BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, October 24, 2023

KAJIAN KULLU BIATIN DHOLALAH WAKULLU DHOLALATIN FINNARI

 


Sedikit ajah sambil ngopi 


 كل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار


Artinya beginih ...Setiap bid'ah itu sesat dan setiap kesesatan itu masuk neraka..


Sedangkan kata Bid' ah itu kata benda..kan ,..nah kata benda tentu mempunyai sifat, ...tdk mungkin ia tdk mempunyai sifat,... mungkin saja ia bersifat baik atau mungkin bersifat jelek. ...sperti hp ,,, alQur'an yang kita punya juga bid'ah loh ...cek balahgoh mah bisa masuk Kana 


حدف الصفة على الموصوف 


Sok ajah lihat segi kalam lafadz nyah ajah dulu ,,biar tambah sama sama faham ...


KULL ada yang di maknai sebagain ada yang di nakmai keseluruhan,,, di maqolah manteq 


الَكُلّ حكمنَا عَلَى الْمجْموْع # ككل ذَاكَ لَيْسَ ذَا وقَوْعحيْثمَا لكُلّ فَرْد حُكمَا فَإنَّهُ كُلّيّة قَدْ علمَا


Dari Kulli ada dzati ada arodzi (a'ridzi)


Dari DZATI ada nao' ada jinis ,, ada fashol 


Dari nao' ada yang di sebut hakeki dan idzhofi 

Dari jinis ada qorib ,ada ba'idz , ada wasath

Sedangkan dari FASHOL ,, ada fashol Qorib dan fashol ba'idz 


*- dari a'ridzi ada a'm ada yang khos 


*- sedangkan HUKUM ADA 3


1 KULLUN  

2 kulliyah 

3 juz'iyah 


Sedangkan Dina KULL ada dua 

1 Kullu ismun lidzati 

2 ada Kull yang jadi hukum nyaitu hukum terhadap kumpulan afrodz maudhu',, jika lafadz KUL eta di idzotkan Kana isim nakiroh bisa di sebut KUL majmu',,bisa juga di sebut KUL Jami' 


Sedangkan Kul majmu' ada di KULL ,,adapun kullun ada di kulliyah 


Dan jikalau si KUL nyah di idzofatkan kana isim makrifat itu mah di sebuT kull sebaliknya dari juz'i


Dalam hukum kedua CARA menghasilkan sebuah pemikiran yang tepat,,, hujjah yang benar ,,, 


Dalam kulliyah hukum kulliyah menatap kan si mahmul terhadap sebuah afrodz ,,yang sekitarnya bisa menduduki kpada afrdozna maudzu',, BEDA SAMA HUKUM KULL ,,,sebab si KuL mah tidak netepan mahmul salahsatunya afrdoz,,, 


Sedangkan dalam hadits inih ...


 كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ


Bisa jadi 


كُلُّ بِدْعَةٍ (حَسَنَةٍ) ضَلاَ لَةٌ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ


Semua bid' ah (yang baik)itu sesat,... dan semua yang sesat masuk neraka...


Sedangkan Hal ini tidak mungkin...elatnya ,,karena , bagaimana sifat baik dan sesat berkumpul dalam satu benda dan dalam waktu dan tempat yang sama, hal itu tentu mustahil....


Alhasil HUJJAH NYAH TERTOLAK


Kedua bisa juga 

كُلُّ بِدْعَةٍ (سَيِئَةٍ) ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِىالنَّاِر


Semua bid' ah (yang jelek) itu sesat,.. dan semua kesesatan itu masuk neraka


Mungkin enga ?? Mungkin masuk ,, ber arti bisa di ambil sebuah HUKUM 


✍🏻...Bahwa bid'ah yang jelek yang munkarat yang bertolak belakang dengan Al-Qur'an dan hadits serta ijma' qiyas para u'lama maka otomatis SESAT DAN TEMPAT KESESATAN ITU ADA DI NERAKA 


Nah.....kita bahas bid'ah nyah biar tambah ilmunya he..


 Lafadz BID'AH ini menurut nahwu ...bukan 


1. Isim dhomir

2. Isim alam

3. Isim isyaroh

4. Isim maushul

5. Ber alif lam


Yang merupakan bagian dari isim ma'rifat....


 Jadi kalimat bid'ah di sini adalah isim nakiroh

Dan KULLU di sana berarti tidak beridhofah (bersandar) kepada salah satu dari yang 5 diatas...


Nah ...Seandainya KULLU beridhofah kepada salah 1 yang 5 diatas..., maka ia akan menjadi ma'rifat..... Tapi pada 'KULLU BID'AH', ia beridhofah kepada nakiroh. ...Sehingga dalalah -nya adalah bersifat 'am yakni (umum)...


▶️Sedangkan setiap hal yang bersifat umum pastilah menerima pengecualian....


 Dari mana dasarnyaa gituh ??


Dawuh al imam Nawawi ra...


قَوْلُهُ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ هَذَاعَامٌّ مَخْصٍُوْصٌ وَالْمُرَادُ غَالِبُ الْبِدَعِ.


Dawuh nabi Saw semua bid' ah adalah sesat...., ini adalah kata-kata UMUM yang dibatasi jangkauannya.... 


 Maksud “semua bid' ah itu sesat...▶️,... adalah sebagian besar bid' ah itu sesat..., bukan SELURUH NYAH 


Runjukan mongo lihat kitab Syarh Shahih Muslim, juz 6 halaman 154


Lanttas ,,,apakah SAH di atas itu dikatakan MUBTADA' (awal kalimat)?


 Padahal dalam kitab Alfiyah 


لايجوز المبتدأ بالنكراة


Yakni Tidak boleh mubtada' itu dengan nakiroh....


KECUALI ada beberapa syarat...., di antaranya adalah dengan sifat.

Andai pun mau dipaksakan untuk men-sah-kan mubtada... dengan ma'rifah agar tidak bersifat UMUM pada 'kullu bid'atin di atas, ..MAKA ada sifat yang dibuang..NAH INIH LAH YANG DINAMAKAN


حدف الصفة على الموصوف


Yakni Membuang sifat dari benda yang bersifat...cek ahli balahgoh 


Simpul nyah ,,hadist itu bersifat umum,,bukan semuanya sebab bid' ah pun terbagi sesuai degan takrif defisini nyah


Ada yang bid'ah HASANAH mahbubah 

Ada yang bid'ah yang saiah yang jelek

SHOLAT PAKE SARUNG TRANSPARAN KARNA TERKENA SINAR MATAHARI,TAPI WARNA KULITNYA GA KELIATAN SAHKAH?*

 PENGANTIN DALAM BUDAYA JAWA


*SHOLAT PAKE SARUNG TRANSPARAN KARNA TERKENA SINAR MATAHARI,TAPI WARNA KULITNYA GA KELIATAN SAHKAH?*


Pertanyaan : 

1. Bagaimana hukum Sholat yang sarungnya transparan, hanya karena pantulan cahaya tapi tidak sampai menampakkan warna kulit Musolli ... ?


Jawaban :

1. Sah (tidak membatalkan) sholatnya apabila warna kulit aurat itu tidak kelihatan tanpa pantulan cahaya dalam jarak berhadap-hadapan saat berkomunikasi, walaupun bentuk auratnya kelihatan (hanya saja hukumnya, khilaful aula). Dan disunnahkan (Sunnah muakkad) memakai celana pendek agar lebih menutup


Referensi :

📒حاشية البجيرمي على المنهج - (ج ١ / ص ٢٣٣)

(ﻗﻮﻟﻪ: ﺑﻤﺎ ﻳﻤﻨﻊ ﺇﺩﺭاﻙ ﻟﻮﻧﻬﺎ) ﺃﻱ: ﻟﻤﻌﺘﺪﻝ اﻟﺒﺼﺮ ﻋﺎﺩﺓ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﻧﻈﺎﺋﺮﻩ ﻋ ﺷ ﻓﻼ ﻳﻀﺮ ﻣﺎ ﻳﺤﻜﻲ ﺣﺠﻤﻬﺎ ﻛﺴﺮاﻭﻳﻞ ﺿﻴﻘﺔ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ ﻟﻠﻤﺮﺃﺓ ﻭاﻟﺨﻨﺜﻰ، ﻭﺧﻼﻑ اﻷﻭﻟﻰ ﻟﻠﺮﺟﻞ، ﻭﻻ ﻳﻜﻔﻲ ﻣﺎ ﻳﺤﻜﻲ ﻟﻮﻧﻬﺎ، ﺑﺄﻥ ﻳﻌﺮﻑ ﻣﻌﻪ ﻧﺤﻮ ﺑﻴﺎﺿﻬﺎ ﻣﻦ ﺳﻮاﺩﻫﺎ ﻛﺰﺟﺎﺝ ﻭﻗﻒ ﻓﻴﻪ، ﻭﻣﻬﻠﻬﻞ اﻟﻨﺴﺞ. ﻭاﻟﻤﺮاﺩ ﺑﻘﻮﻟﻪ: ﺑﻤﺎ ﻳﻤﻨﻊ ﺇﺩﺭاﻙ ﻟﻮﻧﻬﺎ ﺃﻱ ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺲ اﻟﺘﺨﺎﻃﺐ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺳﻢ. ﻗﺎﻝ ﻋ ﺷ ﻋﻠﻰ ﻣ ﺭ ﻭﻫﻮ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻳﻤﻨﻊ ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺲ اﻟﺘﺨﺎﻃﺐ، ﻭﻛﺎﻥ ﺑﺤﻴﺚ ﻟﻮ ﺗﺄﻣﻞ اﻟﻨﺎﻇﺮ ﻓﻴﻪ ﻣﻊ ﺯﻳﺎﺩﺓ اﻟﻘﺮﺏ ﻟﻠﻤﺼﻠﻲ ﺟﺪا ﻷﺩﺭﻙ ﻟﻮﻥ ﺑﺸﺮﺗﻪ ﻻ ﻳﻀﺮ، ﻭﻟﻮ ﺭﺋﻴﺖ اﻟﺒﺸﺮﺓ ﺑﻮاﺳﻄﺔ اﻟﺸﻤﺲ ﺃﻭ ﻧﺎﺭ، ﻭﻛﺎﻧﺖ ﺑﺤﻴﺚ ﻻ ﺗﺮﻯ ﺑﺪﻭﻥ ﺗﻠﻚ اﻟﻮاﺳﻄﺔ ﻟﻢ ﻳﻀﺮ.


📒إعانة الطالبين - (ج ١ / ص ١١٢-١١٣)

ﻭﺛﺎﻟﺜﻬﺎ: ﺳﺘﺮ ﺭﺟﻞ ﻭﺃﻣﺔ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺳﺮﺓ ﻭﺭﻛﺒﺔ ﻭﺣﺮﺓ ﻏﻴﺮ ﻭﺟﻪ وكفين بما لا يصف لونا اى لون البشرة فى مجلس التخاطب كذا ضبط بذلك احمد ابن موسى ابن عجيل ويكفى ما يحكى لحجم الاعضاء لكنه خلاف الاولى (قوله ويكفى ما يحكى الخ) اي ويكفى جرم يدرك الناس منه قدر الاعضاء كسراويل الضيقة وقوله خلاف الاولى اي للرجل واما المرأة والخنثى فيكره لهما.


📒فيض القدير ج1١ ص 109

٩٩ - (اتخذوا) خذوا أخذ معتن بالشيء مجتهد فيه والأمر للندب المؤكد (السراويلات) التي ليست بواسعة ولا طويلة جمع ⦗١١٠⦘ سراويل أعجمي عرب جاء بلفظ الجمع وهو مفرد يذكر ويؤنث والسراوين بنون والشراويل بشين معجمة لغة (فإنها من أستر ثيابكم) أي أكثرها سترا ومن مزيدة لسترها للعورة التي يسيء صاحبها كشفها وفيه ندب لبس السراويل لكن إذا لم تكن واسعة ولا طويلة فإنها مكروهة كما جاء في خبر آخر وفي تفسير ابن وكيع أن إبراهيم أول من تسرول

kitab I’anah al-Thalibin, juz I, hal. 134:


 يجب ستر العورة بما - أي بجرم - يمنع إدراك لونها لمعتدل البصر عادة، فلا يكفي ما لا يمنع ذلك… (قوله: ويكفي ما يحكي لحجم الأعضاء لكنه خلاف الأولى أي للرجل، وأما المرأة والخنثى فيكره لهما. 


“Wajib menutup aurat dengan sesuatu yang mencegah mata melihat warna kulit, maka tidak cukup menggunakan bahan yang tidak mencegahnya…(Pernyataan: Dan cukup menggunakan sesuatu yang memperlihatkan lekuk tubuh… namun hal semacam ini dihukumi khilaful aula bagi lelaki dan makruh bagi wanita dan khuntsa.”

🙏🏻🙏🏻🙏🏻

والله أعلم بالصواب

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

WAJIB MENUTUP AURAT DALAM SHOLAT DAN DILUAR SHOLAT

 MAEN GAME BERCERMIN 


Penjelasan menutup kewajiban menutup aurat dalam sholat maupun diluar sholat 

[24/10 15.27] Gauri/Asmara Lautan Api: Yai @⁨~Juz.iun,⁩ masuk ke tanaqudz enga nih

[24/10 15.41] +62 853-5288-6923: kita bisa menyimak penjelasan Syekh Abu Bakar Syatha al-Dimyathi dalam kitab I’anah al-Thalibin, juz I, hal. 134:

 يجب ستر العورة بما - أي بجرم - يمنع إدراك لونها لمعتدل البصر عادة، فلا يكفي ما لا يمنع ذلك… (قوله: ويكفي ما يحكي لحجم الأعضاء لكنه خلاف الأولى أي للرجل، وأما المرأة والخنثى فيكره لهما. 


“Wajib menutup aurat dengan sesuatu yang mencegah mata melihat warna kulit, maka tidak cukup menggunakan bahan yang tidak mencegahnya…(Pernyataan: Dan cukup menggunakan sesuatu yang memperlihatkan lekuk tubuh… namun hal semacam ini dihukumi khilaful aula bagi lelaki dan makruh bagi wanita dan khuntsa.”

🙏🏻🙏🏻🙏🏻

[24/10 16.08] Gauri/Asmara Lautan Api: Inih ibarot sangat bagus yai,, di awali dengan jumlah fi'liyah ,,sedangkan jumlah fi'liyah berfaidzah kepada ma'ifaadzati tajdid 


Maqolah Johar Maknun

Wakanuhunu fi'lan falit taqyidi # bil waqthi ma'ifadzatin tajdidi

Di tambah lagi Alif lam di Al au'roti ,,menunjukan Alif lam Li ahli dzhni,,,

Menunjukan keharusan menutupi aurat dalam sholat ,, 

Sedangkan awal kalam nya YAJIBU  berupa fi'il mudore' maka atuh jelas DI LUAR SHOLAT PUN sama hal nyah wajib menutupi aurat ,, walaupun memakai celana  kolor  di luar sholat itu boleh namun khilaful aula ..

Namun buat prempuan ADA Ma di Sanah di satar ke 3 maka otomatis bagi prempuan ,,wajib nyah tetap WAJIB Syara' lagi bukan wajib shona'i .

Sebab di satar ke tiga qauluhu wayakfi nya itu mah ke jumlah ismiyyah...

Sedangkan jumlah ismiyyah berfaidzah kepada STUBUT WADDAWAM ..


Maqolah joharkamun na

Wakanuhunus manli stubuti waddawam # wa qoyyadu kal fi'li ro'yan littamam


Maka di ibarot inih kumpul jumlah fi'liyah dan jumlah ismiyyah,,kalau menurut kitab samarqorndi LISYASROBA MINAL KASTA'IN


di dalam sholat wajib menutupi aurat dan di luar sholat pun wajib.

TINGKATKAN NIAT DALAM SHOLAT

 


(فصل) النيه ثلاث درجات : إن كانت الصلاة فرضا وجب قصد الفعل والتعيين والفرضية وإن كانت نافلة مؤقتة كراتبة او ذات سبب وجب قصد الفعل والتعيين ، وان كانت نافلة مطلقة وجب قصد الفعل فقط .


Tingkatan Niat


Niat itu ada tiga derajat, yaitu:

1. Jika sholat yang dikerjakan fardhu, diwajibkanlah niat qasdul fi’li (mengerjakan shalat tersebut), ta’yin (nama sholat yang dikerjakan) dan fardhiyah (kefardhuannya).

2. Jika sholat yang dikerjakan sunnah yang mempunyai waktu atau mempunyai sebab, diwajibkanlah niat mengerjakan sholat tersebut dan nama sholat yang dikerjakan seperti sunah Rowatib (sebelum dan sesudah fardhu-fardhu).

3. Jika sholat yang dikerjakan sunnah Mutlaq (tanpa sebab), diwajibkanlah niat mengerjakan sholat tersebut saja.

Yang dimaksud dengan qasdul fi’li adalah aku beniat sembahyang (menyenghajanya), dan yang dimaksud ta’yin adalah seperti dzuhur atau asar, adapun fardhiyah adalah niat fardhu.

HUKUM MENCABUT BULU HIDUNG

 


HUKUM MENCABUT BULU HIDUNG


Al-Fiqh 'Ala Madzahibi Al-Arba'ah Juz 2 Hal 43-44


Hukum Menghilangkan Bulu Dan Menggunting Kuku   


ﻓﻲ ﺣﻜﻢ ﺇﺯﺍﻟﺔ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﻭﻗﺺ ﺍﻷﻇﺎﻓﺮ ﺗﻔﺼﻴﻞ ﺍﻟﻤﺬﺍﻫ                         

     ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ - ﻗﺎﻟﻮﺍ : ---------------------------------- 

ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻧﺘﻒ ﺷﻌﺮ ﺍﻷﻧﻒ ﺑﻞ ﻳﺴﻦ ﻗﺼﻪ ﺇﻥ ﻃﺎﻝ ﻭﺃﻥ ﻳﺘﺮﻛﻪ ﻟﻤﺎ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻨﻔﻌﺔ ﺍﻟﺼﺤﻴﺔ            


Asy-syafi'iyyah : 

Dimakruhkan mencabut bulu hidung,akan tetapi disunahkan mengguntingnya jika dirasa panjang,dan biarkan tetap ada karena keberadaanya mempunyai manfaat kesehatan (sbgai filter udara)   


ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ - ﻗﺎﻟﻮﺍ : ------------------------------------

ﻭﺃﻣﺎ ﺣﻠﻖ ﺷﻌﺮ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﻭﺍﻟﺼﺪﺭ ﻓﻬﻮﺧﻼﻑ ﺍﻷﺩﺏ                


Hanafiyyah : 

adapun mencukur bulu yang tumbuh dipunggung dan didada,hukumnya khilaful adab/menyalahi adab 


ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ - ﻗﺎﻟﻮﺍ : ----------------------------------

ﻭﻳﺒﺎﺡ ﺣﻠﻖ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺒﺪﻥ ﻛﺸﻌﺮ ﺍﻟﺼﺪﺭ ﻭﺍﻟﻴﺪﻳﻦ ﻭﺍﻷﻟﻴﺔ ﻭﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻋﻠﻰ ﺣﻠﻘﺔ ﺍﻟﺪﺑﺮ 


Malikiyyah : 

diperbolehkan mencukur seluruh bulu yang tumbuh dibadan seperti bulu dada dan bulu di kedua tangan,bulu dibokong (maaf, dipantat) dan bulu disekitar anus  


wallahu a'lam

𝗪𝗔𝗡𝗜𝗧𝗔 𝗛𝗔𝗜𝗗 𝗕𝗘𝗥𝗗𝗜𝗔𝗠 𝗗𝗟𝗠 𝗠𝗔𝗦𝗝𝗜𝗗 𝗠𝗘𝗡𝗚𝗜𝗞𝗨𝗧𝗜 𝗧𝗔'𝗟𝗜𝗠

 


WANITA HAID MASUK MASJID 

 

𝗪𝗔𝗡𝗜𝗧𝗔 𝗛𝗔𝗜𝗗 𝗕𝗘𝗥𝗗𝗜𝗔𝗠 𝗗𝗟𝗠 𝗠𝗔𝗦𝗝𝗜𝗗 𝗠𝗘𝗡𝗚𝗜𝗞𝗨𝗧𝗜 𝗧𝗔'𝗟𝗜𝗠 

بسم الله الرحمن الرحيم 


Tidk ada ulama fiqh Yg melegalkan wanita haid berdiam dlam masjid, (berbeda dgn sekedar berlalu/melintas) 

Dlm salah satu fatwa syaikh Al- buthi seputar wanita haid berdiam diri di dlm masjid  


* Bagaimna hukum wanita Haid yg berprofesi sebagai ustadzah masuk masjid untuk mengajar atau mengisi kajian ? 

Syaikh muhammad sa'id Ramadhan Al buthi dlm fatwanya prnah di tanyak , 

دخول الحائض المسجد ؟ 

أريد جوابا قطعيا لهذه المسألة .. إعرف أن الحكم فيها مبتوت فيه وهنالك حديث صحيح لكن من كثرة ما أسمع مخالفات وتيسيات وفتاوى شرقية وغربيه أصحبت أشك في معلومات،  

ما حكم دخول الحائض إلى المسجد في دورات القرأن للتعليم أو للتعلم إن لم يكن هنالك بديل عنها في التعليم وهل هنالك مذهب ما يجيز ذلك ؟ 


يقولون : أنها إن لم تذهب سيتشتت الطلاب فمنهم من أباح ذلك بحكم -ضرورة العلم - و الضرورات تبيح المخظورات 


Sya ingin mendpatkn jwaban yg pasti dlm masalah ini, yg saya tua hukumnya sudh jelas dn juga asa hadits shoheh , akan tetapi akhir² ini saya mendengar pendpat² lain yg berbeda dn cendrung meringankn, bagaimna hukum wnita haid masuk Masjid untk mengajar atau belajar kajian Al quran jika di sana tdk ada org yg dpat menggantikannya dlm mengajar ? Dn apakh ada pendpat Yg membolehkan hal itu ? 


Sebagian org mengatkan jika sya tdk hadir mka itu akn membuat jamaah tercerai berai dn ia mengatakn saya boleh duduk di masjid dgn alasan darurat , dn ke adaan darurat bisa bisa membolhkn parkara yg di haramkan . 


𝙅𝘼𝙒𝘼𝘽𝘼𝙉 : 𝙎𝙔𝘼𝙄𝙆𝙃 𝘼𝙇 𝘽𝙐𝙏𝙃𝙄

ليس في العلماء وائمة المذاهب الفقهية من قال بإباحة مكث المرأة الحائض في المسجد ، 

وكلام رسول الله صلى الله عليه وسلم في ذلك صريح ، ومن أبرزه ما رواه مالك في موطئة ، ولكن بعض النساء اليوم برغب في التباهى بكثرة من يخضرن في دروسهن ، فتخرع الواحدة منهن فتاوي بإباحة جلوسالحائض في المسجد ، كيلا يقل عدد الحضور منهن في دروسها ، ولا تبالي أنها تخالف بذلك حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم .. وأعتقد أنه لا خير في حضور دروس مدرسات عذه عي حالهن ، 


Tidk ada ulama dri madzhab fiqh manapun yg membolehkn wnita haid berdiam diri di dlm masjid , hadits Rasulullah tentang ini sudh sngat jelas , termasuk yg paling menonjol adlah hadits riwayat imam malik di muwatho' nya , 

Akan tetapi sbagaian ustadz di zaman ini yg berlomba lomba untuk memperbanyak jamaah hingga akhirnya sbgian dri mereka membuat fatwa bolehnya bolehnya wanita duduk di dlm masjid agar jamaahnya tdk berkurang, dn tdk peduli bahasa itu bertentangan dgn hadits Rasulullah saw , saya meyakini tdk ada faidahnya menghadiri kajian2 ustadz / ustadzah yg kelakuannya seprti itu . 


Istifta'at Al anaas lil imam al-syahid al-buthi fatwa no 306

➖➖➖➖➖

Wanita haid di larang keras berdiam diri di dlm masjid . Baik untk sekedar diam , sholat, i'tiqaf , atau untk yg lainnya . 

Referensi : 

كتاب : الموسوعة الفقهية 

Menukil bhwa ini sudh menjdi kesepakatan para fuqoha'


Larangan bgi wanita haid berdiam di masjid pelarngan ini adlah ta'abbudi , maka walaupun memakai pembalut yg bisa di pastikan darh tdk menetes ke masjid, mka hukumnya tetap haram apbila berdiam di dlm msjid . 


- Ana sampaikan ini semua krna realita yg ada skrg banyak ana temui ustadz2 anyaran dri golongan sebelah yg membolehkn wanita haid ikut kajian, ta'lim di dlm masjid walaupun sedng haid . 

Usut punya usut ternyata itu semua hanya untuk tidk mengurangi jumlah jamaahnya . Sehingga fatwanya bertentangan dgn ittifaq para fuqaha' . Jadi apabila satu majlis yg melegalkan wanita haid ikut pengajian di dlmnya . Maka lebih baik tinggalkan majlis tsb . Krna tidk ada manfaat/maslahah mengikuti majlis tsb yg ada hanya mendatangkn mudhorot . 


𝐑𝐄𝐅𝐄𝐑𝐄𝐍𝐒𝐈 

كتاب : حاشية الباجوري : ج١ ص ١١٤/١١٥ 

كتاب : حاشية الجمل : ج ٢ ص: ٣٧٠

APAKAH SAMA MUSHOLA DENGAN MESJID

 


Apakah mushola itu sama dgn masjid ???

 

وَيَكْفِي فِي كَوْنِهِ مَسْجِدًا ظَنُّهُ، وَلَوْ بِالِاجْتِهَادِ، وَلَيْسَ مِنْ عَلَامَاتِهِ وُجُودُ الْمِنْبَرِ وَالتَّزْوِيقِ وَالْمَنَارَةِ وَالشَّرَارِيفِ وَنَحْوِهَا. ق ل.


Cukup di hukumi masjid itu sangkaan saja dan dari sbagian ciri mesjid itu harus ada mimbar, tempatnya indah, Munara , mulia dsb 



 وَقَالَ شَيْخُنَا ح ف: وَتَثْبُتُ الْمَسْجِدِيَّةُ بِالْعِلْمِ بِأَنَّهُ مَوْقُوفٌ لِلصَّلَاةِ، وَبِالِاسْتِفَاضَةِ، وَمَعْنَاهَا أَنْ يَتَكَرَّرَ صَلَاةُ النَّاسِ فِيهِ مِنْ غَيْرِنَكِيرٍ، وَمَحَلُّهُ إذَا لَمْ يَعْلَمْ أَصْلَهُ، وَإِلَّا كَأَنْ كَانَ بِقَرَافَةِ مِصْرَ فَلَا يَثْبُتُ بِهَا.


Kata syaikhuna dan bisa tetap pangkat masjid itu cukup kita tahu bahwa tempat itu di pakai untuk sholat ، dan cukup pngkat masjid itu tersebar luas artinya sering di pakai oleh orang orang untuk sholat di sertai dgn TDK inkar bahwa itu masjid

 

وَفِي حَاشِيَةِ الرَّحْمَانِيِّ عَلَى التَّحْرِيرِ قَوْلُهُ بِمَسْجِدٍ وَهُوَ مَا وُقِفَ

لِلصَّلَاةِ، وَتُحَقِّقَ ذَلِكَ أَوْ ظُنَّ بِنَحْوِ اسْتِفَاضَةٍ أَوْ كَوْنِهِ عَلَى صُورَتِهِ وَلَوْ مُشَاعًا، وَتَجِبُ قِسْمَتُهُ فَوْرًا، وَتَصِحُّ فِيهِ التَّحِيَّةُ لَا الِاعْتِكَافُ عَلَى الْمُعْتَمَدِ.


Dalam hasyiah arrahmani ala tahrir ...


 masjid itu adalah setiap tempat yg di wakafkan untuk sholat , dan bisa di nyatakan itu masjid, atau di sangka saja itu masjid kerena memang tersebar luas tahu bahwa itu masjid walaupun tempatnya itu di milik oleh seseorang 

Dan Syah di situ sholat tahiyat tapi TDK Syah i'tikaf menurut Qoul mu'tamad 


 نَعَمْ نَقَلَ ابْنُ حَجَرٍ عَنْ السُّبْكِيّ أَنَّنَا إذَا رَأَيْنَا صُورَةَ مَسْجِدٍ يُصَلَّى فِيهِ مِنْ غَيْرِ مُنَازِعٍ حَكَمْنَا بِوَقْفِيَّتِهِ اهـ. 


Iya begitu di tuqil dari ibfu hajar dari imam subki bahwa kami jika melihat bentuk masjid dan orang orang sholat di sana serta TDK ada yg ingkar maka kami menghukumi itu barang wakaf artinya mesjid,


Jika TDK memenuhi qaid di atas maka TDK bisa di sebut masjid



وَقَوْلُهُ: وَلَوْ مُشَاعًا أَيْ فِي أَرْضٍ بَعْضُهَا مَمْلُوكٌ، وَإِنْ قَلَّ غَيْرُ الْمِلْكِ فِيمَا يَظْهَرُ، وَيُفَارِقُ التَّفْصِيلَ السَّابِقَ فِي التَّفْسِيرِ مَعَ أَنَّ حُرْمَةَ الْقُرْآنِ آكَدُ مِنْ حُرْمَةِ الْمَسْجِدِ بِأَنَّ الْمَسْجِدِيَّةَ لَمَّا انْبَهَمَتْ فِي كُلٍّ مِنْ أَجْزَاءِ تِلْكَ الْأَرْضِ الَّتِي وَقَعَ فِيهَا الْمُكْثُ كَانَ يَصْدُقُ عَلَيْهِ أَنَّهُ مَاكِثٌ فِي مَسْجِدٍ شَائِعٍ، بِخِلَافِ الْقُرْآنِ مَعَ التَّفْسِيرِ، فَإِنَّهُ غَيْرُ مُنْبَهِمٍ فِيهِ بَلْ مُتَمَيِّزٌ عَنْهُ فَلَمْ يَصْدُقُ عَلَيْهِ أَنَّهُ مَسَّ مُصْحَفًا شَائِعًا،

 وَأَيْضًا فَاخْتِلَاطُ الْمَسْجِدِ بِالْمِلْكِ لَا يُخْرِجُهُ عَنْ كَوْنِهِ يُسَمّى مَسْجِدًا، وَلَا كَذَلِكَ الْمُصْحَفُ إذَا اخْتَلَطَ بِالتَّفْسِيرِ فَإِنَّهُ يُخْرِجُهُ عَنْ كَوْنِهِ يُسَمَّى مُصْحَفًا إنْ زَادَ عَلَيْهِ التَّفْسِيرُ كَمَا فِي ع ش عَلَى م ر.



[البجيرمي ,حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب ,1/362]


Kesimpulan apakah mushola yg kita ketahui secara umum bisa di hukumi seperti masjid dalam hukum orang yg punya hadas besar haram masuk mushola


 

Jawaban nya 


iya masih di hukumi masjid


Maka otomatis apapun hukum yang di haramkan di masjid ,,maka di mushola juga ikut hukumnya ya sebagaiman wanita haidz masuk masjid itu

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes