketika masuk bulan Dzulhijjah dia berpuasa. Kabar tentang anak muda ini lantas terdengar hingga ke Baginda Nabi. 


Tidak lama kemudian, anak muda tadi dipanggil Nabi dan dia pun segera menghadap. Nabi bertanya, “Anak muda, aku ingin tahu alasan kamu berpuasa?” Si anak muda menjawab, “Ya Rasulallah, demi ayah dan ibu saya, sungguh hari ini adalah hari kebesaran Islam dan juga hari dimana umat Islam berhaji. Saya berharap, Allah memasukkan saya dalam doa-doa mereka yang sedang berhaji.” 


Nabi lantas menjawab, “Anak muda, sungguh, bagi setiap hari yang kamu puasai, ada pahala sebanyak kamu bersedekah di jalan Allah 100 budak, 100 unta, dan 100 kuda. Dan untuk puasa di hari Tarwiyah, ada ada pahala sebanyak kamu bersedekah di jalan Allah 1000 budak, 1000 unta, dan 1000 kuda. Dan untuk puasa di hari Arafah, ada ada pahala sebanyak kamu bersedekah di jalan Allah 2000 budak, 2000 unta, dan 2000 kuda.”

JIKA KEMALUAN SUAMI TERLALU BESAR, APAKAH ISTRI NUSYUZ JIKA MENOLAKNYA..??

 

Poin ke 4


JIKA KEMALUAN SUAMI TERLALU BESAR, APAKAH ISTRI NUSYUZ JIKA MENOLAKNYA..??



Langsung ibarot Bae 

ويحصل النشوز (بمنع) الزوجة الزوو (من تمتع) ولو بنحو لمس أو بموضع عينه (لا) إن منعته عنه (لعذر) ككبر آلته بحيث لا تحتمله ومرض بها يضر معه الوطئ وقرح في فرجها وكنحو حيض، ويثبت كبر آلته بإقراره أو برجلين من رجال الختان ويحتالان لانتشار ذكره بأي حيلة، غير إيلاج ذكره في فرج محرم أو دبر أو بأربع نسوة فإن لم يمكن معرفته إلا بنظرهن إليهما مكشوفي الفرجين حال انتشار عضوه جاز ليشهدن


Nusyuz terjadi dengan sebab istri menolak suami melakukan tamattu' walaupun dalam bentuk semacam memegang atau pada anggota tubuh yang di pilih suami. Tidak di anggap nusyuz jika istri menolak suami karna uzur, misalnya terlalu besarnya alat kemaluan suami sekira istri tidak sanggup menanggungnya, misalnya wanita tengah sakit yang membawa mudharat dengan bersetubuh, dan luka dalam farjinya, dan semacam haidh.

Besar kecil alat kelamin suami bisa di tetap kan berdasar iqrar suami, atau persaksian dua orang lelaki juru khitan dan mereka daya sedemikian rupa selain memasukkan dzakar itu ke dalam farji yang di haramkan atau dubur agar bisa tegang, atau dengan persaksian empat orang wanita .

Apabila hal itu tidak mungkin bisa di ketahui selain dengan empat wanita itu melihat alat kelamin suami istri dalam keadaan terbuka sewaktu dzakar mengalami tegang maka di halalkan melihat demi persaksian mereka.


Referensi:


Kitab I'anatut Thalibin. Juz. 4/ Hal. 78_79]


( وَتَسْقُطُ ) النَّفَقَةُ ( بِنُشُوزٍ ) أَيْ خُرُوجٍ عَنْ طَاعَةِ الزَّوْجِ . ( وَلَوْ بِمَنْعِ لَمْسٍ بِلَا عُذْرٍ ) أَيْ تَسْقُطُ نَفَقَةُ كُلَّ يَوْمٍ بِالنُّشُوزِ بِلَا عُذْرٍ فِي كُلِّهِ ، وَكَذَا فِي بَعْضِهِ فِي الْأَصَحِّ وَنُشُوزُ الْمَجْنُونَةِ وَالْمُرَاهِقَةِ كَالْعَاقِلَةِ الْبَالِغَةِ ، ( وَعَبَالَةِ زَوْجٍ ) أَيْ كِبَرِ آلَتِهِ بِحَيْثُ لَا تَحْمِلُهَا الزَّوْجَةُ ، ( أَوْ مَرَضٍ ) بِهَا ( يَضُرُّ مَعَهُ الْوَطْءُ عُذْرٌ ) فِي النُّشُوزِ عَنْ الْوَطْءِ.


Dan nafqah seorang istri menjadi gugur (tidak wajib) bagi suami akibat nusyuz (tidak patuhnya istri pada perintah suami) meskipun akibat menolak disentuh tanpa adanya uzur syari, atau terlalu besarnya kemaluan suami sekira istri tidak mampu menanggungnya,atau sebab sakit yang membuatnya sukar menjalani senggama.


Referensi:

Hasyiyah al-Qalyubi wa 'Umairah. Juz. 4/ Hal. 79


Wallahu alam

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes