BREAKING NEWS

Watsapp

Saturday, October 28, 2023

KEWAJIBAN KETIKA MASUK WAKTU SHALAT

 


KEWAJIBAN KETIKA 

MASUK WAKTU SHALAT


Seseorang mempunyai 2 pilihan 

ketika masuk waktu shalat


1. Langsung mengerjakan shalat 

2. Menunda dengan disertai A'zam


A'zam adalah Niat bertekad untuk melakukan Shalat dalam waktunya. Adapun jika menunda shalat tanpa disertai A'zam didalamnya , Maka ia berdosa walaupun ia mengerjakan shalat dalam waktunya.


FAIDAH 


فائدة : يجب على الشخص بدخول الوقت إما فعل الصلاة أو العزم عليها في الوقت وإلا عصي ، أي وإن فعلها في الوقت اهـ ع ش ، اهـ (م ر) فإن مات بعد العزم والوقت يسعها لم يعص إلى ان قال  ومعنى العزم القصد والتصميم على الفعل اهـ باجوري


Wajib bagi seseorang sebab masuknya waktu sholat yaitu adakalanya langsung mengerjakan sholat atau azm ( niat melakukan ) nya pada waktunya. Dan jika ia tidak demikian (maksudnya pada awal waktu tidak terbesit dalam hatinya niat  mengerjakannya pada pertengahan atau akhir waktu ), maka ia berdosa walaupun ia mengerjakannya pada waktunya, selesai . jika ia meninggal setelah azm dan waktu masih muat untuk melakukan sholat, maka ia tidak berdosa ( karena sudah azm ).  Sampai pada perkataan pengarang... Dan makna azm adalah ada keinginan dan tekad bulat untuk melakukannya,


Runjukan 


 بغية المسترشدين صـ  ٥٢


Wallohu a'lam bishowab

Thursday, October 26, 2023

SHOLAT SUNAH DUHA DAN TAHAJUD DENGAN CARA BERJAMAAH

 


Pertanyaan 

[26/10 09.12] +62 857-7363-XXX Assalamualaikum EMG ada sholat sunah berjamaah sperti duha dan tahajud di berjamaahkan.


Jawaban 

[26/10 09.41] +62 877-8431-XXX: مسألة : ب ك) : تباح الجماعة في نحو الوتر والتسبيح فلا كراهة في ذلك ولا ثواب ، نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب ، وأي ثواب بالنية الحسنة ، فكما يباح الجهر في موضع الإسرار الذي هو مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة ، وكما يثاب في المباحات إذا قصد بها القربة كالتقوّي بالأكل على الطاعة ،


هذا إذا لم يقترن بذلك محذور ، كنحو إيذاء أو اعتقاد العامة مشروعية الجماعة وإلا فلا ثواب بل يحرم ويمنع منها.


Shalat dhuha atau witir berjamaah itu hukumnya boleh selama tidak mengandung hal terlarang semisal mengganggu atau menyebabkan orang-orang awam berkeyakinan bahwa shalat sunnah berjamaah itu bagian dari ajaran Islam. Jika ada unsur terlarang di dalamnya maka tidak ada pahalanya, bahkan haram dan harus dilarang”. [Bughyah al Mustarsyidin - hal 67].

HUKUM SALAMAN DENGAN YANG BUKAN MUHRIMNYA

 



 👳🏻‍♀️/🧕🏻 *NAMA* : Hally

🏡 *DOMISILI* : 

❓ *PERTANYAAN*

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ


Bagaimna hukumnya brsalamn dengan yg bukan muhrim??? 


🎤 *JAWABAN* :



Dari 4 madzhab semua mengharamkan jabat tangan pria-wanita non mahrom,berikut ta`birnya

1) Madzhab Hanafiyah

تحفة الفقهاء لِعلاء الدين السمرقندي - (ج 3 / ص 333)

وأما المس فيحرم سواء عن شهوة أو عن غير شهوة وهذا إذا كانت شابة فإن كانت عجوزا فلا بأس بالمصافحة إن كان غالب رأيه أنه لا يشتهي ولا تحل المصافحة إن كانت تشتهي وإن كان الرجل لا يشتهي


2)Madzhab Malikiyah

حاشية الصاوي على الشرح الصغير - (ج 11 / ص 279)

وَلَا تَجُوزُ مُصَافَحَةُ الرَّجُلِ الْمَرْأَةَ أَيْ الْأَجْنَبِيَّةَ وَإِنَّمَا الْمُسْتَحْسَنُ الْمُصَافَحَةُ بَيْنَ الْمَرْأَتَيْنِ لَا بَيْنَ رَجُلٍ وَامْرَأَةٍ أَجْنَبِيَّةٍ، وَالدَّلِيلُ عَلَى حُسْنِ الْمُصَافَحَةِ مَا تَقَدَّمَ وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَنْ قَالَ لَهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ الرَّجُلُ مِنَّا يَلْقَى أَخَاهُ أَوْ صَدِيقَهُ أَيَنْحَنِي لَهُ قَالَ : لَا .


3) Madzhab Syafi’iyyah

حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 10 / ص 113)

وَتُسَنُّ مُصَافَحَةُ أَيْ عِنْدَ اتِّحَادِ الْجِنْسِ،فَإِنْ اخْتَلَفَ فَإِنْ كَانَتْ مَحْرَمِيَّةً أَوْ زَوْجِيَّةً أَوْ مَعَ صَغِيرٍ لَا يُشْتَهَى أَوْ مَعَ كَبِيرٍ بِحَائِلٍ جَازَتْ مِنْ غَيْرِ شَهْوَةٍ وَلَا فِتْنَةٍ؛ نَعَمْ يُسْتَثْنَى الْأَمْرَدُ الْجَمِيلُفَتَحْرُمُمُصَافَحَتُهُ كَمَا قَالَهُ الْعَبَّادِيُّ ا هـ مَرْحُومِيٌّ .


4) Madzhab Hambaliyah

الإقناع في فقه الإمام لأحمد الحجاوي- (ج 1 / ص239)

ولا يجوز مصافحة المرأة الأجنبية الشابة وأن سلمت شابة على رجل رده عليها وإن سلم عليها لم ترده وإرسال السلام إلى الأجنبية وإرسالها إليه لا بأس به للمصلحة وعدم المحذور.


Kesimpulan: 1.Hukum jabat tangan antar lawan jenis secara langsung adalah haram, kecuali bagi anak kecil atau yang sudah lanjut usia yang tidak berpotensi menimbulkan efek negativ (syahwat dan fitnah);

2. Hukum jabat tangan antar lawan jenis non-mahram dengan menggunakan kaos tangan dan penutup sejenisnya, berhukum jawaz asalkan tidak berpotensimenimbulkan syahwat dan fitnah.


Raden Mas LeyehLeyeh 

Berjabat tangan dg orang tua.


Hukum berjabat tangan baik antara perempuan muda dg laki2 tua, laki2 muda dg perempuan tua, perempuan tua dg laki2 tua haram menurut syafi'iyah dan malikiyah. Boleh menurut hanafiyah dan hanabilah (Mausu'ah Fiqhiyyah 37/359).

Sebagaimana dimaklumi persentuhan ini menurut versi yg membolehkan hanya jika tidak disertai syahwat.


Seandainya kita hendak beralih madzhab dg memilih halal berjabat tangan dg org tua maka tentunya harus mengetahui detail persoalan dlm perspektif madzhab tersebut.


Ambillah contoh madzhab hanafi. 'Ajuuz dlm hanafiyah diistilahkan dg "kabir ma'mun minasy syahwat" alias orang tua yg terjaga dari disyahwati (Ibnu Najim al-Hanafi dalam Bahr al-Ra-iq 8/219).

Berkata Ibnu 'Abidin, yg dikehendaki syahwat dlm permasalahan melihat dan menyentuh adalah:

> bagi laki2: condongnya hati di mana terkadang organ vitalnya ikut bereaksi. Menurut qaul lain (dan inilah yg mu'tamad) cukup dg condongnya hati tanpa embel2 ikut bereaksinya organ vital pria. Lalu oleh Abdul Ghani dijelaskan: maksud dari tanpa ada syahwat seperti halnya kita memandang ajnabi/ajnabiyah seolah sama saja dg memandang putra-putri kandung kita.


> Bagi wanita: tergeraknya



Semoga bermanfaat untuk kita semuanya 

IMAM ASY-SYIBLI MENDAPAT RAHMAT ALLAH SEBAB SEEKOR KUCING

 


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 


 *📚 IMAM ASY-SYIBLI MENDAPAT RAHMAT ALLAH SEBAB SEEKOR KUCING*


ﺑِﺴْــــﻢِ اللّٰــهِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤٰﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢِ


قال المألف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. آمين


الشيخ محمد نووى بن عمر البنتنى

نصائح العباد


سئل الشبلى بعد موته عن حاله فى المنام فقال قال الله لى يا أبا بكر أتدرى بم غفرت لك ؟ قلت بصالح عملى قال لا قلت بإخلاص عبوديتى قال لا قلت بحجى وصومى وصلاتى قال لا قلت بهجرتى للصالحين ولطلب العلم قال لا قلت إلهى فبم ؟ أتذكر حين كنت تمشى فى درب بغداد فوجدت هرة صغيرة قد أضعفها البرد وهي تنزوى من شدته فأخذتها رحمة لها وأدخلتها فى فرو كان عليك وقاية لها فقلت نعم فقال تعالى برحمتك لتلك الهرة رحمتك


   *Setelah Imam Asy-Syibli wafat Beliau di mimpikan dan di tanya  tentang keadaan dirinya kemudian beliau pun menjelaskan,* 


*Allah bertanya kepadaku, "Wahai Abu Bakar, Sebab apa Aku mau mengampunimu..???"*


*Aku pun menjawab:*, "Sebab amal shalihku"


*Allah berkata,* "Tidak."


*Aku menjawab lagi, "Sebab keikhlasan ibadahku"*


*Allah berkata:*, "Tidak."


*Aku menjawab lagi, "Sebab Hajiku, Puasaku dan Shalatku*"


*Allah berkata, :*"Tidak."


*Aku menjawab lagi, "Sebab kepergianku untuk menuntut ilmu kepada orang² yang shalih"*


*Allah berkata:*, "Tidak."


*Kemudian aku bertanya, " Wahai Tuhanku, Lalu sebab apa Engkau mengampuniku..???"*


*Allah berkata, "ingatkah kamu ketika berjalan melewati kota baghdad, lalu kamu melihat seekor kucing kecil yang sedang kedinginan, karena kasihan kemudian kamu mengambilnya dan memasukkan kucing itu kedalam jubahmu..???"*


*Aku pun menjawab,:* " Ya aku ingat"


*Kemudian Allah berkata, "Sebab kasih sayangmu terhadap kucing itulah, maka Aku juga menaruh kasih sayang kepadamu."* 


📙 *(Syaikh Nawawi Bin Umar Al-Bantani, Nashoihul 'ibad, halaman 8)*

IMAM SETELAH SHOLAT MELIHAT NAJIS DI KAKINYA, APAKAH MAKMUM IKUT BATAL SHOLATNYA?

 


Basthul Masa'il fiqih 



Assalamualaikum, maaf  mau tanya jika misal imam setelah mengimami shalat lalu dia melihat di kakinya ada kotoran cicak, apakah makmum juga ikut batal shalatnya?


✍🏻 JAWABAN


1. Apabila makmum tidak tahu kalau imamnya batal wudhunya, maka shalatnya makmum sah. 


2. Apabila makmum tahu bahwa imam batal wudhunya.

Inipun masih perlu diperinci lagi sebagai berikut 


1. Jika diketahui batalnya imam setelah selesai shalat maka hukumnya diperinci. 


▶️ Beberapa ulama membagi batalnya shalat imam ke dalam dua kategori 


Pertama, batal dengan sebab yang samar [bathin atau hukmiyyah) atau imamnya berhadats , seperti ia tidak mempunyai wudhu atau ia junub. Maka shalat makmum tidaklah menjadi batal karena batalnya sholat sang imam. Akan tetapi menurut imam Nawawi tidak wajib di ulang shalatnya, baik berupa najis zhohir/ayniyah (najis) atau najis khofiy/hukmiyah (hadast)


Kedua, batal dengan sebab yang tampak kelihatan [dzohir], seperti tidak sempurna dalam menutupi aurat. Maka hal ini dapat membatalkan shalatnya makmum.


Bagaimana jika batalnya shalat imam terjadi di tengah-tengah shalat ? Apa yang harus dilakukan olehnya ?


1. jika imam tidak tau akan batalnya. namun, ma'mumnya mengetahuinya seperti najis yang menepel pada baju si imam, najis maka makmum wajib mufarroqoh atau melanjutkan shalat secara sendirian.


2. Bila imam mengetahuinya, lantas dia meninggalkan sholatnya,


Dalam peristiwa seperti ini, fikih kita telah menyediakan solusi istikhlaf [mengganti imam di tengah-tengah shalat]. Praktik ini pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. yang menggantikan Abu Bakar ra. namun tidak karena batalnya shalat, akan tetapi karena taadduban [etiket sopan santun], bahwa tidak pantas seorang Abu Bakar menjadi imam, sementara Rasul hadir bersama mereka.


Peristiwa ini terjadi ketika Rasul saw sakit cukup parah, sehingga beliau memerintahkan Abu Bakar menggantikan beliau berlaku sebagai imam. Suatu saat kemudian beliau merasakan kesehatannya membaik, maka beliau, dengan disertai dua sahabatnya, berangkat ke masjid, sementara Abu Bakar sedang berlaku sebagai imam. Maka kemudian Abu Bakar mundur dari barisan terdepan kemudian Rasul SAW menggatikannya sebagai imam. [HR. Muslim]


Jika demikian maka makmum mempunyai dua langkah pilihan 


1. Apabila tidak ada satupun makmum yang maju, makmum dapat meneruskan shalatnya dengan niat mufaraqah (berpisah) dari imam. Artinya makmum meneruskan sholatnya secara sendirian (munfaridan) terpisah dari imam yang telah batal shalatnya.


2. Makmum menyempurnakan shalat sampai selesai secara berjama’ah. Kalau mengambil alternatif terakhir kedua yang dipilih, maka harus ada istikhlaf atau pengangkatan makmum menjadi imam.


Proses terjadinya istikhlaf mempunyai dua kemungkinan:


1. imam menunjuk pengganti atau para ma'mum menunjuk pengganti. 


2. Dapat pula seseorang dengan inisiatif sendiri maju menjadi imam. Penunjukan khalifah oleh makmum dilakukan dengan isyarat, tanpa menimbulkan perbuatan yang membatalkan shalat. Dan harus dilakukan secepatnya, langsung setelah imam batal.


Istikhlaf ini sebaiknya dilakukan dari pihak makmum. Jika imam menunjuk pengganti dan makmum menunjuk pengganti yang lain, maka pilihan makmum lebih diutamakan. Pengganti imam boleh bukan orang yang jadi ma'mum.


✒️ CATATAN 


 Ketika kita menjadi imam dalam sholat berjamaah (di rumah/masjid) dan tiba-tiba batal, sementara dalam tempat tersebut tidak ada pintu keluar khusus buat imam yg biasanya tersedia di dekat tempat imam. Sementara malu mau melewati barisan sof jama'ah untuk memperbarui wudlu.


jika malu untuk berbuat demikian, ada satu metode yg diajarkan para fuqaha, yaitu memegang hidung seakan akan keluar darah (mimisan), lalu terburu buru meninggalkan shaf. orang akan menyangka ia mimisan saja dan memang membatalkan shalat, karena akan menetes kemana mana.


Namun perbuatan itu bukan dusta, karena hanya menutup hidung saja, bukan mengatakan bahwa ia mimisan dan itu bisa menjadi dusta, dan perbuatan itu tentunya makmum menganggapnya mimisan walaupun ia batal karena hal lain.


referensi :


والحاصل أنه لو بان إمامه كافراً ولو مخفياً كفره كزنديق أو خنثى أو مجنوناً أو أمّياً قادراً على التعلم أو تاركاً للفاتحة أو البسملة في الجهرية أو تجب عليه الإعادة أو ساجداً على كمه الذي يتحرك بحركته أو تاركاً تكبـيرة الإحرام، أو قادراً على القيام أو السترة وكان يصلي من قعود، أو عارياً وجبت الإعادة إن بان بعد الفراغ من الصلاة، فإن بان في أثنائها وجب استئنافها لكون الإمام ليس من أهل الإمامة في ذاته (لا) إن بان إمامه (ذا حدث) ولو أكبر (أو خبث) أي ذا نجاسة خفية وهي الحكمية التي لا يدرك لها طعم ولا لون ولا ريح، ومثل ذلك كل ما يخفى على المأموم عادة كعدم النية، وكتيممه بمحل يغلب فيه وجود الماء وكونه تاركاً للفاتحة أو للبسملة في السرية أو للتشهد مطلقاً، ولو أحرم المأموم بإحرام الإمام ثم كبر الإمام ثانياً بنية سراً لكونه شك في التكبـير الأوّل لا يضر في صحة صلاة المأموم لأن هذا مما يخفى ولا أمارة عليه، أما لو بان إمامه ذا نجاسة ظاهرة وهي العينية فإنه تلزمه الإعادة، ولا فرق في ذلك بـين القريب والبعيد، ولا بـين القائم والقاعد ولا بـين الأعمى والبصير، ولا بـين باطن الثوب وظاهره نظراً للشأن


[i'anatut tholibin juz 2/46] :


.لا إن اقتدى بمن ظن متطهرا فبان ذا حدث ولو حدثا أكبر أو ذا خبث خفي ولو في جمعة إن زاد على الأربعين فلا يجب الإعادة وإن كان الإمام عالما لانتفاء تقصير المأموم اذ لا إمارة عليهما ومن ثم حصل له فضل الجماعة أما اذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وان حال بين الإمام والمأموم حائل والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه والخفي بخلافه وصحح النووي في التحقيق عدم وجوب الإعادة مطلقا


[i'anatut tholibin juz 2/97] :


والثانـي: وهو ما إذا وقع الاستـخلاف فـي غير الـجمعة، يجوز مطلقاً؛ سواء كان الـخـلـيفة مقتدياً بـالإِمام قبل أن تبطل صلاته أم لا، لكنهم يحتاجون لنـية الاقتداء به فـي الثانـية إن خالف الإِمام فـي ترتـيب صلاته، بأن استـخـلف فـي الثانـية أو فـي الأخيرة، فإن لـم يخالفه فـي ذلك، بأن استـخـلف فـي الأولى أو فـي ثالثة الربـاعية، فلا يحتاجون لنـية الاقتداء،


Wallohu a'lam bishowab

Wednesday, October 25, 2023

KARPET MASJID BANYAK KOTORAN CICAK

 GIME CERMIN DIRI 


_*KARPET MASJID BANYAK KOTORAN CICAK*_


*Pertanyaan*


Assalamu'alaikum. Gus, Ustadz. Saya mau bertanya.?

Masalah karpet masjid/musola yang terkena kotoran cicak itu hukumnya gimana, karena kalau mau dicuci kelihatanya susah sekali, sebab setiap waktu cicak tersebut mengotori karpet.


*Jawaban*


Waalaikumsalam wr wb

Kotoran hewan yang halal dimakan menurut madzhab Syafi’i hukumnya najis. Begitu pula kotoran cicak hukumnya adalah najis. Akan tetapi dalam keadaan dimana hal tersebut banyak terjadi (umumul balwa) dan sulit dihindari, maka hukum najis tersebut dima’fu terkait tempat sholat ( tanah atau karpet ) dan tidak dima’fu ketika mengenai pakaian menurut pendapat yang mu’tamad yang dikemukakan oleh Imam Ibnu Hajar.


📌 Kemudian najis kotoran cicak tersebut bisa dima’fu jika memenuhi tiga syarat ;

1). Tidak sengaja menyentuh atau menginjaknya

2). Tidak ada perkara basah dari salah satunya, yakni dari anggota yang menyentuh atau najis itu sendiri. Juga bisa dikatakan harus kering.

3). Sulit dihindari atau bisa menghindar ketempat lain tapi berat.


*Kesimpulannya, hukum kotoran cicak yang ada dikarpet masjid atau mushola hukumnya dima’fu jika memenuhi tiga syarat diatas.*


Wallahu A’lam Bisshowab


*حاشية الدمياطي علي شرح الستين مسألة للشيخ عبد الكريم كريم الدين المطري ص ٢٩٨ مكتبة الهاشمي الطبعة الاولى تاريخ الطباعة 2015*

(قوله : وروث الذباب) اي : وبوله،وكذلك روث الخفاش وان كثر وبوله،وكالذباب:كل ما لا نفس له سائلة *كالوزغ* والزنبور والخنفساء، ومنه : البق المعروف ببلادنا، اذ كل ذلك مما تعم به البلوى. شرح م ر مع زيادة من ق ل


*حاشية الجمل على شرح المنهج ج 2 صــ 428*

(قَوْلُهُ: أَوْ مَطَافُهُ) قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ وَغَلَبَتُهَا مِمَّا عَمَّتْ بِهِ الْبَلْوَى فِي الْمَطَافِ وَقَدْ اخْتَارَ جَمَاعَةٌ مِنْ أَصْحَابِنَا الْمُتَأَخِّرِينَ الْمُحَقِّقِينَ الْعَفْوَ عَنْهَا وَيَنْبَغِي أَنْ يُقَالَ يُعْفَى عَمَّا يَشُقُّ الِاحْتِرَازُ عَنْهُ مِنْ ذَلِكَ أَيْ بِشَرْطِ أَنْ لَا تَكُونَ رَطْبَةً وَلَا يَتَعَمَّدَ الْمَشْيَ عَلَيْهَا كَمَا مَرَّ، وَقَدْ عَدَّ ابْنُ عَبْدِ السَّلَامِ مِنْ الْبِدَعِ غَسْلَ بَعْضِ النَّاسِ الْمَطَافَ اهـ. شَرْحُ م ر. وَعِبَارَةُ شَرْحِ التُّحْفَةِ لحج *نَعَمْ يُعْفَى أَيَّامَ الْمَوْسِمِ عَمَّا يَشُقُّ الِاحْتِرَازُ عَنْهُ فِي الْمَطَافِ مِنْ نَجَاسَةِ الطُّيُورِ وَغَيْرِهَا إنْ لَمْ يَتَعَمَّدْ الْمَشْيَ عَلَيْهَا وَلَمْ تَكُنْ رُطُوبَةٌ فِيهَا أَوْ فِي مُمَاسِّهَا* كَمَا مَرَّ قُبَيْلَ صِفَةِ الصَّلَاةِ وَمِنْ ثَمَّ عَدَّ ابْنُ عَبْدِ السَّلَامِ غَسْلَ الْمَطَافِ مِنْ الْبِدَعِ (تَنْبِيهٌ) لَا يُنَافِي مَا ذُكِرَ مِنْ التَّسْوِيَةِ بَيْنَ ذَرْقِ الطُّيُورِ وَغَيْرِهِ قَوْلَ جَمْعٍ مُتَأَخِّرِينَ الْغَرَضُ غَلَبَةُ النَّجَاسَةِ بِذَرْقِ الطَّيْرِ مُطْلَقًا وَبِغَيْرِهِ فِي أَيَّامِ الْمَوْسِمِ اهـ.؛ لِأَنَّ هَذَا الْغَرَضَ مُجَرَّدُ تَصْوِيرٍ لَا غَيْرُ وَإِنَّمَا الْمَدَارُ عَلَى النَّظَرِ لِمَا أَصَابَهُ فَإِنْ غَلَبَ عُفِيَ عَنْهُ مُطْلَقًا وَإِلَّا فَلَا مُطْلَقًا انْتَهَتْ.


*غاية المنى شرح سفينة النجا ج ١ ص ٢٢٦ | مكتبة تريم الحديثة*

ومثل الخفاش في ما ذكر : الخطاف ، وكل ما تكثر مخالته للناس كما في نهاية الأمل. ونص عبارته : ومما يعفى عنه ونيم الذباب ، وبول الفراش، والخفاش،وهو المعروف بالوطواط والخطاف، وهو الذي يسكن البيوت المعروفة عند العامة بعصفور الجنة، وكذا كل حيوان تكثر مخالته للناس : كالزنبور، وروث كل من ذلك كبوله فيعفى عن القليل والكثير في الثوب،والبدن،والمكان في المسجد والبيوت اه بحذف.


*حاشية البجيرمي على الخطيب ج 1 صــ 440*

وَالْحَاصِلُ أَنَّهُ يُعْفَى عَنْ ذَرْقِ الطُّيُورِ بِشُرُوطٍ ثَلَاثَةٍ: أَنْ لَا يَتَعَمَّدَ إمْسَاسَهُ، وَأَنْ لَا تَكُونَ رُطُوبَةٌ مِنْ أَحَدِ الْجَانِبَيْنِ، وَأَنْ يَشُقَّ الِاحْتِرَازُ عَنْهُ، وَأَمَّا عُمُومُهُ الْمَحَلَّ فَلَيْسَ بِشَرْطٍ كَمَا صَرَّحَ بِهِ الْحَلَبِيُّ عَلَى الْمَنْهَجِ وَالْمُرَادُ بِعُمُومِهِ عِنْدَ مَنْ شَرْطُهُ مَشَقَّةُ الِاحْتِرَازِ عَنْهُ اهـ. قَوْلُهُ: (لِلْمَشَقَّةِ)* وَأَشَارَ بِذَلِكَ إلَى أَنَّ ذَلِكَ هُوَ الْمُرَادُ بِالْعُمُومِ فِي قَوْلِ بَعْضِهِمْ شَرْطُ الْعَفْوِ عُمُومُ الْبَلْوَى بِهِ، فَقَدْ قَالَ م ر فِي فَتَاوِيهِ: الْمُرَادُ بِعُمُومِ الْبَلْوَى كَثْرَتُهُ فِي ذَلِكَ الْمَحَلِّ الْمَقْصُودِ عَادَةً بِحَيْثُ لَوْ كَلَّفْنَاهُ الْعُدُولَ عَنْهُ إلَى غَيْرِهِ لَأَدَّى إلَى الْحَرَجِ* اهـ اج. قَوْلُهُ: (بِمَا إذَا لَمْ يَتَعَمَّدْ الْمَشْيَ عَلَيْهِ) صَوَّرَهُ بَعْضُهُمْ بِأَنْ يُصَلِّيَ مِنْ غَيْرِ شُعُورٍ بِهِ ثُمَّ يَرَاهُ فِي بَعْضِ الصَّلَاةِ، وَصَوَّرَهُ بَعْضُهُمْ بِمَا إذَا صَلَّى فِي ظُلْمَةٍ أَوْ لَيْلٍ، وَصَوَّرَهُ م ر فِي الْفَتَاوَى بِالْمَشْيِ كَيْفَ اتَّفَقَ. فَإِنْ قُلْت: إنْ أُرِيدَ الْمَشْيُ خَارِجَ الصَّلَاةِ فَهُوَ حَالُ الْجَفَافِ مِنْ الْجَانِبَيْنِ فَلَا يُنَجِّسُ، وَلَيْسَ الْكَلَامُ فِيهِ، وَإِنْ أُرِيدَ الْمَشْيُ فِي الصَّلَاةِ فَلَيْسَ فِيهَا مَشْيٌ، وَقَوْلُهُ: حَالَ الْجَفَافِ إلَخْ، هَذَا لَيْسَ بِلَازِمٍ، إذْ يُمْكِنُ أَنْ يَكُونَ مَحَلُّ الْوُضُوءِ قَرِيبًا. قُلْت: لَعَلَّ الْمُرَادَ بِالْمَشْيِ وَضْعُ الرَّجُلِ كَمَا ذَكَرَهُ شَيْخُنَا م د وَا ج. وَنُقِلَ عَنْ ابْنِ عَبْدِ الْحَقِّ أَنَّهُ يُعْفَى عَنْ ذَرْقِ الطُّيُورِ الْوَاقِعِ فِي مَمَرِّ الْفَسَاقِيِ إذَا ذَابَ وَاضْمَحَلَّتْ عَيْنُهُ قِيَاسًا عَلَى طِينِ الشَّارِعِ الْمُتَنَجِّسِ، لَكِنْ بِشَرْطِ أَنْ لَا يَتَعَمَّدَ الْمَشْيَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ عَيْنِ النَّجَاسَةِ الظَّاهِرَةِ. قَالَ ع ش: وَهُوَ الْأَقْرَبُ لِمَشَقَّةِ الِاحْتِرَازِ عَنْ ذَلِكَ، وَقِيلَ مَعْنَى عُمُومِهِ أَنْ لَا يَكُونَ هُنَاكَ مَحَلٌّ خَالٍ يُمْكِنُ الْوُصُولُ إلَيْهِ مِنْ غَيْرِ مَشَقَّةٍ بِأَنْ لَمْ يَكُنْ هُنَاكَ مَحَلٌّ خَالٍ أَصْلًا، أَوْ هُنَاكَ مَحَلٌّ خَالٍ يُمْكِنُ الْوُصُولُ إلَيْهِ بِمَشَقَّةٍ.


*الأشباه والنظائر ج 1 صــ 78*

السادس العسر وعموم البلوى كالصلاة مع النجاسة المعفو عنها كدم القروح والدمامل والبراغيث والقيح والصديد وقليل دم الأجنبي وطين الشارع وأثر نجاسة عسر زواله وذرق الطيور إذا عم في المساجد والمطاف وما يصيب الحب في الدوس من روث البقر وبوله ومن ذلك العفو عما لا يدركه الطرف وما لا نفس له سائلة وريق النائم وفم الهرة ومن ثم لا يتعدى إلى حيوان لا يعم اختلاطه بالناس كما قال الغزالي وأفواه الصبيان وغبار السرجين ونحوه وقليل الدخان أو الشعر النجس ومنفذ الحيوان ومن ثم لا يعفى عن منفذ الآدمي لإمكان صونه عن الماء ونحوه


*المنهاج القويم صــ 113*

ويعفى عن ذرق الطيور في المساجد وإن كثر لمشقة الاحتراز عنه ما لم يتعمد المشي عليه من غير حاجة أو يكون هو أو ممارسه رطبًا، وظاهر كلام جمع وصرح به بعض أصحابنا أنه لا يعفى عنه في الثوب والبدن مطلقًا وبه جزم في الأنوار، لكن قضية تشبيه الشيخين العفو عنه بالعفو عن طين الشارع العفو عما يتعسر الاحتراز عنه غالبًا.


*إعانة الطالبين الجزء الأول صــ 115*

ويعفى عما جف من ذرق سائر الطيور في المكان إذا عمت البلوى به وقضية كلام المجموع العفو عنه في الثوب والبدن أيضا ولا يعفى عن بعر الفأر ولو يابسا على الأوجه لكن أفتى شيخنا ابن زياد كبعض المتأخرين بالعفو عنه إذا عمت البلوى به كعمومها في ذرق الطيور اهـ


*تحفة المحتاج في شرح المنهاج ج 2 صــ 120*

وَيُسْتَثْنَى مِنْ الْمَكَانِ ذَرْقُ الطُّيُورِ فَيُعْفَى عَنْهُ فِيهِ أَرْضُهُ، وَكَذَا فِرَاشُهُ عَلَى الْأَوْجَهِ إنْ كَانَ جَافًّا وَلَمْ يَتَعَمَّدْ مُلَامَسَتَهُ وَمَعَ ذَلِكَ لَا يُكَلَّفُ تَحَرِّيَ غَيْرِ مَحَلِّهِ *لَا فِي الثَّوْبِ مُطْلَقًا عَلَى الْمُعْتَمَدِ*


*إعانة الطالبين ج 1 صــ 97*

(قوله: ومكان يصلى فيه) أي وطهارة مكان يصلى فيه، ويستثنى منه ما لو كثر ذرق الطيور فيه، فإنه يعفى عنه في الفرش والأرض بشروط ثلاثة: أن لا يتعمد الوقوف عليه، وأن لا تكون رطوبة، وأن يشق الاحتراز عنه.

KUMPULAN KILASAN NIKAH

 Senam p5 SPENTWOGAR BERSINERGI 
















[25/10 15.11] . LIRBOYO Alumni HM: 📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈

👨‍🦳 _*Hakekat Wali Kakek*_

----------------------

Siapakah yang dimaksud dengan Kakek dalam urutan Wali... ❓❓

                        --<>--<>--<>--<>--

*وقوله ( أبو الأب ) احتراز من الجد أبي الأم؛ فلا ولاية له كما لا يخفى. قوله ( ثم أبوه ) أي أبو الجد. وقوله ( وهكذا ) أي ثم أبو أبيه، ثم أبو أبي أبيه وهكذا .. وقوله ( ويقدم الأقرب من الأجداد على الأبعد ) هو مستفاد من قوله ( ثم أبوه وهكذا ) فهو تصريح بما علم، أتى به توضيحاً.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٤]


_Ucapan Pensyarah *[Bapaknya Ayah]* untuk mengecualikan kakek (dari jalur ibu) yaitu Bapaknya Ibu. Yang mana ia tidak memiliki hak perwalian, sebagaimana tidak samar lagi. Ucapan pensyarah *[Kemudian Bapaknya]* yakni Bapaknya kakek. Ucapan beliau *[demikian seterusnya]* yakni kemudian Ayah Bapaknya Kakek, kemudian Bapaknya Ayah Bapaknya Kakek dan seterusnya. Ucapan beliau *[Kakek yang lebih dekat didahulukan sebagai Wali daripada yang lebih jauh]* hal ini difahami dari ucapan beliau "Kemudian Bapaknya dan seterusnya". Maka ia merupakan penjelasan atas apa yang sudah diketahui. Didatangkan sebagai memperjelas._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah

[25/10 15.11] . LIRBOYO Alumni HM: 📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈

👲👨‍🦳 _*Urutan Wali (7-8) ; Paman Kemudian Anak Lelakinya*_

----------------------

Paman (saudara lelaki ayah baik kandung maupun seayah) serta anaknya dapat menjadi Wali nikah... ❇️

   

                        --<>--<>--<>--<>--

*قوله (ثم العم) المراد به ما يشمل عم المرأة وعم ابيها وعم جدها والمراد بابن العم ما يشمل ابن عم المرأة وابن عم أبيها وابن عم جدها.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٥]


_Ucapan Mushonnif *[kemudian paman]* yang dimaksud dengan paman ialah mencakup paman wanita calon pengantin, paman ayahnya wanita, dan paman kakeknya wanita. Adapun yang dimaksud dengan anak lelaki paman yaitu anak lelaki paman si wanita, anak lelaki paman ayahnya, dan anak lelaki paman kakeknya._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah

[25/10 15.11] . LIRBOYO Alumni HM: 📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


👲👨‍🦳 _*Anak Lelaki Paman Sekaligus Anaknya Sendiri, Didahulukan*_

----------------------

Bagaimana gambarannya... ❓❓

                        --<>--<>--<>--<>--

*ولو كان لها ابنا عم أحدهما أخ لأم، والآخر ابنها .. قدّم الابن ؛ لأنه أقرب. مثاله : أن يتزوج عم البنت بأمها بعد موت أبيها فتلد منه ابناً، فهذا ابن عمها وأخوها من أمها، ثم يطأ تلك البنت عمها الآخر بشبهة فتلد منه ابناً، فهذا ابن عمها وابنها، فهو المقدم.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٥]


_Seandainya pengantin wanita memiliki 2 orang anak lelaki paman, salah satunya berstatus juga sebagai saudara lelaki seibu dan yang satunya berstatus juga sebagai anaknya, maka yang didahulukan sebagai wali adalah yang berstatus sebagai anaknya, sebab lebih dekat hubungan nasabnya. Misalnya : paman si wanita menikahi ibunya setelah kematian ayahnya. Kemudian lahirlah seorang anak lelaki. Maka anak lelaki ini adalah anak pamannya sekaligus saudara lelaki seibu. Kemudian terjadi wati subhat pada wanita ini oleh pamannya yang lain sampai lahir seorang anak lelaki. Maka anak lelaki ini adalah anak pamannya sekaligus anaknya. Maka ia lebih didahulukan._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah

[25/10 15.11] . LIRBOYO Alumni HM: 📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


👲 _*Alasan Kewalian Anak Lelaki Dari Anak Lelakinya Paman Sekaligus Anak Sendiri*_

----------------------


Mengapa ia tetap bisa menjadi Wali meskipun dikatakan bahwa anak tidak bisa menjadi Wali ibunya... ❓❓

                        --<>--<>--<>--<>--

*قال الماء وردي فلا تضره البنوة لأنها غير مقتضية لا مانعة، فإذا اجتمعت مع مقتض للولاية لم تمنعه فهو من قبيل اجتماع المقتضي وغير المقتضي لا من فبيل اجتماع المقتضي والمانع.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٥]


_Imam Mawardi berkata status sebagai anak tidak membahayakan, sebab status sebagai anak merupakan غير مقتضية (sesuatu yang tidak menetapkan kewalian) bukan مانعة (sesuatu yang menghalangi kewalian). Apabila غير مقتضية berkumpul dengan مقتضية (sesuatu yang menetapkan) kewalian, maka ia tidak mencegahnya. Maka kasus perwalian oleh anak lelaki dari anak lelakinya paman yang sekaligus anak lelaki si wanita, termasuk pada jenis berkumpulnya المقتضي dengan غير المقتضي, bukan berkumpulnya المقتضي dengan المانع._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧝‍♀ _*Maksud Meminang Secara Sindiran*_

----------------------


Bagaimana maksud dan tekhnisnya... ❓❓

   

                        --<>--<>--<>--<>--


*والتعريض ما لا يقطع بالرغبة في النكاح أي ما لا يدل دلالة قطعية على قوة الإرادة في النكاح. وقوله ( بل يحتملها ) أي بل يحتمل الرغبة في النكاح كما يحتمل عدمها، وسكت الشارح عن الاحتمال الثاني اختصاراً مع علمه من قوله ( بل يحتملها ؛ كقول الخاطب للمرأة : رب راغب فيك ) أي : كثير من يرغب فيك، فـ رب للتكثير، وكذلك قوله : أنت جميلة ومن يجد مثلك.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٩]


_Pinangan secara sindiran ialah sesuatu yang tidak memastikan keinginan menikahi, yakni sesuatu yang tidak menunjukkan secara pasti akan kuatnya keinginan menikahi. Ucapan pensyarah *[tetapi mengandung kemungkinan atasnya]*, yakni tetapi memungkinkan pada keinginan menikahi sebagaimana juga memungkinkan tidak adanya keinginan. Pensyarah tidak menyebut kemungkinan kedua (tidak adanya keinginan) karena bertujuan meringkas serta sudah mengetahuinya dari ucapan beliau "tetapi memungkinkannya, seperti ucapan orang yang melamar pada si wanita; "alangkah banyaknya orang yang menginginkanmu". Demikian juga ucapan pelamar, "engkau cantik, siapa yang (mampu) menemukan orang sepertimu"._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


https://t.me/fikih_nikah

📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧝‍♀🧳 _*Status Pemberian Terhadap Tunangan*_

----------------------


Bolehkan pemberian itu diminta kembali jika tak jadi menikah... ❓❓

   

                        --<>--<>--<>--<>--


*ولو أنفق على المخطوبة ولم يتزوجها .. رجع بما أنفقه حتى بالملح ولو كان الترك منه أو بموتها، ومحل رجوعه حيث أطلق، أو قصد الهدية لأجل النكاح، فإن قصد الهدية لا لأجل النكاح..فلا رجوع.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٨]


_Seandainya seorang lelaki memberi nafkah kepada wanita yang dipinangnya, ternyata kemudian tidak jadi ia nikahi, maka ia (boleh) meminta kembali apa yang telah ia berikan sampai-sampai berupa garam pun, meskipun (keputusan) tidak jadi menikah berasal dari si lelaki atau karena kematian si wanita. Kebolehan meminta kembali ini sekiranya ia memutlakkan pemberian atau memaksudkan hadiah dengan tujuan menikahi. Adapun jika bertujuan memberi hadiah semata bukan karena tujuan menikahi maka tidak boleh meminta kembali._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧝‍♀ _*Melamar Mantan Istri Sendiri*_

----------------------


Bagaimana hukumnya ... ❓❓

   

                        --<>--<>--<>--<>--


*لصاحب العدة أن يصرّح بالخطبة ؛ كما له أن يعرّض بها إن حل له نكاحها ؛ كان خالعها وشرعت في العدة، فيحل له التعريض والتصريح ؛ لأنه يجوز له نكاحها، فإن كان طلاقه لها رجعياً .. لم يكن له التصريح والتعريض بخطبتها ؛ لأنه ليس له نكاحها وإنما له مراجعتها. نعم ؛ إن نوى بنكاحها الرجعة.. صح ؛ لأنه كناية فيها، فإن نواها به .. حصلت، وإلا .. فلا.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٨]


_Bagi pemilik Iddah (suami) boleh meminang dengan terang-terangan sebagaimana boleh dengan sindiran. Hal ini jika ia halal menikahi wanita yang Iddah. Seperti misalnya ia mengkhuluknya kemudian mantan istri menjalani Iddah, maka suami boleh melamar dengan terang-terangan maupun dengan sindiran, sebab ia boleh menikahinya. Namun jika ia menalaknya secara Roj'i, maka suami tidak boleh meminangnya baik dengan terang-terangan maupun sindiran. Sebab ia tidak boleh menikahinya, tetapi hanya boleh merujuknya. Akan tetapi, jika ia meniatkan nikahnya sebagai Ruju' maka sah, sebab nikahnya dipandang sebagai kinayah dalam Ruju',  apabila ia meniatkan maka terjadi jika tidak maka tidak._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧝‍♀ _*Melamar Mantan Istri Sendiri*_

----------------------


Bagaimana hukumnya ... ❓❓

   

                        --<>--<>--<>--<>--


*لصاحب العدة أن يصرّح بالخطبة ؛ كما له أن يعرّض بها إن حل له نكاحها ؛ كان خالعها وشرعت في العدة، فيحل له التعريض والتصريح ؛ لأنه يجوز له نكاحها، فإن كان طلاقه لها رجعياً .. لم يكن له التصريح والتعريض بخطبتها ؛ لأنه ليس له نكاحها وإنما له مراجعتها. نعم ؛ إن نوى بنكاحها الرجعة.. صح ؛ لأنه كناية فيها، فإن نواها به .. حصلت، وإلا .. فلا.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٨]


_Bagi pemilik Iddah (suami) boleh meminang dengan terang-terangan sebagaimana boleh dengan sindiran. Hal ini jika ia halal menikahi wanita yang Iddah. Seperti misalnya ia mengkhuluknya kemudian mantan istri menjalani Iddah, maka suami boleh melamar dengan terang-terangan maupun dengan sindiran, sebab ia boleh menikahinya. Namun jika ia menalaknya secara Roj'i, maka suami tidak boleh meminangnya baik dengan terang-terangan maupun sindiran. Sebab ia tidak boleh menikahinya, tetapi hanya boleh merujuknya. Akan tetapi, jika ia meniatkan nikahnya sebagai Ruju' maka sah, sebab nikahnya dipandang sebagai kinayah dalam Ruju',  apabila ia meniatkan maka terjadi jika tidak maka tidak._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧝‍♀ _*Alasan Larangan Meminang Terang-terangan*_

----------------------


Mengapa dilarang meminang wanita yang Iddah secara terang-terangan... ❓❓

   

                        --<>--<>--<>--<>--


*قوله ( والتصريح ما يقطع بالرغبة في النكاح ) أي ما يدل قطعاً على قوة الإرادة في نكاح المخطوبة. وقوله ( كقوله للمعندة : أريد نكاحك ) أي وكقوله لها : إذا انقضت عدتك ... نكحتك، وإنما حُرّم التصريح ؛ لأنه إذا صرح .. تحققت رغبته فيها ، فربما تكذب في انقضاء العدة ؛ لما عهد على النساء من قلة الديانة وتضييع الأمانة ؛ فإنهن ناقصات عقل ودين.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٨]


_Ucapan pensyarah *[Terang-terangan yaitu sesuatu yang memastikan keinginan untuk menikahi]* yakni sesuatu yang menunjukkan secara pasti atas kuatnya keinginan untuk menikahi wanita yang dilamar. Ucapan pensyarah *[seperti perkataannya, "saya ingin menikahimu"]* yakni dan seperti ucapannya pada si wanita, "jika Iddahmu selesai aku akan menikahimu". Meminang dengan terang-terangan diharamkan semata-mata karena jika ia menyatakan dengan terang-terangan, maka menjadi nyata keinginannya menikahinya, sehingga terkadang si wanita berdusta atas berakhirnya masa Iddah. Sebab, wanita dikenal kurang agamis dan menyia-nyiakan amanah karena kurangnya akal dan agama._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧝‍♀ _*Meminang Secara Sindiran*_

----------------------


Bagaimana ketentuannya... ❓❓

   

                        --<>--<>--<>--<>--


*فلا يحرم التعريض للمعتدة غير الرجعية، لكن لا يصح العقد المرتب عليه إن وقع في العدة، فإن وقع بعد انقضاء العدة..صح. قوله ( إن لم تكن المعتدة عن طلاق رجعي)، فإن كانت معتدة عن طلاق رجعي فلا يحل له التعريض كالتصريح؛ لأنها محبوسة بالطلاق ؛ فقد تكذب ابتغاء ماله، ولأنها في حكم الزوجة. ومعلوم أن الزوجة يحرم التعريض لها كالتصريح.*

[الباجوري، ٢/ ٢١٩]


_Tidak haram meminang secara sindiran kepada wanita dalam masa Iddah selain Iddah talak Raj'i. Akan tetapi, akad nikah yang diakibatkan darinya tidak sah jika diadakan pada masa Iddah. Sedangkan jika terjadi setelah habis masa Iddah maka sah. Ucapan pensyarah *[Jika ia bukan wanita dalam masa Iddah talak Raj'i]* namun jika ia merupakan wanita dalam masa Iddah talak Raj'i, maka tidak boleh meminangnya secara sindiran sebagaimana tidak boleh secara terang-terangan. Sebab, ia tertahan dengan talak. Maka terkadang ia berdusta karena menginginkan harta pelamar. Dan juga karena ia berstatus sebagai istri secara hukum. Sedangkan telah maklum bahwa haram melamar secara sindiran sebagaimana juga secara terang-terangan terhadap isteri (orang lain)._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


[10/11 08.34] Khoirul😄 Group FM: 📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


👩‍🦰🧕_*Aurat wanita Muslimah di hadapan wanita Kafiroh*_

----------------------


Bolehkah wanita kafir memandang wanita Muslimah.. ❓❓


     

                        --<>--<>--<>--<>--


*ويستثنى من الثانية : نظر الكافرة إلى المسلمة ؛ فهو حرام ، إلا لما يبدو عند المهنة ؛ أي : الخدمة ؛ لمفهوم قوله تعالى : (أَو نسَائهِنَّ )، وصح عن عمر رضي الله عنه منع الكتابيات دخول الحمام مع المسلمات، ومحل ذلك في كافرة غير محرم للمسلمة، وغير مملوكة لها، أما هما .. فيجوز لهما النظر إليها ؛ كما بحثه الزركشي في المحرم، وأفتى به النووي في المملوكة.*

[الباجوري، ٢/ ١٩٧]


_Dikecualikan dari kasus kedua (wanita memandang wanita), yaitu wanita kafiroh memandang wanita muslimah. Hukumnya haram, kecuali apa yang tampak saat melakukan pekerjaan rumah. Sesuai mafhum ayat "Atau wanita-wanita mereka". Dan riwayat sohih bahwa Umar RA melarang wanita Kitabiyah memasuki pemandian umum bersama wanita muslimah. Hal ini berlaku ketika wanita kafir tersebut bukanlah Mahrom dan budak bagi wanita Muslimah. Adapun jika mahrom dan budaknya, maka boleh ia memandangnya, sebagaimana yang dibahas oleh Imam Zarkasyi dalam masalah Mahrom dan yang difatwakan Imam Nawawi dalam masalah budak._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


[10/11 08.39] Khoirul😄 Group FM: 📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


💞 _*Peristri Kakak Adik*_

----------------------


Bagaimana jika kakak adik diperistri di surga ...❓❓

     

                        --<>--<>--<>--<>--

 

*وهذا في الدنيا ، وأما في الآخرة، فلا مانع من جمع الأختين فيها ؛ لانتفاء علة التحريم ؛ إذ لا تباغض فيها ولا حِقد ولا غل، فمن تزوج إحدى الأختين ثم ماتت في عصمته، ثم تزوج الأخرى ثم ماتت أيضاً في عصمته، أو مات عنها ولم تتزوج بعده بغيره جمع بينهما في الآخرة.*

[الباجوري، ٣/ ٣٩١ ،دار المنهج]


_Pelarangan (beristri 2 perempuan bersaudara) ini hanya berlaku di dunia. Adapun di akhirat, tidak ada halangan yang mencegah mengumpulkan 2 perempuan bersaudara karena tidak adanya illat pengharaman, sebab tidak adanya saling membenci, sakit hati, dan dengki di akhirat (surga;red). Maka, sesiapa yang beristrikan salah satu dari 2 perempuan bersaudara kemudian sang istri meninggal dalam status sebagai istrinya kemudian sang suami menikah lagi dengan saudara perempuan satunya kemudian ia juga meninggal dalam status sebagai istrinya atau sang suami meninggal tetapi sang istri tidak menikah lagi maka kedua perempuan bersaudara ini dikumpulkan di akhirat (sebagai 2 istri sang suami)._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧕 _*Rumus Wanita Yang Haram Dinikahi Sebab Nasab*_

----------------------


Berikut rumusnya...❇️

   

                        --<>--<>--<>--<>--


*وللمحرمات بالنسب ضابطان : الأول : تحرم نساء القرابة، إلا من دخلت تحت ولد العمومة، أو ولد الخؤولة ؛ كبنت العم والعمة، وبنت الخال والخالة.*

[الباجوري، ٢/ ٢٢٤]


_Wanita yang haram dinikahi sebab Nasab memiliki 2 standar/rumus. Pertama, wanita yang memiliki hubungan kekerabatan haram dinikahi, *kecuali wanita yang tergolong pada "Anak saudara ayah" atau "Anak Saudara Ibu",* seperti anak perempuan paman dan anak perempuan bibi, anak perempuan pakde dan anak perempuan budhe._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah


 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes