BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, July 15, 2024

TERJEMAH FATHUL MUIN BAB ZAKAT PART 1

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MUIN 

BAB ZAKAT PART 1

باب الزكاة هي لغة: التطهير والنماء. وشرعا: اسم لما يخرج عن مال، أو بدن، على الوجه الآتي.


BAB ZAKAT


Lafal الزكاة menurut Lughat, berarti membersihkan dan berkembang1⃣, sedang menurut istilah syarak, adalah nama sesuatu yang dikeluarkan2⃣ dari harta atau badan, dengan ketentuan di bawah ini.

--------------

1⃣📌يعني أن الزكاة في اللغة جاءت بمعنى التطهير، وبمعنى النمو.

۞Zakat dalam bahasa Arab memiliki beberapa makna: Pensucian / pembersihan, pertumbuhan, pujian, berkah, dan banyaknya kebaikan.

قال تعالى: * (قد أفلح من زكاها) * (١) أي طهرها.

ويقال: زكا الزرع إذا نما.


Allah SWT berfirman: (قد أفلح من زكاها) yang artinya "Sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa)" (QS. Asy-Syams: 9), yakni membersihkannya.

Dikatakan juga: " Zaka az-zar'u" , jika tanaman itu tumbuh.


📌وجاءت أيضا فيها بمعنى المدح، قال تعالى: * (فلا تزكوا أنفسكم) * أي تمدحوها.


Zakat juga bermakna pujian, sebagaimana firman Allah SWT: 

(فلا تزكوا أنفسكم) 

yang artinya "Janganlah kamu menganggap dirimu suci" (QS. An-Najm: 32), yakni memuji diri sendiri.


📌وبمعنى البركة، ويقال: زكت النفقة: إذا بورك فيها.


Makna lain dari zakat adalah berkah. Dikatakan: "Zakat an-nafaqah", jika nafkah itu diberkahi.  


📌وبمعنى كثير الخير، يقال: فلان زاك، أي كثير الخير.

Zakat juga bermakna banyaknya kebaikan.


 Dikatakan: "Fulan zakin", yakni orang itu banyak kebaikannya.

 

 2⃣أي لقدر يخرج إلخ، وسمي بذلك للمناسبة بينه وبين المعاني اللغوية المذكورة، وذلك لأن المال ينمو ببركة إخراجها ودعاء الآخذ لها، ولأنها تطهر مخرجها من الإثم، وتمدحه حين تشهد له بصحة الإيمان.

"Ini dinamakan demikian karena ada kesesuaian antara istilah tersebut dengan makna-makna bahasa yang disebutkan, karena harta bertambah dengan berkah pengeluarannya dan doa orang yang menerimanya, serta karena ia membersihkan orang yang mengeluarkannya dari dosa, dan memuji mereka dengan kesaksian atas kebenaran imannya."


IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 147

NURUL ILMI

----------------


 وفرضت زكاة المال في السنة الثانية من الهجرة بعد صدقة الفطر. ووجبت في ثمانية أصناف من المال: النقدين، والانعام، والقوت، والتمر، والعنب لثمانية أصناف من الناس. 

 Zakat mal difardukan pada tahun kedua Hijriah3⃣, yaitu sesudah zakat Fitrah4⃣. Zakat mal (harta)5⃣ wajib ditunaikan pada delapan macam: emas, perak, binatang ternak, makanan pokok6⃣, buah kurma dan anggur, dan diberikan kepada delapan golongan.

 ---------------

3⃣اختلف في أي شهر منها.


والذي قال شيخنا البابلي أن المشهور عن المحدثين أنها فرضت في شوال من السنة المذكورة.

"Mengenai bulan apa zakat diwajibkan, terdapat perbedaan pendapat.


Namun, menurut pendapat yang masyhur dari para ahli hadis, sebagaimana disebutkan oleh Guru kita al-Babili, bahwa zakat diwajibkan pada bulan Syawal tahun tersebut."

4⃣أي بعد فرض صدقة الفطر، لأنها فرضت قبل العيد بيومين في السنة الثانية أيضا - كما في المواهب اللدنية.


"Yakni setelah diwajibkannya zakat fitrah, karena zakat fitrah diwajibkan dua hari sebelum hari raya (Idul Fitri) pada tahun kedua hijriyah, sebagaimana disebutkan dalam kitab 'Al-Mawahib Al-Ladunniyah'."


5⃣أي بعد النقدين صنفين، والأنعام ثلاثة، وعروض التجارة داخلة في النقدين، لأنها تقوم بهما - كما علمت - 


"Adapun setelah harta berupa dua jenis mata uang( emas perak ), terdapat tiga jenis hewan ternak, dan harta perdagangan yang termasuk dalam kategori dua jenis mata uang tersebut, karena nilainya dihitung dengan keduanya, seperti yang telah diketahui.


وترجع هذه الثمانية إلى ضربين: ما يتعلق بالقيمة - وهو زكاة التجارة - وما يتعلق بالعين: وهو ثلاثة أنواع: نبات، وجوهر النقدين، وحيوان.


 Delapan jenis ini terbagi menjadi dua kelompok: yang berhubungan dengan nilai - yaitu zakat perdagangan - dan yang berhubungan dengan benda fisik: yaitu tiga jenis, yaitu tanaman, emas dan perak, dan hewan ternak."

 

6⃣ أي من الحبوب، كبر، وشعير، وأرز.


 dari biji-bijian, gandum, jelai, dan beras.

 

IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 148

NURUL ILMI

------------------

ويكفر جاحد وجوبها، ويقاتل الممتنع عن أدائها، وتؤخذ منه - وإن لم يقاتل - قهرا (تجب على) كل (مسلم) ولو غير مكلف، فعلى الولي إخراجها من ماله. 

 

Bagi orang yang menentang hukum wajib zakat, adalah kafir, yang enggan menunaikannya, harus di perangi 📒dan diambil zakat darinya secara paksa, sekalipun ia tidak memerangi. Wajib zakat bagi setiap orang Islam, sekalipun tidak mukalaf (anak kecil dan gila ). Maka bagi walinya yang berkewajiban mengeluarkan zakat dari harta orang yang tidak mukalaf.

------------

📒أي الزكاة - كما فعل الصديق رضي الله عنه - وكما يقاتل الممتنع من الأداء يقاتل الممتنع من أخذها.

"Seperti zakat - sebagaimana yang dilakukan oleh Abu Bakar radhiyallahu 'anhu - dan sebagaimana ia memerangi orang yang enggan membayarnya, demikian pula diperangi orang yang enggan menerimanya."


 وعبارة ش ق: ولو امتنع المستحقون من أخذها قاتلهم الإمام، لأن قبولها فرض كفاية، فيقاتلون على ذلك، لتعطيلهم هذا الشعار العظيم، كتعطيل الجماعة، بناء على أنها فرض كفاية، بل أولى.


Dan dalam kitabnya Abdull😄ah bin Hijazi Asy-Syarqowi (w. 1227 H).

 disebutkan: "Jika para mustahik (penerima zakat) menolak untuk menerima zakat, maka imam (pemimpin) akan memerangi mereka, karena menerima zakat adalah fardhu kifayah (kewajiban kolektif). Maka mereka akan diperangi karena telah mengabaikan syiar yang agung ini, sebagaimana mengabaikan shalat berjamaah, yang juga berdasarkan bahwa itu adalah fardhu kifayah, bahkan lebih utama."


IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 148

NURUL ILMI

-------------


 وخرج بالمسلم الكافر الاصلي، فلا يلزمه إخراجها، ولو بعد الاسلام

 

 Dikecualikan dari ketentuan “muslim”, jika pemilik harta itu seorang yang kafir asli📗. Karena itu, baginya tidak berkewajiban mengeluarkan zakat, sekalipun telah pernah masuk Islam.


(فائدة) أجاب السبكي عن سؤال صورته: كيف تخرج الزكاة من أموال الأيتام من الدراهم المغشوشة والغش فيها ملكهم؟ بأن الغش إن كان يماثل أجرة الضرب والتخليص فيسامح به، وعمل الناس على الإخراج منها.


(Manfaat) Al-Subki menjawab sebuah pertanyaan yang berbunyi: Bagaimana cara mengeluarkan zakat dari harta anak-anak yatim yang berupa uang yang dicampur dengan logam lain sedangkan campuran tersebut adalah milik mereka? Dengan menjelaskan bahwa jika campuran tersebut setara dengan biaya pencetakan dan pemurnian, maka dimaafkan, dan praktik masyarakat adalah mengeluarkan zakat dari uang tersebut.


📗 احترز بالأصلي عن المرتد، فإن فيه تفصيلا، وهو أنه إن ارتد بعد أن وجبت الزكاة عليه، أخذت منه مطلقا، سواء أسلم أم لا.


Berhati-hatilah dengan istilah "asli" terhadap orang yang murtad, karena ada perincian di dalamnya. Jika seseorang murtad setelah kewajiban zakat ditetapkan atasnya, maka zakat tersebut diambil darinya secara mutlak, baik dia kembali ke Islam atau tidak.


وإن وجبت عليه بعد أن ارتد فتوقف كبقية أمواله، إن عاد إلى الإسلام لزمه أداؤها، لتبين ملكه.


Namun, jika kewajiban zakat ditetapkan setelah dia murtad, zakat tersebut ditangguhkan seperti harta lainnya. Jika dia kembali ke Islam, maka dia wajib membayarnya karena hartanya tetap menjadi miliknya.


وإن مات مرتدا بان أن لا مال له من حين الردة ويكون فيئا.


Jika dia mati dalam keadaan murtad, maka terbukti bahwa dia tidak memiliki harta sejak saat murtad dan hartanya menjadi milik negara (fa'i).


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

3880. HUKUM STATUS TANAH URUGAN MASJID

3880. HUKUM STATUS TANAH URUGAN MASJID

RABU, 11 MARET 2015


PERTANYAAN :

Assalamu alaikum warahmatulloh wabarokah.... Ana mau tanya. sUdah maklum jika ada wanita haid berdiam di dalam masjid adalah haram... Pertanyaanya apakah puing-puing sisa bangunan masjid seperti sisa bongkaran tembok atau tanah yang digali dari tanah wakaf masjid (setumpuk tanah) dipindah ke suatu tempat kemudian ada wanita haid berdiam di tanah pindahan itu, apakah sisa tembok atau tanah itu berlaku masjid sehingga haram bagi wanita itu diam disitu...?? Mohon dijawab sertai ta'bir mengingat ini sangat diperlukan.... syukron... [ Elozz Opo Anane ].


JAWABAN :


Wa'alaikumussalam, jika urugan tersebut dialokasikan kembali kepada masjid maka statusnya menjadi masjid dan berlaku hukum masjid, namun bila dialokasikan kepada selain masjid maka tidak lagi berlaku hukum masjid, sebab sifat kemasjidannya sudah hilang dan sudah berubah bentuk dari wakaf masjid. Sehingga tidak mengapa seandainya ada wanita haid berdiam di tanah pindahan itu.


Dalam madzhab Hambaliy, status waqof sudah putus/bukan masjid lagi jika bendanya telah rusak:


المغني لابن قدامة :

وقال محمد بن الحسن : إذا خرب المسجد أو الوقف عاد إلى ملك واقفه لأن الوقف إنما هو تسبيل المنفعة فإذا زالت منفعته زال حق الموقوف عليه منه فزال ملكه عنه


Nah itu, bahkan dalam Syafi'iyah syarat menjadi masjid itu jika memang diwakafkan untuk masjid. Adakah masjid yang bukan waqof.....? annal masjida laa yakuunu illa waqfan. Itu berarti bila bagian masjid dialihkan kepada selain masjid maka statusnya bukan lagi masjid.


Ahkam al Masajid hal. 79


يجوز وقف الأرض المملوكة لتكون مسجدا ، وكذا لو كانت مبنية ، وهذا الوقف من أعمال البر المرغب فيها شرعا ، وحين توقف الأرض مسجدا فإن لهذا الوقف أحكاما ، منها : الحكم الأول : إذا أوقفت الأرض أو الأرض وما عليها من بناء مسجدا ، فهي حق مشترك لجميع المسلمون بإجماع الأمة ، حكاه ابن العربي . وتكون خارجة من ملك صاحبها لينتفع بها المسلمون ، وتضاف إلى الله تعالى إضافة تشريف وتكريم . الحكم الثاني : إذا أذن للناس بالصلاة في مكان من ملكه ، فهل إذنه يعتبر وقفا أم لا بد من لفظه بلسانه بالوقف ؟ . اختلف العلماء - رحمهم الله تعالى - على قولين : القول الأول : أن المكان يصير وقفا إذا نواه كذلك ، ولو لم ينطق بالوقف ، إذا أذن للناس بالصلاة فيه . وبهذا قال مالك وأحمد حكاه في المغني عنه . القول الثاني : أنة لا يصير وقفا حتى يتلفظ بالوقفية . وبه قال أبو حنيفة والشافعي


I'anah Tholibin : 179-180


إعانة الطالبين الجزء الثالث ص : 179-180 دار الفكرولا يباع موقوف وإن خرب فلو انهدم مسجد وتعذرت إعادته: لم يبع, ولا يعود ملكا بحال - لإمكان الصلاة والاعتكاف فى أرضه – أو جف, الشجر الموقوف أو قلعه ريح لم يبطل الوقف, فلا يباع ولا يوهب, بل ينتفع الموقوف عليه – ولو بجعله أبوابا, إن لم يمكنه إجارته خشبا بحاله - فإن تعذر الانتفاع به إلا باستهلاكه: كأن صار لا ينتفع به إلا بالإحراق: انقطع الوقف - أى ويملكه الموقوف عليه حينئذ - على المعتمد. فينتفع بعينه ولا يبيعه (قوله وان خرب) اى الموقوف وخالف فى هذه الإمام أبو حنيفة فأجاز بيع المحل الخراب بشرط ان يكون قد آل الى السقوط ويبدل بمحل آخر أحسن منه وان يكون بعد حكم حاكم يرى صحته .


Fokus :

فإن تعذر الانتفاع به إلا باستهلاكه: كأن صار لا ينتفع به إلا بالإحراق: انقطع الوقف


Jadi ketika status wakaf sudah terputus maka hukum masjid juga putus. Adapun cara tasharruf tanah tsb sebagai berikut : 


غاية تلخيص المراد من فتاوى ابنزياد صـ : 504 دار الفكر(مسألة): أوقاف المساجد والآباروالرّباطات المسبلة إذا تعذر صرف متوجهاتها إليها على ما شرطه الواقف لخرابالمساجد والعمران، عندها يتولى الحاكم أمر ذلك، وفي صرفه خمسة أوجهّ أحدهاقاله الروياني والماوردي والبلقيني: يصرف إلى الفقراء والمساكين. الثاني: حكاهالحناطي وقاله الماوردي أيضاً: أنه كمنقطع الآخر. الثالث: حكاه الحناطي: أيضاًيصرف إلى المصالح. الرابع: قاله الإمام وابن عجيل: يحفظ لتوقع عوده. الخامس: وهوالمعتمد وجرى عليه في الأنوار والجواهر وزكريا أنه يصرف إلى مثلها المسجد إلىالمسجد الخ، والقريب أولى، وعليه يحمل قول المتولي لأقرب المساجد. قلت: وافق هذاالأخير ابن حجر وأبو مخرمة اهـ


عِبَارَةُ شَرْحِ الْعُبَابِ وَهِيَ صَرِيحَةٌ كما تَرَى في صِحَّة وَقْف الْبِنَاءِ دُون الْأَرْضِ مَسْجِدًا سَوَاء أَكَانَتْ الْأَرْضُ مُسْتَأْجَرَةً أَمْ مُسْتَعَارَةً أَمْ لَا


وَعِبَارَةُ شَرْحِ الْإِرْشَادِ الرَّابِعُ الْمُعْتَكَفُ فيه فَلَا يَصِحُّ الِاعْتِكَافُ إلَّا في مَسْجِدٍ لِلِاتِّبَاعِ رَوَاهُ الشَّيْخَانِ وَلِلْإِجْمَاعِ وَلَا فَرْقَ بَيْن سَطْحِهِ وَصَحْنِهِ وَرَحْبَتِهِ الْمَعْدُودَةِ منه


وَأَفْهَم كَلَامه أَنَّهُ لَا يَصِحُّ في مُصَلَّى بَيْتِ الْمَرْأَةِ وَلَا فِيمَا وُقِفَ جُزْؤُهُ شَائِعًا مَسْجِدًا وَلَا في مَسْجِدٍ أَرْضُهُ مُسْتَأْجَرَةٌ وهو كَذَلِكَ 


نعم رَجَّحَ الْإِسْنَوِيُّ قَوْلَ بَعْضِهِمْ لو بَنَى فيه مَسْطَبَةً وَوَقَفَهَا مَسْجِدًا صَحَّ كما يَصِحُّ على سَطْحِهِ وَجُدْرَانِهِ وَقَوْلِ الزَّرْكَشِيّ يَصِحّ وَإِنْ لم يَبْنِ مَسْطَبَةً مَرْدُودٌ إذْ الْمَسْجِدُ هو الْبِنَاءُ الذي في تِلْكَ الْأَرْضِ لَا الْأَرْضُ 


وَمِنْ هُنَا عُلِمَ أَنَّهُ يَصِحُّ وَقْفُ الْعُلْوِ دُون السُّفْلِ مَسْجِدًا كَعَكْسِهِ انْتَهَتْ وَهِيَ أَيْضًا مُصَرِّحَةٌ بِصِحَّةِ وَقْفِ الْبِنَاءِ دُون الْأَرْضِ مَسْجِدًا فَالْمُصَلِّي في هَوَائِهِ كَأَنَّهُ مُصَلٍّ بِالْمَسْجِدِ 


وَلَوْ سَقَّفَ ذلك الْبِنَاءَ صَحَّ على سَقْفِهِ الِاعْتِكَافُ وَأُعْطِيَ سَقْفُهُ جَمِيعَ أَحْكَامِ الْمَسْجِدِ


Dalam madzhab Hambaliy : dalam waqof boleh merubah dari syaratnya waqif/ tidak sesuai dengan yang disyaratkan oleh waqif bila memang ada mashlahah :


v الإنصاف جـ 7 صـ 45 


فوائد: الأولى يتعين مصرفُ الوقف إلى الجهةِ المعينَّة له على الصحيح من المذهب ونقله الجماعةُ قدمه في الفروع وغيره وقطع به أكثرهم وعليه الأصحاب وقال الشيخ تقي الدين رحمه الله يجوز تغييرُ شرطِ الواقف إلى ما هو أصلحُ منه وإن اختلف ذلك باختلافِ الأزمان حتى لو وقف على الفقهاء والصوفية واحتاج الناس إلى الجهاد صُرف إلى الجند وقيل إن سُبِّلَ ماءٌ للشرب جاز الوضوء منه قال في الفروع فشرب ماء موقوف للوضوء يتوجه عليه وأولى


v الفتاوى الكبرى لإبن تيمية | جـ 5 صـ 429


ويجب عمارة الوقف بحسب البطون والجمع بين عمارة الوقف وأرباب الوظائف حسب الإمكان أولى بل قد يجب ولا يلزم الوفاء بشرط الواقف إلا إذا كان مستحبا خاصة وهو ظاهر المذهب أخذا من قول أحمد في اعتبار القربة في أصل الجهة الموقوف عليها وإذا شرط في استحقاق ريع الوقف العزوبة فالمتأهل أحق من المتعزب إذا استويا في سائر الصفات ولو شرط للصلوات الخمس على أهل مدرسة في القدس كان الأفضل لأهلها أن يصلوا الصلوات الخمس في الأقصى ولا يقف استحقاقهم على الصلاة في المدرسة. وكان يفتي به ابن عبد السلام وغيره ويجوز تغيير شرط الواقف إلى ما هو أصلح منه وإن اختلف ذلك باختلاف الزمان حتى لو وقف على الفقهاء والصوفية واحتاج الناس إلى الجهاد صرف إلى الجند وإذا وقف على مصالح الحرم وعمارته فالقائمون بالوظائف التي يحتاج إليها المسجد من التنظيف والحفظ والفرش وفتح الأبواب وإغلاقها ونحو ذلك يجوز الصرف إليهم وقول الفقهاء نصوص الواقف كنصوص الشارع يعني في الفهم والدلالة لا في وجوب العمل مع أن التحقيق أن لفظ الواقف والموصي والناذر والحالف وكل عاقد يحمل على مذهبه وعادته في خطابه ولغته التي يتكلم بها وافق لغة العرب أو لغة الشارع أو لا والعادة المستمرة والعرف المستقر في الوقف يدل على شرط الواقف أكثر مما يدل لفظ الاستفاضة ولا يجوز أن يولي فاسقا في جهة دينية كمدرسة وغيرها مطلقا لأنه يجب الإنكار عليه وعقوبته فكيف ينزل وظاهر كلام أبي العباس في موضع آخر خلاف ذلك وإن نُزِّلَ تنزيلا شرعيا لم يجز صرفه بلا موجب شرعي وكل متصرف بولاية إذا قيل له افعل ما تشاء فإنما هو لمصلحة شرعية، حتى لو صرح الواقف بفعل ما يهواه أو ما يراه مطلقا فهو شرط باطل لمخالفته الشرع وغايته أن يكون شرطا مباحا وهو باطل على الصحيح المشهور حتى لو تساوى فعلان عمل بالقرعة وإذا قيل هنا بالتخيير فله وجه وعلى الناظر بيان المصلحة فيعمل بما ظهر ومع الاستنباه وإن كان عالما عادلا ساغ له الاجتهاد


v مطالب أولى النهى الجزء الرابع ص: 376 )حنبل (


(تنبيه) سئل الشيخ تقي الدين فيمن بنى مسجدا لله وأراد غيره أن يبني فوقه بيتا وقفا له إما لينتفع بأجرته في المسجد أو ليسكنه لإمامه ويرون ذلك مصلحة للإمام أو للمسجد فهل يجوز ذلك أم لا ؟ فأجاب بأنه إذا كان ذلك مصلحة للمسجد بحيث يكون ذلك أعون على ما شرعه الله ورسوله فيه من الإمامة والجماعة وغير ذلك مما شرع في المساجد فإنه ينبغي فعله كما نص على ذلك ونحوه غير واحد من الأئمة حتى سئل الإمام أحمد عن مسجد لاصق بالأرض فأرادوا أن يرفعوه ويبنوا تحته سقاية وهناك شيوخ فقالوا : نحن لا نستطيع الصعود إليه فقال أحمد : ينظر ما أجمع عليه أكثرهم ولعل ذلك أن تغيير صورة المسجد وغيره من الوقف لمصلحة راجحة جائز إذ ليس في المساجد ما هو معين بذاته إلا البيت المعمور وإلا المساجد الثلاثة التي تشد إليها الرحال إذ هي من بناء الأنبياء عليهم الصلاة والسلام فكانت كالمنصوص عليه بخلاف المساجد التي بناها غيره فإن الأمر فيها يتبع المصلحة ولكن المصلحة تختلف باختلاف الأعصار والأمصار



MUJAWWIB :

Al Murtadho, Ghufron Bkl, Simfoni Hitam, Abdullah Afif


Sunday, July 14, 2024

TERJEMAH FATHUL MUIN BAB ZAKAT PART ( 1)

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MUIN 

BAB ZAKAT PART 1


باب الزكاة هي لغة: التطهير والنماء. وشرعا: اسم لما يخرج عن مال، أو بدن، على الوجه الآتي.


BAB ZAKAT


Lafal الزكاة menurut Lughat, berarti membersihkan dan berkembang1⃣, sedang menurut istilah syarak, adalah nama sesuatu yang dikeluarkan2⃣ dari harta atau badan, dengan ketentuan di bawah ini.

--------------

1⃣📌يعني أن الزكاة في اللغة جاءت بمعنى التطهير، وبمعنى النمو.

۞Zakat dalam bahasa Arab memiliki beberapa makna: Pensucian / pembersihan, pertumbuhan, pujian, berkah, dan banyaknya kebaikan.


قال تعالى: * (قد أفلح من زكاها) * (١) أي طهرها.

ويقال: زكا الزرع إذا نما.


Allah SWT berfirman: (قد أفلح من زكاها) yang artinya "Sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa)" (QS. Asy-Syams: 9), yakni membersihkannya.

Dikatakan juga: " Zaka az-zar'u" , jika tanaman itu tumbuh.


📌وجاءت أيضا فيها بمعنى المدح، قال تعالى: * (فلا تزكوا أنفسكم) * أي تمدحوها.


Zakat juga bermakna pujian, sebagaimana firman Allah SWT: 

(فلا تزكوا أنفسكم) 

yang artinya "Janganlah kamu menganggap dirimu suci" (QS. An-Najm: 32), yakni memuji diri sendiri.


📌وبمعنى البركة، ويقال: زكت النفقة: إذا بورك فيها.


Makna lain dari zakat adalah berkah. Dikatakan: "Zakat an-nafaqah", jika nafkah itu diberkahi.  


📌وبمعنى كثير الخير، يقال: فلان زاك، أي كثير الخير.

Zakat juga bermakna banyaknya kebaikan.


 Dikatakan: "Fulan zakin", yakni orang itu banyak kebaikannya.

 

 2⃣أي لقدر يخرج إلخ، وسمي بذلك للمناسبة بينه وبين المعاني اللغوية المذكورة، وذلك لأن المال ينمو ببركة إخراجها ودعاء الآخذ لها، ولأنها تطهر مخرجها من الإثم، وتمدحه حين تشهد له بصحة الإيمان.

"Ini dinamakan demikian karena ada kesesuaian antara istilah tersebut dengan makna-makna bahasa yang disebutkan, karena harta bertambah dengan berkah pengeluarannya dan doa orang yang menerimanya, serta karena ia membersihkan orang yang mengeluarkannya dari dosa, dan memuji mereka dengan kesaksian atas kebenaran imannya."


IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 147

NURUL ILMI

----------------


 وفرضت زكاة المال في السنة الثانية من الهجرة بعد صدقة الفطر. ووجبت في ثمانية أصناف من المال: النقدين، والانعام، والقوت، والتمر، والعنب لثمانية أصناف من الناس. 

 Zakat mal difardukan pada tahun kedua Hijriah3⃣, yaitu sesudah zakat Fitrah4⃣. Zakat mal (harta)5⃣ wajib ditunaikan pada delapan macam: emas, perak, binatang ternak, makanan pokok6⃣, buah kurma dan anggur, dan diberikan kepada delapan golongan.

 ---------------

3⃣اختلف في أي شهر منها.


والذي قال شيخنا البابلي أن المشهور عن المحدثين أنها فرضت في شوال من السنة المذكورة.

"Mengenai bulan apa zakat diwajibkan, terdapat perbedaan pendapat.


Namun, menurut pendapat yang masyhur dari para ahli hadis, sebagaimana disebutkan oleh Guru kita al-Babili, bahwa zakat diwajibkan pada bulan Syawal tahun tersebut."


4⃣أي بعد فرض صدقة الفطر، لأنها فرضت قبل العيد بيومين في السنة الثانية أيضا - كما في المواهب اللدنية.


"Yakni setelah diwajibkannya zakat fitrah, karena zakat fitrah diwajibkan dua hari sebelum hari raya (Idul Fitri) pada tahun kedua hijriyah, sebagaimana disebutkan dalam kitab 'Al-Mawahib Al-Ladunniyah'."


5⃣أي بعد النقدين صنفين، والأنعام ثلاثة، وعروض التجارة داخلة في النقدين، لأنها تقوم بهما - كما علمت - 


"Adapun setelah harta berupa dua jenis mata uang( emas perak ), terdapat tiga jenis hewan ternak, dan harta perdagangan yang termasuk dalam kategori dua jenis mata uang tersebut, karena nilainya dihitung dengan keduanya, seperti yang telah diketahui.


وترجع هذه الثمانية إلى ضربين: ما يتعلق بالقيمة - وهو زكاة التجارة - وما يتعلق بالعين: وهو ثلاثة أنواع: نبات، وجوهر النقدين، وحيوان.


 Delapan jenis ini terbagi menjadi dua kelompok: yang berhubungan dengan nilai - yaitu zakat perdagangan - dan yang berhubungan dengan benda fisik: yaitu tiga jenis, yaitu tanaman, emas dan perak, dan hewan ternak."

 

6⃣ أي من الحبوب، كبر، وشعير، وأرز.


 dari biji-bijian, gandum, jelai, dan beras.

 

IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 148

NURUL ILMI

------------------


ويكفر جاحد وجوبها، ويقاتل الممتنع عن أدائها، وتؤخذ منه - وإن لم يقاتل - قهرا (تجب على) كل (مسلم) ولو غير مكلف، فعلى الولي إخراجها من ماله. 

 

Bagi orang yang menentang hukum wajib zakat, adalah kafir, yang enggan menunaikannya, harus di perangi 📒dan diambil zakat darinya secara paksa, sekalipun ia tidak memerangi. Wajib zakat bagi setiap orang Islam, sekalipun tidak mukalaf (anak kecil dan gila ). Maka bagi walinya yang berkewajiban mengeluarkan zakat dari harta orang yang tidak mukalaf.

------------

📒أي الزكاة - كما فعل الصديق رضي الله عنه - وكما يقاتل الممتنع من الأداء يقاتل الممتنع من أخذها.

"Seperti zakat - sebagaimana yang dilakukan oleh Abu Bakar radhiyallahu 'anhu - dan sebagaimana ia memerangi orang yang enggan membayarnya, demikian pula diperangi orang yang enggan menerimanya."


 وعبارة ش ق: ولو امتنع المستحقون من أخذها قاتلهم الإمام، لأن قبولها فرض كفاية، فيقاتلون على ذلك، لتعطيلهم هذا الشعار العظيم، كتعطيل الجماعة، بناء على أنها فرض كفاية، بل أولى.


Dan dalam kitabnya Abdull😄ah bin Hijazi Asy-Syarqowi (w. 1227 H).

 disebutkan: "Jika para mustahik (penerima zakat) menolak untuk menerima zakat, maka imam (pemimpin) akan memerangi mereka, karena menerima zakat adalah fardhu kifayah (kewajiban kolektif). Maka mereka akan diperangi karena telah mengabaikan syiar yang agung ini, sebagaimana mengabaikan shalat berjamaah, yang juga berdasarkan bahwa itu adalah fardhu kifayah, bahkan lebih utama."


IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 148

NURUL ILMI

-------------


 وخرج بالمسلم الكافر الاصلي، فلا يلزمه إخراجها، ولو بعد الاسلام

 

 Dikecualikan dari ketentuan “muslim”, jika pemilik harta itu seorang yang kafir asli📗. Karena itu, baginya tidak berkewajiban mengeluarkan zakat, sekalipun telah pernah masuk Islam.


(فائدة) أجاب السبكي عن سؤال صورته: كيف تخرج الزكاة من أموال الأيتام من الدراهم المغشوشة والغش فيها ملكهم؟ بأن الغش إن كان يماثل أجرة الضرب والتخليص فيسامح به، وعمل الناس على الإخراج منها.


(Manfaat) Al-Subki menjawab sebuah pertanyaan yang berbunyi: Bagaimana cara mengeluarkan zakat dari harta anak-anak yatim yang berupa uang yang dicampur dengan logam lain sedangkan campuran tersebut adalah milik mereka? Dengan menjelaskan bahwa jika campuran tersebut setara dengan biaya pencetakan dan pemurnian, maka dimaafkan, dan praktik masyarakat adalah mengeluarkan zakat dari uang tersebut.


📗 احترز بالأصلي عن المرتد، فإن فيه تفصيلا، وهو أنه إن ارتد بعد أن وجبت الزكاة عليه، أخذت منه مطلقا، سواء أسلم أم لا.


Berhati-hatilah dengan istilah "asli" terhadap orang yang murtad, karena ada perincian di dalamnya. Jika seseorang murtad setelah kewajiban zakat ditetapkan atasnya, maka zakat tersebut diambil darinya secara mutlak, baik dia kembali ke Islam atau tidak.


وإن وجبت عليه بعد أن ارتد فتوقف كبقية أمواله، إن عاد إلى الإسلام لزمه أداؤها، لتبين ملكه.


Namun, jika kewajiban zakat ditetapkan setelah dia murtad, zakat tersebut ditangguhkan seperti harta lainnya. Jika dia kembali ke Islam, maka dia wajib membayarnya karena hartanya tetap menjadi miliknya.


وإن مات مرتدا بان أن لا مال له من حين الردة ويكون فيئا.


Jika dia mati dalam keadaan murtad, maka terbukti bahwa dia tidak memiliki harta sejak saat murtad dan hartanya menjadi milik negara (fa'i).


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Saturday, July 13, 2024

BAGI WANITA, LEBIH UTAMA MANAKAH, SHOLAT JAMA’AH DI MASJID/MUSHOLLA ATAU SHOLAT JAMA’AH DI RUMAH?

 Pondok pesantren Al hikmah 2 BENDA SIRAMPOG 


*PERTANYAAN :*


BAGI WANITA, LEBIH UTAMA MANAKAH,

SHOLAT JAMA’AH DI MASJID/MUSHOLLA ATAU SHOLAT JAMA’AH DI RUMAH?


*JAWABAN :*


Bagi wanita lebih utama sholat jama’ah di rumah daripada sholat jama’ah di Masjid/Musholla.


Namun jika di rumah sholatnya sendirian sedangkan di Masjid/Musholla bisa sholat Jama’ah, maka perinciaanya sebagai berikut :


• Bila tanpa seizin wali atau suami dan dikhawatirkan terjadi fitnah baik darinya atau kepadanya maka HARAM

• Bila dengan izin namun ia termasuk wanita yang masih menimbulkan pesona syahwat maka MAKRUH

• Bila sudah tidak menimbulkan syahwat namun ia berhias atau memakai wewangian maka juga MAKRUH

• Bila dengan izin dan dia tidak menimbulkan pesona syahwat, tidak berhias, tidak memakai wewangian maka BOLEH.


REFERENSI:


إعانة الطالبين ٢/٥ 


.وخرج بالذكر المرأة فإن الجماعة لها في البيت أفضل منها في المسجد.


إعانة الطالبين ٢/٥


ويكره لها أى المرأة حضور جماعة المساجد إن كانت مشتهاة ولو في ثياب بذلة أو غير مشتهاة وبها شيئ من الزينة أو الريح الطيب وللامام أو نائبه منعهن كما له منع من تناول ذا ريح كريه من دخول المسجد ويحرم عليهن بغير إذن ولي أو حليل أو سيد أو هما في أمة متزوجة ومع خشية منها أو عليها.


بشرى الكريم ١/١١٩


نعم إن كان يصليها بأهله جماعة وذهابه الى المسجد يفوتها وقام الشعار بغيره ولم يتعطل مسجد بغيبته فهو أفضل.


الباجوري ١/١٩٣


وتحصل فضيلة الجماعة بصلاته بزوجته أو نحوها بل تحصيله الجماعة لأهل بيته أفضل. 


نهايةالمحتاج 2/ 140


ويكره لها حضور جماعة المسجد إن كانت مشتهاة ولو في ثياب مهنة أو غير مشتهاة وبها شيء من الزينة أو الريح الطيب وللإمام أو نائبه منعهن حينئذ كما له منع من تناول ذا ريح كريه من دخول المسجد.


مغنى المحتاج


ويكره لذوات الهيئات حضور المسجد مع الرجال ويكره للزوج والسيد والولي تمكينهن منه لما في الصحيحين عن عائشة رضي الله تعالى عنها لو أن رسول الله صلى الله عليه وسلم رأى ما أحدث النساء لمنعهن المسجد كما منعت نساء بني إسرائيل ولخوف الفتنة أما غيرهن فلا يكره لهن ذلك ويندب لمن ذكر إذا استأذنه أن يأذن لهن إذا أمن المفسدة لخبر مسلم إذا استأذنتكم نساؤكم بالليل إلى المسجد فأذنوا لهن فإن لم يكن لهن زوج أو سيد أو ولي ووجدت شروط الحضور حرم المنع.


إعانة الطالبين ٢/٥


وخرج بالذكر المرأة فإن الجماعة لها في البيت أفضل منها في المسجد لخبر لا تمنعوا نساءكم المسجد وبيوتهن خير لهن نعم يكره لذوات الهيئات حضور المسجد مع الرجال لما في الصحيحين عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت لو أن رسول الله صلى الله عليه وسلم رأى ما أحدث النساء لمنعهن المسجد كما منعت نساء بني إسرائيل ولما في ذلك من خوف الفتنة وعبارة شرح م ر ويكره لها أي للمرأة حضور جماعة المسجد إن كانت مشتهاة ولو في ثياب بذلة أو غير مشتهاة وبها شيء من الزينة أو الريح الطيب وللإمام أو نائبه منعهن حينئذ كما له منع من تناول ذا ريح كريه من دخول المسجد ويحرم عليهن بغير إذن ولي أو حليل أو سيد أوهما في أمة متزوجة ومع خشية فتنة منها أو عليها اه


تحفة المحتاج الجزء الثالث ص: 60


وتسن جماعة) وينادى لها الصلاة جامعة كما علم مما مر وتستحب للنساء غير ذوات الهيئات الصلاة مع الإمام , وذوات الهيئات يصلين في بيوتهن منفردات , فإن اجتمعن فلا بأس نهاية ومغني


غرر البهية الجزء الثاني ص: 65


 فرع ) يندب للنساء أي : العجائز غير ذوات الهيئات صلاة الكسوف مع الإمام وغيرهن أي : من ذوات الهيئات ولو عجائز والشواب ولو غير ذوات الهيئات يصلين أي : ندبا في البيوت منفردات ولا بأس بجماعتهن ولا يخطبن وإن وعظتهن امرأة فحسن , ثم إن كان معهن رجل له فيهن محرم صلى بهن وإلا كره . ا هـ . وقولي أي : العجائز وقولي والشواب ولو غير ذوات الهيئات تبعت فيه شارح العباب لكنه خلاف ظاهر قول الشارح هنا عن الأم : بل أحبها لهن أي : لمن لا هيئة لها من النساء وقوله : الآتي في الاستسقاء وعطف في المجموع وغيره على الشيخة العجائز وغير ذوات الهيئات من النساء . ا هـ .


المجموع الجزء الخامس ص: 15


 أما الأحكام ) فقال الشافعي والأصحاب رحمهم الله : يستحب للنساء غير ذوات الهيئات حضور صلاة العيد وأما ذوات الهيئات وهن اللواتي يشتهين لجمالهن فيكره حضورهن , هذا هو المذهب والمنصوص


المحلي الجزء الأول ص: 366


قال في شرح المهذب : وثياب البذلة هي التي تلبس في حال الشغل ومباشرة الخدمة وتصرف الإنسان في بيته


حاشية الجمل الجزء الرابع ص: 118


 قوله : جميلة ) المراد بالجمال كما أفتى به الوالد الوصف القائم بالذات المستحسن عند ذوي الطباع السليمة نعم تكره ذات الجمال المفرط ; لأنها تزهو به وتتطلع إليها أعين الفجرة ومن ثم قال أحمد ما سلمت ذات الجمال قط . ا هـ . شرح م ر

HUKUM MEMELIHARA KUMIS DAN JENGGOTNYA, BAGAIMANAKAH?


Ya... Maksud sy di pelihara... Tapi apakah boleh dipelihara hanya jenggot saja?? 

Karna pernah saya dengar, jika dipelihara Jenggot, mesti harus dipelihara juga kumis, kalo gak maka akan menyerupai yahudi...

Tapi belum terlalu yakin, karna blm ketemu dalil


Jawabannya adalah sebagai berikut:

Memotong kumis itu Sunnah ,,merawat jengot itu Sunnah 


Dalam haditsnya Rasulullah saw bersabda


عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: خَمْسٌ مِنْ الْفِطْرَةِ: الِاسْتِحْدَادُ و الْخِتَانُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ


Lima perkara merupakan fitrah (sesuci) yaitu, memotong bulu kemaluan, berkhitan, memotong kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku"


Dari hadits ini para ahli fiqih memberikan hukum sunnah kepada kegiatan yang memiliki orientasi kebersihan dan kerapian, yaitu memotong bulu yang tumbuh di sekitar daerah kemaluan dan mencabut bulu yang tumbuh di ketiak lengan tangan.


Bahkan khusus untuk kumis Rasulullah saw pernah menghimbau untuk memotongnya dengan tegas disabdakan dalam hadits yang diriwayatkan dari Zaid bin Arqam

من لم يأخذ من شاربه فليس منا


Barang siapa yang tidak memotong kumisnya, bukanlah golongan kami.


Demikian fiqih sangat mementingkan perihal berbagai macam bulu yang tumbuh di dalam tubuh, karena berbagai bulu tersebut seringkali menyebabkan ketidaknyamanan, kejengkelan dan juga kegelisahan yang dapat mengganggu pribadi maupun orang lain.


Selain itu permasalahan bulu ini juga menyangkut kerapian penampilan. Sesungguhnya Islam sangat menghargai penampilan yang rapi. Sebagaimana dinyatakan Rasulullah saw dalam hadits tentang pemotongan kumis.


Demikianlah hal ini harusnya menjadi pertimbangan utama bagi mereka yang memanjangkan jenggot, walaupun Rasulullah saw sendiri pernah bersabda


خالفوا المشركين وفروا اللحي واخفوا الشوارب

Bedakanlah dirimu dari kaum musyrikin, lebatkanlah jenggot dan panjangkanlah kumis


Sesungguhnya hadits ini menganjurkan orang muslim untuk melebatkan jenggot dan memanjangkan kumis sebagai pembeda dari orang musyrik. Akan tetapi standar lebat dan panjang jangan sampai mengorbankan kerapian. Sebagaimana anjuran Rasulullah dalam hadits di atas. Karena jika jenggot itu lebat tak tertaur dan kumis itu panjang tak tertata itulah teori asal beda tanpa tahu alasan dan maknanya.

Dalam kitab madzahibul arba'ah di coreyan beberapa Hal/Aktifitas yang disunnahkan pada hari/malam Jum'at


الشافعية - قالوا : من السنن المطلوبة يوم الجمعة قص الشارب حتى تظهر حمرة الشفة ومعنى ذلك أنه يبالغ في قصه إلى أن يخف شعره ويظهر ما تحته ولكنه يكره استئصاله بالقص كما يكره حلقه جميعه وإذا قص بعضه وحلق بعضه فإنه جائز أما اللحية فإنه يكره حلقها والمبالغة في قصها فإذا زادت على القبضة فإن الأمر فيه سهل خصوصا إذا ترتب عليه تسوية للخفة أو تعريض به ونحو ذلك.


1. Mencukur brengos (kumis)

Mencukur kumis di sini bermakna tidak mencukur habis kumisnya, melainkan hingga tersisa tipis saja, sehingga kulit dasarnya tampak. Adapun mencukur habis kumis, maka dihukumi makruh. Dan apabila mencukur tipis sebagian kumis, dan sebagian lain digundulkan, maka hal ini dihukumi boleh.


Adapun jenggot, maka dihukumi makruh mencukur habis. Dan apabila tebalnya mencapai satu genggam lebih, maka hukumnya makruh juga mencukurnya.


 ومن السنن المطلوبة يوم الجمعة نتف شعر الابطين ويكره للقادر على النتف أن يحلقه أما الذي يتألم من النتف فإنه لا يكره له الحلق.


2. Mencabut bulu ketiak.

Mencabut bulu ketika ini disunnahkan bagi orang yang memang mampu untuk mencabutnya, dan baginya makruh untuk mencukur bulu ketiaknya. Adapun orang yang merasa sakit ketika mencabut bulu ketiak, maka ia tidak dimakruhkan untuk mencukurnya.


 وكذلك من السنن المطلوبة يوم الجمعة حلق شعر العانة للرجل ونتفها للمرأة ويتعين على المرأة إزالتها عند أمر الزوج لها.


3. Mencukur bulu kemaluan (jembut)


Mencukur jembut disini disunnahkan untuk laki-laki. Adapun bagi perempuan disunnahkan agar mencabutnya, dan ini dihukumi lebih kuat lagi jika atas permintaan suaminya.


 ويكره نتف شعر الأنف بل يسن قصه إن طال وأن يتركه لما فيه من المنفعة الصحية


4. Mencukur bulu hidung jika off-side

Sebagian orang memiliki bulu hidung yang terkadang off-side (keluar batas), maka baginya disunnahkan untuk mencukurnya, atau ia diperbolehkan untuk membiarkannya, sebab ini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Adapun mencabutnya, maka hal ini dihukumi makruh.


 أما شعر الرأس فإن حلقه مباح ولا بأس بتركه لمن يتعهده بالنظافة إلا إذا كان الغرض من تركه التشبه بفئة مخصوصة ليلبس على الناس فإن تركه لا يجوز حينئذ


Adapun rambut kepala, maka hukum mencukurnya ialah mubah, dan tak mengapa jika membiarkannya panjang bagi seorang yang telaten akan kebersihannya. Kecuali jika ia memanjangkan rambutnya ditujuhkan untuk menyerupai sebagian kelompok tertentu, maka hukum memanjangkan rambut di sini tidak diperbolehkan.


ومن السنن المطلوبة يوم الجمعة قص الأظافير لغير المحرم متى طالت . ومثل يوم الجمعة الخميس والاثنين . والمعتمد في كيفية قص الأظافير أن يبدأ في اليدين بسبابة يمينه إلى خنصرها ثم إبهامها ثم خنصر يساره إلى إبهامها ويبدأ في الرجلين بخنصر الرجل اليمنى إلى خنصر الرجل اليسرى على التوالي


5. Memotong kuku bagi orang yang tidak sedang melakukan ihram


Hukum kesunnahan memotong kuku ini terdapat pada hari Jum'at, Kamis dan hari Senin.


Tata cara memotong kuku pun beragam, namun, pendapat yang mu'tamad ialah dimulai pada: 

Jari telunjuk tangan kanannya hingga kelingking, kemudian ibu jari tangan kanan. Lalu pada tangan kiri dimulai pada jari kelingking hingga ibu jari.

Kemudian pada kaki dimulai pada 

Jari kelingking kaki kanan, hingga jari kelingking kaki kiri.


الفقه على المذاهب الأربعة

Friday, July 12, 2024

HUKUM MENIKAHI ANAK TIRI

 Ed*KESIMPULAN DHF*


Testing masuk program unggulan KEAGAMAAN benda SIRAMPOG 

*HUKUM MENIKAHI ANAK TIRI*

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


✅ *PERTANYAAN*


Assalaamu'alaikum, mau tanya, hukum menikah dengn ank tirinya mnrut fiqih.


Contoh, ada laki nikahin janda yg punya ank perempuan, habis tu cerai trs nikah lagi dengan anknya mntan istrinya.


✅ *JAWABAN*


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


seorang laki-laki menikahi anak perempuan tirinya, para ulama sepakat ada dua hukum yang berbeda yang ditentukan oleh alasan dasarnya (illat). Bila laki-laki yang hendak menikahi anak perempuan tirinya pernah berhubungan badan dengan ibu dari anak tiri itu maka tidak halal baginya menikahi anak tiri tersebut. Bahkan ia tidak hanya tidak halal menikahi anak perempuan tiri itu namun juga haram baginya menikahi anak-anak perempuan dari anak-anaknya sang istri (cucu perempuan tiri). 


Sebaliknya bila ketika menikah dengan ibunya anak tiri itu ia belum pernah mencampurinya maka halal baginya menikahi anak tirinya, tentunya dengan catatan ia sudah tidak lagi menjadi suami dari sang ibu, baik karena cerai ataupun karena mati. Ketentuan hukum yang seperti ini oleh para ulama didasarkan pada firman Allah dalam Surat An-Nisa ayat 23: 

وَرَبَائِبُكُمُ اللَّاتِي فِي حُجُورِكُمْ مِنْ نِسَائِكُمُ اللَّاتِي دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَإِنْ لَمْ تَكُونُوا دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ 


Artinya: “(dan diharamkan bagi kalian menikahi) anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang ada dalam pemeliharaanmu dari istrimu yang telah kalian campuri. Namun bila kalian belum mencampuri istri-istri itu maka tak mengapa bagi kalian (menikahi anak-anak tiri itu).”

______

Dalam menjelaskan ayat QS An-Nisa 4:23 di atas, Al-Baghawi dalam Tafsir Al-Baghawi, hlm. 2/189, menyatakan:


ويحرم عليه أيضا بنات المنكوحة وبنات أولادها ، وإن سفلن من الرضاع والنسب بعد الدخول بالمنكوحة ، حتى لو فارق المنكوحة قبل الدخول بها أو ماتت جاز له أن ينكح بنتها ، [ ولا يجوز له أن ينكح أمها ] لأن الله تعالى أطلق تحريم الأمهات وقال في تحريم الربائب .


Artinya: Haram (bagi laki-laki) menikahi putri dari wanita yang dinikahi, cucu perempuannya dan seterusnya ke bawah baik putri radha'ah (sesusuan) atau kandung setelah terjadi dukhul (hubungan intim) dengan wanita yang dinikah. Kalau pria ini cerai dengan si wanita sebelum dicampuri atau wafat maka boleh menikahi putrinya.

Al-Qurtubi dalam Tafsir Al-Qurtubi, hlm. 5/93, menjelaskan maksud ayat ini:

والربيبة : بنت امرأة الرجل من غيره ؛ سميت بذلك لأنه يربيها في حجره فهي مربوبة ، فعيلة بمعنى مفعولة . واتفق الفقهاء على أن الربيبة تحرم على زوج أمها إذا دخل بالأم ، وإن لم تكن الربيبة في حجره .


*وأجمع العلماء على أن الرجل إذا تزوج المرأة ثم طلقها أو ماتت قبل أن يدخل بها حل له نكاح ابنتها*


Artinya: Kata "Rabibah" adalah anak perempuan dengan pria lain dari wanita yang nikahi. Disebut rabibah (didikan) karena si pria mendidiknya di rumahnya. Ulama fiqih sepakat haram hukumnya bagi pria menikahi anak tirinya apabila sudah hubungan intim dengan ibunya. Walaupun si anak tiri ini tidak tinggal bersama ibu dan ayah tirinya.


*Ulama sepakat bahwa seorang laki-laki apabila menikahi wanita lalu menceraikannya atau wanita itu wafat sebelum dicampuri maka halal bagi pria menikahi putrinya.*


*والله أعلم بالصواب*


📚 *REFERENSI*


📓 *المغني إبن قدامة، -ج:٩، -ص:٥١٦*


وقال ابن قدامة (إذا دخل بالأم حرمت عليه سواء كانت في حجره، أو لم تكن في قول عامة الفقهاء) المغني، لأن قوله تعالى (وربائبكم) ليس بشرط للتحريم، وإنما ذكر لبيان الحال الغالب.

 

أما إذا لم يكن قد دخل بإمها وطلقها قبل الدخول فيجوز أن يتزوج بابنتها لقول الله تعالى (فإن لم تكونوا دخلتم بهن فلا جناح عليكم) وكذلك إذا ماتت الأم قبل الدخول كانت ابنتها عليه حلالا.


📓 *ابن المنذر، الإجماع لابن المنذر ت فؤاد ط المسلم، ٨٠/١*


وأجمعوا على أن الرجل إذا تزوج المرأة/ ثم طلقها أو ماتت بدون أن يدخل بها، حل له تزوج ابنتها،


📓 *الشافعي ,الأم للشافعي ,5/160*


قَالَ {وَأُمَّهَاتُ نِسَائِكُمْ} [النساء: 23] وَلَمْ يَشْتَرِطْ فِيهِنَّ كَمَا شَرَطَ فِي الرَّبَائِبِ وَهُوَ قَوْلُ الْأَكْثَرِ مِمَّنْ لَقِيت مِنْ الْمُفْتِينَ وَكَذَلِكَ جَدَّاتُهَا وَإِنْ بَعُدْنَ لِأَنَّهُنَّ أُمَّهَاتُ امْرَأَتِهِ *وَإِذَا تَزَوَّجَ الرَّجُلُ فَلَمْ يَدْخُلْ بِهَا حَتَّى مَاتَتْ أَوْ طَلَّقَهَا

Hukum wanita berjamaah di masjid?

 🔴 Hukum wanita berjamaah di masjid? 

RAPAT koordinasi kegiatan PENTAS PAI 2024


🟢 وخرج بالذكر المرأة فإن الجماعة لها في البيت أفضل منها في المسجد لخبر لا تمنعوا نساءكم المسجد وبيوتهن خير لهن نعم يكره لذوات الهيئات حضور المسجد مع الرجال لما في الصحيحين عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت لو أن رسول الله صلى الله عليه وسلم رأى ما أحدث النساء لمنعهن المسجد كما منعت نساء بني إسرائيل ولما في ذلك من خوف الفتنة وعبارة شرح م ر ويكره لها أي للمرأة حضور جماعة المسجد إن كانت مشتهاة ولو في ثياب بذلة أو غير مشتهاة وبها شيء من الزينة أو الريح الطيب وللإمام أو نائبه منعهن حينئذ كما له منع من تناول ذا ريح كريه من دخول المسجد ويحرم عليهن بغير إذن ولي أو حليل أو سيد أوهما في أمة متزوجة ومع خشية فتنة منها أو عليها اه


Dikecualikan dari orang lelaki adalah wanita sesungguhnya jamaah baginya dirumah lebih utama ketimbang jamaahnya dimasjid berdasarkan hadits “Janganlah kalian cegah wanita-wanitamu ke masjid namun rumah-rumah mereka lebih utama bagi mereka”.


Namun dimakruhkan bagi wanita yang memiliki ‘tingkah’ menghadiri masjid bersama lelaki berdasarkan hadits dalam shahih bukhori muslim dari ‘Aisyah ra ia berkata “Seandainya Rasulullah SAW melihat yang terjadi pada perkembangan para wanita niscaya beliau mencegah mereka kemasjid sebagaimana dicegahnya wanita-wanita kaum bani Israel karena dikhawatirkan menimbulkan fitnah didalamnya”.


Dalam redaksi pada kitab Syarh ar-Romli dituturkan “Dan makruh bagi wanita menghadiri jamaah dimasjid bila ia termasuk wanita yang menimbulkan pesona syahwat meskipun dengan memakai pakaian sehari-hari, atau bila ia wanita yang tidak menimbulkan pesona syahwat namun dia berhias atau aroma wewangian dan bagi seorang Imam atau naib (penggantinya) harus bertindak dengan mencegah mereka saat dalam kondisi demikian, sebagaimana baginya melarang masuknya aroma tidak sedap yang memasuki masjid.


Dan haram bagi wanita melakukaanya bila tanpa seizin wali, suami atau majikannya atau seizin suami dan majikannya bila ia sahaya yang telah dinikahkan dan disertai timbulnya fitnah darinya atau kepadanya.


”I’aanah at-Thoolibiin II/5

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes