Friday, August 2, 2024
"Menyambut Hari Kemerdekaan." Jum'at, 2 Agustus 2024 .
Thursday, August 1, 2024
Bagaimana hukum menggunakan penutup muka (semisal cadar) ketika sedang mengerjakan shalat?
Hukum memakai niqob/cadar ditafshil :
📚 كفاية الاخيار ص١٦٢ دار المنهاج
📚 مجموعة من المؤلفين، الموسوعة الفقهية الكويتية، ١٣٥/٤١
📚 مجموعة من المؤلفين، الموسوعة الفقهية الكويتية، ١٣٥/٤١
(اﻟﻨﻮﺭ: 31) ﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ: ﻭﺟﻬﻬﺎ ﻭﻛﻔﻴﻬﺎ ﻭاﻟﺨﺎﺗﻢ (ﺗﻔﺴﻴﺮ اﺑﻦ ﻛﺜﻴﺮ ﺟ 3/ﺻ 283)
📚 البجيرمي، حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ٤٥٣/١
[البجيرمي، حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ٤٥٣/١]
TANYA JAWAB - HUKUM BERHUTANG EMAS DIBAYAR DENGAN UANG
TERJEMAH KITAB NIHAYATUZZAEN BAB SHOLAT PART 4
3⃣fardhu ain yang waktunya luas, kecuali dalam hal-hal yang mendesak."
2⃣mencari nafkah bagi orang yang wajib menafkahinya, serta
3⃣seperti keadaan-keadaan yang dikecualikan dari KEWAJIBAN SEGERA yaitu ada BEBERAPA PERMASALAHAN"
✅ "Di antara dari BEBERAPA PERMASALAHAN
.ۢ وَخرج بفوت أَدَاء الْحَاضِرَة فَوت جماعتها , فَإِذا خَافَ فَوتهَا بَدَأَ بِالْقضَاءِ .
Wednesday, July 31, 2024
Monday, July 29, 2024
BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN TERJEMAH FATHUL MUIN BAB SHOLAT Part 4
SOSIALISASI dan SIMULASI TANGGAP GEMPA BUMI di sekolah SMPN 2 GARAWANGI
مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صَلاَةُ فَرْضٍ لَمْ تُقْضَ ولَمْ تُفْدَ عَنْهُ.
ونقل ابن برهان عن القديم أنه يلزم الولي إن خلف تركة أن يصلى عنه، كالصوم.
وفي وجه - عليه كثيرون من أصحابنا - أنه يطعم عن كل صلاة مدا.
وقال المحب الطبري: يصل للميت كل عبادة تفعل، واجبة أو مندوبة.
وفي شرح المختار لمؤلفه: مذهب أهل السنة، إن للإنسان أن يجعل ثواب عمله وصلاته لغيره ويصله.
📝وعند الإمام أبي حنيفة رضي الله عنه: تفدى عنه إذا أوصى بها ولا تقضى عنه.
Menurut imam abu hanifah: dibayar Dengan fidyah sebagai ganti sholatnya bila mayit
PENDAPAT YG MEMBOLEHKAN KEMBALINYA FIDYAH KE AHLI WARIS
TIDAK SAHNYA MENGQODLO SHOLATNYA SI MAYIT
ولو قضاها وارثه بأمره لم يجز لأنها عبادة بدنية.
ket. Ianatuttholibin juz1 hal 24
وَ فِيْ قَوْلٍ ." اِنَّهاَ تُفْعَلُ َعنۡهُ اَوْصَۍ ِبهَا اَمْ لَا"
حَكَاهُ الِعبَادِيُّ عَنِ الَّشافِعِي لِخَبَرِ فِيْه.
Baik oang mati itu berwasiat atau tidak."
Adalah karena ada hadis yg menjelaskannya.
ِ. وَفَعَلَ بهِ السُّبْكِي عَنْ بَعْضِ اقَارِبهِ.
📚هذا أحسن ما قيل في ضابط المميز.
وقيل: أن يعرف يمينه من شماله."
Ada yang mengatakan: TAMZIS yaitu anak yang sudah bisa membedakan antara tangan kanan dan kirinya.
وقيل: أن يفهم الخطاب ويرد الجواب.
Ada yang mengatakan: yaitu anak yang sudah bisa memahami percakapan dan memberikan jawaban.
والمراد بمعرفة يمينه من شماله معرفة ما يضره وينفعه.
Yakni, mengetahui apa yang merugikan / membahayakan dan yang menguntungkannya."
ket. Ianatuttholibin juz1 hal 24
َاي يَجِبُ عَلٰۍ كُلٍّ مِنْ ابَوَيْهِ وَاِنْ َعلَا ثُمَّ الوَصِيِّ،
والوجوب كفائي فيسقط بفعل أحدهما: لأنه من الأمر بالمعروف، ولذا خوطبت به الأم ولا ولاية لها.
ket. Ianatuttholibin juz1 hal 24
(ِلسَبْعٍ) اي بَعْدَ سَبْعٍ ِمنَ الِّسنِيْنَ اۍ ِعندَ تَمَامِهَا, َواِنْ مَيَزَ قَبْلَهاَ.
ويَنّْبَغِۍ مَعَ صِْيغَةِ الَاْمرِ الَّتهِْديْدُ.
Dan sebaiknya besertaan memerintah juga disertai dengan menakut2ti.
Menurut Ali sibromalist, danTdk boleh melebihi 3 kali menurut ibnu suraij .
اَوْتَرْكَِ شَرْطِ مِنْ شُرُوْطِهاَ (لِعَشْرِ) اۍ بَعْدَ اِسْتِكْمَالِهَا.
Atau meninggalkan satu syarat dr syarat2 sholat ( setelah sempurna umur 10 th).
Berdasarkan hadits shahih: Perintahlah anak kecil itu mengerjakan shalat jika
telah berusia 7 th. Dan bila sudah berumur 10 th, pukullah kalau ternyata ia meninggalkanya.
(كَصَوْمٍ ٱَطَاقَهُ) فَاِنَّهُ يُؤْمـَرُ بِهِ لِسَبْعِ وَيُضْرَبُ عَلَيْهِ لِعَشْرٍ كَالصَّلاَةِ.
وَحِكْمَةُ ذِٰلكَ التَّمْرِيْنُ عَلَۍ العِبَادَةِ لِيَتعَوَدَ َها فَلاَ يَتْرُكُهَا
وَبَحَثَ الَاذْرَعِيُّ فِي قِنٍّ صَغِيْرٍ كَافِرٍ َنطَقَ ِبا لَّشهَادَتَيْنِ
والأوجه ندب أمره ليألفها بعد البلوغ.
واحتمال كفره إنما يمنع الوجوب فقط.
Kemungkinan kekafirannya hanya mencegah kewajiban saja."
وفي ع ش ما نصه: قال الشهاب الرملي في حواشي شرح الروض: إنه يجب أمره بها نظرا لظاهر الإسلام.
أي ثم إن كان مسلما في نفس الأمر صحت صلاته وإلا فلا.
"Kemudian, jika dia sebenarnya seorang Muslim, shalatnya sah, jika tidak, maka tidak sah.
وينبغي أيضا أنه لا يصح الاقتداء به.
.Dan seharusnya juga tidak sah bermakmum kepadanya."
اَنَّهُ يُؤْمَرُ َندْبًا باِ لصَّلَاةِ وَالصَّْوِم,
وَيِجبُ ايْضًاعَلٰۍمَنْ مَرَّ, نَهْيُــهُ عَنِ المُحَرَّمات,
wajib Pula atas orang tua dan lain2 seperti diatas, melarang anak kecil dr hal2 yg haram
وَتعْليِمُهُ الوَاجِبَاتِ وَنَحْوِهَا ِمْن سَائِرِ الَّشَرِائعِ الظَاهِرَةِ,
mengajarnya dengan yg wajib 📗dan hukum2 lain yg telah jelas,
📗أي كالصلاة والصوم والزكاة والحج، وما يتعلق بها من الأركان والشروط.
وَلَو سَُّنةً كَسِواٍك, وََامْرُه ُبذالك
Walaupun hukum sunnahl semisal bersiwak 📒 kudian memerintah agar mematuhinya.
وُ جُوْبُ مَا مََّر عَلَۍ مَنْ مَرَّ اِلاَّ ِببُلُوغِهِ رَشِيْداً
Kewajiban orang tua mendidik anak seperti diatas, baru berakhir setelah menjadi dewasa dan pandai.
✅أي الصبي، ولا يجب ذلك على الأب والأم.
"Maksudnya adalah anak kecil, dan hal itu tidak wajib bagi ayah dan ibu.