BREAKING NEWS

Watsapp

Saturday, June 22, 2024

KEMBAR SIAM

 KEMBAR SIAM 




Deskripsi Masalah :

Kembar siam adalah keadaan kembar yang tubuh keduanya bersatu. Kebanyakan kembar siam memang meninggal dunia saat masih dalam usia bayi. Nmaun, sebagian dari mereka ada juga yang beranjak dewasa. Mereka pun juga ingin mempunyai keturunan seperti layaknya manusia normal. Akhirnya, ada juga dari merka yang sudah menikah dan mempunyai anak.


Pertanyaan :

1. Dalam persepektif islam kembar siam dinggap satu orang atau dua orang?

2. Jika dianggap dua organ bagaimana hukum pernikahannya terkait hubungan badan dengan pasangan?


Jawaban :

1. Dengan berbagai jenisnya, kembar siam dianggap dua orang apabila kepalanya lebih dari satu dan keduakembar tadi punya kehidupan sendiri


Keterangan tambahan:

Ada beberapa jenis kembar siam:

Thoracopagus : kedua tubuh bersatu dibagian dada (thorax). Jantung selalu terlibat dalam kasus ini. Ketika jantung hany satu, harapan hidup baik dengan atau tanpa operasi adalah rendah. (35-40 %dari seluruh kasus)

Omphalopagus : kedua tubuh bersatu dibagian bawah dada. Umumnya masing-masing tubuh memilki jantung masing-masing. Tetpi bias any kembar siam jenis ini hanya memilki satu hati, system pencernaan, diafragma dan organ-organ lain. (34%dari seluruh kasus)


Xiphopagous : kedua tubuh bersatu dibagian xiphoid cartilage.

Pygopagus (iliopagus) : bersatu dibagian belakang. (19% dari seluruh kasus).

Cephalopagus : bersatu dikepala dengan tubuh yang terpisah. Kembar siam jenis ini umumnya tidak bisa bertahan hidup karena kelainan serius di otak, dikenal juga dengan istilah jeniceps, (untuk dewa janus yang bermuka dua) atau syncephalus.

Cephalothirapagus : tubuh bersatu dikepala dan thorax, jenis kembar siam ini umumnya tidak bisa bertahan hidup. (juga dikenal dengan epholothoracopagus atau craniothoracopagus)

Craniopagus : tulang tengkorak bersatu dengan tubuh yang terpisah.(2%)Craniopagus parasiticus : bagian kepala yang kedua yang tidak memiliki tubuh.Dichepalus : dua kepala, satu tubuh  dengan dua kaki dan dua atau tiga atau empat lengan, (dibrachius, tribrachius, atau tetrabrachius,) Abigail dan bittany Hensel, adalah contoh kembar siam dari Amerika serikat jenis dicephalus tribrachius.


Ischiopagus : kembar siam anterior yang bersatu dibagian bawah tubuh. (6% dari seluruh kasus).

Ischio-omphalopagus : kembar siam yang bersatu dengan tulang belakang, memebentuk huruf-Y. Mereka memilki empat lengan dan biasanya dua atau tiga kaki, jenis ini biasanya memiliki satu system reproduksi, dan system pembuangan. 

Parapagus : kembar siam yang bertsatu pada bagian bawah tubuh, dengan jantung yang  sering kali dibagi. (5% dari seluruh kasus)Diprosopus : satu kepala dengan dua wajah pada arah berlawanan.


2. Tetap sah.Catatan: tetap wajib semapunya menjaga dari bersentuhan, melihat dan menutup auratnya orang yang bukan pasangannya.                                                 


Referensi :

حاشية البجيرمي على الخطيب (9/ 420)

تَنْبِيهٌ : قَوْلُهُ اثْنَيْنِ قَدْ يَشْمَلُ مَا لَوْ وَلَدَتْ امْرَأَةٌ وَلَدَيْنِ مُلْتَصِقَيْنِ لَهُمَا رَأْسَانِ وَأَرْبَعُ أَرْجُلٍ وَأَرْبَعُ أَيْدٍ وَفَرْجَانِ ، وَلَهُمَا ابْنٌ آخَرَ ثُمَّ مَاتَ هَذَا الِابْنُ وَتَرَكَ أُمَّهُ وَهَذَيْنِ ، فَيُصْرَفُ لَهَا السُّدُسُ وَهُوَ كَذَلِكَ لِأَنَّ حُكْمَهُمَا حُكْمُ الِاثْنَيْنِ فِي سَائِرِ الْأَحْكَامِ مِنْ قِصَاصٍ وَدِيَةٍ وَغَيْرِهِمَا . قَوْلُهُ : ( وَأَرْبَعُ أَرْجُلٍ وَأَرْبَعُ أَيْدٍ ) قَالَ حَجّ : وَظَاهِرٌ أَنَّ تَعَدُّدَ غَيْرِ الرَّأْسِ لَيْسَ بِشَرْطٍ ، بَلْ مَتَى عُلِمَ اسْتِقْلَالُ كُلٍّ بِحَيَاةٍ كَأَنْ نَامَ أَحَدُهُمَا دُونَ الْآخَرِ فَالْحُكْمُ كَذَلِكَ ا هـ .فَكَاثْنَيْنِ أَيْضًا وَإِلَّا فَكَوَاحِدٍ ا هـ .


تحفة المحتاج في شرح المنهاج (27/ 84)

ولو كانا ملتصقين ولكل رأس ويدان ورجلان وفرج إذ حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام كما نقلوه عن ابن القطان وأقروه وظاهر أن تعدد غير الرأس ليس بشرط بل متى علم استقلال كل بحياة كأن نام دون الآخر كانا كذلك . ( تنبيه ) سئلت عن ملتصقين ظهر أحدهما في ظهر الآخر ولم يمكن انفصالهما فأحرما بالحج ثم أراد أحدهما تقديم السعي عقب طواف القدوم والآخر تأخيره إلى ما بعد طواف الركن فمن المجاب وهل إذا فعل أحدهما ما لزمه من الأركان والواجبات بموافقة الآخر ثم أراد الآخر ذلك يلزم الأول موافقته والمشي والركوب معه إلى الفراغ أيضا أو لا وهل يلزم كلا أن يفعل مع الآخر واجبه من نحو صلاة سواء أوجب عليه نظير ما وجب على صاحبه أو لا ضاق الوقت أم لا ؟ فأجبت بقولي الذي يظهر من قواعدنا أنه لا يجب على أحدهما موافقة الآخر في فعل شيء أراده مما يخصه أو يشاركه الآخر فيه لأن تكليف الإنسان بفعل لأجل غيره من غير نسبته لتقصير ولا لسبب فيه منه لا نظير له ولا نظر لضيق الوقت ؛ لأن صلاتهما معا لا تمكن ؛ لأن الفرض تخالف وجهيهما


حاشية البجيرمي على الخطيب (9/ 420)

تنبيه : قوله اثنين قد يشمل ما لو ولدت امرأة ولدين ملتصقين لهما رأسان وأربع أرجل وأربع أيد وفرجان ، ولهما ابن آخر ثم مات هذا الابن وترك أمه وهذين ، فيصرف لها السدس وهو كذلك لأن حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام من قصاص ودية وغيرهما . قوله : ( وغيرهما ) كالنكاح ، فيجوز لكل منهما أن يتزوج سواء كانا ذكرين أو أنثيين أو مختلفين ، ويجب الستر والتحفظ ما أمكن وفي الجمعة فإنهما يعدان من الأربعين حيث كانا متوجهين إلى القبلة بأن كان كل منهما بجنب الآخر ، أما لو كانا مختلفين بأن كان ظهر أحدهما لظهر الآخر فلا يتأتى ذلك ويكون هذا عذرا في إسقاط الجمعة عن أحدهما ا هـ .


المجموع شرح المهذب (4/ 483) 

قال المصنف رحمه الله (ولا تجب الجمعة علي صبى ولا مجنون لانه لا تجب عليهما سائر الصلوات فالجمعة أولي ولا تجب علي المرأة لما روى جابر قال " قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فعليه الجمعة الا على امرأة أو مسافر أو عبد أو مريض " ولانها تختلط بالرجال وذلك لا يجوز) (الشرح) حديث جابر رواه أبو داود والبيهقي وفي إسناده ضعف ولكن له شواهد ذكرها البيهقي وغيره ويغني عنه حديث طارق بن شهاب السابق والإجماع فقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع أن المرأة لا جمعة عليها وقوله ولأنها تختلط بالرجال وذلك لا يجوز لبس كما قال فإنها لا يلزم من حضورها الجمعة الاختلاط بل تكون وراءهم وقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع على أنها لو حضرت وصلت الجمعة جاز وقد ثبتت الأحاديث الصحيحة المستفيضة أن النساء كن يصلين خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم في مسجده خلف الرجال ولأن اختلاط النساء بالرجال إذا لم يكن خلوة ليس بحرام


Copyright © 2021 IASS

HASIL RUMUSAN TENTANG SUAMI MIMIK AIR SUSU ISTRINYA FORUM KAJIAN FIQIH ONLINE

HASIL RUMUSAN

TENTANG SUAMI MIMIK AIR SUSU ISTRINYA

FORUM KAJIAN FIQIH ONLINE DI

 TELEGRAM


Deskripsi Masalah :


Ada seorang istri, setelah melahirkan ternyata kesuburan ASI sehingga terkadang diperas/dibuang. Melihat hal itu sang suami merasa eman kalau ASI itu dibuang yang akhirnya dimimiklah ASI oleh sang suami.


Pertanyaan :


1. Bagaimana hukumnya suami mimik ASI?

2. Apabila terjadi thalaq apakah masih ada hubungan atas susuanya?


Jawaban :


1. Boleh dan halal, karena air susu manusia itu suci

2. Tidak ada hubungan nasab susuan (mahram rodlo’/يحرم بالرضاع), karena lebih dari umur 2 tahun


Keterangan :

Syarat-syarat menyusu yang menjadikan mahram rodlo’ (nasab susuan) ada 5 :

1. Usia anak yang menyusu tidak lebih dari 2 tahun Hijriyah.

2. Air susu berasal dari perempuan yang sudah berumur 9 tahun Hijriyah.

3. Keluarnya susu pada waktu masih hidup.

4. Susu yang diminum sampai ke perut besar atau otak si anak.

5. Masuknya air susu di waktu si anak dalam keadaan hidup dan tidak kurang dari lima kali susuan.

Karenanya, bila seorang lelaki dewasa yang minum susu istrinya hal ini tidak berpengaruh terhadap hukum mahram, dalam arti istrinya tidak menjadi ibu susuan. Namun bila suaminya adalah seorang bayi yang kurang dari 2 tahun (mungkin ini belum pernah terjadi, namun tetap sah secara syariat) dan memenuhi syarat di atas maka dia menjadi anak susuan, istrinya menjadi ibu rodho’ dan status pernikahannya batal.

Contoh : seorang anak bayi yang belum genap 2 tahun dinikahkan dengan janda yang baru melahirkan. Kemudian istri menyusui suami kecilnya sampai lima kali susuan maka status pernikahannya batal, status istri berubah menjadi ibu rodlo’, mantan suaminya menjadi ayah rodlo’, dan suami kecilnya menjadi anak rodlo’.


Referensi jawaban soal no. 1 :

متن الغاية والتقريب لأبى شجاع - (ص ٢٤)

(فصل) وإذا أرضعت المرأة بلبنها ولدا صار الرضيع ولدها بشرطين أحدهما أن يكون له دون الحولين والثاني أن ترضعه خمس رضعات متفرقات ويصير زوجها أبا له ويحرم على المرضع التزويج إليها وإلى كل من ناسبها ويحرم عليها التزويج إلى المرضع وولده دون من كان في درجته أو أعلى طبقة منه.


فتح القريب المجيب لابن قاسم الغزي - (ص ١٢٤)

(فصل): في أحكام الرضاع بفتح الراء وكسرها، وهو لغة اسم لمص الثدي وشرب لبنه، وشرعاً وصول لبن آدمية مخصوصة لجوف آدمي مخصوص على وجه مخصوص، وإنما يثبت الرضاع بلبن امرأة حية بلغت تسع سنين قمرية بكراً كانت أو ثيباً، خلية كانت أو مزوجة (وإذا أرضعت المرأة بلبنها ولداً) سواء شرب منها اللبن في حياتها أو بعد موتها، وكان محلوباً في حياتها (صار الرضيع ولدها بشرطين أحدهما أن يكون له) أي الرضيع (دون الحولين) بالأهلة وابتداؤهما من تمام انفصال الرضيع، ومن بلغ سنتين لا يؤثر ارتضاعه تحريماً (و) الشرط (الثاني أن ترضعه) أي المرضعة (خمس رضعات متفرقات) واصلة جوف الرضيع وضبطهن بالعرف، فما قضى بكونه رضعة أو رضعات اعتبر، وإلا فلا فلو قطع الرضيع الارتضاع بين كل من الخمس إعراضاً عن الثدي تعدد الارتضاع (ويصير زوجها) أي المرضعة (أباً له) أي الرضيع (ويحرم على المرضع) بفتح الضاد (التزويج إليها) أي المرضعة (وإلى كل من ناسبها) أي انتسب إليها بنسب أو رضاع (ويحرم عليها) أي المرضعة (التزويج إلى المرضع وولده) وإن سفل ومن انتسب إليه، وإن علا (دون من كان في درجته) أي الرضيع كإخوته الذين لم يرضعوا معه (أو أعلى) أي ودون من كان أعلى (طبقة منه) أي الرضيع كأعمامه، وتقدم في فصل محرمات النكاح ما يحرم بالنسب والرضاع مفصلاً فارجع إليه.


فتح المعين بهامش إعانة الطالبين - (ج ٣ / ص ٣٢٩)

(تنبيه) الرضاع المحرم وصول لبن آدمية بلغت سن حيض، ولو قطرة، أو مختلطا بغيره – وإن قل – جوف رضيع لم يبلغ حولين يقينا خمس مرات يقينا عرفا، فإن قطع الرضيع إعراضا وإن لم يشتغل بشئ آخر أو قطعته المرضعة ثم عاد إليه فيهما فورا فرضعتان، أو قطعه لنحو لهو كنوم خفيف وعاد حالا أو طال والثدي بفمه أو تحول ولو بتحويلها من ثدي لآخر أو قطعته لشغل خفيف ثم عادت إليه فلا تعدد في جميع ذلك، وتصير المرضعة أمه، وذو اللبن أباه. وتسري الحرمة من الرضيع إلى أصولهما وفروعهما وحواشيهما نسبا ورضاعا، وإلى فروع الرضيع – لا إلى أصوله وحواشيه – ولو أقر رجل وامرأة قبل العقد أن بينهما أخوة رضاع وأمكن حرم تناكحهما، وإن رجعا عن الاقرار أو بعده فهو باطل، فيفرق بينهما.


روائع البيان - (ج ١ / ص ٢٧١)

ما هي مدة الرضاع الموجب للتحريم ذهب جمهور الفقهاء مالك والشاعي واحمد الى ان الرضاعة الذي يتعلق به حكم التحريم ويجري به مجرى النسب بقوله عليه السلام يحرم من الرضاع ما يحرم من النسب هو ما كان في حولين واستدلوا بقوله تعالى “والوالدات يرضعن اولادهن حولين كاملين” . وبما روي عن ابن عباس رضي الله عنهما “ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال لا رضاع الا ما كان في حولين “. وذهب ابو حنيفة الى ان مدة الرضاع المحرم سنتان ونصف لقوله تعالى “وحمله وفصاله ثلاثون شهرا”,.

قال العلامة القرطبي “والصحيح الاول لقوله تعالى حولين كاملين “. وهذا يدل على ان الحكم ان لا حكم لمن ارتضع المولود بعد الحولين ولقوله عليه السلام “لا رضاع الا ما كان في حولين”. وهذا الخبر مع الاية والمعنى ينفي رضاعة الكبير وانه لا حرمة له . وقد روي عن عائشة القول به وبه يقول الليس بن سعد انه يرى رضاع الكبير وروي عنه الرجوع عنه.


روضة الطالبين وعمدة المفتين - (ج ٣ / ص ٢٧٥)

ولو كانت تحته كبيرة فطلقها فنكحت صغيراً وأرضعته بلبن المطلق حرمت على المطلق أبداً كما تحرم على الصغير لأنها زوجة أبيه.ولو نكحت صغيراً ففسخت نكاحه بغيبة ثم نكحت آخر فأرضعت الأول بلبن الثاني انفسخ نكاحها وحرمت عليهما أبداً لأن الأول صار ابناً للثاني فهي زوجة ابن الثاني وزوجة أبي الأول. ولو زوج مستولدته بعبده الصغير فأرضعته بلبن السيد حرمت على السيد والصغير معاً أبداً وحكى ابن الحداد أن المزني نقل عن الشافعي أنها لا تحرم على السيد وأن المزني أنكره على الشافعي وعلى ذلك جرى ابن الحداد والأصحاب فجعلوا نقل المزني غلطاً قال الشيخ أبو علي لكن يمكن تخريج ما نقل على قول في العبد الصغير أنه لا يجوز إجباره على النكاح أو على قول في أن أم الولد لا يجوز تزويجها بحال أو على وجه ذكر أنه لا يجوز للسيد تزويج أمته بعبده بحال فإنا إذا لم نصحح النكاح على أحد هذه.الآراء لم تكن زوجة الإبن فلا تحرم على السيد.ولو أرضعته بلبن غير السيد انفسخ نكاحه لأنها أمة ولا تحرم على السيد لأنه لم يصر ابناً له وكذا لو أرضعت المطلقة الصغير الذي نكحته بغير لبن الزوج انفسخ النكاح ولا تحرم هي على المطلِّق.


روضة الطالبين وعمدة المفتين - (ج ٣ / ص ٢٦٧)

الباب الأول في أركانه وشروطه أما الأركان فثلاثة.: الأول المرضع وله ثلاثة شروط الأول كونه إمرأة فلبن البهيمة لا يتعلق به تحريم فلو شربه صغيران لم يثبت بينهما أخوة ولا يحرم لبن الرجل أيضاً على الصحيح وقال الكرابيسي يحرم ولبن الخنثى لا يقتضي أنوثته على المذهب فلو ارتضعه صغير توقف في التحريم فإن بان أنثى حرم وإلا فلا. الشرط الثاني كونها حية فلو ارتضع ميتة أو حلب لبنها وهي ميتة لم يتعلق به تحريم كما لا تثبت حرمة المصاهرة بوطء الميتة.ولو حلب لبن حية وأوجر الصبي بعد موتها حرم على الصحيح المنصوص. الشرط الثالث كونها محتملة للولادة فلو ظهر لصغيرة دون تسع سنين لبن لم يحرم وإن كانت بنت تسع وإن لم يحكم ببلوغها لأن احتمال البلوغ قائم والرضاع كالنسب فكفى فيه الإحتمال. سواء كانت المرضعة مزوجة أم بكراً أم بخلافهما وقيل لا يحرم لبن البكر والصحيح الأول ونص عليه في البويطي.


الفقه على المذاهب الأربعة - (ج ٤/ ص ٢٢٤)

ولا فرق بين أن يصل اللبن إلى الجوف من طريق الفم بمص الثدي أو بصبه في حلقه أو إدخاله من أنفه، فمتى وصل اللبن إلى معدة الطفل أثناء مدة الحولين المذكورين بالشروط الآتية كان رضاعاً شرعياً عليه التحريم الآتي بيانه، أما إن كان كبيراً زائداً على الحولين ورضع فإن رضاعه لا يعتبر، وذلك لقوله تعالى: {والوالدات يرضعن أولادهن حولين كاملين} فقد دلت الآية الكريمة على أن أكثر مدة الرضاع المعتبرة في نظر الشرع حولان، فلو رضع بعدها ولو بلحظة فلا يعتبر رضاعة ولا يترتب عليه تحريم لقوله صلى الله عليه وسلم "لا رضاع إلا ما فتق الامعاء وكان قبل الحولين" رواه الترمذي وحسنه ومعنى قوله "فتق الامعاء" وصل إليها، ولقوله عليه الصلاة والسلام: "لا رضاع إلا ما كان في الحولين" رواه البيهقي وغيره.


نهاية المطلب في ذراية المذهب - (ج ١٥/ ص ٣٥٣)

وقد قال عز من قائل: {حولين كاملين لمن أراد أن يتم} [البقرة: ٢٣٣]، فأثبت تمام الرضاعة في الحولين، فاقتضى مفهوم الخطاب أن ما بعدهما ليس في حكم الرضاعة؛ إذ ليس بعد التمام أمر معتبر منتظر، ولا يمكن حمل هذا على اعتياد الناس؛ فإنهم على أنحاء مختلفة.


المجموع شرح المهذب - (ج ٢ / ص٥٦٩)

[الشرح] الألبان أربعة أقسام: أحدها لبن مأكول اللحم كالإبل والبقر والغنم والخيل والظباء وغيرها من الصيود وغيرها وهذا طاهر بنص القرآن والأحاديث الصحيحة والإجماع (والثاني) لبن الكلب والخنزير والمتولد من أحدهما وهو نجس بالاتفاق (الثالث) لبن الآدمي وهو طاهر على المذهب وهو المنصوص وبه قطع الأصحاب إلا صاحب الحاوي فإنه حكى عن الأنماطي من أصحابنا أنه نجس وإنما يحل شربه للطفل للضرورة ذكره في كتاب البيوع وحكاه الدارمي في أواخر كتاب السلم وحكاه هناك الشاشي والروياني وهذا ليس بشئ بل هو خطأ ظاهر وإنما حكى مثله للتحذير من الاغترار به وقد نقل الشيخ أبو حامد في تعليقه عقب كتاب السلم إجماع المسلمين على طهارته قال الروياني في آخر باب بيع الغرر إذا قلنا بالمذهب إن الآدمية لا تنجس بالموت فماتت وفي ثديها لبن فهو طاهر يجوز شربه وبيعه.


أسنى المطالب - (ج ١ / ص ٥٧)

( وَلَبَنُ مَا لَا يُؤْكَلُ ) كَلَبَنِ الْأَتَانِ لِأَنَّهُ يَسْتَحِيلُ فِي الْبَاطِنِ كَالدَّمِ ( إلَّا ) لَبَنَ ( الْآدَمِيِّ ) فَطَاهِرٌ إذْ لَا يَلِيقُ بِكَرَامَتِهِ أَنْ يَكُونَ مُنْشَؤُهُ نَجِسًا ( فَإِنْ مَاتَ فَفِي لَبَنِهِ وَجْهَانِ ) لَمْ يُذْكَرْ هَذَا فِي الْأَصْلِ بَلْ ظَاهِرُ كَلَامِهِ تَصْحِيحُ طَهَارَتِهِ ، وَبِهِ صَرَّحَ فِي الْمَجْمُوعِ نَقْلًا عَنْ الرُّويَانِيِّ قَالَ لِأَنَّهُ فِي إنَاءٍ طَاهِرٍ ، وَكَلَامُهُمْ شَامِلٌ لِلَّبَنِ الذَّكَرِ ، وَالصَّغِيرَةِ ، وَهُوَ الْمُخْتَارُ الْمُوَافِقُ لِتَعْبِيرِ الصَّيْمَرِيِّ بِقَوْلِهِ أَلْبَانُ الْآدَمِيِّينَ ، وَالْآدَمِيَّاتِ لَمْ يَخْتَلِفْ الْمَذْهَبُ فِي طَهَارَتِهَا ، وَجَوَازِ بَيْعِهَا ، وَصَوَّبَهُ الزَّرْكَشِيُّ ، وَقَوْلُ الْقَاضِي أَبِي الطَّيِّبِ وَابْنِ الصَّبَّاغِ لَبَنُ الْمَيْتَةِ ، وَالرَّجُلِ نَجِسٌ مُفَرَّعٌ عَلَى نَجَاسَةِ مَيْتَةِ الْآدَمِيِّ كَمَا أَفَادَهُ الرُّويَانِيُّ . أَمَّا لَبَنُ مَا يُؤْكَلُ لَحْمُهُ كَلَبَنِ الْفَرَسِ ، وَإِنْ ، وَلَدَتْ بَغْلًا فَطَاهِرٌ قَالَ تَعَالَى { لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ } .

( قَوْلُهُ بَلْ ظَاهِرُ كَلَامِهِ تَصْحِيحُ طَهَارَتِهِ إلَخْ ) وَهُوَ الْمَذْهَبُ لِأَنَّهُ كَانَ طَاهِرًا حَالَ الْحَيَاةِ وَمَيْتَةُ الْآدَمِيِّ طَاهِرَةٌ وَالْجُزْءُ الْمُبَانُ مِنْهُ وَلَوْ فِي حَيَاتِهِ طَاهِرٌ ، وَقَوْلُهُ ظَاهِرُ كَلَامِهِ أَشَارَ إلَى تَصْحِيحِهِ ( قَوْلُهُ وَهُوَ الْمُخْتَارُ ) أَشَارَ إلَى تَصْحِيحِهِ .

( قَوْلُهُ وَإِنْ وَلَدَتْ بَغْلًا فَطَاهِرٌ ) وَكَذَا لَبَنُ الشَّاةِ أَوْ الْبَقَرَةِ إذَا أَوْلَدَهَا كَلْبٌ أَوْ خِنْزِيرٌ فِيمَا يَظْهَرُ ع قَالَ فِي الْخَادِمِ يَجِبُ تَقْيِيدُهُ بِغَيْرِ الْكَلْبِ وَالْخِنْزِيرِ أَمَّا هُمَا فَاللَّبَنُ الْحَاصِلُ مِنْ إحْبَالِهِمَا نَجِسٌ قَطْعًا لَا يَحِلُّ أَكْلُهُ كَفَرْعِهِ ، وَقَوْلُهُ فِيمَا يَظْهَرُ أَشَارَ إلَى تَصْحِيحِهِ ، وَقَوْلُهُ قَالَ فِي الْخَادِمِ إلَخْ أَشَارَ إلَى تَضْعِيفِهِ .


Referensi jawaban soal no. 2 :


Idem

SHOLAT JANAZAH PART 12

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 12



(وَ) تَصِحُّ عَلَى حَاضِرٍ (مَدْفُوْنٍ) وَ لَوْ بَعْدَ بَلَائِهِ (غَيْرَ نَبِيٍّ) فَلَا تَصِحُّ عَلَى قَبْرِ نَبِيٍّ، لِخَبَرِ الشَّيْخَيْنِ.

Sah menshalati mayat yang hadir dan sudah dikubur 📚– walaupun sudah lebuh/hancur✅ - selain Nabi. Karena itu, tidaklah sah shalat Jenazah atas Nabi yang sudah berada dalam maqāmnya, berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari-Muslim📝. 

------------------

📚

أي بشرط أن لا يتقدم المصلي على القبر - كما مر -.

Dengan syarat orang yang sholat tidak didepan ( sebelah barat ) kubur. Seperti keterangan yg telah dijelaskan.


 ۞ قال ع ش: ويسقط بها الفرض على المعتمد.

Ali Asy-Syabromallisi. Nama lengkapnya Nuruddin Abu Adh-Dhiya’ Ali bin Ali Asy-Syabromallisi (w. 1087 H). Berkata : Sholat janazah diatas kubur bisa menggugurkan fardlu kifayah menurut pendapat yg mu,tamad.


وظاهر إطلاقهم أنه لا فرق بين المنبوشة وغيرها، وهو في المنبوشة مشكل، للعلم بنجاسة ما تحت الميت.

"Dan tampak dari mereka memuthlakjan / membebaskan bahwa tidak ada perbedaan antara kuburan yang telah digali dan yang belum digali, padahal dalam hal kuburan yang telah digali itu bermasalah, karena diketahui adanya najis di bawah mayat."


 ۞ وذكر ق ل خلافه، حيث قال: نعم، لا يضر اتصال نجاسة به في القبر، لأنه كانفجاره، وهو لا يمنع صحة الصلاة عليه.

"Dan Imam Qalyubi menyebutkan kebalikannya, di mana ia berkata: Ya, tidak masalah jika najis menyentuhnya di dalam kubur, karena itu seperti ledakannya, dan hal tersebut tidak menghalangi sahnya shalat di atasnya."


 غاية للصحة، وهي للرد على القائل بأنه يشترط بقاء شئ من الميت.

 "Tujuan untuk sahnya sholat, dan ini sebagai jawaban bagi yang mengatakan bahwa disyaratkan utuhnya / tersisanya jasad dari yang mati."


📝

أي لخبر: لعن الله اليهود والنصارى، اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد.أي بصلاتهم إليها.

Allah melaknat orang - orang yahudi dan nasrani yg telah menjadikan kuburan nabi mereka sebagai masjid.

Tempat sholat mereka.


وتقدم - في مبحث مكروهات الصلاة - أن الصلاة لقبر نبي محرمة، لكن بقصد التبرك أو الإعظام لذلك القبر.

Telah dijelaskan dalam bab tentang makruh-makruh shalat bahwa shalat menghadap kuburan Nabi adalah haram jika dengan maksud untuk mengambil berkah atau mengagungkan kuburan tersebut.


فلو لم يقصد ذلك، بل وافق في صلاته أن أمامه قبر نبي - كمن يصلي خلف قبر النبي - صلى الله عليه وسلم - من الأغاوات وغيرهم - فلا حرمة ولا كراهة.

Namun, jika tidak ada maksud demikian, melainkan kebetulan saja dalam shalatnya terdapat kuburan Nabi di depannya - seperti orang yang shalat di belakang kuburan Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam- seperti para penjaga makam dan lainnya - maka tidak ada keharaman atau kemakruhan.


📗Ianah Tholibin juz 2 hal 133

Nurul Ilmi.

-------------------


 (مِنْ أَهْلِ فَرْضِهَا وَقْتَ مَوْتِهِ) فَلَا تَصِحُّ مِنْ كَافِرٍ وَ حَائِضٍ يَوْمَئِذٍ، كَمَنْ بَلَغَ أَوْ أَفَاقَ بَعْدَ الْمَوْتِ، وَ لَوْ قَبْلَ الْغُسْلِ، كَمَا اقْتَضَاهُ كَلَامُ الشَّيْخَيْنِ.

(Sah sholat terhadap mayit yg ghoib dan hadir walaupun sudah dikubur seperti ini) , jika dilakukan oleh orang-orang yang memenuhi syarat untuk melakukan fardhu tersebut, di waktu kematian mayat📒. Karena itu, shalat tidak sah dilakukan oleh orang KAFIR dan orang yang HAID di saat KEMATIAN MAYAT tesebut📗, sebagaimana halnya dengan anak yang BARU BALIGH ✅atau orang yang baru SEMBUH setelah kematian mayat, sekalipun belum dimandikan. (47) Demikianlah yang sesuai dengan perkataan (Syaikhain = dua Imām, yaitu: ) Imām Rāfi‘ī – Nawawī.

-----------

📒

أي تصح الصلاة على الميت الغائب وعلى الحاضر المدفون، إن كان من يريد الصلاة من أهل أداء فرضها وقت الموت بأن يكون حينئذ مسلما مكلفا طاهرا، لأنه يؤدي فرضا خوطب به.

Artinya, sah shalat jenazah untuk mayit yang tidak hadir (gaib) dan yang sudah dimakamkan, jika orang yang akan melaksanakan shalat tersebut adalah orang yang wajib melaksanakan shalat jenazah pada saat kematian mayit tersebut, yaitu pada saat itu ia adalah seorang Muslim ( tidak murtad /kafir ), mukallaf( tidak anak mumaziz ), dan suci ( tidak haid), karena ia akan melaksanakan kewajiban yang diperintahkan kepadanya.


📗

فلا تصح صلاة من كان كافرا عند الموت ثم أسلم بعده، أو كانت حائضا عند الموت ثم طهرت بعده.

Maka tidak sah shalat jenazah dari orang yang ketika kematian mayit tersebut dalam keadaan kafir lalu masuk Islam setelahnya, atau dari perempuan yang ketika kematian mayit tersebut sedang haid lalu suci setelahnya.


أي كما لا تصح ممن كان صغيرا عند الموت ثم بلغ بعده، أو كان مجنونا عنده ثم أفاق من جنونه بعده.

Artinya, sebagaimana tidak sah shalat jenazah dari orang yang ketika kematian mayit tersebut masih kecil lalu baligh setelahnya, atau dari orang yang ketika kematian mayit tersebut sedang gila lalu sembuh dari gilanya setelahnya.


(وقوله: ولو قبل الغسل) غاية لعدم صحتها ممن أبلغ أو أفاق بعد الموت.

(Dan ucapannya: "Walaupun sebelum dimandikan") merupakan penjelasan tentang tidak sahnya shalat jenazah dari orang yang baligh atau sembuh dari gila setelah kematian.


أي لا تصح الصلاة ممن ذكر، ولو كان البلوغ أو الإفاقة قبل غسل الميت.

Artinya, tidak sah shalat jenazah dari orang-orang yang disebutkan tersebut, meskipun baligh atau sembuh dari gilanya sebelum jenazah dimandikan.


47). 

ضعيف والمعتمد أنه تصح الصلاة في هذه الحالة.


Ini adalah pendapat yang dha‘if, sedang yang mu‘tamad adalah sah.


 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 134

Nurul ilmi

--------------


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Friday, June 21, 2024

HUKUM BERQURBAN DENGAN HEWAN HAMIL DARI HEWAN TERNAK, BAGAIMANAKAH?

Bagaimanakah hukum hewan ternak dijadikan qurban 


Para ulama berbeda pendapat akan diperboehkannya berkurban dengan hewan hamil dari hewan ternak. Mayoritas ulama berpendapat memperbolehkan berkurban dengannya. Mereka tidak menyebutkan hamil termasuk aib dalam berkurban yang menghalangi untuk diterimanya kurban. Namun madzhab Syafi’i melarang berkurban dengan hewan yang sedang hamil, karena hamil bisa mengurangi daging.


الموسوعة الفقهية الكويتية (16 / 281):

ولم يذكر جمهور الفقهاء الحمل عيبا في الأضحية ، خلافا للشافعية ، حيث صرحوا بعدم إجزائها في الأضحية ؛ لأن الحمل يفسد الجوف ويصير اللحم رديئا .


Artinya:

Artinya: "Mayoritas ulama’ fikih (jumhur) tidak menyebutkan bahwa hamil termasuk cacat dalam berkurban. Berbeda dengan Syafiyyah dimana mereka dengan jelas mengatakan tidak diterima hewan hamil untuk kurban. Karena hamil termasuk merusak yang di dalam sehingga dagingnya menjadi jelek."


حاشية البجيرمي على الخطيب " (4 / 335):

والحامل لا تجزئ, وهو المعتمد لأن الحمل ينقص لحمها 


Artinya:

"Binatang hamil tidaklah mencukupi (untuk kurban) dan ini pendapat mu'tamad. Karena hamil itu bisa mengurangi daging.

Anak nyah ikut ke induknya satu paket.

Thursday, June 20, 2024

TERJEMAH NIHAYATUZZAEN MUQODIMAH PART 7

TERJEMAH NIHAYATUZZAEN 

MUQODIMAH 

PART 7



{ تَنْبِيه }  ينْدَرج فِي إِثْبَات الرسَالَة لسيدنا مُحَمَّد صلى الله عَلَيْهِ وَسلم مبَاحث علم الْفِقْه وَهِي الْأَحْكَام الشَّرْعِيَّة ومباحث علم التَّوْحِيد وَهِي ثَلَاثَة إلهيات ونبويات وسمعيات

{"Peringatan }

 Termasuk dalam pembuktian / ketetapan kerasulan Nabi Muhammad ﷺ, Adalah yang mencakup

  ۞ pembahasan ilmu fikih.  pembahasan ilmu fikih  yaitu hukum-hukum syar'i, dan 

  ۞ pembahasan ilmu tauhid yang terbagi menjadi tiga bagian: 

  1⃣ Ilahiyat (tentang Tuhan), 

  2⃣ Nabawwiyat (tentang kenabian), dan

  3⃣ Sam'iyat (tentang hal-hal yang didasarkan pada wahyu seperti kehidupan setelah mati, surga, dan neraka)."

فالإلهيات هِيَ الْمسَائِل المبحوث فِيهَا عَمَّا يجب لله تَعَالَى وَمَا يَسْتَحِيل عَلَيْهِ وَمَا يجوز فِي حَقه

"Ilahiyat adalah pembahasan mengenai hal-hal yang wajib bagi Allah Ta'ala, hal-hal yang mustahil bagi-Nya, dan hal-hal yang mungkin /wenang dalam hak-Nya."

والنبويات هِيَ الْمسَائِل المبحوث فِيهَا عَمَّا يجب للرسل وَمَا يَسْتَحِيل عَلَيْهِم وَمَا يجوز فِي حَقهم

"Nabawiyat adalah pembahasan mengenai hal-hal yang wajib bagi para rasul, hal-hal yang mustahil bagi mereka, dan hal-hal yang mungkin /wenang dalam hak mereka."

والسمعيات هِيَ الْمسَائِل الَّتِي لَا تتلقى إِلَّا عَن السّمع وَلَا تعلم إِلَّا من الْوَحْي.  وَذَلِكَ كسؤال مُنكر وَنَكِير لنا فِي الْقَبْر,  وَعَذَاب الْقَبْر ونعيمه , والبعث للحشر ,  والشفاعة ,  وَكتب الْأَعْمَال ,  والحساب وَالْمِيزَان , والصراط , وَالْجنَّة وَالنَّار والإسراء والمعراج

"Sam'iyat adalah pembahasan mengenai hal-hal yang hanya dapat diterima melalui pendengaran (wahyu) dan tidak dapat diketahui kecuali dari wahyu. Hal ini mencakup pertanyaan Munkar dan Nakir di dalam kubur, azab kubur dan nikmatnya, kebangkitan untuk pengumpulan, syafaat, catatan amal, perhitungan (hisab), timbangan (mizan), jembatan (sirat), surga, neraka, dan peristiwa Isra dan Mi'raj."

وَبعد أَي بعد مَا تقدم,  من الْبَسْمَلَة , والحمدلة,  وَالصَّلَاة وَالسَّلَام على من ذكر (فَهَذَا) الْمُؤلف الْحَاضِر فِي الذِّهْن لَا فِي الْخَارِج (مُخْتَصر) أَي قَلِيل اللَّفْظ (فِي الْفِقْه) أَي لتَحْصِيل الْفِقْه.

Dan setelah apa yang telah disebutkan berupa basmalah, hamdalah, dan salawat serta salam kepada yang telah disebutkan, maka ini adalah (maksudnya kitab ini) yang hadir dalam pikiran, bukan di luar (yaitu) sebuah ringkasan, artinya sedikit lafaz (dalam ilmu fikih), yaitu untuk memperoleh ilmu fikih.

 وَهُوَ لُغَة الْفَهم وَاصْطِلَاحا ظن قوي بِالْأَحْكَامِ الشَّرْعِيَّة العملية مكتسب من أدلتها التفصيلية بِأَن يُقَال اقيموا من قَوْله تَعَالَى {أقِيمُوا الصَّلَاة} أَمر وَالْأَمر للْوُجُوب فَقَوله أقِيمُوا للْوُجُوب

 Fikih secara bahasa berarti pemahaman, dan secara terminologi /istilah adalah dugaan kuat tentang hukum-hukum syariat yang bersifat praktis yang diperoleh dari dalil-dalilnya yang terperinci, dengan contoh, dikatakan "dirikanlah" dari firman Allah Ta'ala {dirikanlah shalat}, adalah perintah, dan perintah menunjukkan kewajiban, maka kata "dirikanlah" menunjukkan kewajiban.

وموضوعه أَفعَال الْمُكَلّفين من حَيْثُ عرُوض الْأَحْكَام التكليفية والوضعية لَهَا

Dan pokok bahasannya fiqih adalah perbuatan-perbuatan mukallaf (orang yang sudah dikenai kewajiban syariat) dari segi berlakunya hukum-hukum taklifi (hukum yang berkaitan dengan perintah dan larangan) dan wad'i (hukum yang berkaitan dengan syarat, sebab, dan penghalang) atasnya.

ومأخذه من الْكتاب وَالسّنة وَالْإِجْمَاع وَالْقِيَاس والاستصحاب وَالِاسْتِحْسَان والاستقراء والاقتران فَإِن هَذِه أَدِلَّة ثمَّ الِاسْتِحْسَان دَلِيل ينقدح فِي نفس الْمُجْتَهد كَمَا اسْتحْسنَ إمامنا الشَّافِعِي التَّحْلِيف على الْمُصحف فَإِنَّهُ أبلغ فِي الزّجر

Dan sumbernya fiqih adalah dari Al-Qur'an, Sunnah, Ijma'📝 Qiyas 📚, Istishab✅, Istihsan, Istiqra', dan Iqtiran. Karena ini adalah dalil-dalilnya. Kemudian, Istihsan adalah dalil yang terlintas dalam benak seorang mujtahid, sebagaimana Imam kita, Asy-Syafi'i, menganggap baik bersumpah atas Al-Qur'an karena hal itu lebih kuat dalam mencegah.

------------------------

📝

 Dalam satu sisi ITTIFAQ dan IJMA' adalah murodif. Namun dalam bahasan dan cakupannya, IJMA' mencakup ITTIFAQ, namun ITTIFAQ tidak mencakup IJMA', karena Ijma' memiliki dalil yang sifatnya lebih umum daripada ittifaq. Wallohu a'lam

والجواب على سؤالك أن الظاهر كون وجود الفرق بين المصطلحين، فاختلاف المبنى يدل على اختلاف المعنى، ومما درست أن الاجماع يشمل الاتفاق والاتفاق لا يشمل الاجماع، لأن الاجماع دلالته أعم، فنقول اتفق أهل العلم في مسألة من المسائل رغم عدم وجود الاجماع فيها مثل حكم غسل الجمعة فهناك في المسألة اتفاق بين البعض على الوجوب وهو الأظهر وهناك اتفاق البعض على الاستحباب والأمر فيه سعة ولم يرد في حكمه اجماع.


Ittifaq adalah kesepakatan ulama. Sedangkan ijma’ menurut istilah adalah :

اتّفاق كلّ مجتهدي علماء الفقه أهل العصر من أمّة سيّدنا محمّد ص م بعد وفاة نبيّها ص م على حكم الحادثة

(Kesepakatan para mujtahid yang terdiri dari para ulama’ fiqih, dari ummat Muhammad saw, yang hidup atas hukumnya suatu perkara yang baru datang dalam satu periode, setelah wafatnya nabi kita saw atas hukumnya perkara yang baru datang.)


> Dik Ibnu Al-Ihsany Kasihku

ﺃﻣﺎ ﻧﻔﻲ ﺍﻟﺨﻼﻑ ﻓﻼ ﻳﻠﺰﻡ ﻣﻨﻪ ﺍﻻﺳﺘﻘﺮﺍﺀ ﻭﺍﻻﺳﺘﻘﺼﺎﺀ ﻻ ﺳﻴﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺃﺿﺎﻑ ﺫﻟﻚ ﺇﻟﻰ علمه , ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻳﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻹﺟﻤﺎﻉ ﻭﺑﻴﻦ ﺍﻻﺗﻔﺎﻕ ﻛﻤﺎ ﻫﻮ ﺍﺻﻄﻼﺡ ﺍﻟﻮﺯﻳﺮ ﺍﺑﻦ ﻫﺒﻴﺮﺓ ﻓﻲ الإفصاح , ﻳﻨﻘﻞ ﺍﻹﺟﻤﺎﻉ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻗﻮﻝ العلماء ، ﻭﺍﻻﺗﻔﺎﻕ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﺍﺗﻔﺎﻕ ﺍﻷﺋﻤﺔ الأربعة . 


Sebagian lagi membedakan antara ijma' dan ittifaq sebagaimana istilah al-wazir bin hubairoh dalam al-ifshoh, yang mengutip ijma' itu berdasar atas perkataan ulama', dan ittifaq itu kesepakatan 4 madzhab. 

Bermacam-macam tapi maksudnya satu.


[ ص : 5 ] ﺍﻹﺟﻤﺎﻉلغة : ﺍﻟﻌﺰﻡ ﻭﺍﻻﺗﻔﺎﻕ .

ﻭﺍﺻﻄﻼﺣﺎ ﺍﺗﻔﺎﻕ ﻣﺠﺘﻬﺪﻱ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻣﺔ ﻋﻠﻰ ﺃﻣﺮ ﺩﻳﻨﻲ ، ﻭﺃﻧﻜﺮ ﻗﻮﻡ ﺟﻮﺍﺯﻩ ﻋﻘﻼ ، ﻭﻫﻮ ﺿﺮﻭﺭﻱ ﻓﺈﻧﻜﺎﺭﻩ ﻋﻨﺎﺩ ، ﺛﻢ ﺍﻟﻮﻗﻮﻉ ﻳﺴﺘﻠﺰﻣﻪ ﻛﺎﻹﺟﻤﺎﻉ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﺨﻤﺲ ، ﻭﺃﺭﻛﺎﻥ ﺍﻹﺳﻼﻡ ، ﺛﻢ ﻣﻊ ﻭﺟﻮﺩ ﺍﻟﻌﻘﻞ ، ﻭﻧﺼﺐ ﺍﻷﺩﻟﺔ ، ﻭﻭﻋﻴﺪ ﺍﻟﺸﺮﻉ ﺍﻟﺒﺎﻋﺚ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺒﺤﺚ ﻭﺍﻻﺟﺘﻬﺎﺩ ، ﻭﻗﻠﺔ ﺍﻟﻤﺠﺘﻬﺪﻳﻦ ﺑﺎﻟﻨﺴﺒﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻷﻣﺔ ﻛﻴﻒ ﻳﻤﺘﻨﻊ ! ﻭﺍﺧﺘﻼﻑ ﺍﻟﻘﺮﺍﺋﺢ ﻋﻘﻠﻲ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﺧﺘﻼﻑ ﺍﻟﺪﻭﺍﻋﻲ ﺍﻟﺸﻬﻮﺍﻧﻴﺔ ، ﺇﺫ ﻫﻮ ﻃﺒﻌﻲ ، ﻭﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺟﻠﻲ.ﻭﻗﻴﻞ : ﺇﻧﻤﺎ ﻳﺤﻜﻢ ﺑﺘﺼﻮﺭ ﻭﺟﻮﺩﻩ ﻋﻠﻰ ﻋﻬﺪ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻋﻨﺪ ﻗﻠﺔ ﺍﻟﻤﺠﺘﻬﺪﻳن

📚

Pengertian qiyas

Menurut para ulama ushul fiqh, ialah menetapkan hukum suatu kejadian atau peristiwa yang tidak ada dasar nashnya dengan cara membandingkannya kepada suatu kejadian atau peristiwa yang lain yang telah ditetapkan hukumnya berdasarkan nash karena ada persamaan 'illat antara kedua kejadian atau peristiwa itu


Dasar hukum qiyas

Sebagian besar para ulama fiqh dan para pengikut madzhab yang empat sependapat bahwa qiyas dapat dijadikan salah satu dalil atau dasar hujjah dalam menetapkan hukum dalam ajaran Islam. Hanya mereka berbeda pendapat tentang kadar penggunaan qiyas atau macam-macam qiyas yang boleh digunakan dalam mengistinbathkan hukum, ada yang membatasinya dan ada pula yang tidak membatasinya, namun semua mereka itu barulah melakukan qiyas apabila ada kejadian atau peristiwa tetapi tidak diperoleh satu nashpun yang dapat dijadikan dasar.


Rukun qiyas


Ada empat rukun giyas, yaitu

1.Ashal, yang berarti pokok,

2. Fara' yang berarti cabang

3. Hukum ashal,

4. 'IIIat,


'Illat

'Illat ialah suatu sifat yang ada pada ashal yang sifat itu menjadi dasar untuk menetapkan hukum ashal serta untuk mengetahui hukum pada fara' yang belum ditetapkan hukumnya, seperti menghabiskan harta anak yatim merupakan suatu sifat yang terdapat pada perbuatan memakan harta anak yatim yang menjadi dasar untuk menetapkan haramnya hukum menjual harta anak yatim.

Para ulama sepakat bahwa Allah SWT membentuk hukum dengan tujuan untuk kemaslahatan hamba-hamba-Nya. Kemaslahatan itu adakalanya dalam bentuk mengambil manfaat (jalbul manâfi') dan adakalanya dalam bentuk menolak kerusakan dan bahaya (darul mafâsid). Kedua macam bentuk hukum itu merupakan tujuan terakhir dari pembentukan hukum yang disebut hikmah hukum.


1. Syarat-syarat 'illat

Ada empat macam syarat-syarat yang disepakati ulama, yaitu:

1. Sifat 'illat itu hendaknya nyata.

2. Sifat 'illat itu hendaklah pasti,

3. 'Illat harus berupa sifat yang sesuai dengan kemungkinan hikmah hukum,

4. 'Illat itu tidak hanya terdapat pada ashal saja,


2. Pembagian 'Illat

Ditinjau dari segi ketentuan pencipta hukum (syari') tentang sifat apakah sesuai atau tidak dengan hukum, maka ulama ushul membaginya kepada empat bagian, yaitu:

a. Munasib mu'tsir

b. Munasib mulaim

c. Munasib mursal

d. Munasib mulghaa


kitab Mabadi Al-Awaliyah (ushul fiqh)


 ﴾المبحث الثانى عشر﴿

فى القياس

القياس حجج. قال الله تعالى " فاعتبروا يا أولى الابصار"

القياس لغة : تقدير الشيء بأخر ليعلم المساواة بينهما.

تقول قست الثوب بالذراع اي قدرته به

واصطلاحا : رد الفرع الى الاصل بعلة تجمعهما فى الحكم.

كقياس الارز على البر فى الربا بجامع الطعام.

واركانه اربعة : الفرع , الاصل , حكم الاصل , علة حكم الاصل.

وهو ثلاثة اقسام :

١.قياس العلة وهو ما كان العلة فيه موجبة للحكم. كقياس الضرب على التأفيف للوالدين فى التحريم بعلة الاءيذاء. قال الله تعالى " ولا تقل لهما اف "

٢.قياس الدلالة وهو ما كان العلة فيه دلالة على الحكم ولا تكن موجبة للحكم.

كقياس مال الصبى على مال البالغ فى وجوب الزكاة فيه بجامع انه مال تام. وجوز ان يقال : لايجب فى مال الصبي كما قال به ابو حنيفة فيه قياسا على الحج فانه يجب على البالغ ولايجب على الصبي

٣.قياس الشبه وهو الحاق الفرع المردد بين الاصلين باكثرهما شبها. كما في العبد اذا اتلف فانه مردد فى الضمان بين الانسان الحر من انه ادمي فيجب على من اتلفه القصاص وبين البهيمة انه مال فيجب عليه قيمته وهو بالمال اكثر شبها من الحر بدليل انه يباع ويورث ويوقف ويضمن وأجزاؤه بما نقص من قيمته.


Pembahasan Ke - 12 QIYAS

Qiyas adalah hujjah. Allah SWT berfirman QS. al-Hasyr (59):2.

فاعتبروا يا أولى الابصار ...الاية

Artinya: “…Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan.”

Al-Qiyas (القياس) menurut bahasa adalah mengukur atau memperkirakan sesuatu atas sesuatu yang lain untuk mengetahui persamaan diantara keduanya, seperti mengukur pakaian dengan lengan.

Sedangkan menurut istilah, qiyas berarti mengembalikan hukum cabang (far') kepada hukum asal karena adanya ‘illat (alasan) yang mempertemukan keduanya dalam hukum.

Seperti menqiaskan beras terhadap gandum dalam harta ribawiy dengan titik temu berupa keduanya sama-sama makanan pokok.

Rukun Qiyas ada empat yaitu:

1) far',

2) asal,

3) hukum asal, dan

4) illat hukum asal.


Macam-macam qiyas, di bagi menjadi tiga:

a. Qiyas al-illat

Yaitu sesuatu yang illat didalamnya menetapkan hukum.

Seperti menqiyaskan memukul dengan ucapan yang tercela kepada kedua orang tua dalam keharamannya dengan alasan menyakitkan hati orang tua.

Allah berfirman QS. Al-Isra' (17):23.

ولا تقل لهما اف... الاية

Artinya: “…Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "Ah".”


b. Qiyas al-dilalah

Yaitu sesuatu yang illat didalamnya menunjukkan pada hukum akan tetapi illat tersebut tidak menetapkan pada hukum.

Seperti menqiyaskan harta anak kecil dengan harta orang dewasa dalam kewajiban zakat dengan adanya titik temu bahwa harta anak kecil termasuk harta yang sempurna (al-mãl al-tãmm).

Boleh juga mengatakan tidak wajib zakat -seperti yang dikatakan Abu Hanifah- dengan menqiyaskan pada haji yang mana, haji wajib bagi orang dewasa adapun anak kecil tidak wajib untuk haji.


c. Qiyas al-syibh

Yaitu mempersamakan hukum cabang (far') yang masih diragukan antara dua asal dengan mengambil keserupaan yang lebih banyak dari asal tersebut.

Contohnya dalam pembahasan budak yang dibunuh, apakah sipembunuh wajib dikenai hukum qishas karena budak juga termasuk manusia, ataukah cukup hanya dengan membayar ganti rugi dengan alasan adanya keserupaan budak dengan binatang, bahwa budak adalah harta.

Dalam hal ini budak lebih banyak keserupaannya dengan binatang (harta) sebab, budak bisa diperjual-belikan, diwariskan, dan di wakafkan.


Wallohu a'lam. (Rz)


✅ Salah satu instrumen dalam berijtihad adalah istishab. 

Istishab secara etimologi berasal dari kata is-tash-ha-ba yang bermakna: menemani atau menyertai. Sedangkan istishab secara terminologi, Imam Ibnu al-Subki mendefinisikannya sebagai:

ثُبُوْتُ أَمْرٍ فِي الثَّانِي لِثُبُوْتِهِ فِي الأَوَّلِ لِفُقْدَانِ مَا يَصْلُحُ لِلتَّغْيِيْرِ

“Menetapkan hukum atas masalah hukum yang kedua berdasarkan hukum yang pertama karena tidak ditemukan dalil yang mengubahnya.” (Lihat Ali Abdul Kafi al-Subki, Al-Ibhaj, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1404 H, juz 3, halaman 173)

Contohnya, bila tadi pagi seseorang telah wudhu untuk shalat subuh, maka keadaan telah wudhu tersebut masih diperhitungkan keberadaannya pada waktu ia akan melaksanakan shalat Dhuha. Maka ia tidak perlu berwudhu kembali, selama tidak ada bukti dan tanda-tanda bahwa wudhunya telah batal. 

Imam Abu Zahrah dalam kitab Ushul al-Fiqh membagi istishab ke dalam empat hal, yaitu: Pertama, istishab al-bara’ah al-ashliyyah. Dari sini, para ulama merumuskan kaidah fiqih:

الأَصْلُ بَرَاءَةُ الذِّمَّةِ

“Pada dasarnya setiap orang itu terbebas dari tanggungan.”

Penerapan Istishab ini misalnya, Ahmad mengklaim bahwa Bisri memiliki utang sebesar Rp100.000, tetapi Bisri tidak mengakuinya. Dalam hal ini, yang dimenangkan adalah pihak Bisri. Sebab, pada dasarnya, Bisri terbebas dari tanggungan kepada Ahmad, kecuali jika Ahmad mampu mengajukan bukti yang memperkuat pengakuannya.

Kedua, istishab al-ibahah al-ashliyyah, yakni istishab yang didasarkan atas hukum asal, yaitu mubah. Dari istishab ini, para ulama menetapkan kaidah:

الأَصْلُ فِي الأَشْيَاءِ الإِبَاحَةُ حَتَّى يَدُلَّ الدَّلِيْلُ عَلَى التَّحْرِيْمِ 

“Hukum asal dari segala sesuatu adalah mubah sampai ada dalil yang mengharamkannya.”

Contohnya, jerapah tidak dijelaskan status halal-haramnya dalam Alquran maupun hadits. Di sisi lain, hewan ini tidak memiliki sifat-sifat yang dimiliki oleh hewan-hewan yang telah dijelaskan hukum keharamannya. Berdasarkan hal ini, ulama menghalalkan jerapah.

Ketiga, istishab al-hukm yaitu menetapkan hukum yang sudah ada dan berlaku pada masa lalu sampai sekarang, hingga ada dalil lain yang mengubahnya. Istishab al-hukm ini melahirkan kaidah fiqih:

الأَصْلُ بَقَاءُ مَا كَانَ عَلَى مَا كَانَ 

“Pada dasarnya, sesuatu yang telah memiliki kepastian hukum tertentu ditetapkan sebagaimana keadaan hukum semula.”

Penerapan Istishab al-hukm dalam hukum Islam misalnya seseorang hendak berpuasa, kemudian ia makan sahur. Namun ia ragu, apakah sewaktu makan sahur masih tersisa waktu sahur ataukah sudah masuk waktu puasa. Dalam kasus ini, puasa orang tersebut tetap dianggap sah. Sebab, ia meyakini bahwa waktu itu merupakan waktu sahur. 

Keempat, istishab al-wasf, yaitu Istishab yang didasarkan pada anggapan masih tetapnya sifat yang diketahui ada sebelumnya sampai ada bukti yang mengubahnya. Misalnya, sifat hidup yang dimiliki seseorang yang hilang tetap dianggap masih ada sampai ada bukti bahwa ia telah wafat. (Lihat Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Kairo: Dar al-Fikr al-Arabi, t.t, halaman 297-299). Istishab keempat ini memunculkan kaedah fiqih berbunyi:

اليَقِيْنُ لَا يُزَالُ بِالشَّكِ

“Keyakinan tidak bisa dihilangkan dengan keraguan.”

Para ulama berbeda pendapat tentang nilai kehujjahan istishab. Mayoritas ulama dari mazhab Maliki, Syafi’i, dan Hanbali menyatakan bahwa istishab merupakan hujjah secara penuh, baik dalam mempertahankan sesuatu yang sudah ada (daf’i), maupun menetapkan sesuatu yang belum ada (itsbat). 

Sedangkan ulama muta’akhirin dari mazhab Hanafi, di antaranya imam Abu Zaid dan Shadrul Islam Abul Yusr, berpendapat, istishab merupakan hujjah dalam mempertahankan sesuatu yang sudah ada (daf’i), bukan menetapkan sesuatu yang belum ada (itsbat). Sementara, mayoritas ulama mazhab Hanafi, sebagian ulama mazhab Syafi’i, Abul Husein al-Bashri, dan sekelompok ulama ilmu kalam berpendapat, istishab bukan merupakan hujjah sama sekali. 

Perbedaan pandangan ulama tentang penggunaan istishab dalam ijtihad ternyata menyebabkan perbedaan pandangan mereka dalam hukum Islam, seperti dalam masalah hukum waris orang hilang

Ulama berbeda pendapat tentang orang hilang yang tidak jelas status hidup atau matinya; apakah dia dihukumi mati sehingga hartanya dibagi ke ahli warisnya, dan dia tidak berhak atas warisan dari keluarganya yang meninggal, ataukah dia dihukumi hidup sehingga hartanya tidak dibagi dan dia berhak atas bagian warisan dari keluarganya yang meninggal?

Imam Malik dan imam Syafi’i berpendapat, orang tersebut dihukumi hidup sehingga hartanya tidak boleh diwarisi, dan dia berhak mendapatkan warisan dari keluarganya yang meninggal. Mereka beralasan bahwa pada dasarnya (hukum asalnya) orang tersebut hidup, karenanya sifat hidup ini masih berlaku sampai ada dalil yang menegaskan kematiannya.

Sedangkan, Abu Hanifah dan para pengikutnya berpendapat bahwa hartanya tidak boleh diwarisi, dan dia tidak berhak mendapatkan warisan dari keluarganya yang meninggal. Mereka beralasan bahwa istishab hanya berlaku untuk mempertahankan hak yang sudah ada, bukan menetapkan hak yang baru.

Di sisi lain, imam Ahmad bin Hanbal berpendapat, orang tersebut dianggap hidup selama empat tahun dari waktu hilangnya. Jika melebihi empat tahun maka dianggap mati, karenanya hartanya diwarisi dan dia tidak berhak mendapatkan warisan dari keluarganya yang meninggal. (Lihat Musthafa Dib al-Bugha, Atsarul Adillah al-Mukhtalafu Fiha fi al-Fiqh al-Islami, Damaskus: Dar al-Imam al-Bukhari, t.t, halaman 221-222).

Dalam konteks kehidupan modern ini, penggunaan istishab sebagai sarana merumuskan hukum Islam kontemporer sangatlah diperlukan. Bidang Hukum Pidana misalnya, ada istilah ‘asas praduga tak bersalah’, yaitu bahwa seorang terdakwa dianggap tidak bersalah sehingga ada bukti hukum secara material bahwa orang tersebut dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

Asas praduga tak bersalah ini relevan dengan konsep “Istishab al-Bara’ah al-Ashliyyah”, yaitu Istishab yang didasarkan atas prinsip bahwa pada dasarnya manusia bebas dari beban, sampai adanya dalil yang merubah status tersebut. Wallahu A’lam.

Husnul Haq, Dosen IAIN Tulungagung dan Pengurus LDNU Jombang.


------------------------

MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Monday, June 17, 2024

CARA PENYEMBELIHAN HEWAN YANG BENAR

P5 SPENTWOGAR BERSINERGI 


Cara menyembelih hewan kurban dengan benar dan bagus : *Pertama.* Pastikan golok atau pisau sudah tajam, agar tidak menyakiti hewan kurban. Lalu hadapkan hewan korban kearah qiblat. 


*Kedua.* Sebelum menyembelih, bacalah basmalah, sholawat, takbir 3x, dan do’a korban, contohnya sebagaimana kata Syekh Nawawi Banten dalam kitabnya Tausyikh ala Ibni Qasim, halaman 427, Beirut- Daarul Kutu alilmiyah, seperti berikut ini :

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ، اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ.

 Doa tersebut jika yang disembelih adalah hewan korbannya sendiri, jika korban orang lain maka do’anya menjadi seperti berikut ini :

 اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ ........ (sebutkan nama orang yang korban) يَا كَرِيْمُ. 


*Ketiga.* Potong lehernya dengan cara digesek dengan cepat bukan dibacokkan. Fokuskan ke chulqum (saluran nafas) dan mari’ (saluran makanan). 

*Keempat.* Diusahakan sekali gesek saja. Jika tidak bisa sekali gesek, seperti pisaunya terangkat atau pisaunya tumpul lalu mengambil pisau yang lain atau pisaunya terjatuh atau membalikkan pisaunya (mungkin baliknya lebih tajam. Red), maka memotong bagian yang tersisa harus dengan sesegera mungkin, agar hewannya halal di makan. Tidak harus adanya hayatun mustaqirroh pada penyembelihan yang kedua, kecuali jika jarak antara dua penyembelihan tersebut lama, maka disyaratkan adanya hayatun mustaqirrah saat mengawali penyembelihan yang kedua. Sedangkan yang dimaksud dengan “Hayatun mustaqirrah” adalah adanya pandangan yang wajar, suara yang wajar dan gerakan yang wajar pada hewan. Sebagian ulama’ mengatakan, “Hayatun mustaqirrah” adalah seandainya hewan tersebut dibiarkan, maka ia akan bertahan hidup selama satu atau dua hari. 


Wallahu a’lam bis shawab. Referensi ;


 والمستحب أن يقطع الحلقوم والمرئ والودجين لانه أوحى وأروح للذبيحة فان اقتصر على قطع الحلقوم والمرئ أجزأه لان الحلقوم مجرى النفس والمرئ مجرى الطعام والروح لا تبقي مع قطعهما - الى ان قال - فان بلغ السكين الحلقوم والمرئ وقد بقيت فيه حياة مستقرة حل لان الذكاة صادفته وهو حي وان لم يبق فيه حياة مستقرة الا حركة مذبوح لم يحل لانه صار ميتا قبل الذكاة. المجموع شرح المهذب - (ج 9 / ص 83) ويشترط في قطع ذلك ان يكون دفعة واحدة *فلو قطع باكثر كما لو رفع السكين فاعادها فورا او القاها لكللها واخذ غيرها او سقطت منه فاخذها او قلبها وقطع ما بقي وكان فورا حل ولا يشترط وجود الحياة المستقرة في دفعة الفعل الثاني الا ان طال الفصل بين الفعلين فلا بد من وجود الحياة المستقرة اول الفعل الثاني*. تنوير القلوب – ص 237 قوله : ( وقطع ما ذكر) أي من الحلقوم والمريء. وقوله : ( دفعة واحدة ) أي إذا لم توجد الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية, أما إذا وجدت الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية فيحل المذبوح حينئذ. ومثل الدفعة الثانية غيرها كالثالثة, فالشرط وجود الحياة المستقرة في ابتداء الوضع اخر مرة، ومحل ذلك عند طول الفصل, وإلا فلو رفع السكين وأعادها فورا أو ألقاها لكونها كالة وأخذ غيرها فورا أو سقطت منه وأخذ غيرها حالا أو قبلها وقطع بها ما بقي حل المذبوح - إلى أن قال - والفرق بينها أن الحياة المستقرة يكون معها إبصار باختيار ونطق باختيار وحركة إختيارية -إلى أن قال- وبعضهم فرق بينها بأن الحياة المستقرة هي التي لو ترك الحيوان لجاز أن يبقى يوما أو يومين. حاشية الباجوري-2-286

MACAM MACAM TAKBIR DALAM HARI RAYA

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes